Menjelajah Gunung Rinjani Bersama Sang Penjaga Dewi Anjani

5 min read

Menjelajah Gunung Rinjani Bersama Sang Penjaga Dewi Anjani 1

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi nomer tiga di Indonesia yang menjadi incaran para pendaki lokal maupun internasional.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:
Nomor Telpon:
Aktivitas:Mendaki gunung, berkemha, memancing, menikmati pemandangan
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, ransel, tenda, kamera, pakaian ganti, makanan
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang merusak lingkungan, dilarang berkata kotor
Alamat:Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Fasilitas Umum:Basecamp , Toilet, Rumah makan, Area parkir
Akses Jalan:Trek menantang
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Tahukah kamu gunung yang paling terkenal di Pulau Lombok? Ya, jawabanya adalah Gunung Rinjani. Gununung ini merupakan gunung idaman bagi para pecinta alam atau pendaki.

Pasalanya gunung ini sangat menantang untuk dijelajahi. Apalagi pemandanganya yang sangat indah bisa memuaskan pandangan. Bagi kamu para pendaki sejati belum lengkap kalau belum mendaki gunung ini.

Berikut kami akan sampaikan pesona yang dimiliki oleh gunung ini. Setelah membaca artikel dari tim dolanyok ini, kamu pasti ingin segera menjelajah gunung ini.

Sekilas Gunung Rinjani

Siapa yang tidak tahu Gunung Rinjani? Gunung vulkanik tertinggi nomer tiga di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Letak gunung tersebut berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok Nusa Tenggara Timur.

Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit bagi pecinta alam lokal maupun manca. Gunung yang mendominasi pemandangan hampir setengah dari pulau lombok ini, sangat diidam idamkan para pecinta alam.

Bagaimana tidak pemandanganya begitu indah. Tidak hanya itu, Danau Segara Anak dan sajian samudra diatas awan seakan melepas semuakelelahamu selama melakukan pendakian.

Mitos

Menurut masyarakat setempat gunung ini memiliki kekuatan mistis. Cerita yang beredar, gunung tersebut dihuni oleh ratu jin dan menjadi pusat komunitas jin seluruh dunia. Pimpinan dari jin tersebut adalah ratu jin bernama Dewi Anjani.

Hal tersebut dikuatkan oleh pemangku adat setempat, jika pada masa dulu sebelum melakukan pendakian harus melakukan ritual ijin kepada Dewi Anjani untuk meminta keselamatan. Sampai sekarang kegiatan ritual itu masih menjadi rutinitas masyarakat setempat.

Baca Juga: Tempat Wisata Lombok

Daya tarik

Gunung eksotis ini memiliki daya tarik yang membedakanya dengan gunung-gunung lainya di Indonesia.

Segara anak

Pemandangan superduper menyilaukan dari Danau Segara Anak yang tiada duaya, pepohonan, bentangan gunung, dan kilauan air yang seperti berlian menjadi hal yang sangat sayang untuk dilewatkan, dan bisa dibilang surga dunianya dunia.

Kawah Gunung Batu Jari

Jangan buru buru turun dulu, karena dari bibir danau kamu bisa melihat indah dan megahnya Gunung Batu jari. Gunung yang berada di tengah danau ini sangat identik dengan pemandangan khas Rinjani.

Pemandangan unik lainya adalah gunung kecil tersebut mengeluarkan sulfur dari kawahnya.

Seven Summits

Dengan ketinggian 3.726 mdpl, gunung ini menjadi gunung tertinggi nomer 3 di Indonesia. jika kamu telah mencapai puncak, kamu akan disuguhkan pemandangan tanpa batas dan samudra awan dapat kamu nikmati sambil menyeruput kopi mu.

Trek Pendakian Yang Mewah

Jikalau kamu melakukan pendakian dan merasakan lelah, semua itu akan terbayar dengan perjalanan yang disekelilingmu terdapat padang savana yang luas, bunga bunga edelwais yang indah, hujan pegunungan tinggi, jadi sangat pantas jika trek pendakian tersebut bisa dibilang trek pendakian yang mewah.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang menarik bisa kamu dapti jika berkunjung disini.

Alamat

Gunung ini bisa kamu temukan di Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jika keindahan yang disuguhkan oleh gunungini beserta pengalaman perjalan yang kamu dapatkan belum cukup membuatmu puas, jangan kawatir kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain di seputar lokasi gunung ini.

Ada objek wisata yang lebih santai yang bisa kamu nikmati. Objek wisata tersebut seperti, Kebun Strawberry Sembalun, Bukit Siswa Paralayang, Rumah Tenun Sembalun, Desa Adat Baleq, dan Bukit Selong. Objek wisata yang bisa kamu kunjungi tersebut berada di kaki gunung.

Baca Juga: Gunung Sindoro

Jalur pendakian

Gunung ini memiliki 3 jalur yang pendakian yang bisa kamu pilih untuk melakukan pendakian.

Jalur Torean

Jalur yang satu ini sebenarnya tidak disarankan oleh pihak pengelola, karena jalur ini merupakan jalur kusus masyarakat setempat yang sudah hafal betul medan medan jalur pendakian. Jika kamu ingin menggunakan jalur ini kamu harus mendapatkan ijin dari pengelola dan kamu harus menggunakan tour guide.

Jika kamu mendapatkan ijin dan diperbolehkan melakukan pendakian dengan melewati jalur ini, maka kamu akan melewati sumber air panas yang dapat kamu gunakan untuk berendam. Akan tetapi untuk mandi dan berendam disini kamu harus mematuhi peraturan yang ada, seperti jika seorang pria harus menggunakan celana, dan wanita harus menggunkan sarung atau kain, dan tidak diperbolehkan telanjang bulat atau tidak menggunakan penutup.

Setelah melewati sumber air panas, kamu akan menemui air terjun berundak yang airnya berasal dari sumber air panas. Namun air ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena air ini mengandung belerang. Setelah melewati air terjun berundak, kamu akan melewati hutan yang sangat lebat dan padang savana yang sangat luas.

Setelah kamu melewati beberapa tempat yang sangat eksotis tadi, kamu akan menemui sungai yang sangat jernih, bersih dan indah. Sungai tersebut masih murni dan belum tercemar oleh limbah. Nah setelah kamu menyeberangi sungai, kamu tidak akan melihat jalur pendakian yang dapat dileewati atau petunjuk pendakian. Maka dari itu pihak pengelola mewajibkan menggunakan jasa tour guide agar tidak kesasar.

Jalur Senaru

Nah untuk jalur yang satu ini adalah jalur yang sangat umum atau sering digunakan pendaki. Para pendaki yang naik dari jalur inibiasanya akan turun di jalur Sembalun, atau sebaliknya.

Dari pos 1 ke pos 2 yang melalui jalur ini membutuhkan waktu agak lama. Hal tersebut dikarenakan jalur berupa tanjakan dan sangat menguras tenaga, dan sangat disarankan untuk beristirahat sejenak di pos-pos yang ada pada jalur tersebut.

Untuk melanjutkan ke pos 3, diperkirakan memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Dari pos 2 menuju pos 3 akan melewati hutan yang lebat dan banyak monyet liarnya. Maka sangat disarankan untuk tidak mengeluarkan makanan yang memancing monyet liar untuk membegal makanan kalian.

Dari pos 3 ke Pelawangan Senaru membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, dengan medan jalan yang menanjak dan sangat menguras tenaga. Sampai di Pelawangan Senaru kamu akan melihat kaldera yang sangat indah, cukup untuk obat lelahmu selama melakukan perjalanan.

Setelah itu kamu akan tiba di Danau Segara Anak. Kamu pun akan melewati jalan yang sedikit berbatu. Di tempat ini kamu bisa beristirahat sejenak disana sebelum kamu melanjutkan perjalanan menuju puncak rinjani.

Jalur Sembalun

Khusus untuk jalur ini akan ditutup pada hari Jumat. Hal ini karena permintaan masyarakat sekitar. Jika ada yang ingin melakukan pendakian melewati jalur ini maka akan dialihkan melewati jalur lain.

Untuk memasuki pos 1, kamu akan disugihi pemandangan perkebunan warga yang sangat luas. Dijalur ini kamu juga akan menemukan banyaknya monyet ekor panjang. Nah setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kamu disarankan untuk beristirahat di pos 1.

Untuk melanjutkan ke pos 2 kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam perjalana dengan medan jalan yang menanjak. Di jalur ini sangat dianjurkan untuk berjalan santai karena bisa menghemat tenaga sambil menikmati indahnya padang savana.

Dari pos 2 ke pos 3, medan jalan masih cenderung menanjak, dan dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Waktu yang dibutuhkan dari Pos 3 menuju Pelawangan Sembalun waktu yang dibutuhkan sekitar 5 jam perjalanan. Kamu akan melewati tanjakan yang sangat panjang yang biasa disebut Bukit Penyesalan.

Pada kawasan ini mental, tenaga, dan emosi kita akan sangat diuji untuk melihat seberapa tangguhnya kamu. Setelah kamu melewati medan yang extreme tadi, kamu perlu melewati jalan yang menantang lagi sekitar 1km sebelum kamu sampai ke puncak.

Gimana sob ? sudah merasa tertantangkah untuk melakukan perjalanan ke gunung ini dengan sejuta keindahan yang akan kamu dapatkan ?

Biaya Pendakian

Biaya yang dikeluarkan untuk menuju gunung ini berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari kendaraan dan berapa lamu waktu yang kamu inginkan.

Untuk menentukan biaya yang bisa kamu keluarkan, kamu bisa memilih beberapa cara untuk menghemat biaya selama perjalanan. Menggunkan jalur darat misalnya, jalur ini sering kali dipilih para pendaki karena cukup ampuh untuk mengatasi pengeluaran biaya yang membengkak, dan lebih bisa menikmati perjalanan, namun tidak bisa untuk menghemat waktu.

Estimasi biaya perjalanan dari Yogyakarta – Lombok


Dari Jogja kamu bisa menggunakan kereta api Sri Tanjung yang langsung menuju Stasiun Besar Banyuwangi. Perjalanan menuju Stasiun Besar Banyuwangi memakan waktu selama 14 jam perjalanan. Sangat disarankan selama perjalanan menggunakan kereta api kamu membawa bekal makan sendiri, karena harga makanan dikereta mahal.

Setibanya di Stasiun Besar Banyuwangi, kamu menuju Pelabuhan Ketapang yang jaraknya cukup dekat sekitar 15 menit berjalan kaki, dan segeralah membeli tiket penyeberangan ke Pelabuhan Gilimanuk. Penyeberangan akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Setelah sampai ke Pelabuhan Gilimanuk, kamu harus melanjutkan perjalanan desngan menggunkan bus menuju Pelabuhan Padang Bai yang memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan.

Setelah tiba di Pelabuhan Padang Bai kamu bisa menyeberang ke Pelabuhan Lembar dan menghabiskan waktu hampir 3 jam. Setelah itu barulah kamu tiba di Lombok. Untuk lebih menghemat waktu, kamu harus pilih menggunakan travel yang bisa langsung mengantarmu ke Terminal Mandalika Mataram dengan lama perjalanan 3-4 jam.

Jika kamu menggunakan bus, akan memakan waktu lebih lama karena tidak langsung menuju Terminal Mandalika Mataram. Sesampainya di Terminal Mandalika Mataram kamu menuju basecamp dengan menggunakan pickup. Sampailah kamu di basecamp Pendakian Sembalun. Beristirahatlah dahulu sebelum mealnjutkan perjalananmu menuju puncak rinjani, dan jangan lupa melakukan registrasi.

KeteranganHarga
Kereta Sri Tanjung Jogja- BanyuwangiRp 100.000,00/ orang
Penyeberangan Ketapang ke GilimanukRp 7.500,00/ orang
Bus Gilimanuk- Padang BaiRp 65.000,00/ orang
Penyeberangan Ke Pelabuhan LembarRp 44.000,00/ orang
Travel menuju Terminal Mandalika MataramRp 35.000,00/ orang
Bus Dari Terminal Mandalika ke basecampRp 25.000,00/ orang
Biaya registrasiRp 15.000,00/ orang
Biaya makan 4hariRp 80.000,00

Selain menggunakan jalur darat, kamu juga bisa menggunakan jalur udara. Namun kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih besar jika menggunakan transportasi udara.

Fasilitas

Dengan banyaknya pengunjung yang setiap harinya mendatangi tempat tersebut, pengelola menyediakan fasilitas yang mungkin bisa kamu gunakan, seperti:

  • Basecamp
  • Toilet
  • Rumah makan
  • Area parkir

Nah setelah turun dari gunung dan kamu merasa lapar serta lelah, kamu bisa makan. Ada beberapa pilihan rumah makan yang bisa kamu pilih untuk mengisi perut yang lapar, seperti, Oktavia Warung yang berjarak 14,7 km, dan Rifka Cafef Rinjani yang berjarak 13,7 km.

Di rumah makan tersebut kamu pun bisa mengisi tenaga kembali untuk mempersiapkan tenaga pulang ke kota asalmu masing-masing.

Q&A

Kesimpulan

Tertarik untuk menjelajah di gunung ini? Yuk siapkan tiket dan peralatanmu menuju gunung ini.

Gunung ini pun dinobatkans sebagai gunung terfavorit dan terindah versi para pendaki Indonesia. Karena memang Gunung Rinjani ini memiliki keindahan yang tiada tandinganya.

error: Disable