10 Tempat Wisata di Tegal

Diposting pada

Tegal adalah nama kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Ibukota kabupaten Tegal sendiri adalah Slawi. Ada 10 tempat wisata Tegal yang bisa Anda jelajahi baik di kabupaten Tegal dan di kota Tegal. Salah satu tempat wisata yang sangat populer di Tegal adalah pemandian air panas Guci. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan terutama selama musim.

Berikut adalah daftar 10 tempat wisata populer di Tegal yang sangat bagus untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun pasangan Anda.

10 Tempat Wisata Tegal

Deretan wisata tegal dibawah merupakan yang sering dikunjungi oleh warga lokal.

Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci
Pemandian Air Panas Guci

Pemandian air panas Guci adalah salah satu objek wisata alam yang hits dan sangat terkenal di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pemandian air panas ini berada di dusun Pekandangan, desa Rembul, kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memiliki keunikan berupa mata air yang panas berasal dari kaki Gunung Slamet.

Pemandian air panas ini memiliki tingkat suhu bervariasi. Air yang keluar dari mata air panas Guci yang dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain pemandian air panas, pemandangan di sekitar Guci juga sangat menarik karena terletak di kaki Gunung Slamet. Jadi nuansa udara gunung yang sejuk sangat terasa.

Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah
Pantai Purwahamba Indah

Lokasi Kabupaten Tegal yang berada di tepi pulau Jawa membuat kabupaten ini memiliki beberapa pantai dan di antaranya digunakan sebagai objek wisata karena memiliki pemandangan yang indah. Objek wisata pantai di Tegal salah satunya adalah Pantai Purwahamba Indah.

Pantai ini memiliki deretan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari waterboom, kolam renang, kereta mini, sepeda air, gazebo, cafe dll. Pantai Purwahamba Indah memiliki warna yang indah di mana air pantainya begitu biru jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar dan garis pantai ditumbuhi pohon kelapa yang rimbun.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini Anda dapat menemukan lokasinya di jalan raya Tegal – Pemalang km 14.

Pantai Alam Indah (PAI)

Pantai Alam Indah
Pantai Alam Indah

Ada banyak hal yang alami dan indah untuk dilakukan di Tegal. Pantai Alam indah ini juga menawarkan wisata yang sejuk di dalamnya. Di lokasi Kompleks Pantai Alam Indah telah dibangun beberapa fasilitas menarik seperti Waterboom dan Monumen Laut.

Pantai Alam yang Indah ini terletak di jalan Sangir Desa Mintaragen Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Lokasinya sangat strategis dan pemandangan pantai yang bagus dan bersih menjadi daya tarik utama. Apalagi di kompleks ini, ada museum bahari yang menjadi ikon kota Tegal itu sendiri.

Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan menemukan deretan warung tenda di bibir pantai yang menjual berbagai makanan khas Tegal, seperti nasi lengko, kupat glabed, tahu aci, sate kerang, dan berbagai jenis minuman yang murah dan enak.

Sebaiknya ketika mengunjungi pantai ini saat pagi dan sore hari karena tempat ini memiliki pemandangan yang yang sejuk. Jika Anda berjalan di siang hari, matahari yang terik akan membakar tubuh Anda karena lokasi pantai ini berada di sepanjang Pantura yang terkenal panas.

Waduk Cacaban

Waduk Cacaban
Waduk Cacaban (c) @amelia_iswanto

Waduk Cacaban adalah objek wisata yang indah di Kabupaten Tegal. Pemandangan di waduk ini adalah bangunan penampung yang dibangun sejak 1952 dan peletakan batu pertama oleh Presiden Soekarno.

Waduk Cacaban sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai fasilitas irigasi untuk persawahan di sekitarnya. Tetapi juga digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal sebagai objek wisata yang sangat potensial.

Kemudian waduk Cacaban berkembang menjadi objek wisata. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya beberapa fasilitas di sekitar waduk seperti perkemahan, taman bermain anak, panggung hiburan, warung terapung, wisata kapal dll

Curug Putri

Curug Putri
Curug Putri (c) @eko_rudiyan13

Curug Putri juga memiliki pemandangan yang indah, berupa air terjun di tengah pepohonan yang rindang. Air terjun ini tidak setinggi Curug Cantel. Curug Putri hanya memiliki ketinggian 25 meter.

Curug Putri terletak di perbatasan dua kabupaten, antara Tegal dan Brebes. Untuk mencapai Curug Putri sangat mudah. Sehingga menjadikan Curug Putri sebagai objek wisata di Tegal tidak pernah sepi pengunjung.

Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel Bumijawa
Curug Cantel Bumijawa (c) @dwiyulianto9024

Curug Cantel Bumijawa memiliki pemandangan yang indah dalam bentuk curug atau air terjun dengan ketinggian 60 meter. Dengan ketinggian itu, maka air yang jatuh akan sangat berat. Tidak disarankan untuk mandi di bawah air terjun secara langsung.

Namun sayangnya keindahan Curug Cantel Bumijawa belum bisa dinikmati oleh masyarakat umum karena lokasi objek wisata ini tersembunyi. Curug Cantel Bumijawa terletak di dusun Kalipedes, Desa Sigedong, kecamatan Bumijawa – Kabupaten Tegal. Akses ke lokasi wisata ini juga masih susah karena Anda perlu melakukan tracking sejauh 400 meter dari jalan raya.

Baca juga: Bukit Baper Bumijawa

Wahana Air Gerbang Mas Bahari

Bahari Waterpark Tegal
Bahari Waterpark Tegal (c) @bahari_wp

Taman Air Gerbang Mas Bahari adalah objek wisata lain yang terletak di kota Tegal. Objek wisata ini sangat cocok untuk bepergian bersama keluarga Anda, terutama selama musim liburan tiba. Di tempat-tempat ini, ada berbagai macam wahana yang siap dinikmati oleh anak-anak.

Hanya dengan tiket seharga Rp 15.000 pada hari biasa atau Rp 25.000 pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, Anda dapat menikmati berbagai permainan air seperti kolam renang, kolam ombak, kolam renang anak-anak dll. Lokasi objek wisata di Tegal kota yang satu ini, letaknya bersebelahan dengan terminal bis kota Tegal.

Danau Cempaka

Danau Cempaka
Danau Cempaka (c) @mhmmdbede_

Danau Cempaka terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Danau Cempaka memiliki suasana yang indah dengan pemandangan danau di tengah pepohonan yang rindang.

Tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi pengunjung. Luas danau Cempaka adalah 15 meter persegi dan digunakan oleh penduduk setempat untuk fasilitas irigasi di sawah sekitarnya.

Gua Lawe

Wisata Tegal Gua Lawe
Gua Lawe (c) @geowisatagua7

Objek wisata Gua Lawe terletak di Desa Harjowinangun, Balapulang, atau jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Slawi. Gua Lawe sendiri diyakini berusia ratusan tahun. Peneliti sejarah menyimpulkan bahwa Gua Lawe digunakan sebagai tempat pertapaan para penguasa atau raja di kerajaan Mataram sehingga tidak banyak orang mengunjungi gua ini.

Dari sekian tempat wisata yang ada di Tegal, manakah yang paling Anda sukai? Jika Anda berkunjung atau mempunyai teman di Tegal, jangan lupa luangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat indah di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *