Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.

Mencoba 15 Makanan Khas Madura Yang Unik Serta Melegenda

5 min read

Mencoba 15 Makanan Khas Madura Yang Unik Serta Melegenda 1

Berbicara soal kuliner nusantara, Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Negara yang berupa kepulauan memiliki makanan khasnya sendiri di setiap daerah.

Dengan berbagai macam suku dan adat yang dimiliki oleh Indonesia, negara ini menyajikan kulunier nusantara yang berbeda dan khas. Banyak sekali makanan – makanan enak dan khas di setiap daerah yang bisa kamu jumpai.

Tak terkecuali di Madura, di mana merupakan sebuah pulau di timur kota Surabaya ini. Daerah yang terkenal dengan tradisi carok ini memiliki makanan khas yang layak untuk kamu coba.

Daftar Makanan Khas Madura

Penasaran dengan makanan khas Madura? Mari kita bahas tentang makanan khas Madura apa saja yang enak yang ada pada daftar di bawah ini.

1. Soto Mata Sapi

Makanan yang memiliki nama nyentrik ini memang menjadi primadona dalam dunia kuliner di Madura. Tidak hanya itu, makanan ini memiliki sensasi yang berbeda pada setiap penikmatnya.

Bagaimana tidak, makanan yang menyajikan mata sapi asli dalam setiap porsinya ini memberikan rasa dan kesan unik saat kamu mulai memasukkan makanan ini ke dalam mulutmu.

Untuk rasanyan sendiri tidak seseram hidanganya. Karena makanan ini memiliki rasa yang lezat dengan rempah pilihan khas soto olahan Madura.

2. Lorjuk

Nah yang ini makanan yang harus kamu coba saat berada di Madura. Makanan ini merupakan olahan kerang yang sesuai dengan namanya yaitu lorjuk yang merupakan suatu jenis kerang.

Olahan makanan ini biasanya dapat disajikan dengan berbagai macam masakan, seperti lorjuk dengan kuah yang menyerupai gulai, goreng kering, atau sup.

Masyarakat Madura sering mencari kerang ini saat laut dalam keadaan surut dan dapat menemukannya di bebatuan.

Berbicara soal rasa, kerang memiliki rasa yang hampir sama pada setiap olahan kerang, namun masyarakat madura memiliki resep tersendiri untuk rasa yang berbeda dan sangat layak untuk kamu coba.

3. Nasi Serpang

Nasi Serpang merupakan makanan nasi campur yang hampir sama pada nasi campur lainnya. Makanan ini mungkin cukup asing terdengar di telinga orang yang bukan asli dari Madura.

Namun makanan ini memang menyuguhkan hidangan yang berbeda dibandingkan nasi campur pada umumnya. Jika pada umumnya nasi campur disantap dengan sambal tomat, nah makanan ini dipadukan sambal terasi.

Makanan ini dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti kerang, telur, bihun, dendeng, pepes ikan, tahu kerupuk, peyek kacang dan disiram dengan kuah santen saat nasi dalam keadaan hangat. Hemmmmm…dibayangkan saja sudah bikin ngiler.

4. Rujak Corek

Mungkin kita banyak yang berfikiran beraneka macam buah dengan bumbu kacang yang pedas manis jika berbicara mengenai rujak. Namun di Maudura tidak sepenuhnya sama dengan apa yang diasumsikan oleh banyak orang mengenai rujak.

Rujak Corek dalam makanan khas Madura merupakan olahan timun dengan bumbu kuah yang di masukkan ke dalam timun yang sudah dikeruk dan dikeluarkan bijinya.

Untuk memakanya pun kamu bakal disuguhkan sensasi yang berbeda, yaitu dengan cara menggigit di bagian timun dan sekaligus menyerupuut bumbu yang tertuang di dalamnya.

Makanan ini cocok sekali jika dimakan pada siang hari yang dapat memberikan kesegaran.

5. Tajin Sobih

Tajin Sobih merupakan jenis makanan yang masuk ke dalam kategori bubur. Ya khususnya bubur sumsum.

Banyak orang yang pernah merasakan makanan ini dengan ciri khas sama yaitu gurih dan manis. Untuk rasa manis berasal dari saus gula yang disiramkan dalam setiap sajiannya.

Nah uniknya, jika pada umumnya bubur ini hanya disajikan dengan saus gula saja, di Madura bubur ini disajikan dengan makanan lain seperti lopes dan Cetter.

6. Topak Ladhe

Indonesia memang kaya akan masakannya, dan uniknya lagi memiliki masakan khasnya sendiri di setiap daerah untuk memperingati atau merayakan acara.

Madura memiliki Topak Lodhe yang sangat mudah ditemukan saat memperingati hari raya idul fitri. Masakan ini hampir menyerupai sayur lodeh atau opor dengan campuran jeroan sapi yang diolah.

Namun akhir – akhir ini jeroan tersebut digantikan dengan daging ayam atau sapi sesuai dengan selera yang menikmatinya. Biasanya makanan ini disajikan dengan ketupat yang disiram dengan kuah topak ladhe dengan toping kacang panjang yang sudah direbus.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Solo

7. Bebek Songkem

Selanjutnya adalah makanan yang memiliki bahan dasar bebek. Jika kita pernah merasakan bebek goreng atau bakar, nah Madura memiliki cara olahan bebek yang berbeda.

Bebek songkem merupakan olahan makanan bebek yang dimasak dengan di bungkus daun pisang, seperti di pepes, namun yang membedakan adalah bumbu dan rempah yang digunakan.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat bersama lalapan dan sambal yang khas dari Madura. Untuk rasa tidak usah diragukan lagi, cobalah dan nikmati cita rasa khas masakan bebek Madura.

8. Sate Ayam

Sate ayam Madura memang sudah terkenal seantero nusantara. Di mana kita bisa mejumpai makanan ini hampir di setiap kota. Makanan ini memang sangat sederhana, namun memiliki cita rasa yang khas.

Olahan daging ayam yang di berikan bumbu – bumbu rahasia setiap yang memasaknya, memberikan kenikmatan yang dicari oleh pembeli. Sate ini biasanya dihidangkan dengan lontong dan irisan bawang merah dan cabai.

Bagaimana rasanya jika menikmati sate ini di tempat asalnya, pasti akan memberikan sensasi rasa yang berbeda.

9. Kue Apem Madura

Jika pada umumnya apem dikenal dengan kue yang tidak memiliki kuah, di Madura menawarkan apem yang beda dan sangat khas. Kue apem ini memang sudah mulai jarang ditemukan tidak hanya di Madura, bahkan di setiap daerah.

Sensasi makan apem di Madura memang berbeda, karena dalam penyajianya ditambahkan dengan saus gula merah yang manis.

Dalam setiap gigitanya makanan ini memberikan rasa yang khas dengan rempah yang diolah menjadi satu. Rasanya pun tidak kalah dengan kue-kue modern yang banyak beredar pada saat ini.

10. Kaldu Kokot

Kaldu kokot atau kaldu tulang sapi sangat layak kamu coba. Kaldu ini terbuat dari bahan tulang sapi yang dimasak dengan berbagai macam rempah hingga mengeluarkan rasa gurih dari sumsum tulang tersebut.

Banyak yang memburu makanan ini karena memang memiliki rasa yang enak dan lezat, apalagi jika dimakan dalam cuaca dingin. Dalam penyajianya biasanya disajikan dengan lontong dan makanan pendamping lainnya seperti kerupuk dan sambal.

Saat kamu berkunjung ke Madura dalam acara apa saja sempatkanlah mampir dan meluangkan waktu untuk menikmati makanan yang sangat lezat ini.

11. Nasi Setan

Dari namanya memang sudah menyeramkan, namun jangan salah, makanan ini bukan makanan setan atau dibuat oleh setan. Biarpun namanya menyeramkan namun makanan ini sangat direkomendasikan untuk menjadi obat lapar.

Makanan ini disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti daging, oseng tempe, perkedel, jagung, telor suwir goreng, pindang, tongkol, dan masihh banyak lainnya.

Harga untuk makanan yang terbilang komplit ini sangat terjangkau lho, jadi kamu tidak perlu khawatir akan harga yang dikeluarkan saat kamu mencicipi makanan ini.

12. Nasi Petis

Jika petis biasanya digunakan dalam olahan makanan rujak oleh masyarakat Jawa Timur, jangan berpikiran juga jika di Madura petis diolah dengan nasi.

Nasi Petis merupakan sebuah nasi campur yang kaya akan lauk pauknya. Di mana biasanya dalam sajian nasi ini kamu akan mendapatkan dendeng, jeroan sapi, telur rebus dan lainnya.

Dikatakan nasi petis, makanan ini memang dihidangkan dengan petis, namun tidak dicampur dalam satu hidangan, melainkan menjadi saus pelengkap pada setiap sajian.

13. Soto Madura

Cita rasa soto Madura memang sudah tidak bisa diragukan lagi, banyak pecinta kuliner yang mengakui bahwa soto ini memang memiliki rasa yang lezat.

Makanan ini memang hampir sama dengan masakan soto di tempat lain. Namun yang membedakan adalah rempah- rempah bumbu yang diolah untuk memberikan rasa yang sangat identik masakan khas masyarakat Madura.

Soto memang terkenal dengan kuah yang gurih dan segar, tak beda dengan soto yang di Madura. Jika kamu berada di Madura jangan sampai tidak mencicipi makanan ini, dijamin kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda dari soto yang lainnya.

14. Kue Olet

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar makanan yang satu ini apalagi mencicipi rasanya. Kue ini merupakan makanan khas Madura yang berasal dari Sumenep.

Kue ini hanya ada di daerah Madura saja, dan sangat jarang diketahui oleh khalayak ramai. Kue ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan ketan hitam, tangguli, dan kelapa.

Jika melintasi atau berkesempatan mengunjungi Sumenep, cobalah untuk manyempatkan diri merasakan kenikmatan kue ini.

15. Los Elos

Selanjutnya adalah makanan khas suku Madura yang sangat legendaris dan hampir tidak dikenal oleh orang – orang yang berasal dari luar Madura. Kue ini merupakan makanan ringan yang memiliki rasa nikmat.

Makanan ini juga terbuat dari singkong yang dicampur dengan gula merah untuk memberikan rasa manis, serta ditaburi parutan kelapa untuk memberikan rasa gurih.

Manis, gurih perpaduan rasa yang sangat khas dari Madura. Memang sedikit susah untuk menemukan makanan ini, karean sudah sangat jarang penjual yang menjajakanya.

Bagaimana ? tertarik mengeksplor wisata kuliner Madura ?

Selain memilik budaya yang kental dengan ciri khas masyarakat yang sangat menjaga harga diri. Madura memiliki makanan khas yang memiliki rasa lezat dan sangat unik.

Hampir setiap daerah di Madura memiliki makanan khasnya masing – masing. Jika kamu memiliki kesempata untuk mengunjungi Madura, tidak ada salahnya kamu juga mencicipi makanan khas yang ada di sana.

Sekian informasi mengenai makanan khas Madura, semoga dapat menjadi referensi saat kamu berkunjung ke Madura.

Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.
error: Disable