Ayu A writer; An English teacher; highly passion in travelling, reading & writing.

TOP 26 Wisata di Jogja Malam Hari Romantis & Instagramable

8 min read

Tugu Jogja: Tempat Wisata di Jogja Malam Hari

Jogja memang tak pernah ada habisnya! Rekomendasi wisata di Jogja malam hari berikut akan membuat Anda selalu rindu dengan kota ini.

Yups, siapapun yang mendengar kata Jogja tentu akan langsung membayangkan betapa romantis Malioboro saat malam hari bukan? Lampu-lampu gemerlapan, sapaan Jogja yang ramah, bahkan tata kota yang sangat ciamik membuat kota ini makin eksotis saat malam hari.

Namun, tak hanya cukup sampai di situ, pesona Jogja akan semakin kental terasa jika Anda mengujungi sejumlah wisata malam Jogja 2018 berikut.

Mulai dari Malioboro, Tugu Jogja dan sederet spot di dalam kota hingga kawasan yang menawarkan gemerlapan Jogja dari kejauhan. Semuanya fantastis!

1. Jalan Malioboro

Siapapun tak akan melewatkan suasana Malioboro malam hari yang eksotis, romantis dan ngangenin ini. Akan tampak deretan gemerlapan lampu di sepanjang 1,5 km di kawasan Malioboro.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai pertunjukan seni, pentas musik dan kuliner malam khas Jogja. Anda juga masih bisa shopping saat malam hari, jam operasional toko-tokonya hingga pukul 21.00 WIB.

Terlebih setiap Selasa Wage, Jalan Malioboro akan penuh dengan keunikan yang tak akan Anda dapatkan di hari lain. Tempat ini akan menjadi jalan bebas kendaraan roda empat pada hari tersebut.

AlamatJl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review Tempat WisataJalan Malioboro

2. Titik Nol Km

Tepat di perempatan setelah Anda menyusuri sepanjang Jalan Malioboro, Titik Nol menjadi lokasi favorit untuk hangout, santai hingga foto-foto. Terlebih saat malam hari, Anda akan temukan banyak orang yang mengenakan kostum menarik untuk diajak foto.

Perpaduan lampu kota dengan bangunan Kantor Pos, Bank BNI, Istana Negara Jogja dan Benteng Vredeburg menyatu menciptakan kecantikan. Pengunjung juga kerap menjadikan tempat ini untuk sekedar bersantai, banyak pedagang makanan di sekitaran Titik Nol saat malam hari.

AlamatJl. Panembahan Senopati, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review TempatTitik Nol Jogja

3. Tugu Jogja

Sudah biasa kan lihat Tugu Pal Putih Jogja yang ikonik dengan warna putih itu? Nah, coba dulu kunjungi kawasan Tugu Jogja malam hari, dijamin semakin memikat hati.

Saat malam, Tugu Jogja menjadi spot favorit berkumpul dan tentunya selfi dengan tugu dan berbagai hiburan dengan kostum unik. Anda juga bisa menikmati beragam kuliner lezat, yang paling favorit adalah warung-warung Angkringan di sepanjang jalan ini.

AlamatCokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review TempatTugu Jogja

4. Alun Alun Lor (Utara)

Menjadi spot favorit warga saat malam hari, untuk bersantia, bercengkrama dan kongkow dengan sahabat. Dari spot ini, Anda juga bisa menikmati luasnya langit dan gemerlap bintang dan lampu kota.

Ada kafe unik dan kedai makanan yang murah dan enak di sekitarnya seperti wedang ronde, martabak terang bulan, jagung bakar, dll. Saat menjelang Maulid Nabi, ada agenda tahunan berupa Pasar Sekaten atau pasar malam yang diadakan di sini.

AlamatJl. Alun-Alun Utara, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukGratis
Review TempatAlun-Alun Utara

5. Plengkung Gading

Alternatif bagi Anda yang ingin mengabadikan momen romantis di sebelah Alkid dengan bangunan yang nyentrik. Saat malam, Plengkung Gading nampak cantik dan romantik, biasanya banyak memanfaatkan untuk foto prewed.

