Menikmati Pemandangan Pulau Lengkuas Dari Atas Mercusuar

Diposting pada

Pulau Lengkuas Belitong adalah pulau eksotis dengan pasir putih yang menghampar luas, air laut biru yang tenang serta mercusuar yang menjulangg tinggi sebagai pelengkap pemandangan alam Belitong.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Gratis
Nomor Telpon:
Aktivitas:Berenang di pantai, bermain pasir di pantai, berfoto, snorkeling, wisata kuliner
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, sunblock, sandal, baju ganti, makanan, minuman
Larangan:Dilarang merusak lingkungan pantai dan laut
Alamat:Kepulauan Bangka Belitung, Sijuk, Belitung, Bangka Belitung
Fasilitas Umum:Hotel, Penginapan, Toilet/ Kamar Mandi, Warung Makan
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Siapa yang tidak tahu dengan pesona Bangka Belitung? Hampir semua orang pasti tahu tentang surga di balik provinsi ini.

Ya memang provinsi ini terkenal sejak kemunculan film Laskar Pelangi. Pasalnya film ini menyorot banyak objek wisata alam yang dimiliki oleh provinsi Bangka Belitung.

Salah satu objek wisata alam yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Babel adalah Pulau Lengkuas Belitong. Seperti apa keseruan berlibur di pantai ini? Simak terus artikel dari dolanyok di bawah ini.

Batu Pulau Lengkuas Belitong
Via instagram.com/magdalenalestari/
Foto Pulau Lengkuas Belitong
Via instagram.com/pergidulu/
Mercusuar Pulau Lengkuas Belitong
Via instagram.com/dianprtiwi/
Menara Pulau Lengkuas Belitong
Via instagram.com/dianprtiwi/
Granit Pulau Lengkuas Belitong
Via instagram.com/magdalenalestari/
Kapal Pulau Lengkuas Belitong
Via instagram.com/pergidulu/

Sekilas Pulau Lengkuas Belitong

Pulau kecil namun menyimpan banyak keeksotisan adalah Pulau Lengkuas Belitong. Pulau kecil ini letaknya berada di Kepulauan Bangka Belitung dan tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi.

Pulau tersebut memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan. Di sekitar pulau ini pun ditumbuhi banyak pohon kelapa yang menjadikan pemandangan tersebut kontras dengan pasir pantai yang putih.

Selain itu kesan eksotis dan natural nampak pada bebatuan yang besar dan menjulang tinggi. Hal tersebutlah yang membuat para traveller penasaran dan akhirnya mengunjungi tempat ini.

Sejarah

Setiap tempat pasti memiliki sejarah tersendiri tak terkecuali Pulau Lengkuas Belitong ini. Namun sejarah di pulau ini terkesan lucu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau ikon utama pulau ini adalah sebuah mercusuar.

Sejarah tersebut dimulai pada abad ke 17 tepatnya pada tahun 1817. Pulau ini diserahkan dari Inggris kepada Pemerintah Belanda. Karena pulau ini menjadi salah satu pusat perdagangan di Belitung maka dari itu pemerintah Belanda membangun sebuah mercusuar.

Pembangunan mercusuar dimaksudkan untuk mengatur lalu lintas kapal yang lalu lalang di daerah ini. Mercusuar tersebut dikenal dengan Mercusuar L.I Enthoven karena yang membangun mercusuar tersebut adalah L.I Enthoven. Pulau tersebut pun juga dikenal sebagai Pulau L.I Enthoven.

Namun kebanyakan orang Belitung masih buta huruf sehingga mereka tidak bisa membaca dan mengucapkan kata tersebut. Untuk mempermudah penyebutan nama pulau tersebut maka pulau tersebut diberi nama pulau mercusuar.

Penyebutan pulau mercusuar jika diartikan dalam Bahasa Inggris menjadi Pulau Lighthouse. Namun kata-kata tersebut susah diucapkan oleh lidah orang Belitung. Kata Lighthouse tersebut diucapkan sebagai Lengkuas.

Daya Tarik

Pulau kecil ini menyimpan sejuta keindahan ketika kamu menginjakkan kaki di tempat ini.

Mercusuar

Pulau ini memiliki sebuah mercusuar dengan ketinggian kurang lebih 50 meter. Mercusuar yang berusia lebih dari 137 tahun ini masih berdiri kokoh dan berfungsi dengan baik.

Mercusuar ini berfungsi untuk memberikan tanda bagi kapal yang melintas ke luar atau masuk dari pulau ini. Walaupun masih berfungsi dengan baik, wisatawan diizinkan untuk memasuki mercusuar ini.

Untuk mencapai puncak mercusuar, kamu harus menaiki ratusan tangga. Mercusuar ini memiliki 18 lantai, maka dari itu kamu harus menyiapkan tenaga ekstra jika ingin menuju puncak.

Sesampainya di puncak, kamu bisa menikmati keindahan Pulau Lengkuas. Sejauh mata memandang kamu akan disuguhi dengan air laut yang biru dan hamparan batu granit yang tersebar di segala sisi pulau ini.

Batu Granit

Pulau ini memang sangat unik karena banyak batu raksasa yang tersebar ke segala penjuru pulau. Bebatuan tersebut adalah batu granit yang memiliki permukaan yang sangat halus dan licin.

Banyak wisatawan yang menjadikan bebatuan ini sebagai latar belakang untuk berfoto karena bentuknya yang indah. Perpaduan langit yang cerah, air laut yang biru dan batu granit yang natural menjadikan setiap wisatawan yang berkunjung menyempatkan untuk berfoto.

Kolam Bidadari

Terdapat sebuah kolam alami yang disebut dengan Kolam Bidadari. Kolam ini terbentuk karena ada aliran air laut yang terjebak diantara batuan granit.

Di kolam ini kamu bisa berenang sesuka hatimu. Kamu bisa berenang dan menikmati segarnya air pantai dengan santai karena perairan di kawasan pulau ini cenderung tenang.

Alamat

Pulau ini terletak di Kepulauan Bangka Belitung, Sijuk, Belitung, Bangka Belitung. Untuk sampai di pulau ini kamu bisa menggunakan perahu motor yang disewakan dari Pantai Tanjung Binga, Pantai Tanjung Tinggi ataupun Pantai Tanjung Kelayang.

Harga Tiket Masuk

Untuk berlibur di pulau ini kamu tidak akan dikenakan biaya. Namun untuk menuju pulau ini kamu harus merogoh kocek agak dalam pasalnya kamu membutuhkan jasa sewa perahu motor untuk sampai di pulau ini.

Harga sewa perahu motor tersebut agak mahal karena setiap perahu dibanderol dengan kisaran harga Rp 350.000,00- Rp 500.000,00/ perahu. Jadi kalau kamu ingin ke Pulau Lengkuas ada baiknya secara rombongan, karena perahu tersebut juga bisa ditumpangi sampai 10 orang.

Harga sewa peralatan snorkeling

Wahana utama dari pulau ini adalah snorkeling, jika kamu ingin mencoba snorkeling kami bisa menyewa peralatan tersebut.

PeralatanHarga
Alat snorkelRp 25.000,00
Sepatu katakRp 35.000,00
Jaket pelampungRp 20.000,00

Jadi kamu tidak usah repot-repot membawa peralatan snorkeling sendiri. Banyak masyarakat yang menyewakan peralatan snorkeling.

Baca Juga : Bukit 7 Sempan

Fasilitas

Walaupun terletak agak jauh dari hiruk pikuk keramaian, pulau ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap.

  • Hotel
  • Penginapan
  • Toilet/ Kamar Mandi
  • Warung Makan

Setelah lelah bermain air dan menjelajah pulau, kamu bisa mampir ke warung terdekat untuk menikmati segarnya air kelapa khas pulau ini.

Wisata Terdekat

Jika kamu sudah jauh-jauh sampai Kepulauan Belitung jangan hanya mampir ke Pulau Lengkuas saja. Kamu harus berlibur lebih lama lagi untuk menikmati objek wisata lainnya. Berikut adalah objek wisata terdekat dari pulau ini yang wajib kamu datangi:

Pulau Kepayang

Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau yang berada di Belitung. Pulau yang sering disebut dengan Pulau Babi oleh masyarakat ini hanya memiliki luas 14 hektar saja.

Sama seperti namanya yaitu Kepayang, pulau ini memang membuat siapa saja yang menginjakkan kaki di sini mabuk kepayang. Pasalnya kamu akan menemukan pemandangan yang indah dari perpaduan pasir putih yang lembut, air laut yang biru, langit yang cerah dan hamparan batu granit yang menjulang tinggi.

Bagi kamu pecinta dunia bawah laut, kamu wajib mencoba snorkeling di pulau ini. Banyak ikan berwarna-warni yang berenang di pulau ini.

Pantai Tanjung Kelayang

Destinasi selanjutnya yang bisa kamu sambangi adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang biru.

Apalagi garis pantai ini begitu panjang jadi kamu bisa bermain sepuas hati. Selain itu pantai ini pun memiliki pemandangan yang indah di kala pagi hari saat matahari mulai terbit.

Nah untuk penamaan pantai ini pun bukan tanpa alsan. Nama pantai ini adalah Kelayang yang mana diambil dari nama burung Kelayang yang sering terbang di atas pulau ini.

Pantai Tanjung Binga

Pantai cantik selanjutnya yang bisa kamu sambangi adalah Pantai Tanjung Binga. Pantai ini dikenal sebagai Desa Nelayan Bugis yang letaknya sejauh 8km dari Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai ini dijuluki desa nelayan karena memang banyak masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Di sepanjang pantai ini kamu akan melihat banyak kapal nelayan yang hilir mudik masuk dan keluar pantai.

Air pantai di sini sangat jernih jadi kamu bisa menikmati dunia bawah laut dengan jelas. Apalagi perairan di sini sangat tenang jadi cocok sekali jika kamu ingin bermain air.

Penginapan Terdekat

Ingin menikmati sensasi bermalam di pulau kecil nan indah ini? Berikut adalah penginapan yang bisa kamu sewa:

Santika Premiere Hotel & Resort

Hotel Santika merupakan salah satu hotel yang berada di Belitong yang memiliki pemandangan yang langsung menghadap ke laut. Selain pemandangan yang indah, kamar hotel yang disewakan pun beragam.

Harga permalam mulai dari Rp 780.000,00 tergantung tipe kamar yang kamu inginkan. Jika kamu berminat untuk bermalam di hotel ini kamu bisa menghubungi 0823 7189 1889.

Green Tropical Hotel

Hotel Green Tropical merupakan hotel yang mencetuskan konsep penghijaun di Belitung. Hotel ini pastinya ramah lingkungan.

Tersedia berbagai pilihan kamar dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 600.000,00/ malam – Rp 1.800.000,00/ malam. Kamu bisa menghubungi ke nomer 0719 24135 atau 0819 4916 2858 untuk memesan kamar hotel.

Golden Tulip Essential Belitung

Jika kamu mencari hotel bintang tiga di Belitung kamu bisa mampir ke Golden Tulip Essential. Hotel ini memiliki 76 kamar dengan tipe yang berbeda-beda.

Harga permalam yang ditawarkan mulai dari Rp 531.000,00. Untuk memberikan kenyamanan pada wisatawan, hotel ini bisa di pesan online melalui Pegipegi ataupun booking.com atau kamu bisa menghubungi ke nomer 0719 9301 122.

Belitung Joss Homestay

Pilihan penginapan selanjutnya adalah Belitung Joss Homestay. Penginapan ini merupakan salah satu penginapan terbaik namun sederahan.

Fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah sarapan, AC, handuk sabun, kamar mandi dalam dan lemari. Jika kamu ingin bermalam di penginapan ini coba saja hubungi 0819 2971 5825.

Tempat Makan Terdekat

Jauh-jauh ke Pulau Lengkuas dan lapar? Kamu bisa mencoba makanan yang di tawarkan oleh beberapa tempat makan di bawah ini:

Resto Kepayang

Pilihan tempat makan yang pertama adalah Resto Kepayang yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Tempat makan ini menyajikan aneka hidangan laut namun kamu bisa menemukan banyak hidangan lainnya seperti ayam dan sayur.

Jika kamu ingin mencicipi aneka menu di Resto Kepayang, kamu bisa datang dari pukul 10.00-17.00 WIB.

Dermaga Kelayang Resto

Mencari rumah makam yang memiliki pemandangan pantai terbaik? Kamu bisa mencoba makan di Dermaga Kelayang Resto.

Tempatnya sederhana namun bersih dan nyaman. Warung makan ini melayani wisatawan yang datang 24 jam.

RM Amat

Pilihan tempat makan aneka hidangan laut lainnya adalah RM Amat. Di rumah makan ini kamu bisa makan olahan seafood sepuas hati.

Apalagi ditemani dengan pemandangan laut yang cantik pasti selera makanmu semakin meningkat. Untuk memesan tempat kamu bisa menghubungi ke nomer 0819 7895 672.

Q&A

Sebelum pergi berlibur ke pulau ini cari tahu kondisi dan lingkungan pulau ini dengan menyimak informasi di bawah ini:

Ikon wisata Pulau ini apa?

Ikon utama objek wisata ini adalah Mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1882.

Waktu yang kamu butuhkan untuk sampai pulau ini?

Pulau ini terletak agak jauh dari Pulau Belitung, kamu harus memakan waktu selama 30-45 menit untuk sampai ke pulau ini.

Bagaimana cara menuju pulau ini?

Kamu bisa menggunakan speed boat atau perahu motor yang disewakan oleh masyarakat sekitar.

Kesimpulan

Nah itulah review dari Pulau Lengkuas Belitong. Apakah kamu tidak tahan dengan pesona yang ditawarkan oleh pulau eksotis ini?

Segera kosongkan jadwalmu untuk beberapa hari ke depan dan segera pesan penerbangan menuju pulau ini. Kamu harus mencoba island hopping di pulau-pulau yang sudah tim dolanyok sebutkan di artikel ini.

Gambar Gravatar
Saya adalah perempuan yang suka menikmati indahnya dunia bersama sahabat tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *