Museum Macan, Ini 5 Spot Instagramable Buat Kamu Para Milenials

Diposting pada

Museum Macan adalah salah satu tempat pameran karya seni sekaligus tempat liburan di Jakarta yang saat ini banyak digandrungi wisatawan. Di sini kamu bisa menemukan puluhan bahkan ratusan karya seni tingkat tinggi ciptaan seniman tanah air dan juga mancanegara.

Museum Macan Jakarta
via instagram/jessieylinn
Jam Buka:10.00 – 14.00 WIB (Sesi Pagi) – 14.00 – 19.00 WIB (Sesi Siang)
Harga Tiket:Rp. 100.000/Orang (Dewasa) – Rp. 90.000/Orang (Pelajar) – Rp. 80.000/Orang (Anak-anak)
Kontak:(021) 22121888
Alamat:Jln. Perjuangan No. 5, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
Fasilitas Umum:Area Parkir, Toilet, Penitipan Barang, Klinik, Tempat Ibadah, Ruang Perawatan Bayi, Coffee Shop, dll.
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Jakarta memiliki banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain objek wisata bertemakan wisata alam seperti wisata pegunungan, curug, taman-taman bunga, dan lain sebagainya, Jakarta juga punya beberapa tempat wisata bertemakan kesenian dan budaya.

Salah satu objek wisata di Jakarta yang mengusung konsep wisata seni dan budaya yang dimaksud adalah Museum Of Modern And Contemporary Art In Nusantara atau yang lebih dikenal dengan nama Museum Macan.

Jika kamu adalah penyuka karya-karya seni atau hal-hal yang sarat dengan nilai budaya, maka tempat yang satu ini jangan sampai dilewatkan.

Nah apa saja hal menarik yang bisa kamu temukan di tempat wisata di jakarta ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

museum-macan-yayoi-kusama
via instagram/museummacan
museum-macan-2019
via instagram/museummacan
harga-masuk-museum-macan
via instagram/museummacan
beli-tiket-museum-macan
via instagram/museummacan
lokasi-museum-macan
via instagram/museummacan
museum-macan-infinity-mirrored-room
via instagram/museummacan
museum-macan-tiket
via instagram/museummacan
museum-macan-jakarta-barat
via instagram/museummacan
tiket-masuk-museum-macan
via instagram/museummacan
tiket-museum-macan
via instagram/museummacan

Museum Macan

Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong baik yang berasal dari kota Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Bukan hanya wisatawan dewasa saja, para milenials pun ternyata banyak yang menyukai tempat ini karena beberapa spot pameran karya seni yang ada di dalamnya memang cukup instagramable sebagai lokasi berfoto.

Acara pameran karya seni biasanya diadakan dalam waktu yang tidak begitu lama.

Misalnya saja pada tahun 2018 kemarin, museum ini mengadakan pameran karya-karya seni ciptaan seniman Jepang, Yayoi Kusama selama 5 bulan saja yakni dari Mei 2018 hingga September 2018.

Tradisi di tempat ini memang demikian adanya. Setelah pameran karya seni dari seorang seniman usai, maka dilain waktu karya seni yang dipamerkan akan diganti dengan karya seni dari seniman lainnya.

Inilah yang membuat karya-karya seni yang ada di sana selalu fresh dan tidak membosankan.

Namun jangan beranggapan bawah setelah pameran usai, museum ini jadi kosong melompong.

Tentunya, di museum ini masih ada ratusan karya seni yang mengisi museum secara permanen. Jumlahnya pun saat ini tercatat tak kurang dari 800 karya seni yang diciptakan oleh para seniman kelas wahid dunia.

Karya seni yang dipajang bukan hanya karya seniman asal Indonesia saja. Bahkan, 50 persen dari total keseluruhan karya seni yang ada di dalam museum adalah ciptaan seniman luar negeri.

Beberapa seniman luar negeri yang karyanya bisa kamu temukan di sana antara lain Yayoi Kusama asal Jepang, On Kaware dari Jepang, Lee Mingwei dari Taiwan, dan Arahmaiani dari Amerika.

Alamat Lokasi

Museum ini berlokasi di tempat yang strategis. Museum ini berada di Jln. Perjuangan No. 5, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Jika kamu pernah ke Kidzania Jakarta, maka kamu hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit berkendara untuk sampai ke Museum. Atau jika kamu ernah ke Jakarta Aquarium, maka jaraknya akan lebih dekat yakni hanya sekitar 13 Kilometer sana.

Sedangkan apabila mengaksesnya dari pusat Ibu Kota Jakarta, maka waktu tempuhnya hanya sekitar 25 menit berkendara sejauh 15,3 kilometer.

Kemudian mengenai alat transportasi yang bisa kamu gunakan, selain kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan angkutan umum seperti Kereta Api atau Transjakarta.

Jika menggunakan kereta api, maka setelah sampai di stasiun Palmerah, kamu bisa melanjutkan perjalanan akhir ke museum menggunakan ojek online.

Lalu jika ke sana menggunakan Transjakarta, rutenya ialah dari jurusan Harmoni ke Lebak Bulus, dan turun di halte Busway Kebon Jeruk. Nah dari sini, kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 300 meter untuk sampai di lokasi.

Bagi kamu yang membutuhkan peta lokasi dan rute, di bawah ini adalah peta lokasi Museum Macan yang kami ambil dari Google Maps.

Fasilitas yang Tersedia

Selain fasilitas berupa wahana wisata semacan area pameran karya seni, di tempat ini tentunya juga tersedia beberapa fasilitas umum.

Fasilitas umum yang tersedia antara lain area parkir, toilet, tempat penitipan barang, klinik, tempat ibadah, ruang perawatan bayi, dan coofee shop.

Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan fasilitas untuk memudahkan pengunjung difabel berupa jalur akses kursi roda, dan juga akses kereta bayi jika kamu datang membawa serta anak kecil.

Juga, di museum ini sudah tersedia toko penjual berbagai macam barang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah seperti souvenir, hingga buku bertema kesenian dan budaya.

Spot Instagramable

Berikut ini beberapa wahana atau spot menarik dan instagramable yang bisa kamu temukan di sana.

Dots Obsession

Spot ini berisi karya seni ciptaan Yayoi Kusama. Objek nya adalah beberapa bola berwarna kuning dengan ukuran lumayan besar, yang permukaannya dihiasi polkadot berwarna hitam. Spot ini selain menarik dipandang mata, juga cukup unik sebagai lokasi berfoto.

My Eternal Soul

Di area ini terdapat sekitar 500-an karya lukis yang juga dibuat oleh Yayoi Kusama. Lukisan-lukisan bercorak gambar-gambar unik yang ada di spot My Eternal Soul ini juga sangat cantik jika dijadikan background foto.

Infinity Mirrored Room

Dari semua spot yang ada, spot Infinity Mirrored inilah yang biasanya selalu dipadati oleh pengunjung.

Spot ini memang instagenic. Di sini kamu akan menemukan sebuah ruangan gelap, yang dindingnya dipenuhi kaca dan bola berwarna-warni.

Cermin yang diatur sedemikian rupa, menghasilkan pantulan bayangan bola yang menyala dalam jumlah tak hingga. Foto yang dihasilkan di spot ini tentunya sangat cantik dan unik.

Namun sayangnya, kamu harus benar-benar memanfaatkan waktu apabila memasuki area ini. sebab, setiap pengunjung hanya diberi jatah sekitar 20 detik untuk berada di dalam Infinity Mirrored Room.

Obliteration Room

Spot ini juga sebenarnya tidak kalah cantik dibandingkan spot Infinity Mirrored Room. Di sini kamu bisa berfoto dengan background ruangan yang dindingnya dicat putih, dengan hiasan beragam rupa dan warna stiker.

The Letter Writing Project

Berbeda dengan spot lain yang umumnya lebih menarik sebagai tempat berfoto. Spot The Letter Writing Project yang merupakan buah karya Lee Mingwei ini menawarkan sesuatu yang sangat unik.

Sesuai namanya, di sini kamu akan menemukan banyak sekali surat yang ditulis oleh pengunjung, yang konon katanya akan dikirimkan ke alamat tujuan oleh pihak museum apabila pengunjung menginginkannya.

Sedangkan apabila pengunjung tidak ingin suratnya dikirim atau surat yang ditulis tanpa alamat tujuan, maka surat-surat tersebut akan dibiarkan untuk dibaca oleh pengunjung lain.

Jam Buka

Museum ini dibuka setiap hari untuk kunjungan wisatawan. Adapun mengenai waktu kunjungan, pengelola menerapkan dua sesi yakni sesi pagi mulai pukul 10.00 – 14.00 WIB, dan sesi siang mulai pukul 14.00 – 19.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang harus dibeli pengunjung mungkin akan terasa agak mahal bagi sebagian orang. Namun percaya saja, nominalnya akan sebanding dengan apa yang bisa kamu temukan di dalam.

Saat ini untuk masuk ke lokasi wisata, kamu harus membeli tiket dengan rincian harga sebagai berikut:

  • Tiket Dewasa – Rp. 100.000 per orang
  • Tiket Pelajar – Rp. 90.000 per orang
  • Tiket Anak – Rp. 80.000 per orang

Tiket bisa kamu beli langsung di loket, ataupun dengan memesan secara online via situs resminya.

Jakarta memang kaya akan tempat-tempat liburan yang unik dan menarik. Jika kamu sedang berada di Jakarta dan tidak ingin pergi jauh ke luar kota, maka mengisi waktu libur dengan mengunjungi Museum Macan Jakarta adalah pilihan dan ide yang tepat.

Gambar Gravatar
Hallo. Perkenalkan, saya Zanki. Fans berat FC Barcelona dan penikmat alam.

2 thoughts on “Museum Macan, Ini 5 Spot Instagramable Buat Kamu Para Milenials

  1. Klo untuk masuk ke ruang gelap nya itu harus booking dulu ya? Info yg saya dengar dari tmn sih begitu kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *