10 Tempat Wisata di Cianjur

Diposting pada

Indonesia merupakan pusat dari wisata alam yang tak tertandingi di mana pun. Ada banyak sekali daerah di Indonesia yang terkenal dengan wisata alamnya seperti Bali dan Kalimantan. Tetapi jangan salah, sebenarnya hampir semua daerah di Indonesia memiliki potensi wisata alam yang sama. Lihat saja beberapa contoh wisata Cianjur dalam artikel ini.

Setelah melihat beberapa tempat wisata di Cianjur yang disebutkan di sini, tentu saja Anda akan semakin penasaran dengan pemandangan apa yang bisa Anda lihat di sana. Sudah siap mencatat lokasi untuk dikunjungi dalam liburan selanjutnya? Langsung saja cek berbagai tempat wisata di bawah ini!

10 Daftar Tempat Wisata Cianjur yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Gunung Gede

Wisata Cianjur Gunung Gede
Gunung Gede (c) @ikaputrriii

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, destinasi wisata ini adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi. Selain itu, Gunung Gede juga menawarkan sebuah lokasi camping. Suasananya sangat sejuk, dengan pepohonan hijau yang rindang. Jika Anda sedang mencari salah satu tempat wisata di Cianjur yang paling dekat dengan alam, inilah tempatnya.

Setiap akhir pekan, gunung ini selalu penuh dengan orang yang ingin mendaki. Puncak gunung akan terlihat jelas jika Anda melihatnya dari Cibodas. Ada juga lokasi camping di sepanjang rute trekking ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat wisata ini terletak sekitar 60 km dari Jakarta.

Baca juga: Liburan Bersama Keluarga di Kebun Raya Cibodas

Istana Cipanas

Istana Cipanas
Istana Cipanas (c) @khoervl

Saat Anda menghabiskan liburan di Kota Cianjur, jangan lupa mengunjungi Istana CIpanas. Lokasinya terletak di kaki Gunung Gede. Jika Anda datang dari Jakarta, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 103 kilometer.

Dengan keindahan dan kemegahan yang terlihat seperti istana raja, tentu saja bangunan ini menarik minat banyak sekali pengunjung. Tak heran jika arsitektur bangunan ini begitu indah, karena dibangun oleh Gubernur Jenderal Gustaaf William Baron van Imhoff pada tahun 1742.

Sayangnya, tidak semua bagian Istana Cipanas dibuka untuk umum setiap saat. Kawasan ini hanya dibuka pada saat-saat tertentu untuk keamanan semua yang terletak di dalamnya. Namun pada acara-acara tertentu, wisatawan bisa masuk dan menikmati keindahannya dari dalam.

Perkebunan Teh Gedeh

Perkebunan Teh Gedeh
Perkebunan Teh Gedeh (c) @hendra.deika

Perkebunan teh ini berlokasi dia salah satu perkebunan teh tertua di Pulau Jawa, yaitu Perkebunan Teh PTP Nusantara VIII. Selain perkebunan teh, kawasan ini juga memiliki rumah penginapan serta lokasi camping. Jaraknya kira-kira 7,2 kilometer dari jalan utama Cipanas-Cianjur.

Saat tiba di lokasi ini, pengunjung akan disambut oleh pemandangan alami dan kebun teh yang begitu indah. Udara dinginnya juga akan membuat liburan Anda semakin menarik. Yang jelas, tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama dengan keluarga. Kesejukannya akan membuat Anda lupa sejenak dengan kesibukan di kota. Anda harus berkunjung ke sini untuk membuktikannya!

Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung Cianjur
Masjid Agung Cianjur (c) Google

Ini adalah salah satu objek wisata religius yang paling terkenal di Kota Cianjur. Dibangun di atas tanah wakaf pemberian Ny. Raden Bodedar binti Kanjeng Dalem Sabiruddin (Bupati Cianjur keempat), pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1910.

Arsitekturnya merupakan pencampuran dari gaya bangunan kuno dan modern. Masjid ini juga sangat populer di antara turis maupun untuk ibadah. Selalu ada aktivitas keagamaan yang dilakukan di sini.

Masjid Agung Cianjur dibuka untuk kegiatan keagamaan serta banyak juga acara keagamaan yang diselenggarakan di sini. Jika Anda non Muslim, Anda pun bisa menikmati keindahan tempat ini dan belajar tentang sejarahnya.

Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang
Situs Megalitikum Gunung Padang (c) Google

Beberapa waktu yang lalu, situs ini sempat menghebohkan seluruh Indonesia dengan penemuannya karena berbentuk seperti punden, bisa dibilang serupa dengan piramida di Mesir. Jika Anda penasaran dengan situs ini, langsung saja rencanakan liburan Anda ke sana. Akan menjadi kesempatan baik untuk menyaksikan salah satu situs megalitikum di dunia.

Tempat prasejarah ini terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Campaka, Cianjur. Jika menempuh perjalanan dari Kota Cianjur, jarak yang harus ditempuh sekitar 50 kilometer.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara (c) rekaaspin

Salah satu taman bunga terindah di Cianjur yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Taman Bunga Nusantara. Luasnya sekitar 35 hektar, dengan koleksi bunga yang beraneka ragam. Dengan banyaknya jenis dan warna bunga, tentu saja destinasi wisata ini selalumenarik hati para pengunjung.

Anda juga bisa menuju ke lokasi ini lewat Puncak Pass ke arah Perumahan Kota Bunga, sekitar 9 kilometer. Alamat tepatnya ada di Jl. Mariawati Km. 7, Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur. Ini merupakan tempat wisata Cianjur rasa Eropa karena pemandangannya akan mengingatkan Anda pada taman bunga yang ada di luar negeri.

Danau Sejuta Pesona

Danau Sejuta Pesona
Danau Sejuta Pesona (c) reresepan.com

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Danau Sejuta Pesona. Danau ini menawarkan berbagai wahana permainan, seperti perahu, mandi bola, bumper car, magic ring, venture river, dan juga ada musik live. Selain, permainan, banyak juga fasilitas yang akan menghindarkan Anda dari bosan.

Lokasi wisata ini cocok untuk liburan keluarga. Karena banyaknya permainan dan fasilitas yang menarik dan lengkap, anak-anak maupun orang dewasa tidak akan bosan di tempat ini.

Makam Dalem Cikundul

Makam Dalem Cikundul
Makam Dalem Cikundul (c) Google

Destinasi wisata ini terletak 17 kilometer dari Kota Cianjur. Lokasinya berada di atas bukit sehingga Anda harus mendakisektiar 200 anak tangga untuk mencapainya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Makam ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan bisa dibilang selalu penuh dengan peziarah yang datang dari luar kota.

Jika ditempuh dari kota Cianjur, jarak tempat wisata ini sekitar 17 kilometer. Total luas dari makam ini adalah sekitar 17 meter persegi. Alamat lengkap dari destinasi wisata ini adalah Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Cikalongkulon.

Bumi Perkemahan Mandala Kitri

Bumi Perkemahan Mandala Kitri
Bumi Perkemahan Mandala Kitri (c) @iqhsanabqari

Tempat ini berlokasi di tempat masuk Taman Botani Cibodas. Saat kita memasuki area wisata ini, udara dingin akan langsung terasa.

Beberapa tujuan wisata yang termasuk dalam kawasan ini adalah Taman Botani Cibodas, Gunung Putri, Gunung Gede Pangrango, dan Gunung Gegerbentang. Ada juga Waduk CIrata, Sungai Cikundul, dan Sungai Citarum. Semua tempat ini memiliki pemandangan yang indah, maka tak heran jika selalu padat dengan wisatawan dari dalam maupun luar kota.

Bisa dikatakan, kawasan ini merupakan salah satu titik terbaik untuk berlibur di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

Pantai Arfa

Pantai Arfa
Pantai Arfa (c) Google

Salah satu keuntungan liburan ke tempat ini adalah lokasinya yang dekat dengan Alun-Alun Sindang Barang. Jarak kedua tempat ini cukup dekat – hanya 300 meter – sehingga pengunjung bisa menikmati keduanya, khususnya di sore hari. Berjalan di Alun-alun Sindang Barang sembari melihat matahari terbenam di Pantai Arfa akan membuat liburan singkat Anda terasa komplit.

Baca juga: Daftar Lengkap Wisata di Bandung

Rencanakanlah untuk mengunjungi kedua lokasi ini pada sore hari, saat matahari tidak terlalu terik. Dengan demikian, Anda bisa sepenuhnya menikmati wisata Cianjur yang indah ini dengan nyaman.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.