10 Tempat Wisata di Banyuwangi

Diposting pada

Jika Anda berada di Jawa Timur jangan lupa untuk mengunjungi Banyuwangi. Banyuwangi adalah pintu gerbang alternatif menuju Bali. Salah satu tempat wisata Banyuwangi yang populer adalah Kawah Ijen di mana Anda bisa melihat api biru. Namun ada lebih banyak tempat wisata yang ada di Banyuwangi selain kawah Ijen.

Banyuwangi secara harfiah berarti Air Aromatik, yang dikaitkan dengan legenda lokal. Kabupaten Banyuwangi memiliki luas 5.800 km persegi, yang terdiri dari pantai selatan hingga Gunung Raung yang mengesankan dengan ketinggian 3.282 meter dan Gunung Merapi di ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut. Apa sajakah tempat wisata menarik di kabupaten ini?

10 Tempat Wisata Banyuwangi

Untuk membantu Anda memanfaatkan waktu Anda di Banyuwangi berikut adalah 10 destinasi wisata Banyuwangi 2018 hal terbaik yang dapat Anda jelajahi.

Kawah Ijen

Kawah Ijen
Kawah Ijen (c) @dadoels

Dikelilingi oleh lanskap perkebunan kopi yang subur dan pemandangan gunung berapi yang dramatis, Kaweh Ijen adalah gunung berapi yang tenang namun aktif dan menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.
Tempat wisata hits Banyuwangi ini terus menarik lebih banyak pengunjung dari seluruh dunia. Kawah Ijen adalah danau sulfur pirus yang spektakuler dan mengeluarkan bunga api dari kawah Ijen yang merupakan daya tarik utamanya.

Danau yang megah ini terletak 2.148 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh dinding kawah gunung berapi. Di tepi danau, asap mengepul dari gunung berapi dan air mulai menggelembung setiap kali aktivitas gunung berapi meningkat.

Apa yang membuat Kawah Ijen ini sangat istimewa dan berbeda dari yang lain adalah api birunya berkedip. Pemandangan menakjubkan ini adalah hasil pembakaran gas sulfur yang bersentuhan dengan udara, menciptakan semburan api biru.

Untuk datang ke tempat wisata ini membutuhkan waktu 30-45 menit berkendara dari Banyuwangi ke Ijen. Cara termurah untuk mengunjungi Ijen adalah dengan tur bersama. Biaya tur bersama adalah sekitar Rp 150.000 per orang.

Baca juga: Tempat Wisata di Bali Terbaru, Kuliner, Malam dan Terbaik

Air Terjun Pengasih

Air Terjun Pengasih adalah tempat hunting di Banyuwangi yang memberikan pemandangan alam yang spektakuler. Air terjun setinggi 60 meter ini terletak sekitar 30 km dari jantung kota Banyuwangi dan dapat dengan mudah dicapai dengan transportasi umum atau pribadi.

Dikelilingi oleh dedaunan hijau yang indah, air terjun ini memiliki ketinggian air sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut dan adapla 4 air terjun kecil lainnya

Desa Tradisional Kemiren

Desa Wisata Osing
Desa Wisata Osing (c) @hudhaairlangga

Desa tradisional Kemiren adalah tempat yang cocok bagi Anda yang mengagumi budaya, tradisi, dan cara hidup suku suku Osing yang terawat baik. Para leluhur Osing adalah orang-orang yang melarikan diri dari kerajaan Majapahit. Mereka tinggal di Desa Kemiren Banyuwangi dan mendirikan Kerajaan Blambangan.

Suku osingpun menolak untuk kembali ke Majapahit, dan karena itu, disebut sebagai orang-orang “Osing”, yang dalam bahasa mereka berarti “tidak”. Sebagai keturunan dari masa lalu yang multikultural, Osing mengembangkan kebiasaan dan bahasa yang menarik berbeda dari negara tetangganya, Jawa, Madura dan Orang Bali.

