15 Makanan Khas Ambon Dari Olahan Aneka Pisang Paling Enak

5 min read

15 Makanan Khas Ambon Dari Olahan Aneka Pisang Paling Enak 1

Berkunjung ke Ambon dalam urusan wisata, pekerjaan atau apa saja belum komplit rasanya jika tdak merasakan makanan khas Ambon yang memiliki ciri khasnya sendiri.

Potensi alam wilayah timur Indonesia memang sangat indah dan mempesona yang tak lepas dari makanan yang identik dan khas daerah itu sendiri.

Berbagai macam olahan bahan makanan yang berbaur degan rempah dan bumbu – bumbu khas yang unik, dijamin akan memberikan sensasi rasa dan pengalaman yang berbeda saat kamu mencicipi makanan khas Ambon.

Daftar Makanan Khas Ambon

Berikut ini adalah daftar makanan khas Ambn yang dapat kamu masukkan ke dalam list perburuan kullinermu saat di Ambon.

1. Rujak Natsepa

Jika kamu mengunjungi pantai Natsepa, kamu pasti akan dengan mudah menemukan makanan ini. Karena di pantai ini banyak pedagang yang menjajakan rujak ini.

Rujak Natsepa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan olahan rujak di daerah lain yang memiliki banyak campuran buah dengan bumbu kacanag, cabai, kacang goreng, gula merah, dan asam.

Namun ada pembeda yang mejadikan rujak ini lain dari yang lain. Dalam satu sajian rujak ini berisikan irisan ubi jalar yang memberikan rasa dan sensasi berbeda saat menyantapnya.

2. Pisang Gepe

Ambon memang memiliki banyak sekali olahan makanan khas dari bahan dasar pisang. Pisang Gepe adalah salah satunya dan banyak yang berpendapat jika makanan yang satu ini merupakan makanan dengan bahan pisang terenak di Ambon.

Dalam penyajianya pisang ini memiliki kemiripan dengan pisang penyet Semarang atau pisang Jepit Makasar. Namun bukan Ambon namanya jika tidak menyuguhkan makanan khasnya sendiri.

Jika dari kedua makanan itu disajikan dengan siraman gula merah cair saja di atasnya, Pisang Gepe memberikan toping yang berbeda seperti taburan kacang tanah yang sudah diremukkan. Rasanya sangat yummy sekali, silahkan coba saat berkunjung ke Ambon.

3. Pisang Asar

Masih dengan makanan khas Ambon yang berbahan dasar pisang. Biarpun memiliki bahan dasar yang sangat sederhana dari buah pisang, namun tidak bisa sembarangan dalam menentukan pisang yang akan diolah.

Dalam makanan ini pisang yang dipergunakan adalah pisang raja, di mana pisang ini sudah memiliki rasa yang sangat manis. Biasanya Pisang Asar ini disajikan saat menemani minum kopi atau teh.

Pisang Asar sendiri mendapatkan nama seperti itu karean diambil dari cara atau proses pengolahanya yaitu dengan cara dipanggang dalam oven atau bisa disebut juga dalam bahasa Ambon diasari atau dioven.

4. Bubur Pisang Kenari

Sarapan pagi bagi masyarakat Ambon sering digantikan oleh makanan ini. Rasanya sangat enak dan segar dan juga bisa bikin kenyang. Bahan utamanya juga masih dengan pisang.

Dalam sajianya makanan ini diberikan kuah santan yang sangat gurih dan ditaburi remukan kacang kenari yang memiliki rasa manis dan gurih.

Selain dapat digunakan sebagai pengganti nasi saat sarapan, makanan ini juga cocok digunakan untuk menyuapi si kecil. Karena dari bahan – bahan alami, makanan ini aman digunakan untuk menyuapi si kecil.

5. Roti Kenari

Makana ini dibuat dari kacang kenari yang memiliki tekstur kering dang crunchy. Dilihat sekilas tampilan roti ini menyerupai tempe kedelai yang sering dijadikan bahan utama pembuatan keripik.

