15 Makanan Khas Betawi Tradisional Dan Legendaris Yang Enak

5 min read

15 Makanan Khas Betawi Tradisional Dan Legendaris Yang Enak 1

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku, adat, dan budayanya. Tak heran jika setiap daerah memiliki ciri khas dari makanan, hingga kehidupan setiap harinya.

Selain kaya akan budaya adat, Indonesia juga memiliki banyak sekali potensi wisata alam yang sangat eksotis. Maka dari itulah banyak sekali wisatawan yang berbondong – bondong ingin menyaksikan keanekaragaman tersebut.

Berbicara soal wisata tak lengkap rasanaya jika berkunjung ke suatau tempat tidak mencicipi hidangan khas lokasi wisata yang kamu tuju. Seperti halnya saat kamu berkunjung ke Jakarta yang kental akan suku Betawinya.

Daftar Menu Makanan Khas Betawi

Nah, untuk kesempatan kali ini kami dari tim Dolanyok akan memberikan referensi makanan khas Betawi yang layak kamu coba saat berkunjung ke Jakarta.

1. Soto Betawi

Makanan yang pertama adalah Soto Betawi, di mana makanan ini merupakan makanan khas Betawi yang memiliki rasa yang sangat lezat dan bikin orang ketagihan.

Soto Betawi disajikan dengan kuah santan yang memberikan rasa gurih saat menempel di lidah. Selain itu dalam satu sajianya soto ini di isi dengan daging sapi sekaligus jeroan, atau suwiran daging ayam.

Soto ini tidak hanya dihemari oleh warga Jakarta saja, namun sudah menjadi makanan favorit bagi semua kalangan. Bahkan saat ini penjual soto betawi sudah mulai masuk kota – kota lainya.

2. Kerak Telor

Kerak Telor makanan yang sudah seperti ikonik kota Jakarta, di mana makanan ini sangat banyak peminantnya. Apalagi saat acara PRJ, semua pengunjung ingin merasakan masakan khas Betawi yang satu ini.

Dibuat dengan bahan – bahan sederhana seperti telor bebek atau ayam, beras ketan, ebi, bawang goreng dan kelapa halus sangrai. Dengan bahan sederhana itu rasa dari makanan ini sangat khas dan unik.

Pengolahanya pun juga sangat unik, di mana telor yang dicampur beras ketan di panggang hingga mengerak, dan di balik se pancinya menghadap api, sehingga menjadi kerak yang lezat.

3. Roti Buaya

Jika dilihat dari namanya, cukup exstream dalam penamaanya. Namun jangan salah, roti ini hanya berbentuk buaya saja. Roti Buaya sendiri menjadi makanan khas dan tidak setiap hari bisa ditemukan.

Roti ini muncul saat acara pernikahan, di mana roti berbentuk buaya ini sebagai simbol kesetiaan yang dibawa oleh mempelai laki – laki dan diberikan kepada mempelai perempuan.

Seperti apa rasanya? Kamu dapat mencobba membeli di toko – toko roti di jakarta, karena sekarang sudah banyak yang menjualnya.

4. Semur Jengkol

Jengkol memang dikenal sebagai makanan yang memiliki bau sangat menyengat. Namun siapa sangka jika makanan ini merupakan makan khas Betawi.

Diolah dengan cara yang benar, dengan bumbu – bumbu rempah yang pas, dari yang awalnya memiliki rasa pahit, setelah dimasak, jengkol memiliki rasa yang lezat dan sangat nikmat.

Biasanya semur jengkol akan disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi uduk. Bagi pecinta semur jengkol, makanan ini sangat diminati dan di buru lho, biarpun memiliki bau kurang sedap.

5. Ketoprak

Jika di Jawa ketoprak merupakan sebuah kesenian tradisional, nah di Jakarta, Betawi khususnya, ketoprak merupakan makan yang enak dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Bahan utama makanan ini adalah timun, sayur, mie bihun, telur rebus, toge, lontong dengan saus kacang dan kecap dan ditaburi bawang goreng atau kerupuk.

Terlihat sederhana, namun makanan ini dapat membuatmu kenyang dang merasa ketagihan karena lezatnya. Biasanya pedagang yang menjual makanan ini seorang bapak – bapak yang menggunakan gerobak dorong.

6. Sayur Babanci

Sayur Babanci merupakan makanan khas Betawi yang unik, makanan yang disebut sayur ini malah tidak ada sayurnya sama sekali hahaha.

Makanan ini tidak jelas termasuk jenis dalam makanan apa, dari segi bahan yaitu berupa ketupat, daging kepala sapi atau daging sapi, dengan kuah santan seperti gulai atau opor.

Biarpun begitu makana ini banyak diminati oleh pecinta kuliner nusantara karena ketidak jelasan masakan ini membuat pecinta kuliner menjadi penasaran.

7. Ayam Sampyok

Ayam Sampyok merupakan makanan khas betawi dengan campuran cita rasa Tiongkok dengan rasa khas Betawi. Pengolahanya pun tidak cukup sekali pemasakan, namun dua kali untuk proses pemasakanya.

Makanan ini memang dikenal sebagai makanan yang memilik bumbu yang sangat meresap, maka dari itu rasa yang tersaji dalam masakan ini sangat khas.

Bahanya pun juga sederhana, yaitu dari olahan daging ayam, pada bagian dada khususnya, ditambah dengan toping seperti lalapan dan sambal akan memberikan cita rasa lebih pada masakan ini.

