Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.

15 Menu Makanan Khas Padang Dengan Cita Rasa Pedas

5 min read

Lengkap Masakan Khas Padang

Berbicara mengenai kuliner di Indonesia memang tak cukup hanya dengan satu wilayah. Karena Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman adat budaya dan merupakan negara kepulauan.

Setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki cirikhas masakan dengan berbagai resep dan rempah khas daerah tersebut. Cita rasa yang begitu beragam membuat siapapun yang mencicipinya akan mendapatkan sensasi yang berbeda.

Seperti halnya Padang, kota yang berada di Provinsi Sumatra Barat ini memiliki makanan yang sangat khas dan terkenal seantero nusantara. Siapa yang tidak tahu makanan padang?

Makanan yang sering kita jumpai di berbagai warung Padang ini memiliki rasa yang unik, yaitu perpaduan rasa gurih dan pedas. Selain memiliki rasa yang enak, makanan khas Padang juga sudah seperti primadona di berbagai penjuru Indonesia.

Daftar Makanan Khas Padang

Banyaknya jenis makanan khas Padang akan kami rangkumkan pada daftar di bawah ini.

1. Soto Padang

Makanan ini merupakan makanan yang tersohor di seluruh Indonesia, di mana setiap daerah memiliki masakan soto khasnya tersendiri, seperti soto lamongan, dan coto makasar.

Biarpun memiliki nama yang serupa, namun rasa yang dihasilkan berbeda. Di Padang sendiri makanan ini memiliki khas dari daging goreng atau lainnya.

Pada umumnya soto disajikan dengan nasi, namun soto Padang dihadirkan dengan kentang dan bihun sebagai pengganti nasi. Kuah yang digunakan memiliki ciri khas lebih bening dan segar, dan hanya menggunakan olahan kaldu sapi untuk kuahnya.

2. Dendeng Balado

Padang memang terkenal dengan olahan dagingnya, seperti halnya makanan yang satu ini. Dendeng Balado sendiri terbuat dari daging sapi yang digoreng dengan irisan sambal balado yang diolah kasar.

Rasa pedas yang dihadirkan dan gurih daging yang bikin ketagihan, seakan menjdi paduan cita rasa yang sangat tepat untuk membuat orang merasa lapar.

Daging yang empuk dengan cita rasa pedas gurih, memang makanan yang satu ini selalu menjadi buruan pecinta kuliner dari berbagai macam penjuru Indonesia. Dan sangat mudah dijumpai di warung atau rumah makan Padang yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

3. Sate Padang

Sate Padang merupakan makanan khas Padang yang sudah mulai dikenal pemburu kuliner. Sate ini memang sangat unik, dari bahan yang digunakan hingga saus yang yang dihidangkan.

Bahan utama yang digunakan pada sate ini adalah daging sapi, lidah sapi, atau jeroan. Padang memang memiliki ciri masakan yang sangat khas, dengan bumbu rempah khas Padang.

Sate ini memiliki rasa yang sangat nikmat. Saus yang digunakan terbuat dari tepung beras yang diencerkan dengan rempah – rempah khas Padang.

Sate Padang memiliki beberapa macam saus berbeda, yaitu Sate Padang Panjang memiliki saus warna kuning, Sate Padang Pariaman memiliki saus berwarna merah, dan sate Padang Kota memiliki saus berwarna kuning.

4. Ikan Balado

Ikan Balado sangat sering dijumpai di berbagai warung makan, tidak hanya rumah makan Padang saja. Ikan balado sendiri memiliki cita rasa khas Padang yang enak.

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini dapat menggunakan berbagai jenis ikan, seperti tongkol, cakalang dan lainnya. Pedas gurih dan rasa khas daging ikan bercampur menjadi satu memberikan rasa yang luar biasa nikmat.

Dalam penyajiannya, biasanya ikan balado ini disajikan dengan rebusan sayur seperti rebusan daun singkong, atau sawi yang semakin memperkaya cita rasa pada setiap suapanya.

5. Dendeng Batokok

Jika Dendeng Balado terasa kental dengan olahan bumbu balado merah yang memiliki rasa pedas dan gurih, dendeng batokok menyajiakn masakan yang sedikit berbeda.

Perbedaan itu sendiri dari bumbu yang menyelimut irisan daging sapi yang sangat empuk. Bumbu Dendeng Batokok dipadukan dengan olahan sambal cabai hijau yang menjadi ciri khas makanan Padang.

Biarpun makanan ini memiliki bahan yang sama yaitu dari daging sapi, namun sensasi rasa yang diberikan pada makanan ini juga berbeda, rasa yang diberikan saat kamu mencicipi makanan ini yakni pedas asam.

6. Rendang

Untuk mkanan yang satu ini siapa yang tidak kenal? Makanan yang sering kita temui diberbagai macam acara ataupun pada rumah makan padang sudah tersebar seantero nusantara.

Makanan yang kaya akan bahan utam daging ditambah bumbu rempah yang sangat khas, bahkan sudah dinobatkan sebagai makanan paling enak sedunia ini, sangat tidak bisa dilewatkan untuk memakannya.

Proses pemasakan yang memakan waktu cukup lama ini tidak lain untuk memberikan rasa dan tekstur daging yang empuk dan ssangat meresap bumbu – bumbunya. Bahkan membutuhkan waktu berjam – jam untuk mengolah makanan ini.

7. Ikan Asam Padeh

Makanan khas Padang yang selanjutnya yang sangat layak kamu coba adalah Ikan Asam Padeh. Makanan ini merupakan makanan khas Padang yang tidak menggunkan olahan santan.

Uniknya, makanan ini memiliki kuah yang hampir mirip dengan olahan santan yang tampak keruh. Namun warna keruh kuah itu sendiri berasal dari kemiri yang digunakan sebagai bumbu kuah.

Bahan utama yang digunakan pada makanan ini merupakan ikan tongkol, bisa juga ikan lain seperti cakalang, ataupun bandeng. Rasa makanan ini sendiri yaitu asam pedas, yang dimunculkan dari olahan bumbu kandis dan cabai.

8. Cancang

Cancang merupakan masakah khas Padang yang layak kamu coba buat kamu penggemar rasa pedas. Cancang sendiri merupakan makanan khas Padang dari olahan daging kambing.

Olahan daging kambing yang diiris tipis, disiram dengan bumbu yang kental hasil dari olahan rempah yang sangat halus dicampur dengan santan kelapa dan cabe rawit yang dihaluskan, memunculkan rasa yang sangat pedas.

Daging kambing yang digunakan pun tidak sembarang, namun dipilih dari bagian terenak dari daging itu sendiri. Dan daging yang di pilih untuk olahan makanan ini adalah pada bagian paha atas, dimana merupakan daging yang paling enak.

9. Kalio Jaring

Jika Betawi identik dengan makanan khasnya yaitu semur jengkol. Padang juga memiliki makanan khas dari olahan berbahan dasar jengkol. Biarpun berbahan dasar sama, namun cara pengolahan dan bumbunya berbeda.

Kalio Jaring merupakanan makanan khas Padang yang berbahan utama jengkol. Di mana jengkol pada makanan ini dipadukan dengan bumbu gulai khas Padang.

Jikadi di Betawi jengkol disajikan dalam keadaan utuh, makan jengkol di Padang ditumbuk hingga gepeng sebelum dimasak dan disajikan. Jangan sampai melewatkan makannan yang satu ini saat kamu berkunjung ke Padang.

10. Gulai Tauco

Gulai Tauco merupakan makanan khas Padang yang berasal dari hasil laut dan dipadukan dengan olahan kuah khas Padang. Bahan yang digunakan dalam masakan ini adalah ikan kecil seperti tongkol.

Dalam pengolahanya, makanan ini tidak hanya menggunakan ikan saja, namun ditemani dengan sayuran buncis, udang, dan tahu. Beberapa bahan makanan itu disajikan menjadi satu dengan bumbu gulai yang identik dengan masakan Padang yang kaya akan rempah.

Makanan ini selain memiliki cita rasa yang sangat enak, dan mengahidirkan sajian yang sangat tajam, juga menjadi buruan bagi wisatawan atau siapa saja yang berkunjung ke Padang.

11. Nasi Kapau

Nasi Kapau merupakan olahan nasi bungkus yang sering dijajakan di warung – warung makan dan sangat sering menjadi makanan saat sarapan. Nasi ini hampir mirip dengan nasi gudeg khas Jogja, di mana bahan utamanya adalah nangka.

Jika olahan gudeng menggunakan gula merah, nangka pada nasi kapau menggunakan kunyit dan jinten untuk memberikan warna kuning. Yang tentunya rasa dari makanan ini sangat berbeda.

Dalam penyajianya, makanan ini sering disajikan dengan ikan teri goreng, dendeng, daging sapi, ikan asin, telor, dan masih banyak aneka lau lainnya sesuai dengan selera kamu.

12. Nasi Sala

Nasi Sala merupakan makanan khas Padang yang sering disajikan dengan olahan hasil laut. Makanan ini berasal dari suatu wilayah di Padang yaitu Pariaman, di mana lokasi itu berdekatan dengan laut yang memiliki hasil laut yang sangat melimpah.

Makanan ini merupakan makanan tradisonal dari Pariaman itu sendiri, di mana dari dulu hingga sekarang masyarakat Pariaman menggolah hasil tangkapan laut dengan memadukan sayuran rebus tanpa bumbu.

Biarpun diolah tanpa menggunakan bumbu namun rasa yang dihasilkan tidak bisa disepelekan. Dalam penyajianya makanan ini sering ditemui dengan ikan gembulo atau ikan kembung.

13. Palai Rinuak

Palai Rinuak ini merupakan makanan khas masyarakat Maninjau Padang Sumatera Barat. Bahan utama dari kudapan ini adalah parutan kelapa tua kemudian ada cabai giling, kunyit serta bawang merah. Dan dicampur dengan rinuak.

Rinuak merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran yang kecil. Walaupun bentuknya kecil, ikan ini memiliki rasa yang enak dibandingkan dengan ikan air tawar pada umumnya.

Cara memasak palai rinuak ini hampir sama dengan pepes. Ikan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang. Setelah matang palai rinuak bisa dibakar atau dipanggang hingga warna daunya berubah kecoklatan.

14. Ayam Goreng Laos

Bisa dibilang makanan ini merupakan makanan sejuta umat, karena bahan makanan yang sederhana namun memiliki rasa yang sangat nikmat. Bahan dasar utama makanan ini adalah ayam, di mana ayam yang digunakan adalah ayam kampung.

Pengolahan makanan ini dengan cara diungkep terlebih dahulu dengan bumbu rempah, bawang, remahan bumbu dan kelapa parut. Setelah diungkep barulah digoreng hingga matang dan memiliki warna coklat.

Rasa yang dihasilkan makanan ini sangat lah gurih dan renyah. Kamu juga sangat mudah untuk menemukannya. Selain kamu dapat mencicipi makanan ini langsung dari tempat asalnya, kamu juga dapat mencicipi makanan ini yang sudah tersedia di rumah makan Padang yang tersebar di seluruh Indonesia.

15. Lompong Sagu

Lompong Sagu merupakan makanan khas Padang yang mulai susah untuk dicari. Makanan ini termasuk dalam makanan khas Padang yang legendaris.

Makanan ini berbahan dasar sagu. Di mana sagu dimasak dengan campuran kelapa dan pisang selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang.

Setelah bahan – bahan itu dicampur dan dibungkus daun pisang, kemudian dipanggang hingga mengeluarkan aroma harum yang menandakan jika makanan itu sudah matang. Paduan rasa gurih dan manis pada masakan ini memberikan cita rasa yang identik dengan masakan khas Padang.

Ternyata tidak hanya olahan makanan yang sering kita jumpai di rumah makan Padang saja. Namun berbagai olahan makanan khas Padang yang lain masih banyak dan bisa kita nikmati.

Jika berkunjung ke Padang tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri berwisata kuliner di daerah tersebut. Hidangan yang unik dan makanana yang memiliki rasa khas akan membuatmu ketagihan.

Sekian rangkuman makanan khas Padang yang harus kamu coba saat berada di Padang. Semoga dapat memberikan informasi dan referensi kuliner saat kamu berada di Padang.

Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.
error: Disable