Mengenal Flora di Kebun Raya Cibodas

Diposting pada

Mungkin Anda sudah tidak asing kan dengan Kebun Raya Cibodas yang merupakan sebuah tempat wisata yang entertaining sekaligus edukatif, karena akan memperkenalkan Anda terhadap beberapa jenis flora di Indonesia.

Kebun Raya Cibodas
Sumber Gambar : Instagram.com/chitraachiet
Jam Buka:08.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 16.500/orang
Kontak:087885892946
Kegiatan:Belajar, fotografi, makan
Waktu Kunjungan:
3 Jam
Alamat:Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Fasilitas Umum:Mushola, Gazebo, dan Tempat makan.
Online Maps:View Maps

Bosan dengan wisata alam seperti pantai dan pegunungan? maka Anda perlu mencoba beralih mengunjungi wisata dengan konsep taman atau kebun raya. Pasalnya Anda akan diajak melihat bagaimana flaura Indonesia yang beragam tumbuh didalam satu area.

Ya, Anda perlu mlipir ke Kebun Raya Cibodas untuk menikmati keadaan alam yang asri sekali, pemandangan alam yang menyenangkan serta sisi edukatif yang dapat didapatkan jika berkunjung kesana. Setiap weekend bahkan weekday lokasi yang tak jauh dari Puncak Bogor ini tidak pernah sepi pengunjung.

Kebun Raya Cibodas Kali
Sumber Gambar : Instagram.com/ridhooid
Kebun Raya Cibodas Cakep
Sumber Gambar : Instagram.com/chitraachiet
Kebun Raya Cibodas Rumah
Sumber Gambar : Instagram.com/wajahcianjur
Kebun Raya Cibodas Hutan
Sumber Gambar : Instagram.com/tubagus_key
Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan sebuah tempat wisata dengan hamparan rumput hijau yang dilengkapi koleksi tanaman bunga. Sebuah taman yang luasnya mencapai 80 hektar, ditambah dengan beberapa bukit mini yang menambah nilai keindahan Kebun Raya Cibodas.

Selain itu sebagai tempat koleksi ex situ (di luar habitat) untuk tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Beberapa koleksi tumbuhan yang dimiliki kebun raya cibodas adalah berbagai jenis pohon besar yang dilindungi, seperti tumbuhan runjung, rusam, tumbuhan paku pegunungan, dan hutan kaliandra. Termasuk dalam koleksinya adalah berbagai jenis pohon besar yang

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Nah, Anda juga perlu sekadar tahu ya jika Taman Raya Cibodas dikategorikan Botanical Garden karena memiliki berbagai macam varian koleksi pepohonan. Bahkan hingga saat ini sudah tercatat 5831 sample tanaman dari 1206 jenis hidup baik pepohonan yang tua maupun muda.

Tentu saja hal tersebut menambah beberapa wawasan Anda kan tentang flora Indonesia. Jika ingin lebih explore , maka berikut ini adalah spot keindahan Kebun Raya Cibodas yang tak boleh Anda lewatkan, yuk simak!

  • Taman Sakura
  • Rumah Kaca
  • Araucaria Aveneu
  • Air Terjun Cibeureum
  • Jalan Air
  • Taman Rumput
  • Taman Rhododendron
  • Bunga Bangkai raksasa
  • Koleksi Tumbuhan Paku
  • Kolam yang besar

Beberapa spot diatas wajib Anda datangi saat sedang berada di Kebun Raya Cibodas. Coba deh habiskan seharian bermain di Kebun Raya Cibodas. Dijamin akan puas dan enggan untuk pulang.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas Terbaru 2019

Jika Anda sedang ingin liburan namun kantong agak seret, maka Kebun Raya Cibodas merupakan solusi pintar untuk Anda, yuk intip harga tiket masuk affordable dibawah ini:

TiketHarga
Tiket MasukRp 16.500
Tiket Parkir MotorRp 5.000
Tiket Parkir MobilRp 16.000

Rute dan Akses Lokasi Kebun Raya Cibodas

Untuk menuju lokasi yang beralamatkan di Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini, ada beberapa alternatif jalan yang dapat Anda tempuh.

