Songgoriti Malang

Songgoriti Malang
Foto (c) @alviradarra

Songgoriti Malang

Selamat datang di wisata alam Songgoriti.

Apa? Wisata alam?

Bisa dibilang wisata alam, karena di Songgoriti ini lebih banyak menyuguhkan alamnya meski di samping itu ada pula wisata air dalam bentuk kolam renang.

Selain kolam renang, Anda bisa menemukan tempat pemandian air panas yang sumber airnya murni mengandung belerang yang khasiatnya dapat menyehatkan kulit, pokoknya pemandian air panas di sini sangat direkomendasikan untuk dicoba. Mata airnya sangat alami, bukan buatan, dan kini saatnya Anda menyatu bersama alam dengan menikmati air panas yang keluar dari tanah mereka.

Di wisata Songgoriti ini, Anda dapat menemukan wisata unik lebih dari satu.

Lupakan soal kolam renang dan pamandian air panas, mari kita beralih pada candi mereka.

Jangan kaget, Jawa Timur juga memiliki candi. Bentuknya sangat khas, dimensinya antara 14,36 m x 10,10 m dan tingginya mencapai 2,44 m.

Untuk lebih jelasnya tentang Songgoriti, simak beberapa hal menarik berikut ini.

Hal Menarik dari Songgoriti Malang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Songgoriti memiliki banyak pesona dan suguhan kepada para pengunjung. Dalam satu tempat wisata ini, ada banyak hal yang bisa Anda nikmati. Hal-hal tersebut kita rangkum kedalam hal-hal menarik dari wisata alam Songgoriti.

Baca Juga:  Taman Rekreasi Selecta Batu

● Menikmati mandi air panas di Tirta Nirwana Songgoriti

Di sini lah Anda bisa menikmati pemandian air panas itu, tepatnya berada di Tirta Nirwana. Sering disebut kalau Tirta Nirwana adalah surganya air. Memang betul demikian, sebab wisata air di sana bukan hanya menyajikan kolam renang saja.

Ada pula danau buatan, lebih unik lagi saat di tengah danau buatan terdapat tiga titik yang orang-orang di sana sebut sebagai pulau. Untuk menuju ketiga pulau di tengah danau tersebut, Anda dapat menggunakan perahu ataupun sepeda air.

Bisa juga dengan melewati jembatan melengkung untuk menuju ketiga pulau tadi. Tempatnya di situ sungguh indah, Anda jadikan spot foto pun tak kalah keren untuk memenuhi feed Instagram Anda.

Pokoknya lengkap, mau ke kolam renang air biasa, maupun hangat, tersedia semuanya di sana. Dan yang tak ketinggalan, tersedia kolam khusus anak-anak juga orang dewasa. Supaya segala usia bisa ikut menikmati genangan air yang ada di sana.

● Melihat peninggalan kebudayaan dalam bentuk candi

Namanya adalah Candi Songgoriti, bisa disebut juga dengan Candi Supo. Penemu candi ini bernama Van I Issedijk pada tahun 1799 lalu. Letaknya dekat dengan Tirta Nirwana Songgoriti.

Di sini, tidak sulit menemukan udara segar, atmosfer yang nyaman, dan lagi, menemukan pemandian air panas di sini pun juga tidak sulit.

Di candi ini lah sumber air panas berasal, termasuk juga air panas di Tirta Nirwana ya juga dari sini.

Baca Juga:  Harga Tiket Masuk dan Jalan Menuju Taman Wisata Telaga Warna Puncak Bogor

Ada hal unik dari candi mereka. Selain berukuran lebih kecil, candi Songgoriti juga memiliki sumber air panas di bawah candinya. Dan tepat di tengah sumber air tersebut, menyembul air dingin keluar di antara sumber air panas.

● Downhill di Songgoriti

Letak wisata yang dapat memacu adrenalin Anda ini berada di daerah Bukti Klemuk. Para wisatawan yang ingin mencoba menuruni tebing menggunakan sepeda disediakan dua track sebagai pilihan.

Di track pertama, track tersebut sering dijadikan tempat perlombaan downhill tingkat nasional. Sementara track kedua cenderung lebih ekstream. Bagi yang kemampuannya masih di bawah standar jangan mencoba karena ini menyangkut keselamatan Anda nantinya.

● Bisa bermain paralayang di Songgoriti

Tak berhenti sampai downhill, ada pula wisata yang tak kalah menegangkan apalagi kalau bukan paralayang.

Kegiatan paralayang dilakukan dari atas Gunung Banyak. Jangan salah dengan wisata ini, dan jangan remehkan tentang tempat Anda melakukan paralayang. Sebab di sana sudah sering dilakukan kompetisi paralayang dalam taraf internasional.

Dan bagi kalian yang tidak tahu cara bermain paralayang, kalian disediakan pemandu. Tugas kalian di situ cukup ikut terbang tanpa melakukan hal apapun kecuali berteriak.

● Belanja barang murah di Pasar Wisata Songgoriti

Pasar Songgoriti termasuk pasar yang populer entah itu di kawasan Songgoriti maupun kota Batu. Di sini kalian bisa menemukan barang dengan harga-harga terjangkau tapi tetap berkualitas.

Belanja oleh-oleh di Songgoriti juga cocok. Tak cuma oleh-oleh, wisata kuliner di pasar ini juga bisa, pokoknya lengkap. Hampir-hampir semua barang terjual di sini. Bahkan hewan peliharaan juga dapat Anda temukan di pasar tersebut.

Baca Juga:  Kalibiru, Cikal Bakal Wisata Perbukitan Indonesia

Konsep yang Songgoriti buat adalah tradisional. Kendati demikian, kesan jorok, kotor, atau kumuh yang sering kita jumpai di pasar tradisonal pada umumnya, malah tidak bisa kita dapatkan di Pasar Songgoriti.

Letaknya juga dekat dengan wisata downhill dan paralayang. Jadi saat ke sana, jangan lupa untuk mampir ke pasarnya.

Harga Tiket Songgoriti Malang

Hanya dengan uang 10.000 sampai 15.000 Anda sudah bisa masuk ke wisata Songgoriti Malang. Tapi biaya tersebut belum mencakup wisata-wisata lain yang akan Anda masuki.

Meski begitu, ada juga wisata gratis contohnya adalah candi Songgoriti.

Lokasi Songgoriti Malang

Letaknya berada di Jalan Raya Songgoriti, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312.

Untuk lebih mudah mengetahui posisinya, gunakan saja Google Maps.

Sekian informasi Songgoriti. Semoga dengan ini Anda merasa terbantu.

Baca juga: Tujuan Wisata Malang yang Lagi Hits

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"
Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.