Tempat Wisata Pulau Komodo NTT dan Sekitarnya Wajib di Kunjungi

Tempat Wisata Pulau Komodo NTT dan Sekitarnya Wajib di Kunjungi
Beri nilai

Pulau komodo adalah sebuah pulau yang dikenal sebagai habitat asli kadal raksasa / komodo. Pulau ini terletak disebalah timur pulau sumbawa yang dibatasi oleh Selat Sape. Masyarakat umum mengenal tempat ini dengan nama taman nasional komodo. Dan dalam historinya, selain menyimpan makhluk purba, tempat ini dikenal dengan keindahan wisata alamnya. Mulai dari hamparan rumput yang sangat luas, perbukitan, hingga wisata lautnya yang luar biasa. Mungkin kamu pernah melihat video yang super keren di youtube tentang keindahan alam pulau komodo, bagaimana menrutmu?

6 Fakta Tentang Pulau Komodo

  1. Ada lebih dari 5000 komodo yang saat ini hidup di taman nasional komodo
  2. Menjadi tujuan kunjungan para ahli dan ilmuan
  3. Tujuan wisata wisatawan asing dan lokal
  4. Pengelola tidak memberi makan langsung kepada komodo, melainkan melepaskan berbagai hewan ternak ke alam liar, dan komodo lah yang akan memburunya sendirian
  5. Punya pantai berwarna pink yang sangat populer
  6. Pengunjung wanita yang sedang haid dilarang masuk areal taman nasional komodo, karena komodo sangat sensitif dengan bau darah

Sebenarnya ada 3 pulau yang masuk kedalam wilayah taman nasional komodo, yaitu pulau Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Tentu keadaan tersebut menjadikan banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di lokasi ini selain melihat aktifitas komodo.

Di pulau komodo bisa ngapain aja sih?

Perlu kita ketahui, di pulau komodo ternyata tidak hanya dihuni oleh flora dan fauna saja, ada masyarakat asli komodo yang menetap dan hidup disana, nama tempatnya adalah kampung wisata komodo. Uniknya, komodo tidak akan memangsa warga yang hidup ditempat tersebut, walaupun terkadang sering sekali ada komodo mondar mandiri dipekarangan rumah mereka.

Selain bisa berkunjung ke kampung wisata komodo, kamu juga bisa mengunjungi tempat tempat yang dimana komodo sedang berjemur, atau sedang memakan mengsanya dengan ditemani oleh pawang. Masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan di pulau ini, namun wajib dengan pemandu yang sudah ahlinya ya. Karena orang awam akan sangat kesulitan untuk mendeteksi kapan komodo mendekat dan menerkam kita.

Berapa biaya masuk ke pulau komodo?

Pasti kalian banyak yang berpikir biaya masuk pulau komodo mahal, ya kan? Dari sumber yang disebutkan oleh kompas.com, biaya masuk untuk saat ini adalah Rp 5.000 rupiah untuk wisatawan lokal, dan Rp. 150.000 untuk wisatawan mancanegara. Namun kedepan harga tersebut naik menjadi Rp 10.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp. 250.000 untuk wisatawan mancanegara. Kenaikan harga tersebut masih dalam proses pengkajian oleh pengelola dan pemerintah setempat. Nah biaya tersebut tentunya sangat murah bukan?

Namun kamu belum bisa masuk dengan leluasa untuk berkeliling di pulau komodo, ada tambahan biaya 80.000 untuk pemandu wisata komodo. Jika di hitung hitung, biaya tersebut sangat murah, bila membandingkan dengan ancaman keselamatan wisatawan dari serangan komodo. Waktu berkunjung terbaik rekomendasi dari pengelola pulau komodo adalah Maret s.d. Juni, Oktober s.d. Desember.

Disini kamu bisa mengiap, bisa tinggal untuk beberapa hari, karena sudah ada tempat khusus yang disediakan oleh pengelola untuk wisatawan yang ingin singgah ditempat ini.

Rangkuman Tentang Pulau Komodo
Melihat komodo, makan, membuat video klip, belajar sejarah, mempelajari karakteristik hewan purba, dan lain lain
Jam Buka 24 Jam
Harga Tiket Rp 5.000 Lokal | Rp 150.000 Mancanegara
Waktu Terbaik Maret s.d. Juni, Oktober s.d. Desember.
Penginapan
Peta Lokasi Teejay WaterparkKlik

Jika sudah bosan dan puas melihat komodo, kamu bisa lanjut menjelajahi wisata lain disekitar pulau komodo, yaitu ada di pulau Rinca dan pulau Padar. Berikut sudah kami rangkum beberapa tempat wisata yang juga sering dikunjungi wisatawan setelah puas menikmati komodo.

Wisata di Sekitar Pulau Komodo

Kampung Wisata Komodo

Kampung Wisata Komodo

Kampung wisata komodo merupakan tempat tinggal bagi penduduk asli pulau komodo. Tempat ini dinamakan wisata karena setiap pengunjung yang datang bisa menikmati jajanan yang dibuat langsung oleh penduduk setempat, seperti makanan dari laut hingga oleh oleh patung komodo.

Pulau Kelor

Pulau Kelor

Tempat dimana anda bisa melakukan aktivitas snorkeling di alam bebas. Pulau kecil yang memiliki lebih dari 200 jenis karang dan ribuan biota laut ini sangat populer bagi wisatawan mancanegara. Pulau ini terletak di sebelah timur pulau komodo, atau sekitar beberapa menit saja dari pulau komodo.

Gili Laba

Jika anda perhatikan video di atas, tentu itu pemandangan alam milik Indonesia, sangat indah bukan? Tempat tersebut namanya gili laba. Untuk dapat mendaki di atas bukit, hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit, dan anda sudah bisa menikmati keindahan hamparan rumput, hembusan angin, sekaligus pemandangan laut yang sangat indah.

Pantai Merah / Pink

Pantai Merah

Pantai merah merupakan tujuan wajib wisatawan saat berada di pulau komodo ataupun di labuan bajo. Pantai ini menyajikan pemandangan air laut yang sangat biru dengan pasir pantai berwarna merah muda atau pink. Sudah tidak diragukan lagi, tempat ini menjadi idaman para wisatawan mancanegara.

Loh Buaya

Loh Buaya

Loh buaya merupakan pusat habitat kadal raksasa / komodo guys. Ditempat ini ada ribuan komodo yang hidup dan dilestarikan. Sedangkan di pulau komodo dan pulau padar jumlah komodonya hanya ratusan saja. Untuk dapat kesini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari labuan bajo. Anda wajib membawa pemandu jika ingin mengunjungi tempat ini.

Jadi gimana? Apakah kalian tertarik untuk berkunjung ke taman nasional komodo? Semoga informasi ini membatu ya, jangan lupa share.

Gambar Gravatar
Ingat, semua informasi ini disediakan sama sekali tanpa biaya dan jika Anda telah menikmati apa yang telah Anda baca, tolong tunjukkan penghargaan Anda dengan membagikan posting ini di jejaring sosial favorit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.