Dalam pengolahanya roti kenari dicampurkan dengan adonan gula merah. Campuran tersebut dimasak dengan cara dipanggang ke dalam oven sehingga memberikan roti yang renyah.

Rasa dari roti ini pun enak, manis dan gurih yang bercampur menjadi satu. Biasanya banyak wisatawan yang memburu kue ini sebagai oleh – oleh karean memiliki daya tahan yang cukup lama.

6. Ikan Tuna Asap

Ikan tuna asap merupakan makanan khas Ambon yang berbahan dasar ikan Tuna, atau biasanya masyarakat Ambon sering menyebutnya dengan ikan cakalang asar.

Bahan utama dari olahan makanan khas ini merupakan hasil laut Ambon yang banyak ditangkap oleh nelayan, yaitu ikan laut cakalang, atau tuna. Cara pemasakanya cukup diasapi saja memakai bahan bakar batok kelapa.

Biasanya makanan ini disajikan dengan sambal colo – colo yang merupakan olahan sambal khas Ambon dengan nasi putih. Bisa juga disantap dengan sambal kecap yang berisi irisian bawang merah dan cabai.

7. Ikan Kuah Pala

Ikan kuah pala merupakan makanan yang mirip dengan gulai ikan, dengan kuah yang meyerupai kuah gulai berwarna kuning. Berbahan dasar ikan laut makanan ini memberikan rasa nagih dengan olahan bumbu – bumbu rempah khas Ambon.

Makanan ini sangat cocok sekali dimakan tanpa nasi dengan ditemani makanan dengan olahan ikan lainnya. Seperti ikan bakar, atau goreng. Kuah makanan ini memiliki rasa asam pedas dan segar.

Diolah sedemikian rupa sehingga memberikan rasa yang sangat lezat, tak jarang jika makanan yang satu ini banyak diburu untuk makan siang.

8. Kohu – Kohu

Jika di Jawa dinamakan urap nah jika di Ambon memiliki nama kohu – kohu. Makanan ini memang mempunyai kemiripan, yaitu sama – sama menggunakan bahan dasar sayuran mentah.

Kohu – kohu disajikan dengan dengan bumbu urap dan ditambahkan suwiran ikan cakalang atau tongkol yang ditambah dengan jeruk nipis beserta parutan kelapa.

Biasanya makanan ini disajikan dengan ubi jalar, singkong, talas, atau soun ikan rebus. Jika kamu lebih suka dengan nasi, makanan ini juga cocok disantap menggunakan nasi dengan lauk ikan asap.

9. Asida

Asida merupakan makanan khas Ambon yang memiliki cita rasa manis, kenyal dan gurih. Makanan ini memiliki tekstur seperti bubur namun lebih kenyal.

Makanan ini dibuat dengan bahan baku tepung terigu yang diolah bersama gula merah, mentega, bubuk kayu manis dan kapulaga. Biasanya makanan ini sering disajikan sebagai sarapan dan ditemani dengan teh atau kopi.

Kamu juga dapat dengan mudah menemukan makanan ini pada saat bulan ramadahan, di mana makanan ini sering dijajakan dan menjadi takjil untuk berbuka puasa.

10. Papeda

Ambon memang memiliki kemiripan dengan Papua dalam makanan khasnya karena penyebaran penduduk dan membawa makanan tersebut ke daerah di mana ia tinggal sekarang.

Papeda merupakan olahan dari tepung sagu yang memiliki rasa hambar. Karena rasanya yang hambar, masyarakat Ambon sering menyantapnya dengan olahan khas dari Ambon yang berorientasi dengan kuah ataupun lauk.

Di Ambon sendiri biasanya menyantap papeda dengan ikan pindang kuah kuning ditambah beberapa sayuran dan taburan kacang tanah ataupun kacang kenari.

11. Nasi Lapola

Mungkin banyak yang berfikiran jika makanan utama Ambon adalah sagu ataupun umbi – umbian. Namun jangan salah, Ambon juga memiliki makanan khas dari olahan nasi tau beras.

Nasi Lapola contohnya, makanan ini terbuat dari nasi dengan campuran olahan kacang kedelai merah atau kacang tolo. Dalam penyajianya juga masih mendapatkan toping kacang kedelai meran dan kacang tolo.

Biarpun hanya diberikan campuran kacang – kacangan, namun rasa yang ada dalam makanan ini sangat enak dan gurih. Makanan ini juga bisa kamu tambahkan lauk seperti ikan asap atau ikan kuah kuning yang pastinya akan lebih memberikan cita rasa berbeda.

12. Nasi Kelapa

Berikut ini bisa dibilang pembuktian bahwa Ambon juga memiliki makanan khas dari nasi atau beras, yaitu nasi kelapa. Pengolahanya pun sangat sederhana yaitu nasi putih dengan parutan kelapa yang diberikan bumbu rempah khas Ambon.

Dinamakan begitu saja sudah sangat enak. Jika kamu ingin menambahkan lauk, biasanya lauk sperti ikan asin, ikan asap, dengan ditambah sambal colo – colo yang pedas dan segar.

Biarpun merupakan makanan yang sangat sederhana, namun makanan ini layak untuk kamu coba. Biarpun sederhana namun untuk kualitas rasa tidak bisa disepelekan.

13. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar adalah makanan khas Ambon yang sudah sangat terkenal. Di mana bahan dasar makanan ini adalah ikan tongkol, ikan laut yang sangat mudah untuk dijumpai.

Pengolahan ikan ini dengan cara diasap, dalam pengasapan ikan ini, ikan ini ditusuk menggunakan bambu dan dibiarkan kurang lebih selama satu jam untuk membuat bumbu meresap.

Saat penyajianya ikan ini bisa langsung dimakan atau menggunakan nasi, ubi, talas atau yang lainnya. Ditambah dengan sambal colo – colo akan menambah kenikmatan dalam menyantap makanan ini.

14. Palito Daun

Palito Daun merupakan kue khas Ambon yang disajikan dalam bungkusan daun pisang. Bagi masyarakat Ambon kue ini sering digunakan sebagai makanan buka puasa saat bulan ramadhan.

Makanan ini juga sangat mudah ditemui dan banyak dijajakan di pinggir – pinggir jalan. Kue ini memiliki tampilan waran putih karena bahan dasar yang digunakan adalah tepung beras. Namun saat digigit kamu akan mendapatkan senasasi rasa manis dari lelehan gula yang ada di dalamnya.

15. Nasi Pulut Srikaya

Dan sebagai penutup dan yang terakhir dari rangkuman makanan khas Ambon adalah Nasi Pulut Srikaya. Makanan yang satu ini memang sangat unik dan hanya ada di Ambon.

Makanan berbahan dasar ketan putih dan srikaya ini memberikan rasa yang unik dn sangat khas. Di mana kamu akan mendapatkan cita rasa dari ketan dan srikaya yang manis keaseman. Sudah bisa membayangkakn bagaimana rasa makanan ini ?

Biasanya masyarakat Ambon menggunakan makanan ini sebagai pengganti beras dan digunakan sebagai sarapan sebelum melakukan segala aktifitas. Selain rasanya yang sangat enak dan unik, makanan ini dapat menjadi obat untuk perut yang lapar.

Ambon tidak hanya menyuguhkan alamnya yang sangat memukau mata, namun juga makanan khas yang memiliki rasa luar biasa. Unik dan bercita rasa tinggi mungkin menjadi sebutan yang pas untuk makanan khas Ambon.

Dengan berbagai bahan yang sudah disediakan oleh alam dan sangat mudah untuk didapatkan. Masyarakat yang begitu cerdas memanfaatkan hasil alam tersebut sebagai bahan makanan yang enak dan bercita rasa tinggi.

Demikian informasi makanan khas Ambon yang dapat kami rangkum. Semoga dapat memberikan manfaat dan referensi kuliner nusantara, Ambon kususnya jika kamu berkunjung ke Ambon.

error: Disable