Menjelajah Little Africa in Java Di Taman Nasional Baluran

Diposting pada

Tempat Pelestarian Berbagai macam flora dan fauna dengan tempat eksotis adalah Taman Nasional Baluran Banyuwangi.

Jam Buka:07.30-16.30 WIB
Tiket Masuk:Rp 15.000,00- Rp 225.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Melihat satwa, bermain di pantai, berfoto
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, payung, sunblock, minuman, makanan
Larangan:Dilarang mengganggu satwa, dilarang merusak tanaman, dilarang menyalakan suara yang bising
Alamat:Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur
Fasilitas Umum:Toilet, Penginapan, Mushola, Warung makan
Akses Jalan:Kurang baik (karena kawasan Taman Nasional dan hutan lindung akses jalan tidak boleh diperbaiki)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Siapa yang tidak tau daerah Banyuwangi? Jika kamu pernah ke Bali dengan menggunakan jalur darat pasti tahu dimana lokasi Banyuwangi. Kota ini berada di sisi timur Pulau Jawa yang berseberangan dengan Pulau Dewata Bali.

Kota paling tinur di Jawa ini ternyata menyimpan sejuta pesona yang membuatmu wajib untuk mengunjunginya. Tahukah kamu ada salah satu tempat dari kota ini yang dinuluki The Little Africa in Java. Apakah tempat itu?

Tempat tersebut adalah taman nasional. Nah yang dimaksud dengan The Little Africa in Java adalah taman yang mana? Simak terus artikel di bawah ini untuk menemukan lokasi tersebut.

Sekilas Taman Nasional Baluran

Banyuwangi memiliki tiga taman nasional yang salah satunya adalah Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Kawasan ini memiliki luas 25.000 hektar dengan berbagai konservasi di dalamnya.

Jika kebanyakan taman nasional berupa hutan belantara maka ada sedikit pemandangan yang berbeda dari taman ini. Taman Baluran ini terdiri dari savana atau padang rumput yang amat luas. Luas savana ini adalah satu pertiga dari total luas taman ini yang mencapai 10.000 hektar.

Savana yang ada di Baluran ini merupakan savana yang paling luas di Pulau Jawa. Walaupun sebagian besar kawasan ini berupa savana, kamu masih bisa menemukan hutan lindung tempat konservasi hewan lainya.

Hewan-hewan yang akan kamu jumpai adalah hewan padang rumput seperti kerbau, banteng, rusa, burung merak, burung ekor panjang, monyet ekor panjang dan lain-lain. Kamu akan dengan mudha menemukan aneka fauna tersebut melintas di depanmu.

Sejarah

Penaman Baluran ternyata memiliki alasan yang nyata. Nama taman ini diambil dari nama gunung yaitu Gunung Baluran. Gunung ini dapat kamu lihat dengan jelas dari taman ini.

TNB ini pun menjadi rumah bagi para flora dan fauna di Indoenesia. Taman ini pun bisa disebut dengan miniatur Hutan Indoenesia karen semua jenis hutan yang ada di Indoenesia, bisa kamu dapatkan di satu tempat ini.

Berbagai macam hutan tersebut menjadi konservasi bagi beberapa jenis flora dan fauna yang terbagi menjadi beberapa zona yaitu Zona Inti, Rimba, Pemanfaatan dan Pemanfaatan Khusus. TNB ditetapkan menjadi Taman Nasional oleh Pemerintah pada 5 Maret 1980.

Namun jauh sebelum itu TNB ternyata sudah menjadi suaka margastwa untuk berbagai flora dan fauna. Hal tersebut bermula dari seorang yang berkebangsaan Belanda yang gemar berburu yang mengatakan bahwa Baluran memiliki peranan penting dalam pelestarian satwa.

Kemudian pada tahun 1930 Direktur Kebun Raya Bogor mengajukan Baluran sebagai salah satu hutan lindung di Jawa Timur. Pada tahun 1980, TNB resmi menjadi taman nasional bagi berbagai flora dan fauna.

Di dalam taman ini terdapat 444 jenis tumbuhan mulai dari tumbuhan biasa sampai tumbuhan langka seperti Kesambi, Ketapang, Mimbo, Widoro Bakul dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk fauna terdapat 28 jenis mamalia serta 196 jenis aves, pisces dan reptilia. Fauna yang dilindungi di taman ini seperti kera lutung, merak hijau, banteng, rangkong, macam tutul dan masih banyak lagi.