Mereka menggunakan nada yang berbeda untuk menyampaikan rasa hormat kepada orang yang lebih tua, beralih ke nada yang lebih santai ketika mengobrol dengan teman-teman mereka yang sebaya. Osing juga memiliki pola batik khusus buatan mereka sendiri, tarian yang luar biasa, musik yang menginspirasi dan banyak ritual unik lainnya,

Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol

Lokasi pantai ini ditandai dengan batu granit besar yang berada di antara jalan dan Patung Gandrung. Pantai ini hanya 2 kilometer dari Pelabuhan Ketapang, sehingga Anda bisa melihat kapal feri berlayar antara Bali dan Banyuwangi. Anda juga dapat memilih untuk pergi bertamasya dari bukit yang terletak di dekat pantai.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung
Pantai Plengkung

Jika Anda suka berselancar maka Anda harus menambahkan Pantai Plengkung atau sering disebut sebagai G-Land. Pantai ini adalah surganya bagi peselancar yang berpengalaman karena karangnya yang dangkal dan gelombangnya yang panjang. Ada sejumlah tempat berselancar di sepanjang pantai Plengkung yang bisa Anda jelajahi ketika Anda mengunjungi pantai ini.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah

Banyuwangi juga memiliki pantai yang indah dengan ombak yang memanjakan. Pantai Pulau Merah terletak di daerah bukit yang indah dan jarak antara bukit dan pantai hanya sekitar 100 meter dari pantai.

Tidak seperti di G-land di mana ditemukan batu karang yang tajam di tepi pantai, pantai di Pulau Merah memiliki area yang aman bagi peselancar pemula. Pantai ini juga menjadi tempat favorit untuk liburan keluarga. Penggemar paralayang menggunakan bukit pulau untuk lepas landas dan meluncur dengan anggun ke pantai.

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi
Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, di kecamatan Pesanggaran. Pantai ini memiliki Lebih kemegahan alam yang mempesona, ada juga bunker tua, sisa-sisa dari pendudukan Jepang selama Perang Dunia II.

Apa yang membuat pantai ini istimewa adalah pasir coklat uniknya yang dibuat oleh sedimen berlumpur yang terjadi karena sisa-sisa banjir sungai. Di sini Anda juga dapat mengamati aktivitas nelayan setempat ketika mereka berangkat ke laut dan kembali ke pantai.

Teluk Hijau

Wisata Banyuwangi Teluk Hijau
Teluk Hijau

Teluk Hijau atau “Green Bay” dalam bahasa Inggris adalah pantai indah yang indah, terletak di dalam taman nasional Meru Betiri yang dilindungi. Pantai yang memukau ini terkenal dengan warna air hijaunya yang jernih dan indah serta lingkungan sekitar yang damai.

Teluk Hijau adalah tempat yang bagus untuk menghabiskan hari bersantai di pantai dan mengambil foto-foto fantastis dari tempat-tempat indah yang berlimpah. Meskipun jarak pantai ini sekitar 90 km atau sekitar 3-4 jam berkendara dari kota Banyuwangi, perjalanan jauh pasti akan segera terbayarkan begitu Anda melihat keindahannya yang mempesona.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan terletak 20 km dari Banyuwangi. Cara terbaik untuk mencapai pulau ini adalah dengan menggunakan perahu umum. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 5 km persegi dan dikelilingi oleh pantai berpasir putih dengan terumbu.

Ada banyak kesempatan untuk menyelam dan snorkeling di permukaan. Jika Anda ingin pergi snorkeling di pulau Tabuhan, pastikan untuk jeli melihat sponge, udang karang, dan banyak spesies ikan. Anda dapat mengatur tur menyelam dari Banyuwangi ke Pulau Tabuhan.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade
Pantai Sukamade

Pantai Sukamade terletak sejauh 96 km dari Bayuwangi atau tepatnya dekat dengan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini terkenal sebagai tempat penetasan penyu. Hampir setiap hari dan tahunnya kura-kura akan datang ke Pantai Sukamade untuk bertelur.

Anda dapat mengatur jadwal wisata Anda ke Pantai Sukamade dari Banyuwangi. Berkunjung ke Pantai Sukamade adalah salah satu hal terbaik untuk dilakukan di Banyuwangi ketika Anda mengunjungi kota ini.

Baca juga: Wisata Air Umbul Bening Banyuwangi

Apa pendapat Anda tentang daftar tempat wisata Banyuwangi di atas? Sungguh menakjubkan sekali bukan tempat wisata tersebut? Jika sudah berada di Banyuwangi, jangan sampai lewatkan tempat-tempat menarik di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.