Jika Anda datang dari kota Jakarta, maka Anda hanya perlu menuju kawasan puncak Bogor, lalu beberapa km setelah istana Cipanas, Anda dapat menemukan Kebun Raya Cibodas ini. Dan hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam dari Jakarta untuk jarak tempuh kurang lebih 85 KM, sebenarnya tergantung kepadatan lalu lintasnya sih.

Di tengah perjalanan pun rute Anda akan diajak melalui perkebunan teh dan Puncak pass. Lalu jika Anda sampai di pertigaan Paragajen, beloklah ke arah kiri dan lurus terus menuju lokasi.

Selain itu jika Anda datang dari Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Istana Cipanas. Ikuti terus jalan menuju Rumah Sakit Cimacan, setelah sampai lalu ada pertigaan Paragajen, beloklah ke arah kiri dan lurus terus menuju lokasi.

Nah, jika Anda tidak memakai kendaraan pribadi, maka Anda dapat berhenti di Cipanas, lalu naik angkot jurusan Cipanas – Cibodas yang banyak sekali mangkal di persimpangan Cimacan.

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

Nah, untuk fasilitas sendiri, Pihak Kebun Raya Cibodas sangat mendukung sarana-prasarana wisata keluarga disana.

Seperti lavatory, shelter, pendopo, dan juga camping ground dengan luas sekitar 3 hektar dan daya kapsitas sebanyak 200 tenda. Tempat parkir yang luas, mushola, tempat bermain anak-anak. Overall untuk fasilitas Kebun Raya Cibodas ini baik dan cukup lengkap.

Selain itu Anda tak perlu merasa khawatir jika lapar, karena banuak camilan di outlet yang ada, selain itu makanan berat juga tersedia di beberapa stand makanan disana.

Nah yah paling asyik, Kebun Raya Cibodas juga menyediakan transportasu untuk para pengunjung yang disebut dengan “Wara wiri”. Sebuah mini bus yang tentunya telah dimodifikasi dengan apik dan digunakan untuk kendaraan angkut dengan harga tiket sebesar Rp 10.000 per orang dalam sekali putaran. Menyenangkan kan?

Sejarah Singkat Kebun Raya Cibodas

Menurut beberapa sumber, Taman Raya Cibodas ini sudah ada sejak tahun 1852 yang terkenal dengan Cibodas botanical garden oleh ahli botanu dari negera Belanda yang bernama Johannes Elias Teijsmann.

Untuk tanggalnya sendiri, saat itu tanggal 11 April tahun 1852 yang merupakan peletakan pertama bibit pohon Kina. Sehingga hari tersebut dijadikan hari jadi Kebun Raya Cibodas. Dan asiknya saat Anda datang pada 11 April maka tidak ada biaya retribusi yang ditanggungkan kepada Anda, alias gratis.

Oke, kembali ke sejarah, Awal niatnya Kebun Raya Cibodas ini akan digunakan untuk budidaya tanaman Kina, namun ternyata countur tanahnya tidak cocok sehingga dialihkan menjadi tempat koleksi tumbuhan seperti Tanaman paku dan Runjung.

Nah, tahun 2003 status kebun raya ini telah mandiri dan berubah menjadi Balai Konservasi Tumbuhan yang posisinya ada di bawah pimpinan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sampai sekarang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Cianjur Terbaru dan Hits

Overall, Kebun Raya Cibodas ini sangat di rekomendasikan sebagai wisata keluarga bagi Anda yang ingin mengenalkan flora Indonesia ke anak-anak Anda. Sebuah wisata edukatif yang juga dapat memberikan ketenangan jiwa karena hijaunya pemandangan alam yang akan Anda nikmati. Jadi yuk tunggu apalagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.