Destinasi Wisata

Taman Nasional Baluran atau TNB ini terbagai menjadi beberapa area yang bisa kunjungi:

Hutan Musim

Hutan Musim ini letaknya berada paling depan dari TNB ini dan memiliki luas lahan 5 km saja. Kenapa dinamakan hutan musim? Hutan ini bisa berubah-ubah sesuai dengan musim yang sedang terjadi.

Pada musim penghujan hutan ini akan terlihat sangat subur, rimbun dan hijau. Namun ketika musim kemarau tiba, hutan ini akan berubah menjadi berwarna kuning. Bahkan tak sedikit dari daunnya yang berubah warna menjadi coklat dan rontok.

Padang Rumput

Area terluas dari taman ini adalah padang rumput atau savana. Kamu akan melihat savana sejauh matamu memandang. Hal tersebut makin dipercantik dengan kehadiran aneka fauna yang berlarian kesana kemari.

Pemandangan tersebut bisa lebih kamu amati jika kamu menaiki menara pandang setinggi 30 meter. Dari atas menara ini jarak pandangmu semakin luas dan jauh. Kamu pun bisa mendapatkan pemandangan cantik dari Gunung Baluran yang berdiri dengan gagah.

Sam uniknya dengan hutan musim, sava ini juga bisa berubah-ubah. Jika musim penghujan savana ini menjadi berwarna hijau. Ketika musim kemarau tiba, savana ini berubah menjadi lahan yang gersang.

Hutan Evergreen

Pemandangan selanjutnya adalah Hutan Evergreen atau Hutan abadi. Hutan ini disebut hutan abadi karena hutan ini akan terlihat hijau disepanjang tahun dan musim.

Hutan abadi ini akan subur sepanjang hari karena terletak di atas tanah yang selalu basah dengan air. Kawasan hutan ini dialiri oleh sungai sehingga menjadikan area sekitar lebih subur. Hutan ini membentang hijau sepanjang kilometer ke enam sampai ke sembilan.

Pantai Bama

Setelah cukup lama memandangi kawasan perhutanan dan savana akhirnya kamu bisa menemukan pemandangan yang tidak kalah menarik. Pemandangan tersebut adalah Pantai Bama Baluran. Pantai ini letaknya berada 3 km di dekat padang rumput savana.

Pantai Bama memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Bahkan kamu bisa menemukan penginapan di sekitar kawasan ini. Di pantai ini juga tersedia fasilitas snorkeling, menyelam, dan menaiki perahu.

Pantai Bilik Sijie

Selain Pantai Bama, TNB juga memiliki pantai cantik yaitu Pantai Biliki Sijie. Pantai ini terlihat sangat menawan karena ombak di pantai ini cukup tenang. Pantai ini pun semakin menawan saat matahari tenggelam, kamu bisa melihat semburat jingga berpadu dengan air laut yang semakin gelap.

Pantai Balanan

Pantai cantik lainnya di kawasan TNB adalah Pantai Balanan dimana kamu bisa menemukannya sejauh 3km dari Pantai Bama. Pesona pantai ini terletak pada pasir pantainya yang putih bersih dan air yang jernih. Sehingga terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang silih bergangi terlihat begitu jelas.

Hutan Mangrove

Selain Hutan musim dan hutan abadi, kamu juga bisa menemukan hutan Mangrove yang terletak tidak jauh dari Pantai Bama.

Huyan ini menyimpan atmosfer romantisme yang begitu dalam maka dari itu banyak wisatawan yang mampir ke hutan ini untuk sekedar berfoto. Selain itu terdapat sebuah dermaga kecil yang cantik yang menambah eksotisme hutan ini.

Goa Jepang

Setelah melewati Pos 1 kamu akan menemukan Goa Jepang. Goa ini hanya memiliki luas 12 meter persegi yang digunakan sebagai tempat persembunyian sekaligus tempat penyimpanan amunisi.

TNB ini sangat luas jika kamu ingin mengeksplor semua sudutnya datanglah sejak pagi hari.

Baca Juga: Objek Wisata Banyuwangi

Alamat

Taman ini terletak di Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur yang secara geografis terletak diantara dua kabupaten yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Banyak orang yang menyebutknya dengan Taman Nasional Baluran Banyuwangi ataupun Taman Nasional Baluran Situbondo.

Ketika kamu mengunjungi taman ini belum lengkap jika kamu tidak mampir ke objek wisata Kawah Ijen. Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen yang memiliki daya tarik unik seperti blue fire dan sunrise ponit.

Selain itu kamu pun wajib mampir ke objek wisata Gunung Raung. Gunung ini sangat eksotis karena memiliki empat buah puncak namun untuk mencapai puncak-puncak tersebut kamu harus memiliki tenaga ekstra pasalnya akses jalan menuju puncak cukup terjal.

Nah jika kamu mengaku pecinta alam sejati, silahkan sambangi semua objek wisata alam tersebut.

Harga Tiket

Harga tiket taman wisata ini bervariasi tergantung jenis wisatawan dan hari kunjungan.

KeteranganHargaHari
Wisatawan lokalSenin-JumatRp 15.000,00/ orang
Wisatawan asingSenin-JumatRp 150.000,00/ orang
Wisatawan lokalSabtu-Minggu dan hari libur nasionalRp 17.500,00/ orang
Wisatawan asingSabtu-Minggu dan hari libur nasionalRp 225.000,00/ orang

Tarif parkir

KeteranganTarif parkirHari
Roda duaRp 5.000,00Weekdays
Roda empatRp 10.000,00Weekdays
Roda enamRp 50.000,00Weekdays
Roda duaRp 7.500,00Weekend
Roda empatRp 15.000,00Weekend
Roda enamRp 75.000,00Weekend

Harga tiket masuk dan tarif parkir biasanya pada hari libur memang agak sedikit mahal hal tersebut dikarenakan jumlah wisatawan yang banyak.

Jam Operasional

Jika kamu ingin mengunjungi taman nasional ini ada baiknya kamu memperhatikan jam operasionalnya. Pasalnya taman ini di tutup untuk umum pada hari-hari tertentu.

HariJam Operasional
Senin-Kamis07.30-16.00 WIB
Jumat-Minggu07.30-16.30 WIB

Pada hari libur, TNB akan buka lebih lama dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Fasilitas

Fasilitas di TNB terbilang cukup lengkap, seperti:

  • Penginapan
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat Ibadah

Untuk penginapan, kamu bisa menemukan di kawasan Bekol dan juga Pantai Bama. Penginapan di Bekol terdiri dari tiga wisma yaitu Wisma Rusa, Wisma Merak dan Wisma Banteng. Wisma Rusa terdiri dari 7 kamar dengan harga sewa Rp 35.000,00/ orang, Wisma Merak 3 kamar dengan sewa Rp 50.000,00/ orang dan Wisma Banteng 2 kamar dengan sewa Rp 250.000,00/ unit.

Sedangkan di kawasan Pantai Bama terdiri dari Wisma Kapidana dengan harga sewa Rp 75.000,00/ orang dan Wisma Pilang Rp 300.000,00/ orang.

Q&A

Berikut ini adalah pertanyaan seputar TNB yang perlu kamu ketahui:

Apa bisa menggunakan sepedae motor menuju Padang Savan?

Iya, bisa sekali. Banyak wisatawan yang menggunakan motor menuju Padang Savanah.

Bus Besar bisa masuk TNB?

Bisa.

Apakah banyak ditemukanhewan di TNB ini?

Banyak sekali mulai dari mamalia, unggas, reptil dan lain-lain.

Sabtu-Minggu tetap buka?

Tetap buka seperti biasa dengan jam tutup lebih lama dari biasanya.

Kesimpulan

Jika ingin melihat berbagai jenis hutan di Indoenesia, kamu cukup mengelilingi Taman Nasional Baluran Banyuwangi ini. Dari tempat ini pun kamu bisa menyaksikan berbagai jenis satwa dan tanaman yang dilindungi. Yuk ajak keluarga atau sahabatmu untuk berwisata safari sambil belajar.

Gambar Gravatar
Suka piknik sambil makan-makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *