Review Taman Bunga Nusantara Plus 7 Spot Menarik di Sana

Diposting pada

Taman Bunga Nusantara adalah salah satu objek wisata yang ada di Cianjur. Di sini kamu akan menemukan beragam rupa bunga dari berbagai negara.

Taman Bunga Nusantara Tiduran
Jam Buka: 08.00–17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 40.000/orang
Kontak:
Alamat:Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.
Fasilitas Umum:Area Parkir, Musholla, Toilet, Gazebo, Poliklinik, dll.
Akses Jalan:Baik (gunakan kendaraan pribadi)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Sekilas Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga terbesar yang ada di Jawab Barat, bahkan mungkin di Indonesia. Taman ini dibangun di atas lahan seluas 35 hektar yang dibagi menjadi beberapa bagian taman.

Di dalam area taman akan kalian temukan beberapa taman yang dibangun dengan tema berbeda. Taman-taman ini menempati sekitar 23 hektar lahan dari total 35 lahan yang dimiliki Taman Bunga Nusantara.

Lalu di dalam taman juga ada sekitar 7 hektar lahan yang dibuat sebagai area playground anak yang disebut alam imajinasi. 2 hektar lainnya untuk pembibitan, kemudian sisanya dibangun beberapa penginapan, restoran, dan ruang pertemuan.

Pesona Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara Cantik
Taman Bunga Nusantara Ibu
Taman Bunga Nusantara Indah
Taman Bunga Nusantara Ruang
Taman Bunga Nusantara Tangga
Taman Bunga Nusantara

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara ini bukanlah objek wisata baru di Jakarta, bahkan mungkin ia merupakan taman tertua yang ada di Indonesia. Dibangunnya taman ini berawal dari terpilihnya Ibu Dani Bustanil Arifin sebagai ketua Yayasan Bunga Nusantara sekitar tahun 1992.

Sebagai Ketua Yayasan Bunga, Ibu Dani kemudian menjadi orang yang memprakarsai berdirinya Taman Bunga Nusantara dengan tujuan membuatnya sebagai area agrowisata di Jakarta.

Setelah melewati proses pembangunan sekitar tiga tahun lamanya, akhirnya taman bunga ini mulai dibuka untuk umum dan diresmikan pada tahun 1995. Kala itu yang meresmikan taman bunga ini Presiden Republik Indonesia langsung, yaitu Presiden Soeharto.

Sejak peresmiannya Taman Bunga Nusantara langsung menjadi taman bunga yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Apalagi setelah kabar keberadaannya mulai tersebar secara luas, taman inipun tak hanya mendapat kunjungan dari wisatawan yang berasal dari Jakarta saja, melainkan dari kota-kota lainnya di Indonesia.

Hingga kini Taman Bunga Nusantara tak pernah berubah, selalu dipadati pengunjung dan saat ini telah menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jakarta, Pulau Jawa, dan juga di Indonesia.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Lokasi Taman Bunga Nusantara berada di Kabupaten Cianjur, alamat lengkapnya di jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

Dari pusat kota Cianjur, taman ini berjarak sekitar 21,7 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit berkendara.

Untuk rute ke Taman Bunga Nusantara, kamu bisa menggunakan atau melewati rute berikut ini:

Rute termudah ke Taman Bunga Nusantara adalah rute yang melewati jalur Puncak. Misalnya kalau kamu datang dari arah Jakarta, setelah sampai Puncak, kamu hanya perlu menyusuri beberapa kilometer lagi untuk sampai di lokasi Taman Bungan Nusantara.

Setelah melewati turunan Ciloto di jalur Puncak, akan kamu dapati sebuah papan berukuran besar yang menunjukkan arah ke Taman Bunga Nusantara. Tinggal ikuti saja petunjuk yang ada di papan tersebut dan kamu pun akan sampai di lokasi.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam mencari rute Taman Bunga Nusantara yang akurat, kamu juga bisa memanfaatkan peta lokasi yang ditunjukkan pada aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara 2019

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara cukup terjangkau, tiket utamanya hanya dijual seharga Rp. 40.000 per orang.

Namun selain tiket masuk utama ini, kamu juga akan dikenai biaya parkir dan biaya pembelian tiket wahana wisata jika kamu ingin mencobanya nanti setelah berada di dalam.

Berikut rincian tiket masuk Taman Bunga Nusantara Cianjur:

  • Tiket Masuk Rp 40.000
  • Parkir motor Rp 10.000
  • Parkir mobil Rp 15.000
  • Parkir minibus Rp 20.000
  • Parkir bus Rp 25.000
  • Wahana Wira Wiri Rp 5000
  • Wahana Dotto Trains Rp 50.000
  • Wahana Rumah Kaca Rp 5000
  • Wahana Garden Tram Rp 50.000
  • Wahana Maze Garden Rp 1000

Oh ya, saat ini untuk mempermudah kalian agar lebih fokus menikmati liburan di taman bunga nusantara, kalian juga bisa mengikuti paket wisata yang banyak ditawarkan oleh para agen travel.

