Tempat Wisata Sumba NTT dan Sekitarnya Lagi Hits dan Populer

Diposting pada

Wisata Sumba?

Pernahkah kalian terpikir untuk berkunjung ke sana? Paling yang kalian pikirkan cuma Bali ataupun Lombok. Padahal wisata yang ada di Sumba tak kalah indah dari wisata terkenal Indonesia tersebut, Bali dan Lombok.

Mungkin yang kurang adalah infrastruktur, serta fasilitas wisata tersebut yang tidak selengkap dibanding wisata lain. Tapi soal keindahan, jangan tanyakan hal itu.

Wisata Sumba NTT dan Sekitarnya Lagi Hits dan Populer

Yang merasa sebagai traveling sejati, kalian tak boleh melewatkan wisata yang ada di Sumba. Sumba terbilang tempat yang jarang menjadi tujuan para traveler dadakan, namun bagi kalian yang ingin menikmati wisata anti mainstream, yang berbeda dari wisata lain, cobalah wisata-wisata populer dan ngehits di Sumba berikut ini.

Danau Weekuri

Mungkin disebabkan lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut, dan sekelilingnya terdapat batu karang, Danau Weekuri memiliki air yang memiliki rasa asin. Bisa disebut sebagai satu-satunya danau asin di Indonesia, Anda wajib mengunjungi wisata ini.

Airnya begitu jernih. Sekeliling danau terdapat batu karang dan pemandangan hijau yang masih asri. Tak ayal, karena keindahannya itu, Danau Weekuri menjadi destinasi wisata yang diunggulkan.

Baca juga Air Terjun Tanggedu wisata di Kabupaten Sumba Timur

Puru Kambera

Selain berposisi sebagai tempat wisata, tempat yang mirip padang savana ini juga dijadikan sebagai tempat penduduk untuk menternakkan hewan-hewan mereka. Jadi tak usah kaget kalau saat berjalan-jalan di atas rumputnya yang subur, Anda bertemu dengan Sapi, Kambing, atau bahkan Babi.

Suasananya pun sangat asri. Damai, tenang, hingga suara deburan ombak dari laut yang dekat dengan lokasi Puru Kambera pun terdengar.

Yang tak kalah menarik, ada sebuah pohon bernama Pohon Bila. Pohon ini memiliki buah yang banyak dijadikan Sapi sebagai penghilang dahaga mereka.

Kampung Tarung

Yang kalian temui di Kampung Tarung adalah sekumpulan rumah adat yang masih eksis berdiri di tengah kehidupan modern zaman sekarang. Jika ada rumah adat, berarti ada penghuni.

Mereka semua masih berpegang teguh pada tradisi. Datang ke sana, kalian bakal berhasil dibuat melupakan kehidupan modern.

Rumah yang terbuat dari bahan sederhana ini, kayu, pasak besi, jerami dan bahan-bahan lainnya, ternyata bagian-bagian rumah memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Seperti pada bagian atap, digunakan untuk menyimpan bahan pangan seperti gabah. Bagian tengah lah yang digunakan sebagai tempat tinggal, sementara bagian bawah digunakan untuk tempat ternak mereka.

Wisata ini beralamat di Wailiang, Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT. Pastikan untuk menyempatkan berkunjung, kapan lagi berwisata di rumah adat yang berada di tengah pusat kota.

Nihiwatu Beach

Ia dinobatkan sebagai pantai terbaik yang ada di Asia dan sering disamakan dengan Pantai Hawai yang terkenal itu. Sungguh hal yang membanggakan, Sumba beruntung memiliki tempat seperti ini.

Pantainya jelas sangat indah. Di bibir pantai terdapat bebatuan indah, dan terdapat tempat penginapan berstandar internasional.

Ombaknya bagus untuk peselancar, dan keindahan alam bawah lautnya cocok untuk para penyelam. Benar-benar surganya pecinta pantai.

Pantai Walakiri

Seperti pantai pada umumnya, ada pasir, air, dan di Walakiri kita ketambahan hutan bakau.

Tidak cuma itu, yang wisatawan tunggu-tunggu saat datang ke sini adalah air surutnya.

Ketika air laut surut, maka air yang ada di pohon bakau akan turun. Yang jelas nanti kalian bisa berjalan-jalan di hutan bakau yang umumnya terendam air itu.

Dan jika Anda beruntung, kalian bisa mendapatkan kepiting yang sedang jalan-jalan atau menemukan sarang nyale. Kedua mahluk hidup itu ketika dimasak, akan secara ajaib menjadi kuliner khas Sumba yang lezat.

Patung Kuda Kota Waikabubak

Adalah sebuah patung kuda raksasa yang ditumpangi pendekar ksatria Pasola yang bersenjatakan tombak. Bukan cuma patung, Patung Kuda Kota Waikabubak adalah tempat kalian yang ingin berwisata kuliner.

Tepatnya adalah wisata kuliner malam hari, menyajikan berbagai macam makanan khas Sumba.

Siapa sangka, Sumba yang mungkin Anda ketahui cuma menyajikan wisata alam, ternyata juga memberikan kenikmatan lain pada kita. Dalam hal ini kenikmatan lidah.

Dimanjakan oleh cita rasa khas Sumba.

Pantai Pero

Di Sumba banyak sekali pantai perawan, alias pantai yang belum banyak dijamah wisatawan. Menyedihkan sekali saat Pantai Seo juga termasuk ke dalamnya.

Padahal keindahan yang ditawarkan benar-benar tidak bisa ditolak. Yang menarik itu terletak pada air tawar yang mengalirkan diri ke air asin.

Hilir sungai yang biasa kita lihat, mengalir ke pantai, paling pemandangannya hanya itu-itu saja. Namun di Sumba hal itu tampak unik. Oleh sebab air tawar dan asin tersebut dipisahkan oleh pasir yang menonjol ke permukaan.

Bentuknya pun seperti sebuah jembatan. Sebagai spot foto, tentu akan sangat menarik. Tertarik ke sini?

Masih sepi oleh pengunjung, temukan keindahan dalam ketenangan.

Pantai Marosi

Di sinilah tempat paling tebaik bagi Anda yang ingin menikmati sunset. Menempuh perjalanan ke sini lebih muda dibanding pantai lain. Kita sudah didukung infrastruktur berupa jalanan yang nyaman dilalui.

Hanya saja belum tersedia angkutan umum. Maka kalian perlu menyewa kendaraan pribadi atau membawa kendaraan pribadi ke sini.

Air Terjun Matayangu

Terletak di Taman Nasional, membuatnya tampak begitu asri dan benar-benar ‘alam’. Dengan ketinggian mencapai 75 meter, rasakan nikmatnya pemandangan air yang meloncat dari ketinggian tersebut.

Tak cukup air terjun saja, di balik air yang turun deras itu, terdapat goa kecil yang bisa dimasuki.

Jika Anda tertarik, langsung saja meluncur ke jalan Manurara, Katikutana Selatan, Sumba Tengah, NTT.

Bukit Persaudaraan

Mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang dominan akan warna hijau. Bukit, pohon, rumput, dan segalanya yang berwarna hijau.

Saking indahnya, wisata ini pernah dijadikan sebagai pusat pembuatan film. Tidak kalah menarik yang sekarang lagi viral di media sosial, bukit tanara yang berada di desa maubokul.

Wisata yang betul-betul anti mainstream bukan? Hits dan populer. Kalian harus ke sana!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *