Sehari Kontemplasi di Curug Cilember Bogor

Diposting pada

Apa Anda merasa sangat penat dan ingin sejenak berkontemplasi dengan alam demi keluar dari rutinitas? Nah, Curug Cilember yang terletak di Bogor merupakan solusi pintar untuk Anda.

Sehari Kontemplasi di Curug Cilember Bogor 1
Sumber Gambar : Instagram.com/paska_Siagian
Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 20.000/orang
Kontak:(0251) 8258890
Kegiatan:Renang, Makan, Bermain, Bersantai
Waktu Kunjungan:
3 Jam
Alamat: Jl. Desa Cilember, Cilember, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Fasilitas Umum:Mushola, Lavatory, Gazebo, Penginapan, Flying fox
Online Maps:View Maps

Curug sendiri merupakan kata yang berarti air terjun. Tentunya menyenangkan bukan, berwisata menuju air terjun yang akan Anda dapati kesegaran serta pemandangan hutan yang asri yang mampu membuat Anda betah tak ingin pulang.

Apakah benar begitu? mungkin jawabannya akan Anda temui sendiri saat Anda berangkat menuju Curug Cilember yang memiliki lokasi di Jl. Raya Puncak No.KM. 15, Cisarua, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat ini.

Curug Cilember Deras
Sumber Gambar : Instagram.com/har.fik
Curug Cilember Dingin
Sumber Gambar : Instagram.com/adi_wibowo30
Curug Cilember Sendiri
Sumber Gambar : Instagram.com/hawamuuu
Curug Cilember Kedinginan
Sumber Gambar : Instagram.com/rosmiilla

Curug Cilember Bogor

Jika Anda berkunjung ke kota Bogor, jangan lupa untuk mampir ke sebuah tempat wisata curug dimana di tempat ini terdapat 7 curug yang berbeda-beda. Jangan lupa jika Anda akan dibuat merasa segar dengan suhu kurang lebih 18 hingga 23 derajat.

Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan, dari Cilember 1 hingga Cilember 7. Tentu saja yang paling bawah dekat dengan loket adalah Cilember1, sedangkan yang paling tinggi adalah Cilember 7. Pengunjung harus melakukan tracking untuk mencapai curug yang paling atas, yaitu dengan berjalan kaki melewati bebatuan dan jalanan yang sangat licin.

Karena faktanya semakin tinggi level curug, maka akses menuju ke spot yang dituju semakin sulit.Curug Cilember ini memiliki trek yang cukup aman dan mudah dari jalur Cilember 1 hingga Cilember 4. Sedangkan setelah itu akses semakin sulit karena licinnya jalan setapak yang terjal dan bebatuan.

Oleh karena itu Anda tak perlu memaksakan diri sampai Curug Cilember 7 ya jika tak mumpuni, karena keselamatan tetaplah prioritas utama.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember Bogor Terbaru 2019

Wistawan Nusantara Rp 20.000
Wistawan Mancanegara Rp 70.000
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 10.000
Camping Rp 30.000
Flying Fox Nusantara Rp 25.000
Flying Fox Mancanegara Rp 50.000
Foto Pre wedding Rp 500.000
Shooting Fim/Sinetron Rp 3.000.000
Tenda Besar Kapasitas 8 orang (Matras + Sleeping Bag) Rp 350.000
Tenda Kecil Kapasitas 4 orang  (Matras + Sleeping Bag) Rp 180.000

Selain itu juga terdapat harga untuk penginapan yang dapat Anda gunakan bermalam di Curug Cilember.

1. Meranti (kapasitas 6 – 20 orang).

  • Weekday  Rp 1.500 K
  • Weekend Rp 2.000 K

2. Merkusi (kapasitas 6 – 20 orang)

  • Weekday  Rp 1.250 K
  • Weekend Rp 1.600 K

3. Damar (kapasitas 4 – 6 orang)

  • Weekday  Rp 1.050 K
  • Weekend Rp 1.200 K

4. Rasamala I & II (Kapasitas 4 – 6 orang)

  • Weekday  Rp 1.050 K
  • Weekend Rp 1.200 K

5. Aula/meeting room (kapasitas 12 – 40 orang)

  • Weekday  Rp 1.050 K
  • Weekend Rp 1.200 K

Rute dan Akses Lokasi Curug Cilember

Nah, untuk memulai perjalanan menuju Curug Cileber, bagi Anda para travellers yang menggunakan kendaraan pribadi, arahkan rute dari Depok menuju Jalan Raya Jakarta-Bogor. Lalu jika Anda telah sampai di Ciawi terus ikut jalan menuju ke arah Puncak.

Selanjutnya jika Anda sudah tiba di depan hotel USSU Cisarua atau Kedai Sate H. Kadir, Anda hanya perlu untuk mengikuti papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke jalan utama menuju Curug Cilember. Jika terdapat pertigaan maka ambil belok kanan dan sekitar 1,5 KM lagi Anda akan segera tiba di lokasi.

Sedangkan bagi Anda travellers yang menggunakan jasa kendaraan umum dari arah Jakarta dapat menggunakan Commuter Line atau KRL tujuan stasiun Bogor. Sesampainya di stasiun Bogor, Anda tinggal naik angkot dengan jurusan Bubulak – Sukasari, kemudian lanjutkan lagi dengan naik angkot jurusan Sukasari – Cisarua.

Terakhir Anda bisa turun di desa Cilember, biasanya banyak pangkalan ojek dan tawarlah tarif perjalanan sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Fasilitas Curug Cilember

Selain fasilitas standart tempat wisata seperti toiley dan mushola. Anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas seperti pondok kayu, taman kupu-kupu, kios wisata, taman keluarga, jungle tracking, flying fox dan juga camping ground. Mengasyikkan bukan?

Sejarah singkat Curug Cilember

Curug Cilember mulai diberlakukan sebagai tempat wisata pada tahun 1990-an. Saat itu pihak perhutani bekerjasama sebagai pengelola membangun fasilitas seperti jalan dll agar akses semakin mudah. Nah, awal tahun 2000-an, mulailah dibangun persinggahan dan taman.

Untuk penamaan tempat wisata, mama Cilember diambil dalam bahasa Sunda yaitu lember, yang berarti sejenis jamur berwarna coklat yang tumbuh di pepohonan atau batang kayu yang sudah lapuk dan mati. Sedangkan dalam bahasa Indonesia jamur tersebut dikenal dengan nama jamur kuping.

Karena udara dan suhu yang lembab, mungkin dulunya tempat tersebut memang banyak tumbuh jamur.

Mitos Curug Cilember

Nah tidak seru kan jika kita tidak tahu asal usul beserta mitos dari tempat wisata yang kita kunjungi. Tujuannya adalah agar kita lebih berhati-hati dan dapat menghormati sejarah.

Mitos berkembang hingga sampai saat ini jika kita membasuh muka dan di Curug Cilember akan membuat kita awet muda. Tidak hanya itu saja, mayoritas juga percaya jika air di curug cilember juga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, jika kita memutuskan mandi di sebelah kanan curug akan menambah kekuatan, bila di kiri curug akan menambah awet muda serta keberkahan.

Hal tersebut didasari mitos kuno dimana konon katanya Curug Cilember merupakan tempat bersembunyi putri dari Kerajaan Pasundan yang dikenal baik dan sangat cantik. Putri ini seringkali membasuh muka disini dan mitosnya sampai sekarang juga menjaga curug cilember.

Selain itu mayoritas juga percaya, jika curug ini merupakan tempat pemandian raja-raja Siliwangi. Begitulah mitos yang tumbuh sampai saat ini, kalau Anda percaya?

Baca juga: Curug Leuwi Hejo

Overall, Curug Cilember merupakan rekomendasi wisata yang asik bagi Anda untuk mengisi weekend yang mungkin belum ada rencana. Ajaklah sahabat atau pasangan bahkan keluarga demi merehatkan tubuh dan pikiran sejenak, dengan bermain air di Curug Cilember ini. Yuk!

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *