Ini Dia 11 Tempat Wisata di Lamongan yang Sedang Hits

3 min read

Wisata di Lamongan

Lamongan, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa timur ini memang terkenal akan makanan khasnya, yakni soto lamongan. Namun, selain memiliki makanan Khas yang sangat digemari, tempat wisata Lamongan juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Memang selama ini wisata alam di Lamongan jarang terdengar. Namun, kabupaten ini ternyata memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika kamu memiliki rencana liburan ke Lamongan, pastikan kamu mencatat baik-baik daftar wisata berikut ini.

Wisata Edukasi Gondang Outbond

Wisata edukasi pendidikan yang berada di lamongan ini merupakan tempat wisata yang sedang populer. Banyak wahana yang disediakan, seperti pesawat boeing tipe 737-300, mini trail, pulau cinta dengan jembatan unik, dan masih banyak lagi.

Wisata Edukasi Gondang Outbond berlokasi di Desa Deketagung, Sugio, Lamongan. Akses jalan yang dimiliki juga lumayan bagus, sehingga kendaraan besar seperti bus dan roda empat lainnya dapat melalui jalannya.

Wisata Waduk Gondang

Waduk Gondang sendiri sudah dibangun sejak masa pemerintahan presiden Soeharto. Luas dari Waduk ini bahkan sampai melintasi dua kecamatan, yakni Kecamatan Sugio dan Kecamatan Sambang.

Waduk Gondang terletak di Desa Gondang, Sugio, Lamongan. Banyak pengunjung berlibur bersama keluarga sambil menikmati indahnya pemandangan dan menikmati bekal bawaan mereka. Untuk memasuki area waduk ini, kamu tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Besur Gorden Flower

Taman Besur atau yang lebih akrab disebut sebagai Tamsur adalah objek wisata edukasi teranyar yang sedang ngehits di Lamongan. Objek wisata ini dibuat dengan tema alami. yang dibangun secara gotong royong oleh masyarakat sekitar lokasi Tamsur.

Uniknya, proses penanaman semua jenis tanaman ini menggunakan pupuk organik hasil mandiri dari warga setempat. Selain itu, pengairan yang digunakan juga berasal dari sungai Bengawan Solo. Harga tiket masuk ke taman ini cukup terjangkau, hanya berkisar Rp5.000,00 saja.

Wisata pantai Kutang

Wisata Pantai Kutang merupakan destinasi wisata terbaru Lamongan yang wajib kamu kunjungi. Lokasi pantainya sendiri berada di sebelah utara Lamongan, tepatnya berada di Dusun Kentong, Labuhan, Brondong, Lamongan.

Warga setempat menyebut pantai ini sebagai Pantai Kutang Lamongan karena dahulu hampir setiap hari warga selalu menemukan kutang (bra) di pesisir pantai. Selain namanya yang unik, Pantai Kutang di Lamongan juga memiliki pesona yang sangat menarik, lho.

Pemandian Air Panas

Objek wisata lamongan yang selanjutnya adalah Pemandian Air Panas. Objek yang satu ini terletak di lembah pegunungan yang beralamat di Dusun Sidodadi, Kranji, Paciran, Lamongan.

Ini pemandian umum, ya? Lalu bagaimana pembagian antara pengunjung laki-laki dan perempuan? Tenang, di sini terdapat dua kolam yang dikhususkan untuk laki-laki dan perempuan. Harga tiket masuknya sendiri berada di kisaran Rp5.000,00.

Gunung Suru Kembar

Tahu nggak? Wisata Gunung Suru Lembar merupakan obwis Lamongan yang hits sejak awal tahun 2019. Tempat wisata yang satu ini terletak di atas perbukitan yang di dalamnya terdapat spot-spot foto menarik yang instagramable.

Lokasi Gunung Suru ini ada di Desa Lembor, Brondong, Lamongan. Letaknya yang berada di ketinggian membuat pengunjung dapat menyaksikan pemandangan hutan. Selain untuk spot foto dan bersantai, biasanya di sini juga sering digunakan untuk kegiatan camping.

Masjid Namira

Masjid Namira menjadi masjid yang memberikan kesan tersendiri. Terlebih dengan adanya kiswah (kain penutup ka’bah) yang didatangkan secara langsung dari Arab Saudi. Masjid ini juga di desain mirip dengan bangunan ibadah yang berada di Arab Saudi.

Masjid Namira Lamongan berlokasi di Jl. Raya Lamongan-Mantup, Jotosanur, Tikung, Lamongan. Masjid ini selain digunakan sarana beribadah, juga bisa digunakan untuk istirahat setelah melakukan perjalanan.

Istana Gunung Mas Lamongan

Seperti yang kita tahu, bekas galian tambang terkadang membuat bentuk tanah menjadi unik. Seperti objek wisata Gunung Mas Lamongan ini. Lahan bekas tambang disulap menjadi spot foto yang kece dan instagramable.

Bangunan ini memakai desain mandarin yang mengelilingi sebuah kolam serta diberi beberapa spot foto yang unik. Tiket masuk Gunung Mas Lamongan ini gratis. Hanya saja, kamu akan dikenakan tarif parkir kendaraan Rp10.000,00 (motor) dan Rp30.000,00 (mobil).

Alun-alun Lamongan

Alun-alun Lamongan merupakan sebuah lokasi yang sangat ramai pengunjung. Lokasinya yang sangat strategis, berada di tengah-tengah jantung kota membuat tempat ini dipenuhi orang yang berlalu lalang.

Adanya dekorasi taman bermain dan lapangan olahraga juga membuat kunjungan ke tempat ini menjadi lebih lengkap. Alun-alun ini berada di Jl. Lamongraja, Lamongan kota, berhadapan dengan Masjid Agung Lamongan dan bersebelahan dengan Kantor Bupati Lamongan.

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan (WBL) memang sudah terkenal sejak lama. Pembangunannya pun sudah dilakukan sejak tahun 2004 dan dilengkapi dengan berbagai wahana wisata pantai dan fantasi. WBL sendiri terletak di Kecamatan Paciran, Lamongan.

Wahana yang disediakan wisata Lamongan WBL ini seperti permainan Speed Flip, sepeda air, paus dangdut, dan drop zone. Ada juga flying fox, ranger, naik unta, crazy car, dan masih banyak lagi.

Wisata Akar Langit Trinil

Salah satu tempat wisata alami yang ada di Lamongan adalah Wisata Akar Langit Trinil. Wisata ini terletak di pegunungan dengan pemandangan hutan luas yang masih asri. Uniknya, di sana pengunjung akan menjumpai akar-akar pohon yang bergelantungan seperti di film Harry Potter.

Objek wisata ini sangat cocok untuk berswa foto karena pemandangan alamnya yang indah. Terlebih dengan disediakannya berbagai spot foto yang instagramable membuat tempat ini semakin cocok untuk dikunjungi.

Seperti yang kita tahu, Lamongan memang dikenal memiliki makanan yang khas. Namun, selain terkenal akan wisata kulinernya, ternyata Lamongan juga memiliki beraneka tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, demikian sekilas pembahasan daftar tempat wisata di Lamongan yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke sana. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Siapa tahu artikel ini dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Sekian dan selamat beraktivitas kembali. 

error: Disable