Harga Tiket Masuk dan Peta Lokasi Museum Kata Andrea Hirata

Harga Tiket Masuk dan Peta Lokasi Museum Kata Andrea Hirata
Beri nilai

Museum Kata Andrea Hirata
Melihat cuplikan film laskar pelangi, tulisan inspiratif dari novel laskar pelangi, dan semua tentang laskal pelangi ada di Museum Kata Andrea Hirata
Jam Buka 09.30–17.00
Harga tiket Rp. 2.000
Kontak 0823-4057-3556
Penginapan
Alamat Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung 33516

Peta Lokasi Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata adalah museum yang menyimpan karya dari seorang penulis andrea hirata. Dalam museum tersebut terdapat banyak inspirasi dari tulisan yang terganutng di setiap diding, selain itu ada juga ruang ekspresif, mengajak para pengunjung untuk terus semangat, dan memberikan motivasi. Namun yang perlu kita ketahui adalah, banyak wisatawan kesini karena kangen dengan laskar pelangi. Karena di museum ini menyimpan setiap cuplikan film laskar pelangi.

[spoiler title=’Galeri Foto Museum Kata Andrea Hirata’ style=’blue’ collapse_link=’false’]

Lihat Semua Foto

[/spoiler]

Museum Kata Andrea Hirata adalah salah satu museum sastra pertama yang ada di Indonesia. Museum tersebut dibangun oleh Andrea Hirata yang merupakan penulis novel laskar pelangi.

Pulau Belitung tak hanya menawarkan wisata alamnya saja, namun ada juga wisata lainnya yang tak kalah seru untuk dijadikan tujuan wisata Anda saat berkunjung ke pulau ini, salah satunya museum kata andrea hirata.

Tujuan dari adanya museum tersebut adalah untuk menginspirasi para pemuda Indonesia, terutama yang ada di Bangka Belitung agar berani untuk bermimpi seperti semangat yang ada di film laskar pelangi tersebut. Disamping itu, tujuan lainnya adalah sebagai tempat belajar serta apresiasi dari berbagai karya sastra dari berbagai penulis, baik lokal maupun luar negeri.

Kini museum tersebut telah menjadi salah satu wisata Belitung yang wajib Anda kunjungi. Di dalamnya, Anda dapat melihat banyak novel karya Andrea Hirata yang sangat inspiratif, namun novelnya tersebut tidak bisa dibawa pulang, Anda hanya diperbolehkan untuk membacanya di tempat itu.

Desain arsitektur wisata Belitung ini sangat klasik dan kental dengan budaya lokal Belitung tersebut sehingga bisa menambah kesan menarik museum ini. Di sekitar museum ini, ada warung kopi dengan gaya khas melayu asli serta rasa kopi ini khas Belitung yang biasa dikenal masyarakat setempat dengan warung kopi kuli.

Suasana dalam novel laskar pelangi akan langsung terasa saat Anda menginjakkan kaki di halaman depan museum ini. Beberapa foto dipasang pada halaman museum seperti menceritakan perjalanan karya sastra yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

Ketika masuk ke dalam museum laskar pelangi ini, maka suasana tersebut akan makin terasa. Di ruangan ini, Anda bisa melihat berbagai foto sang penulis dengan kata-katanya yang sangat inspiratif. Ada juga berbagai cuplikan dari novel yang telah terbit dalam berbagai bahasa tersebut.

Lebih ke dalam lagi, para wisatawan bisa melihat sebuah ruangan yang sangat nyaman dengan meja dan buku yang berserakan di atas meja. Ruangan tersebut juga ada beberapa foto adegan dari film laskar pelangi. Cover film tersebut juga diterbitkan di berbagai negara juga ada di dinding ruangan ini.

Ruang utama tersebut menjadi penghubung ke berbagai ruangan yang diberi nama berdasarkan nama tokoh dalam film ini. Ruang pertama yakni ruang ikal, dimana terdapat cuplikan novel yang menggambarkan sosok ikal serta berbagai adegan yang dilakukannya.

Di sebelahnya ada ruang lintang, pengunjung dapat melihat foto tokoh ini dengan sepeda kesayangannya saat melakukan adegan film.  Ruangan selanjutnya yang agak terpisah yakni ruang mahar, dimana Anda bisa melihat berbagai foto mahar yang menyukai kesenian tersebut. Setelah itu, Anda akan tiba di ruang dapur, dimana Anda dapat menemukan dapur yang dirubah menjadi warung kopi. Pengunjung bisa memesan kopi untuk bersantai dalam menikmati suasana museum ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Kata Andrea Hirata

Anda yang berkunjung ke museum ini, biasanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar 2000 saja setiap orangnya, uang tersebut nantinya akan digunakan biaya perawatan museum tersebut. Cukup terjangkau bagi semua kalangan tentunya. Museum tersebut dibuka mulai dari pukul 10.00 hingga 17.30 WIB.

Peta Lokasi Museum Kata Andrea Hirata

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke museum ini, Anda dapat memanfaatkan bantuan aplikasi Google Maps untuk mengetahui lokasinya. Lokasi museum ini tepatnya di Jalan Laskar Pelangi No,7, Gantong, Belitung Timur. Lokasinya ini tak jauh dari SD Muhammadiyah atau dikenal dengan SD Laskar Pelangi serta bangunan peninggalan Belanda yakni Bendungan Pice.

Demikian ulasan museum kata andrea hirata. Tertarik mengunjunginya? Anda bisa mendapatkan pengetahuan yang banyak di tempat ini.

Gambar Gravatar
Ingat, semua informasi ini disediakan sama sekali tanpa biaya dan jika Anda telah menikmati apa yang telah Anda baca, tolong tunjukkan penghargaan Anda dengan membagikan posting ini di jejaring sosial favorit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.