8. Nasi Uduk Betawi

Sipa yang tidak tahu dengan masakan yang satu ini, masakan yang sudah dikenal oleh seantero nusantara ini. Nasi uduk memang khas memiliki rasa gurih dalam nasinya.

Proses pemasakan dengan menggunakan santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai, memunculkan aroma dan cita rasa yang sangat khas.

Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan toping taburan bawang goreng dengan lauk seperti ayam goreng, sambal tempe, daun kemangi dan kerupuk.

9. Asinan Betawi

Asinan Betawi merupakan makanan berbahan sawi, kol, toge, tahu putih dan selada yang disiram dengan saus kacang di atasnya dan ditambah toping brambang goreng memberikan sajian makanan yang segar dan istimewa.

Makanan ini sering disuguhkan dengan kerupuk, jika pecinta pedas bisa menambahkan sambal atau cabai iris.

Selain bisa bikin kenyang, makanan ini juga sangat sehat apabila dikonsumsi, karena bahan makananya yang berupa sayur – sayuran dan segar.

10. Kue Cucur

Jika tadi sudah membahas makanan berat khas Betawi selanjutnya adalah makanan yang sering dijadikan sebagai cemilan yang mengenyangkan.

Kue cucur ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang sedikit keras. Kue ini bisa kamu temukan di jajan pasar yang biasa buka setiap pagi. Atau kamu juga bisa menjumpai kue ini pada acara – acara khusus, sepeti pernikahan dan lainya.

Kue ini memiliki bahan dasar tepung beras yang di olah dengan cara digoreng menggunakan cetakan. Uniknya makanan ini ada pada setiap pinggiran kue yang memiliki tekstur kering dang renyah.

11. Putu Mayang

Putu Mayang merupakan kue tradisonal yang terbuat dari tepung beras atau kanji yang disajikan seperti mie dan menjadi kue dengan hidangan penuh warna. Dalam penyajian makanan ini biasanya disajikan dengan santan, kinca, atau gula jawa cair.

Sajianya pun cukup menarik dan sangat menggugah selara, karena memiliki warna yang sangat cerah dan banyak warna. Biarpun banyak warna dengan warna – warna cerah, namun makanan ini masih aman untuk dimakan, karena menggunakan pewarna alami.

Saat kamu berkunjung ke Jakarta cobalah untuk merasakan masakan ini, dijamin kamu pasti ketagiahan.

12. Kue Rangi

Kue Rangi merupakan kue yang masih sangat sering dan mudah dijumpai di setiap sudut kota Jakarta. Kue ini merupakan masakan khas Jakarta yang sudah ada dari dulu.

Kue ini dibuat dari bahan yang bisa kita jumpai setiap hari, yaitu tepung sagu, kelapa parut dan gula merah. Kue ini dimasak dengan cara di panggang.

Melihat tampilan sajian yang berwarna putih kecokltan dicampur dengan manisnya gula jawa, yummmy….pasti kamu akan suka.

13. Bir Pletok

Yang satu ini merupakan minuman khas betawi yang masih menjadi idaman pecinta wisata kuliner. Bukan bir yang memabukkan dengan kandungan alkoholnya, namun ini merupakan minuman kesehatan.

Bir ini dibuat dari bahan rempah yang menyehatkan tubuh, seperti jahe, pandan wangi, dan serai. Ketiga bahan itu diolah dan dicampur sehingga dapat menghangatkan badan.

Untuk tampilanya sendiri yang berwaran merah, biasanya bir ini ditambah dengan kayu secang yang dappat memberikan warna merah pada bir tersebut, sekaligus menambah rasa nikmat.

14. Lontong Sayur

Lontong sayur atau kupat sayur merupakan makanan khas Betawi yang sudah menjadi menu wajib saat hari raya idul fitri. Biasanaya masakan ini disajikan dengan teman – temannya yang berupa opor ayam, semur daging dan lainya.

Saat moment lebaran atau hari raya idul fitri, sebagaian besar masyarakat betawi akan menyajikan hidangan tersebut sebagai makanan untuk keluarga besar atau para tamu yang berkunjung.

Makanan ini pun juga tidak terlalau sulit atau harus menunggu pas lebaran baru kamu bisa makan, sekarang banyak yang menjual mekanan tersebut, sehingga kamu dapat kapan saja untuk menikmai makanan ini.

15. Kembang Goyang

Dahulunya kembang goyang disajikan dalam suatu acara seperti pernikahan, kitanan, atau acara lain sebagai persembahan untuk para tamu.

Seiring perkembangan jaman, jajanan ini semakin mudah untuk kita jumpai, dan mengalami perkembangan dari segi warna, yang dahulunya hanya memiliki satu warna saja, sekarang sudah memiliki banyak warna dan dapat menarik selera.

Makanan ini terbuat dari tepung ketan, dan dimasak dengan dengan menggunakan cetakan seperti bunga. Untuk melepaskan adonan dari cetakan harus dengan cara digoyang, sehingga makanan ini dinamakan sebagai kembang goyang.

Di atas meruapakan kumpulan makanan khas betawi yang dapat kamu cicipi saat kamu berkunjung ke jakarta. Setiap masakan yang tersaji memiliki cita rasa dan sajian yang khas dari setiap makanan.

Sangat disayangkan jika berkunjung ke jakarta tidak mencicipi masakan khas dari Betawai. Sekian Informasi mengenai makanan khas betawi yang dapat kami rangkum.

Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi wosata kuliner,u saat di Jakarta.

error: Disable