15 Menu Makanan Khas Palembang Berbahan Dasar Ikan Segar

6 min read

15 Menu Makanan Khas Palembang Berbahan Dasar Ikan Segar 1

Pada kesempatan kali ini kami akan membawa kamu ke salah satu kota terbesar kedua di Sumatera Utara, yaitu Palembang. Kita berbicara apa saja yang menjadi keunikan dan daya tarik kota ini.

Kuliner merupakan salah satu keunikan setiap daerah di Indonesia, di mana Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya sehingga memberikan warna dalam dunia perkulineran nusantara.

Dari bentuk, bahan, bumbu, cara pengolahan hingga rasa, setiap daerah menawarkan keaneka ragaman yang berbeda. Tak terkecuali kota Palembang.

Di mana dalam hal kuliner kota ini pempek sebagai ikon kuliner khas. Tidak hanya itu, banyak sekali makanan khas Palembang yang dapat kamu cicipi.

Untuk mengeksplor lebih luas tentang makanan khas Palembang, tentunya kamu harus menyediakan waktu lebih, karena tak cukup sekali saja untuk menikmati makanan khas Palembang ini.

Daftar Makanan Khas Palembang

Berikut kami sampaikan daftar makanan khas Palembang yang sangat sayang untuk kamu lewatkan saat kamu mengunjungi kota Ini.

1. Burgo

Makanan khas Palembang yang pertama yang harus kamu coba adalah Burgo. Makanan khas ini berbahan dasar tepung sagu dan tepung beras, yang diolah seperti dadar tipis dan digulung.

Sajian makanan ini seperti kwetiaw, di mana disajikan dengan irisan seperti mie pada kwetiaw namun makanan ini memiliki kuah. Kuah yang digunakan pun akan menambah nikmat makanan ini, dengan kuah santan yang berisikan rempah seperti ketumbar, kunyit, lengkuas, kemiri, dan bawang putih.

Rasa makanan ini pun sangat gurih dan lezat. Untuk melengkapi makanan ini saat menyantapnya biasanya akan ditambahkan lauk seperti telor, daging ikan yang di suwir, sambal, dan bawang goreng.

Bahkan juga disediakan irisan jeruk nipis untuk memperkuat rasa.

2. Mie Celor

Mie Celor merupakan makanan khas Palembang yang sangat sering dijadikan sarapan bagi msyarakat sekitar, dengan porsi yang pas dan memiliki rasa nikmat, makanan ini sangat pas jika disantap saat sarapan.

Mie Celor sendiri merupakan makanan yang berbahan dasar mie, di mana dalam pengolahannya makanan ini dicelupkan ke dalam bumbu kaldu santan kental yang sangat gurih.

Di dalam penyajianya, biasanya dalam satu porsi makanan ini ditambahkan telur rebus, toge, sambal dan kerupuk. Memiliki rasa yang sangat khas dengan berbagai macam lauk menjadikan makanan ini sangat layak untuk kamu coba.

3. Pempek

Nah untuk makanan yang satu ini siapa yang tahu, hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu dan mungkin pernah merasakan kenikmatan makanan yang satu ini.

Makanan ini terbuat dari daging ikan dan tepung sagu, yang mana dalam pengolahanya daging ikan dihaluskan dan dibuat adonan dengan tepung sagu. Bahkan sekarang banyak kita jumpai tentang modifikasi pada makanan ini, salah satunya adalah menambahkan telor ayam pada setiap gulungan makanan ini.

Rempah yang diolah menjadi satu seperti gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan ebi dalam sausnya, menambah kesegaran saat menikmatinya. Tak jarang juga dalam sajian satu porsi makanan ini dilengkapi dengan irisan mentimun.

4. Tekwan

Untuk kamu yang gemar sekali dengan makanan Bakso, nah jika kamu di Palembang jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Palembang memiliki bakso khas yang sering disebut tekwan oleh masyarakat sekitar.

Makanan ini memiliki penyajian seperti bakso, dengan bahan makanan berupa ikan diolah menjadi bakso ikan dan dihidangkan lengkap seperti bakso pada umumnya, seperti halnya mie putih, kuah bening dengan bumbu-bumbu yang khas memberikan sensasi makan bakso yang berbeda.

Makanan ini memang terbilang unik dan banyak sekali peminatnya. Pasalnya setiap orang yang memakanya akan mendapatkan sensasi olahan daging ikan dengan berbagai macam rempah khas Palembang yang sangat juos gandos.

5. Laksan

Makanan khas Palembang yang satu ini harusnya sudah mulai dikenal oleh pecinta kuliner nusantara. Makanan khas ini mempunyai kemiripan dengan makanan khas yang sudah menjadi ikon kota tersebut yaitu pempek.

Bedanya, jika pempek pada umumnya memiliki kuah atau saus yang kental dan berwarna hitam, maka makanan ini disajikan dengan kuah santan yang sangat kental gurih dan mirip dengan lontong sayur.

Makanan yang memiliki harga sangat terjangkau ini cocok sekali untuk dinikmati saat makan siang. Biarpun harga yang ditawarkan sangat terjangkau namun kualitas rasa dan porsi makanan ini bisa diadu dengan makanan lainya.

6. Celimpungan

Makanan ini sudah sepeti keturunan dari pempek, di mana dalam bahan utama yang digunakan sama yaitu ikan dan sagu. Makanan ini dapat dibilang kembangan dari pempek, laksa dan tekwan.

Sajian makanan ini mirip sekali dengan laksa, berkuah kental dari santan, dan juga mirip dengan tekwan untuk bentuknya bulat – bulat dan berwarna putih, namun memiliki ukuran lebih besar.

Bagaimana sudahkah membayangkan dan mendapat gambaran akan makanan khas Palembang yang satu ini? Jangan sampai kelewatan memasukkan list dalam daftar wisata kulinermu.

Baca Juga : 15 Makanan Khas Betawi

7. Godo – Godo

Eitss…jangan samapai salah sebut ya, godo-godo bukan gado – gado. Makanan satu ini juga memiliki kemiripan dengan pempek dalam segi adonan hingga tampilan.

Bedanya makanan ini tidak menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya, namun digantikan dengan udang. Makanan ini juga disajikan dengan kuah atau saus yang digunakan oleh pempek, yaitu kuah cuka.

Jika kamu penasaran akan masakan ini, kamu juga tidak perlu susah mencari keberadaanya. Makanan ini dapat dengan mudah kamu jumpai di pedagang gorengan ataupun rumah makan – rumah makan di Palembang.

8. Gulo Puan

Ingin mecicipi makanan bangsawan ? ini salah satunya. Gulo Puan merupakan makanan khas Palembang yang sudah mulai langka dan sangat legendaris. Dimana hanya beberapa rumah makan saja yang menjualnya.

Pada sejarahnya, makanan ini hanya diperuntukkan untuk bangsawan, kaum ningrat ataupun keturunannya. Makanan ini berbahan dasar susu kerbau dan gula yang memiliki rasa manis dan gurih.

Biarpun makanan ini dapat menjadi bahan untuk olahan makanan lain, namun sudah bisa langsung dimakana begitu saja. Jika kamu penasaran akan rasa makanan yang dahulunya merupakan makanan kaum bangsawan ini, kamu dapat mengunjungi sekitaran Masjid Agung Palembang.

Menururt informasi yang kami terima, di sana masih sering menjajakan makanan ini.

9. Lenggang

Jika tadi kita sudah banyak membahas makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu. Makanan yang satu ini mempunyai cita rasa lain yang ditawarkan dari olahan ikan dengan telor kocok.

Dalam penyajianya, makanan ini disajikan dengan nasi putih, mie putih, mie kuning, cincangan mentimun dan bumbu bubuk sebagai penambah rasa yang ditaburkan di atas hidangan.

Pengolahanya juga unik, yaitu dengan dibungkus daun pisang dan dipanggang menggunakan arang. Rasa yang dihasilkan tentunya sangat khas dengan aroma daun pisang dan rasa gurih yang ada dalam bahan makanan tersebut.

10. Pindang

Jika waktu berkunjungmu ke Palembang dan harus menyempatkan untuk mencicipi kuliner khas yang sangat ikonik selain pempek yang sudah dikenal banyak kalangan, maka makanan yang satu ini harus kamu cicipi.

Pindang merupakan jenis makanan untuk olahan berbagai jenis ikan yang biasa diolah sebagai makanan utama masyarakat setempat. Seperti halnya makanan pindang ikan patin.

Makanan ini disajikan dengan kuah pedas ala Palembang dengan berbagai bumbu rempah yang sangat memiliki cita rasa khas. Dalam olahannya ikan pindang patin biasanya memiliki rasa asam, pedas, manis gurih yang bercampur menjadi satu.

11. Pangsit Ikan

Pangsit ikan merupakan makanan yang cocok sekali untuk dijadikan cemilan. Tidak hanya sangat enak rasanya, namun porsi yang diberikan sangat pas.

Makanan ini merupakan olahan daging ikan yang dimasak dengan cara dibungkus dengan kulit pangsit. Dalam penyajianya makanan ini memiliki dua sajian, yaitu pangsit ikan goreng, atau disajikan dengan kuah tekwan yang menambah nikmat setiap suapan.

Pada umumnya memang makanan ini disajikan dengan kuah yang menjadi penambah kesegaran penikmatnya, namun tak jarang juga banyak yang menyantapnya langsung menggunakan saus sasetan atau sambal.

12. Kue Lumpang

Dinamakan Kue Lumpang karena memang memiliki bentuk yang mirip dengan lumpang. Terdapat lubang di atasnya yang menyerupai lumpang.

Cara pembuatan kue ini pun dengan cara dikukus dan berwarna hijau. Memiliki rasa yang manis dan legit, dengan tekstur yang lembut dan kenyal, kue ini sangat cocok dengan karakteristik lidah orang Indonesia.

Dalam penyajianya, biasanya kue ini diberikan toping parutan kelapa, atau gula merah yang cair. Dengan berkembangnya inovasi yang ada, kue ini juga sering dijajakan dengan berbagai macam toping, seperti coklat dan keju untuk memberikan cita rasa yang berbeda.

13. Kue Gandus

Kue Gandus merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari olahan tepung beras dan tepung kanji. Dilihat dari bahan dasar yang digunakan makanan ini, makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan legit.

Tidak hanya tekstur saja yang bagus, namun rasa makanan in sangat nikmat, manis dan pedas. Dalam penyajianya makanan ini biasanya disajikan dengan ebi atau abon, daun seledri, irisan cabai merah beserta taburan bawang goreng di atasnya yang mempercantik dan lebih mengugah selera.

Makanan ini cocok sekali disantap dengan teh atau kopi panas saat pagi hari. Selain dapat digunakan sebagai sarapan, makanan ini juga cocok untuk mengganjal perut sementara sebelum memakan makanan berat.

14. Mentu

Makanan khas Palembang yang satu ini mirip dengan masakan western yang sering kita jumpai di restoran western atau pun acara – acara televisi. Dengan isian, bahan dan warna makanan sekilas sama dengan masakan western.

Namun makanan ini tidak ada adopsi apapun dari resep ataupun bahan yang digunakan. Makanan in berisi pepaya muda yang diiris kotak – kotak kecil, irisan cabai merah, dan diberikan bumbu ikan atau daging.

Dalam pengolahanya makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dibalut dengan tepung, setelah matang, tepung yang ada di dalamnya akan meleleh seperti keju pada masakan – masakan western.

15. Es Kacang Merah

Jika kita sudah mebahas makana khas Palembang dari yang ringan hingga yang berat, tak komplit jika tidak mencantumkan minuman yang sangat terkenal dan khas dari Palembang.

Es Kacang merah merupakan minuman yang mengenyangkan dalam setiap kali kamu mengonsumsinya. Isian dari es ini sendiri adalah, kacang merah, kayu manis, gula pasir, serutan es, santan kelapa, susu kental manis, dan sirup merah.

Dalam peyajianya, biasanya sering diberikan kombinasi toping tambahan seperti cendol, agar – agar, kelapa muda suwir, dan lain sebagainya. Rasanya juga tidak usah diragukan lagi, rasa yang dihasilkan manis dan menyegarkan.

Mengunjungi Palembang dan tidak mencicipi makana khas dari kota itu sendiri, belum lengkap dan belum afdol kata orang Palembang. Meskipun makanan khas Palembang sering dan banyak dijumpai di kota – kota besar seluruh Indonesia, menyantap makanan khas suatu daerah akan terasa lebih nikmat jika di daerah makanan khas tersebut.

Kami menulis artikel di atas sebagai referensi dan tambahan pengetahuan. Semoga informasi yang terangkum dalam daftar makanan khas Palembang di atas dapat berguna bagi kita semua.

error: Disable