Kawah Rengganis, Indahnya Sudah Ada Sejak Zaman Purba

Diposting pada

Kawah rengganis salah satu destinasi wisata alam yang sedang di incar banyak pelancong, terutama yang suka dengan tantangan. Ditempat ini tidak hanya bisa melihat pemandangan yang apik, pengunjung juga bisa berendam di air panas.

Jam Buka:07.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 5.000/orang
Kontak:
Alamat:Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Fasilitas Umum:Tolilet, warung, penginapan
Akses Jalan:Sebelum ke Lokasi Hanya bisa dilalui motor, dan terjal ( ada ojek khusus)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Kawah Rengganis

Bandung adalah kota wisata yang wajib dijadikan sebagai tempat destinasi wisata saat liburan. Wilayah ini mempunyai berbagai macam keindahan dari ujung hingga ke ujung lagi. Dengan udara dan nuansa yang mampu memberi kesan hingga sampai ke hati.

Keindahan Kota Bandung terletak di kawasan Ciwidey. Dimana berdiri gunung nan megah bernama patuha. Selain Gunung ini hadir pula dua kawah nan esoktis bernama Kawah Ciwidey dan Kawah Rengganis.

Baca juga Info Lengkap Wisata di Bandung

Sekilas Kawah Rengganis

Inilah dia objek wisata yang hadir akibat letusan gunung sunda purba yang terjadi beberapa juta tahun silam. Nama Rengganis memang baru-baru saja tedengar lantaran, warga sekitar lebih mengenalnya dengan nama Cibuni.

Jadi, bila suatu saat anda tersesat dan mencari lokasi ini kemudian, bertanya ke warga sekitar. Bila mereka kurang mengenal kawah rengganis. Sebut saja kawah Cibuni mungkin, mereka akan lebih mengenalinya.

Perubahan nama ini terjadi lantaran adanya perubahan pengelolaan wilayah di kawasan ciwidey yang saat ini di kelola oleh Agrowisata Rancabuli. Dengan bergantinya pengelolaan objek wisata ini juga berubah dengan baik.

Banyak wisatawan bertanya-tanya, apa sih perbedaan dari kawah ciwidey dan rengganis ini? Sebenarnya, tidak ada sama-sama terbentuk alami. hanya saja, di kawah putih ada pasir putihnya dan warna air terkadang berubah-ubah.

Sementara itu, untuk rengganis sendiri memiliki suasana sangat asri. Dengan pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi. Sehingga, menambah asrinya kawasan ini. selain itu di sini, anda tidak akan mencium bau belerang yang menyengat.

Selanjutnya, ada di air kawahnya. Tempat ini bisa digunakan untuk mandi dan sebagai sebuah terapi kesehatan lho? Kenapa bisa? Kawah disini dilalui oleh arus air sungai yang cukup bersih. Sehingga, aman digunakan untuk berendam.

Selain itu, anda juga bisa merasakan rileks luar biasa karena, bercampur dengan sumber air panas. Ketenangan dan keteduhan hati akan sangat terasa meresap sampai ke tulang-tulang. Kadar belerangnya mampu menyembuhkan penyakit kulit.

Oleh karena itu, arus air ini bisa digunakan sebagai pemandian air panas cimanggu. Alasan lain mengapa anda wajib mengunjungi tempat ini adalah hadirnya fasilitas spa. Disini ada dua geyser kecil atau mata air panas yang bisa menyembur ke atas.

Hasil semburan ini menciptakan uap yang cukup besar. Sehingga, anda bisa menggunakan tempat ini untuk mandi sauna alami. Rasakan pengalaman berbeda, dalam menikmati sauna nan panas langsung di alam.

Kawah Rengganis juga mempunyai lokasi berupa lumpur. Konon katanya lumpur ini mempunyai khasiat khusus yaitu, mampu mengencangkan kulit serta menghaluskan pula. Jadi, terapi alami paling baik untuk anda kaum hawa.

Dari sisi fotografi pun anda juga bisa menikmati dengan berbagai macam formasi batuan alam yang berasap. Asap ini keluar dari bawah tanah. Sungguh, pemandangan yang tidak boleh untuk dilewatkan sedikit pun.

Fasilitas Pengguna Kawah Rengganis

Berada di sini anda akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas seperti hadirnya pancuran-pancuran, yang mengalirkan air panas. Bagi anda yang mungkin pegal dan lelah akibat berbagai macam tunttan menyerang bisa memanfaatkan tempat ini untuk meluruhkannya.

Untuk urusan perut jangan khawatir karena, kawasan ini sudah hadir dengan berbagai macam kedai dan juga warung. Menyediakan berbagai macam menu makanan seperti mie instant, kopi, teh, nasi goreng dan aneka gorengan.

Berada di suhu udara dingin memang paling nikmat bila makan sesuatu yang hangat seperti mie instant seperti ini. di sekitar rumah warga pun juga bisa dijadikan sebagai tempat penginapan murah atau anda juga bisa menikmati penginapan di tempat lain yang sudah banyak tersedia.

Rute Lokasi Kawah Rengganis

Kawah Rengganis terletak Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Anda bisa mengunjungi tempat ini pada pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Waktu yang panjang bukan untuk menikmati tempat ini.

Menuju ke kawasan ini sebenarnya cukup mudah. Anda harus mengunjungi kawasan ciwidey lebih tepatnya berada di situ patenggang. Arahkan kembali lurus sejauh 2 km. Setelah membeli karcis, anda harus berjalan kembali sejauh  1km.

Anda pun juga bisa menggunakan transportasi umum menuju ke tempat ini. naik bus dari terminal bandung menuju ke terminal ciwidey. kemudian, ganti angkutan pedesaan yang akan mengantarkan anda sampai ke tempat ini. Mudah sekali bukan, menuju ke objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Rengganis

Harga tiket masuk kawasan ini adalah 5 ribu rupiah saja. Harga yang cukup murah bukan, menikmati berbagai macam keindahannya disini. di tambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk motor. Dan, 10 ribu rupiah bagi yang membawa mobil.

Galeri Foto Kawah Rengganis

Kawah Rengganis, Indahnya Sudah Ada Sejak Zaman Purba 1
Kawah Rengganis, Indahnya Sudah Ada Sejak Zaman Purba 2
Kawah Rengganis, Indahnya Sudah Ada Sejak Zaman Purba 3
Kawah Rengganis, Indahnya Sudah Ada Sejak Zaman Purba 4
Kawah Rengganis

Kawah Rengganis adalah objek wisata dengan pesona yang tidak akan pernah ada habisnya. Keindahannya mampu membius siapa pun yang datang untuk menikmatinya. Jadi, jangan lewatkan mengunjungi kawasan ini  saat berada di Bandung.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara: