Pandawa Eksa Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Pantai Teluk Asmoro, Semburat Raja Ampat di Kota Malang

3 min read

pantai-teluk-asmoro

Pantai Teluk Asmoro, pantai baru yang kini menjadi salah satu favorit wisatawan di Kota Malang. Pantai ini sangat indah dan memiliki ciri khas sehingga dijuluki sebagai Raja Ampat nya Jawa Timur.

pantai-teluk-asmoro-malang
via instagram.com/ yoiki_malang
Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 10.000
Nomor Telpon:
Aktivitas:Bermain pasir, Berenang, Surur pantai, Snorkeling, Hunting foto, Camping, dll.
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, ransel, tenda, kamera, pakaian ganti, Bekal makanan.
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan
Alamat:Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur
Fasilitas Umum:Area parkir, Toilet, Gazebo, Mushola, Toko souvenir, Warung makan, dll.
Akses Jalan:Kurang memadai khususnya di jalur masuk ke lokasi pantai.
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Raja Ampat nya Jawa Timur. Atau Raja Ampat nya Malang. Itulah julukan yang dialamatkan pada salah satu pantai di Kabupaten Malang, yaitu Pantai Teluk Asmara (Teluk Asmoro).

Pantai baru di Malang ini sekarang lagi hits dan menjadi buah bibir di kalangan pelancong karena keindahan nya yang memukau. Sebelum liburan kesana, mari simak ulasannya berikut ini sebagai bekal liburan kamu.

Sekilas Pantai Teluk Asmoro

Pantai ini ditemukan dan mulai dibuka sebagai tempat plesiran pada tahun 2017. Karena masih baru, bisa dikatakan pantai ini masih sepi pengunjung sehingga kealamian dan keasriannya masih terjaga.

Pantai ini sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga atau tempat honeymoon-nya para pengantin baru.

Alasannya karena selain aman untuk tempat berenang, di lokasi pantai juga sudah tersedia wahana permainan serta sudah dibangun beberapa villa untuk menginap.

Daya Tarik

Pantai ini menawarkan keindahan berupa landscape pantai berpasir putih dan pepohonan hijau yang tumbuh di sekelilingnya. Kawasannya yang bersih dan asri membuat siapapun akan nyaman saat memasukinya.

Selain itu ada beberapa keunikan yang dimiliki pantai ini. diantaranya adalah sebagai berikut:

Gugusan Pulau

Kesan eksotis di pantai ini semakin terasa berkat adanya beberapa pulau kecil yang tersebar di tengah pantai. Gugusan pulau-pulau itulah yang kerap membuat takjub para pelancong.

Jika dilihat dari atas, paduan kawasan pantai yang alami dan pulau-pulau tersebut memang mengingatkan kita akan keindahan Raja Ampat.

Yang menarik, di pantai ini ada sebuah tebing tinggi yang bisa dinaiki dan menjadi tempat paling strategis untuk melihat sajian keindahan pantai.

Dari atas tebing kita bisa melihat ataupun mengambil gambar gugusan pulau dengan lebih sempurna.

Ragam Aktifitas Wisata

Yang juga membuat siapapun akan betah berlama-lama di pantai ini adalah banyaknya aktifitas wisata yang bisa dilakukan.

Setelah puas menikmati keindahan gugusan pulau, kita bisa mengisi waktu libur dengan berenang di tepi pantai menikmati kesegaran airnya.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan air yang bersih sehingga sangat aman bahkan untuk anak-anak.

Selain itu di pantai ini kita juga bisa snorkeling. Ada banyak keindahan di bawah airnya yang menanti untuk dinikmati. Namun karena belum adanya penyewaan alat snorkel, yang berniat untuk snorkeling harus membawa peralatan sendiri dari rumah.

Kegiatan lainnya yang juga cukup asyik dilakukan di pantai ini adalah camping. Di musim libur panjang biasanya akan ada banyak wisatawan yang mendirikan tenda dan bermalam bersama teman atau keluarga.

Lalu di pantai ini juga sudah ada wahana permainan salah satunya flying fox. Kita bisa mencobanya untuk sekedar menguji adrenaline ataupun untuk melihat keindahan pantai dari ketinggian.

Jam Buka

Tak ada patokan atau aturan jam operasional di pantai ini. Jadi kita bisa datang kapan saja sesempat kita dan sesuai keinginan kita.

HariJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Namun rekomendasi waktu terbaik untuk liburan ke pantai ini sama saja dengan pantai-pantai lainnya. Kalau ingin suasana yang lebih sepi dan sejuk, tentu waktu yang sebaiknya kita pilih adalah pada hari kerja sekitar pukul 9 pagi atau pada pukul 3 sore.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang ingin berlibur di pantai ini tidak perlu khawatir dengan mahalnya biaya tiket masuk. Tiket masuknya dijual cukup murah yaitu hanya seharga Rp. 10.000 ditambah biaya parkir sebesar Rp. 5000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000
Parkir MotorRp. 5000
Parkir MobilRp. 10.000

Namun di dalam memang ada beberapa fasilitas yang tidak bisa digunakan secara gratis. Misalnya jika ingin camping, maka kita harus membayar sewa lahan dan dana untuk kebersihan pantai sebesar Rp. 10.000 per malam.

Yang ingin camping tapi lupa atau tidak punya tenda bisa menyewa langsung di lokasi. Di sana ada penyewaan tenda seharga Rp. 35.000 hingga Rp. 50.000 per malamnya.

Untuk menggunakan toilet juga begitu. Toilet kelas VIP-nya hanya bisa kita gunakan setelah membayar retribusi sebesar Rp. 5000. Sedangkan untuk toilet biasa, retribusinya sekitar Rp. 2000 saja.

Alamat

Pantai ini beralamat di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. Lokasinya dari pusat Kota Malang berjarak sekitar 73 kilometer ke arah selatan.

Pantai ini juga bersebelahan dengan pantai lainnya di pesisir selatan Jawa Timur. Pantai-pantai tersebut antara lain Pantai Clungup, Pantai Gatra, dan Pantai Bangsong.

Sementara itu mengenai kondisi jalan menuju pantai ini bisa dibilang masih belum memadai. Masih ada beberapa jalur yang belum teraspal dan berbatu sehingga butuh kehati-hatian saat melewatinya. Lebih-lebih saat musim hujan, jalanan ke arah pantai agak berlumpur dan licin.

Kemudian jarak bibir pantai dari parkiran juga lumayan cukup jauh. Dari parkiran kita harus naik turun bukit sekitar 100 hingga 200 meter sebelum sampai di lokasi pantai.

Namun saat ini pengelola sudah memperbaiki akses jalan dari parkiran ke bibir pantai. Sudah ada anak tangga yang bisa kita lewati untuk memudahkan perjalanan.

Baca juga : Top 100 tempat wisata Malang paling favorit

Fasilitas

Meski merupakan obyek wisata yang baru dibuka, namun di pantai ini sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Area Parkir
  • Gazebo
  • Toliet
  • Kamar Mandi
  • Tempat Ibadah
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Penginapan

Khusus untuk fasilitas warung makan dan toko souvenir serta penginapan berbentuk villa, lokasinya memang terletak di luar kawasan pantai. Namun jaraknya tidak terlalu jauh sehingga tidak butuh waktu lama untuk menjangkaunya.

Q&A

Berikut ini beberapa Q&A seputar Pantai Teluk Asmoro sebagai tambahan informasi:

Bisa mendirikan tenda di pinggir pantai nggak?

Bisa banget.

Pantainya cocok untuk anak-anak nggak?

Cocok sekali.

Mobil Elf apa bisa langsung masuk?

Bisa.

Apakah di pantai ini sudah ada wahana Banana Boat?

Belum ada.

Apakah aman kalau camping dan bawa motor?

Aman-aman saja.

Kesimpulan

Meski masih baru dan sarana jalan masih kurang memadai, namun Pantai Teluk Asmoro ini bisa kamu jadikan destinasi alternatif saat sedang berlibur di Kota Malang. Apalagi bagi kamu yang menginginkan suasana pantai yang sepi dan romantis, maka di pantai inilah tempatnya.

Pandawa Eksa Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.
error: Disable