Fasilitas Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara tentunya memiliki fasilitas serta wahana yang cukup lengkap. Fasilitas dan wahana ini ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Berikut ini daftar lengkapnya:

  • Area parkir
  • Tempat ibadah
  • Toilet
  • Poliklinik
  • Gedung serba guna
  • Gazebo
  • Cafe dan restroran
  • Area camping ground
  • Bursa bunga
  • Dotta train untuk berkeliling taman dengan biaya Rp. 50.000
  • Garden tram juga untuk berkeliling taman dengan biaya Rp. 50.000
  • Mobil wara wiri untuk mengelilingi taman yang dilengkapi dengan panduan informasi dari suara rekaman di dalam mobil. Kamu bisa menaikinya dengan biaya sebasar Rp. 4000

Penginapan di Taman Bunga Nusantara

Bagi kamu yang ingin menginap, maka selain bisa menginap di area camping ground, kamu juga bisa menginap di hotel atau villa yang banyak tersedia di kawasan Puncak. Kamu bisa memilih sesuai budget dan kelengkapan fasilitas yang kamu inginkan.

Sementara kalau menginap di area camping ground, kamu bisa menyewa camping dengan harga mulai dari Rp. 325.000 saja per malam dengan fasiltias yang cukup memadai.

Objek Menarik dan Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Beberapa objek atau wahan menarik dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di taman bunga nusantara ialah:

Taman Air

Di taman ini terdapat beragam rupa tumbuhan air yang berasal dari berbagai negar di dunia. kamu akan terpesona melihat berbagai bentuk dan warna tumbuhan air yang ada di sini.

Di beberapa titik, akan kamu temukan teratai raksasa berbentuk nampan besar mengambang di atas air taman. Juga ada tumbuhan cybera papyrus yang dulu menjadi bahan dasar pembuatan kertas oleh bangsa mesir kuno.

Lalu didekat taman air ini juga—masih dalam area yang sama—kamu akan mendapati beberapa patung dinosaurus yang dibentuk dari beragam bunga, cocok dan kelihatan unik untuk dijadikan sebagai background foto.

Taman Perancis

Taman ini dibangun dengan ciri khas taman-taman yang ada di perancis. Keseluruhan kawasannya dibentuk dan tertata dengan bersih, rapi dan serasi. Area ini selain nyaman sebagai tempat bersantai, juga akan menarik sebagi spot berfoto

Taman Labirin

Hanya dengan membayar Rp. 1000 kamu sudah bisa memasuki taman berbentuk labirin ini dan bersantai di dalamnya.

Kamu juga bisa bermain petak umpet dengan teman mu di dalam taman yang berukuran cukup luas ini. Tapi hati-hati, kalau kamu khawatir nantinya akan tersesat di dalam taman labirin, kamu bisa membeli peta taman labirin dengan harga Rp. 2000.

Taman Bali

Sesuai namanya taman ini sengaja dibuat agar kamu bisa merasakan sensasi seperti sedang berada di bali saat memasukinya.

Ada berbagai macam bunga di sini seperti bunga kamboja, helikonia, dan juga bunga sepatu serta jenis bunga-bunga lainnya. Di sini juga dibangun banguna-bangunan khas bali seperti bale kulkul, bale bengong, dan gapura khas bali.

Taman Jepang

Taman jepang pun bisa kamu temui di taman bunga nusantara. Seperti taman-taman yang lain, taman jepang ini sesuai dengan namanya dibangun mengikuti gaya taman-taman yang ada di jepang sana. Mulai dari pintu masuk hingga bangunan yang ada, semuanya bergaya jepang, agak sederhana tapi tetap terlihat indah.

Rumah Kaca

Di sini bisa kamu temukan berbagai jenis bunga yang berasal dari berbagi negara. Luas rumah kaca ini sekitar 2000 meter persegi dengan penataan cahaya, kelembapan, dan suhu udara yang diatur agar menjadi tempat yang nyaman bagi bunga-bunga yang tumbuh di dalamnya.

Untuk diketahui, bunga-bunga di rumah kaca ini ternyata merupakan jenis bunga yang sebenarnya tidak cocok dengan cuaca Indonesia, sehingga agar tetap hidup, ketiga unsur tadi yakni kelembapan, suhu, dan cahanya harus benar-benar diatur mengikuti negara asal bunga-bunga tersebut.

Menara Pandang

Apabila ingin melihat landscape taman bunga nusantara secara lengkap, maka kamu bisa menaiki menara pandang ini. selain menjadi tempat yang pas untuk melihat alam sekitar taman bunga, menara pandang ini juga merupakan salah satu icon taman bunga nusantara yang tak boleh kamu lewatkan.

Taman Bunga Nusantara Cianjur merupakan salah satu tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan apabila kamu sedang berada atau berlibur di Jawa Barat.

Kapan lagi kamu bisa menikmati hari libur di taman bunga yang super luas dan berisi hampir semua jenis bunga dengan berbagai rupa, bentuk, dan warnanya ini bukan? Yuk, liburan ke Taman Bunga Nusantara.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.