Yuk Intip, Ini Dia 9 Tips Penting Agar Liburanmu Lebih Menyenangkan

2 min read

Tips Liburan

Bagi kebanyakan orang, berwisata merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Tak jarang dari mereka yang sangat menanti-nantikan waktu untuk berwisata.

Semua persiapan biasanya dilakukan jauh-jauh hari untuk menyambut waktu berlibur tersebut. Seperti menyiapkan berbagai pakaian, keperluan, dan juga berbagai aksesoris yang akan digunakan selama berlibur.

Tips Liburan

Namun tak jarang pula dari mereka bahkan kamu sendiri sudah menyiapkan semuanya jauh-jauh hari, tetap saja ada suatu hal atau barang yang tertinggal. Tentunya hal tersebut akan sangat membuatmu tidak nyaman bukan.

Jadi, sebenarnya apa sajakah yang harus dipersiapkan sebelum melakukan liburan agar waktu liburan mu menjadi menyenangkan? Berikut ini beberapa tips penting yang harus kamu lakukan sebelum berangkat berlibur:

Tentukan Tempat Wisata Yang Seru

Hal pertama yang perlu dipersiapakn yaitu tentukan terlebih dahulu tempat wisata yang akan dikunjungi. Kamu bisa melihat referensi tempat wisata yang ada untuk dikunjungi. Cari lah tempat wisata yang paling seru untuk pengalaman berwisata yang menyenangkan.

Tentukan Transportasi yang Akan Digunakan

Hal selanjutnya yaitu menentukan transportasi yang akan digunakan untuk menuju ke tempat tersebut. Jika menggunakan kendaraan umum lakukan reservasi tiket jauh-jauh hari untuk perjalanan pergi dan perjalanan pulang agar perjalanan kamu akan terasa menyenangkan dan tenang.

Atau kamu bisa memilih untuk menggunakan transportasi pribadi seperti mobil ketika berlibur bersama banyak teman. Selain membuat waktu liburan menjadi menyenangkan, memilih transportasi pribadi juga akan menghemat pengeluaran kamu juga loh.

Tentukan Akomodasi yang Akan Ditempati

Tentunya ketika hendak bepergian dalam waktu lama, maka kamu akan membutuhkan sebuah akomodasi yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat.

Kamu bisa melakukan reservasi dari akomodasi seperti hotel maupun guest house jauh-jauh hari untuk memastikan tempat tinggalmu tersedia selama ada di tempat wisata.

Pilihlah akomodasi yang terdekat dengan tempat wisata untuk lebih memudahkan kamu dalam berkunjung ke tempat wisata.

Perhitungkan Keuangan

Jangan lupa untuk melakukan perhitungan keuangan pribadi sebelum melakukan perjalanan wisata.

Sebab, perjalanan wisata akan membutuhkan berbagai macam keperluan seperti biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya masuk ke objek wisata, hingga biaya untuk makan dan keperluan lain.

Kamu bisa memperhitungkannya secara matang agar tidak mengalami kesulitan ketika tiba di tempat wisata tersebut hingga melakukan perjalanan pulang.

Ajak teman sebanyak-banyaknya

Jangan pernah melakukan wisata seorang diri karena hal itu tentu akan membuat waktu berwisatamu sangat membosankan.

Tips lain yang juga sangat penting untuk menciptakan waktu liburan yang menyenangkan yaitu dengan mengajak teman untuk ikut berlibur. Semakin banyak teman maka perjalanan wisatamu akan semakin menyenangkan dan berkesan.

Buat List Barang yang Akan Kamu Bawa

Kamu bisa memulainya dengan membuat list barang yang akan dibawa dalam selembar kertas. Seperti halnya handphone, charger, pakaian, alat mandi, obat-obatan, sepatu, sandal, dompet, dan lain sebagainya.

Dengan hal itu kamu tidak akan meninggalkan barang berhargamu dirumah serta membuat persiapan liburan menjadi lebih tenang.

Namun begitu, walaupun sudah dilakukan list barang ada baiknya jika kamu mengeceknya sekali lagi sebelum berangkat dan memastikan bahwa semuanya sudah terbawa.

Bawalah Barang Seperlunya Saja

Tips selanjutnya yaitu, kamu tidak perlu membawa barang terlalu banyak dan bahkan yang tidak begitu penting selama berlibur.

Untuk mengantisipasinya, kamu bisa mengenakan sepatu maupun aksesoris yang memiliki motif maupun warna netral sehingga akan cocok jika dipadukan dengan berbagai macam pakaian.

Hal itu akan lebih menghemat ruang pada kopermu sekaligus membuatmu lebih nyaman dalam berpergian.

Kelompokkan Pakaian Kamu

Maksud dari hal ini yaitu sebisa mungkin kelompokkan pakaian yang akan digunakan dalam 1 hari tersebut dan letakkan barang di tempat terpisah.

Seperti contohnya ketika hari pertama baju yang akan digunakan adalah dress berwarna merah, baju berwarna biru dan piyama berwarna kuning. Nah, dari situ kamu bisa menumpuknya menjadi 1 tumpukan rapi.

Sehingga dengan mengelompokkan barang maupun pakaianmu, maka koper akan tetap rapi dan juga menghemat waktu tentunya karena kamu tidak memerlukan waktu lama dalam mencari barang yang dibutuhkan.

Bawa Tas Cadangan

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan yaitu dengan membawa tas cadangan. Hal tersebut akan sangat membantu dalam membawa barang yang mungkin tidak muat masuk kedalam koper.

Biasanya hal itu disebabkan karena adanya pembelian yang dilakukan ketika berlibur. Maka, dengan membawa tas cadangan kamu tidak akan kewalahan untuk mempacking barang yang telah membludak tersebut.

Itulah beberapa tips penting yang dapat kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan wisata. Tips tersebut sangat penting untuk kamu terapkan agar waktu berlibur kamu menjadi lebih menyenangkan dan juga berkesan.

Jadi, wisata mana yang sudah menjadi incaran untuk kamu kunjungi saat ini? Tentukan perjalananmu dan nikmati bersama teman-temanmu.

error: Disable