3 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan Saat Berada di Sumber Maron

Sumber Maron merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi warga malang dan sekitarnya. Tempat wisata ini bernuansa alam, dan yang paling populer adalah permainan river tubing.

Jam Buka:07.00-18.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 3.000/orang
Kontak:
Alamat:Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174
Fasilitas Umum:Mushola, Toilet
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Sumber Maron
Foto (c) @hisbul_maulana

Sumber Maron

Tidak sekadar sumber mata air yang mengalir di penghulu sungai, Sumber Maron juga memiliki air terjun yang bentuknya unik. Jika biasanya air terjun berdiri tegak, lalu airnya jatuh dari atas (seperti namanya air terjun), di Sumber Maron malah air terjunnya mendatar.

Hampir-hampir mendatar, tapi karena ada kemiringannya sedikit, jadi terlihatlah ia seperti air terjun. Derajat kemiringannya hanya sekitar 60 derajat, dan tingginya hanya 5 sampai 6 meter saja.

Karena bentuknya itu lah, di sana Anda sekalian dapat menuruninya dengan mengguankan ban. Seolah-olah seperti prosotan, cuma prosotan itu terbentuk secara alami.

Bayangkanlah nikmatnya berenang di air sungai yang segar, mengalir dari mata air asli, dengan kedalaman yang tidak berbahaya untuk bisa dinikmati anak-anak.

Dulunya Sumber Maron adalah sungai yang dimanfaatkan penduduk sekitar sebagai tempat pengairan sawah, ada pula yang digunakan untuk menanam sayur kangkung. Tapi sekarang keperluan tersebut berganti dengan pemanfaatan lokasi sebagai wisata terkenal di kota Malang.

Baca Juga:  Gunung Bromo, 5 Spot Ini Bikin Gak Tahan Ingin Kesana

Meski wisatanya hanya berbentuk air terjun dan air sungai yang mengalir seperti biasanya itu, ternyata ada sisi edukasinya juga.

Edukasi tersebut termuat dalam terdapatnya mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Disingkat dengan nama PLTH.

Hal tersebut sering dimanfaatkan oleh para mahasiswa atau para pelajar untuk menambah pengetahuan, tugas kuliah, atau sekadar penelitian. Enak bukan, selain kita senang-sennag dengan airnya, kita sedikit banyaknya tahu bentuk mesin pembangkit listrik yang memanfaatkan air terjun untuk keperluan hidup warga sekitar.

Seperti melihat secara langsung, kekurangan suatu daerah dalam bentuk listrik, tapi di lain sisi mereka melakukan cara menangani masalah tersebut.

Adapun hal lain yang menarik lagi di sini, yakni wisata foto-foto. Jangan tanyakan bagaimana menariknya foto-foto di Sumber Maron. Semua tergantung dengan kreasi Anda.

Pokoknya dijamin tidak mengecewakan.

Cerita Mistis Sumber Maron

Uniknya di sini juga terdapat cerita mistis. Maklum, kita hidup di tanah Indonesia, jadi jangan harap bisa jauh-jauh dari mitos setempat.

Katanya, dulu Sumber Maton adalah tempat yang sering dijadikan sebagai pesugihan. Sehingga tak jarang muncul beberapa kejadian aneh di Sumber Maron.

Seperti munculnya sosok setan, hantu, dan segala jenisnya. Menurut para wisatawan yang mengambil foto beberapa kali menangkap sosok misterius tersebut.

Namun di balik tempatnya yang seram, Sumber Maron tetap ramai oleh pengunjung. Bahkan tempat tersebut tetap dipilih sebagai lokasi camping.

Baca Juga:  Batu Flower Garden Malang

Sebenarnya mitos ini mungkin sebagai bentuk pengingat buat kita, sebelum memasuki tempat manapun, apalagi tempat baru untuk kita, jangan pernah lupa meminta perlindungan kepada Sang Maha Kuasa.

Hal Menarik di Sumber Maron

Setelah tahu kalau Sumber Maron airnya segar, ada air terjun, ada mitosnya juga, sekarang akan dijelaskan lebih rinci lagi apa saja yang menarik di wisata air tersebut.

Adalah permainan river tubing, atau berkeliling sungai dengan ban. Di Sumber Maron, permainan itu terkenal dengan harganya yang terjangkau. Selain terjangkau, pastinya tak kalah seru dengan river tubing di tempat wisata lain.

Ada pula permainan Flying Fox. Dengan medan yang indah, mendukung pula, pasti seru meluncur di bawah tali dan di atas sungai yang airnya jernih nan indah itu.

Kemudian ada juga wisata menarik lagi. Yakni terapi ikan. Cukup ceburkan kaki Anda di kolam yang sudah disediakan, maka Anda akan dimakan ikan detik itu juga!

Maksudnya kulit mati Anda yang dimakan ikan.

Seterusnya, kalian bisa bermain air dan ban sepuasnya di sungai Sumber Maron.

Harga Tiket Sumber Maron

Tak lengkap rasanya tahu semua wahananya tapi tak tahu harga tiket masuk ke sana.

Harganya murah sekali, lebih murah daripada masuk ke kolam renang. Cukup dengan harga 3.000 saja. Tapi ada juga yang mengatakan kalau gratis.

Namun untuk menyewa ban, naik wahana, parkir, masuk toilet ada harga-harganya sendiri.

Baca Juga:  The Legend Star Jatim Park 3

Untuk parkir, kita dikenai biaya 2.000 untuk jenis sepeda motor dan 5.000 untuk mobil.

  • Sewa ban kecil: 3.000
  • Sewa ban sedang: 7.000
  • Ban river tubing: 10.000
  • Flying Fox: 10.000
  • Dan terapi ikan cukup membayar 15.000.

Lokasi Sumber Maron

Di sepanjang jalan tujuan Sumber Maron, ketika sudah dekat, Anda akan disambut oleh sawah hijau dan dua sungai yang mengalir di sisi jalan. Tidak sulit menemukan lokasinya. Jalanannya pun juga mudah dilalui.

Wisata ini beralamat di Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174.

Ada banyak rute untuk menempuh perjalanan ke Sumber Maron.

Agar lebih mudah, gunakan saja Google Maps, nanti pasti ketemu lokasi wisatanya.

Galeri Foto Sumber Maron

Sumber Maron
Foto (c) @lugman_chakim17
Sumber Maron
Foto (c) @uzan.gl125
Sumber Maron
Foto (c) @dowdiex_d_setyyo

Sekian informasi yang bisa kami sajikan. Jangan lupa sewa bebek karet bagi kalian yang tidak bisa berenang. Jangan pula khawatir jika tiba-tiba terbawa arus sungai, karena di sana, arusnya tetap terkendali kok.

Baca juga Songgoriti Malang

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"
Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.