AlamatJl. Patehan Kidul No.4, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukGratis
Review TempatPlengkung Gading

6. Alun Alun Selatan / Alun Alun Kidul

Terkenal dengan nama Alkid, spot favorit warga untuk berkumpul dan rekreasi sehingga selalu penuh dengan canda tawa warga Jogja. Anda bisa menikmati malam sambil nongkrong dan icip jajanan seperti ronde, jagung bakar, tempura, dll.

Bisa juga menghabiskan waktu dengan keseruan naik Odong-Odong atau Becak Hias dengan harga Rp 25 – Rp 50 K. Atau mau mencoba tradisi masangin, yakni melewar8 dua beringin kembar dengan ditutup matanya.

AlamatJl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review TempatAlun-Alun Kidul

7. Taman Pelangi

Spot asyik untuk liburan malam hari yang amsih satu kawasan dengan Monumen Jogja Kembali. Anda akan dimanjakan dengan berwarna rani lampion cantik yang gemerlap.

Ada lampion berbentuk tugu, tokoh kartun, bunga dan beragam wahana permainan menarik di dalamnya. Anda bisa menghabiskan waktu dengan foto selfie atua bersantai menikmati suasana.

AlamatJl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
Jam OperasionalPukul 16.30 WIB – 22.00 WIB (Weekdays)
Pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB (Weekend)
Tiket MasukRp 15.000 – Rp 20.000 per orang
Review TempatTaman Pelangi Jogja/ Taman Lampion

8. SKE (Sindu Kusuma Edupark)

Memiliki bianglala ikonik yang semakin cantik saat malam hari. Ditambah spot taman lampion dengan hiasan lampu cantik di sana sini.

Ada yang berbentuk LOVE, ada gerbang lampion wana warni. Sindu Kusuma Edupark saat malam hari cocok dijadikan alternatif liburan.

AlamatJl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam OperasionalPukul 08.00 WIB – 23.00 WIB
Tiket MasukRp 15.000 – Rp 20.000 per orang
Review TempatSindu Kusuma Edupark

9. Tebing Breksi

Sempatkan mengunjungi Tebing Breksi malam hari dan nikmati suasana romantis di kawasan artistik ini. Perpaduan antara tebing pahatan yang menawan ditambah lampu-lampu.

Saat malam tempat ini juga semakin asyik dengan berbagai hiburan serta pertunjuka live music. Anda juga melihat Kota Jogja yang dipenuhi lampu dari ketinggian.

AlamatUnnamed Road, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Jam OperasionalPukul 04.00 WIB – 00.00 WIB
Tiket MasukRp 5.000 per orang
Review TempatTebing Breksi

10. Sendratari Ramayana Prambanan

Coba deh kunjungi Prambanan malam hari, ada pertunjukan Sendratari Ramayan yang diadakan setiap 2-3 hari sekali dalam sebulan.

Pertunjukan seni megah dan worth it untuk dilihat ini mulai saat malam sekitar pukul 19.30 WIB. Biasanya diadakan di belakang Candi Prambanan dan masih satu lokasi.

AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Jam OperasionalPukul 19.30 – selesai
Tiket MasukRp 125.000 – Rp 400.000 per orang
Review TempatSendratari Ramayana Prambanan

11. Pinus Pengger

Wisata Jogja terhits terlebih saat malam hari, dengan suguhan nuansa sunyi plus pemandangan menawan Kota Jogja. Anda bisa melihat hamparan lampur berkilau dari Kota.

Banyak juga tersedia spot foto unik dengan background lampu kota yang kerlap kerlip. Ada Tangan Raksasa dan Rumah Hobbit unik dari ranting pohon.

AlamatJl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam OperasionalPukul 07.30 WIB – 23.00 WIB
Tiket MasukRp 2.500 per orang
Review TempatPinus Pengger

12. Bukit Bintang Jogja

Wisata 24 jam Jogja yang selalu hits, terketak di Gunung Kidul, hanya sekitar 15 km dari pusat kota. Menawarkan panorama kota yang gemerlap dengan lampu bak bintang bertebaran.

Sambil menikmati view ciamik, Anda juga bersantai, ngobrold an ditemani beragam kuliner wedang ronde, jagung bakar, dan banyak lainnya. Terdapat pula banyak penginapan dan kafe di sekitaran lokasi.

AlamatArea Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review TempatBukit Bintang

13. HeHa Sky View

Destinasi wisata Jogja terbaru 2019 yang menawarkan resto dengan bonus pesona Jogja dari ketinggian plus spot foto instagenic dan resto berkelas. Nikmati pemandangan menakjubkan Kota dari atas bukit khususnya saat malam.

Ada spot unik seperti Sky Baloon, Teras Kaca, Sky Bridge, hingga Kolam denga background pemandangan super cantik.

AlamatJl. Dlingo-Patuk No.2, RT.001/RW.001 Desa, Patuk, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
Jam OperasionalPukul 08.00 WIB – 23.00 WIB
Tiket MasukRp 10.000 – Rp 20.000 per orang
Review TempatHeHa Sky View

Lebih Lengkap tentang Wisata Jogja! Ada 150 destinasi wisata di Jogja lho!

14. Gunung Api Purba Nglanggeran

Spot di ketinggian 700 m tak jauh dari pusat kota yang menyuguhkan pemandangan Kota Jogja dalam sudut pandangan 180 derajat. Saat malam hari, Anda akan dimanjakan dengan view panorama yang memikat.

Lebih top kalau Anda sekalian camping dan menikmati malam di sini sembari menyambut sunrise. Namun dibutuhkan traking hingga 2 jam untuk mencapai puncak ini.

AlamatNglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
Jam Operasional24 Jam
Tiket MasukRp 20.000 (khusus malam hari)
Review TempatGunung Api Purba Nglanggeran

15. Pintu Langit Dahromo

Sebuah pintu yang dibangun di atas bukit di dataran tinggi, tempat Anda bisa menikmati pemandangan luar biasa dari ketinggian.

Terlebih saat malam hari, foto di spot ini akna tampak seperti pintu langit dengan backrgound bintang gemintang di belakangnya.

AlamatJl. Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam OperasionalPukul 08.00 WIB – 23.00 WIB
Pukul 07.00 WIB – 00.00 WIB
Tiket MasukRp 5.000 per orang
Review TempatPintu Langit Dahromo

16. Puncak Becici

Nikmati pemandangan dari Gunung Cilik berupa gemerlapan lampu kota yang nampak seperti taburan bintang. Jangan lupa abadikan momen tersebut dengan selfi di spot pohon di Puncak Becici.

AlamatGunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Jam OperasionalPukul 06.00 WIB – 19.00 WIB
Tiket MasukRp 2.500 per orang
Review TempatPuncak Becici

17. Festival of Light Kaliurang

Salah stu spot wisata malam Kaliurang Yogyakarta, yakni menyaksikan pertunjukan founding fountain atau air mancur menari. Pertunjukan air mancur ini diadakan rutin tiap akhir tahun di Gardu Pandang Kaliurang.

Biasanya festival ini juga dilengkapi dengan taman lampion, wahana Balon Udara dan Sky Rink untuk menambah keceriaan.

AlamatKaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Jam OperasionalPukul 17.00 – 23.00 WIB
Tiket MasukRp 20.000 – Rp 25.000 per orang
Review TempatFestival of Light Kaliurang

18. Angkringan Kopi Jos

Jangan lewatkan menyeruput sensasi kopi jos yang unik yakni berupa seduhan kopi hitam yang diberi arang membara. Anda bisa menikmati kopi ini di angkringan yang tersebar di dekat Stasiun Tugu. Yang paling terkenal dengan kopi jos nya adalah Angkringan Lik Man.

AlamatJl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
Jam OperasionalPukul 14.00 WIB – 03.00 WIB

19. Watu Langit

Kafe berkonsep Jawa dengan bangunan Joglo dan makanan prasmanan plus panorama dari ketinggian dan view Kawasan Jogja Utara.

Tempat wisata di Jogja malam hari yang hits ini ini cocok untuk menikmati daya tarik lain suasana di Yogyakarta.

AlamatMlakon, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Jam OperasionalPukul 11.00 WIB – 21.00 WIB
Tiket MasukGratis (Biaya Parkir & Makan/Minum)
Review TempatKafe Watu Langit

20. Raminten Cabaret Show

Nikmati makan malam sembari menyaksikan cabaret show yang dikombinasikan dengan ludruk dan srimulat di Hamzah Batik Lantai 3.

AlamatHamzah Batik, Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Jam OperasionalJumat dan Sabtu Pukul 19.00 WIB – selesai
Tiket MasukRp 50.000 – Rp 115.000 per orang
Review Tempat

21. Pasar Kangen

Agenda tahunan Yogyakarta yang menampilkan wisata kuliner dan seni khas tradisional. Di sini Anda bisa bernostalgia dengan jajanan jadul yang kini sudah sulit untuk ditemui.

Ada ratusan stand kuliner dan puluhan stand kerajinan. Biasanya juga ada pertunjukan seni tradisional kahs daerah di Jogja. Biasanya acara ini diadakan pertengahan tahun setiap tahunnya.

AlamatTaman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani No.1, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55122
Jam OperasionalPukul 17.00 WIB – 23.00 WIB
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review Tempat

22. FKY Jogja

Festival kebudayaan tahunan Jogja yang menyuguhkan pawai seni, pameran seni, teater, panggung kontemporer dan wisata kuliner. Di sini Anda bisa merasakan Jogja seutuhnya.

Biasanya acara ini diadakan 10 hingga 30 hari pada pertengahan tahun di setiap tahunnya. Untuk lokasinya berubah-ubah setiap tahun, so tetap update info ya.

23. Pasar Senthir

Pasar loak atau pasar barang bekas yang juga menjadi wisata belanja barang antik dan kenang-kenangan khas Jogja. Lokasinya ada di Jalan Malioboro, tepat di sebelah Pasar Bringharjo.

AlamatJl. Pabringan No.Selatan, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Jam OperasionalPukul 19.00 WIB – 24.00 WIB
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review TempatPasar Senthir

24. Pasar Klithikan

Coba deh nikmati sensasi blusukan di Pasar Klithikan, dimana pasar ini terkenal dengan harga murah. Barang yang dijual di sini kebanyakan adalah barang kuno dan bekas, namun ada pula yang baru.

Tersedia onderdil, alat-alat hobi, barang klithikan, konter HP dan masih banyak barang unik lagi di sini. Jangan lupa menawar ya kalau belanja di sini.

AlamatJl. HOS Cokroaminoto No.34, Pakuncen, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55253
Jam OperasionalPukul 10.00 WIB – 23.00 WIB
Tiket MasukGratis (Hanya Parkir)
Review TempatPasar Klithikan

25. Wisata Camp di Pantai

Yang tak boleh ketinggalan nih, yaitu menikmati tempat wisata malam Gunungkidul dengan kegiatan camping di pantai. Ada banyak spot pantai sebagai rekomendasi camping Anda.

Ada Pantai Ngrumput, Pantai Greweng, Pantai Butuh, Pantai Sanglen, Pantai Wohkudu, dan Pantai Sedahan. Pantai Jungwok, Pantai Kayuarum, Pantai Ngetun dan Pantai Seruni juga rekomended.

Nah, itulah tadi sejumlah tempat wisata di Jogja malam hari yang bisa Dolanyok sajikan untuk Anda. Dari tempat wisata di dalam kota hingga tepi pantai, semuanya menarik untuk dicoba.

So, tunggu apalagi? Yuk buat itinerarary wisata di Jogja malam hari biar liburanmu lebih mengesankan. Jangan lupa happy ya!

Ayu A writer; An English teacher; highly passion in travelling, reading & writing.
error: Disable