Berwisata dan Belajar di Museum Gunung Merapi Jogja

Diposting pada

Museum Gunung Merapi adalah salah satu pilihan tempat berlibur yang cukup menarik jika kamu sedang berada di Jogja. Selain ilmu pengetahuan, di sana kamu juga akan mendapatkan pengalaman berlibur yang seru dan berbeda dari biasanya.

museum-gunung-merapi-jogja
via instagram.com/tikawindiana42
Jam Buka:08.00-15.30 WIB
Harga Tiket:Rp. 3.000/orang
Kontak:(0274) 896498
Alamat:Jalan Boyong, Hargobinangun, Sleman pakem, Yogyakarta.
Fasilitas Umum:Mushola, Rest Area, Lahan Parkir, Kamar Kecil
Akses Jalan:Baik
Kedai:Tidak Ada
Online Maps:View Maps

Kota Jogja memang memiliki banyak obyek wisata yang bisa dipilih wisatawan saat berlibur ke sana. Selain obyek wisata sejarah, taman rekreasi, dan wisata pantai, wisatawan juga bisa memilih untuk berlibur ke obyek-obyek wisata bertema edukasi yang ada di Jogja.

Salah satu obyek wisata edukasi di Jogja, khususnya yang akan menambah pengetahuan kamu tentang gunung merapi adalah museum gunung merapi Jogjakarta.

Di museum ini, kamu akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru tentang gunung merapi beserta jejak-jejak letusannya di masa lampau.

museum-gunung-merapi-yogyakarta
via instagram.com/diant77
fasilitas-museum-gunung-merapi-jogja
via instagram.com/nita.lestari43
keistimewaan-museum-gunung-merapi
via instagram.com/nita.lestari43
museum-gunung-merapi-jogja-bungker-kaliadem
via instagram.com/wahyu_pramudito
museum-gunung-merapi-sisa-peristiwa-bungker-kaliadem-2006
via instagram.com/mikehadjoh

Sekilas Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi dibangun atas dasar pemikiran bahwa kerugian sekaligus manfaat yang timbul dari letusan gunung merapi merupakan hal penting yang perlu diketahui masyarakat.

Melalui alat simulasi dan beberapa gambar serta video yang berkaitan dengan gunung merapi yang ada di museum ini, masyarakat diharapkan akan semakin tercerahkan dan memiliki bekal untuk menghadapi kondisi terburuk jika sewaktu-waktu gunung merapi tersebut meletus.

Sejarah Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Jogja dibangun dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri ESDM yang saat itu dijabat oleh Bapak Purnomo Yusgiantoro.

Bangunan museum didirikan di atas lahan seluas 3,5 hektar dengan bentuk atau arsitektur bangunan yang cukup unik karena menyerupai bentuk gunung.

Dengan luas kurang lebih 4.470 meter persegi, bagian atap gunung dibuat mengerucut serupa gunung, dan konon disesuaikan juga dengan adat budaya Jogja.

Daya Tarik Museum Gunung Merapi Untuk Aktifitas Wisata

Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati dan dapatkan dalam kunjungan wisata kamu di Museum Gunung Merapi ini.

Museum ini terdiri dari 2 lantai dengan beberapa ruangan yang berisi hal-hal atau benda-benda berbau gunung.

Di lantai dasar, tepatnya di ruangan utama setelah pintu masuk museum, kamu akan mendapati sebuah benda yang disebut maket gunung merapi.

Benda ini adalah miniatur sekaligus alat peraga yang bisa digunakan oleh pengujung untuk melihat simulasi letusan atau erupsi yang terjadi di gunung merapi.

Yang unik, maket gunung merapi ini sudah dilengkapi dengan tombol-tombol yang bertuliskan tahun meletusnya gunung merapi Jogja.

Perlu diketahui, gunung merapi Jogja pernah meletus pada tahun 1969, 1994, dan juga pada tahun 2006.

Nah jika kamu menekan salah satu tombol misalnya tombol tahun 1969, maka maket gunung merapi tersebut akan bererupsi serta meletus persis seperti letusan gunung merapi yang terjadi pada tahun 1969.

Begitu juga jika kamu menekan tombol yang bertuliskan tahun 1994 dan 2006, maket pun akan memperagakan letusan gunung merapi persis seperti letusan aslinya, lengkap dengan suara gemuruh beserta asap-asapnya.

Kemudian di ruangan lainnya, kamu bisa melihat beberapa peralatan yang biasa digunakan untuk memantau aktifitas gunung merapi oleh para peneliti atau aktivis gunung merapi.

Peralatan tersebut misalnya seismograf, teleskop dan juga alat pengolah data. Selain itu, di ruangan ini juga ada beberapa peralatan kuno yang digunakan oleh para peneliti gunung merapi zaman dulu.

Bergeser ke ruangan berikutnya, kamu akan mendapatkan semacam ruangan yang berisi kisah kelam bungker Kaliadem saat gunung merapi meletus di tahun 2006.

Di sana ada beberapa benda atau barang milik korban bungker salah satunya sepeda motor yang hanya tersisa kerangkanya saja akibat terkena semburan lahar panas yang dimuntahkan gunung merapi.

Selain hal-hal di atas, di beberapa ruangan selanjutnya kamu akan mendapati benda-benda yang juga masih berhubungan dengan gunung merapi.

Kalau kamu datang bersama anak-anak misalnya, di museum ini juga ada ruangan yang berisi gambar pohon, gambar rumah, hingga gambar-gambar kartun yang kemungkinan besar akan disukai anak-anak.

Lanjut ke lantai dua museum, kamu akan mendapati lagi berbagai macam alat peraga dan simulasi yang akan membuat kamu melihat dan merasakan bagaimana kondisi ketika bencana meletusnya gunung merapi terjadi.

Di lantai dua ini ada alat berupa display erupsi merapi, simulasi gempa, simulasi tsunami, hingga peraga simulasi berbentuk LCD.

Dan terakhir, di lantai dua mesum ini juga ada sebuah ruangan teater mini sebagai tempat bersantai sekaligus menonton film berjudul mahaguru merapi.

Film ini berisi cerita yang akan menambah pengetahuan kamu tentang dua kondisi akibat adanya gunung merapi.

Yang pertama adalah kondisi berupa bencana mengerikan akibat letusan gunung merapi, dan kondisi kedua yaitu gunung merapi akan mengalirkan kesuburan dan memakmurkan kehidupuan setiap makhluk di sekelilingnya.

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang sangat berharga di museum gunung merapi ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp3000 saja.

Kemudian jika kamu datang menggunakan kendaraan pribadi, biaya untuk retribusi parkirnya pun tergolong murah yakni hanya Rp2000 untuk sepeda motor, dan Rp3000 untuk mobil.

Lalu jika kamu ingin menyaksikan pertujungan film di ruang teater mini, kamu pun hanya perlu membayar tiket teater seharga Rp5000 saja.

Alamat Museum Gunung Merapi

Museum gunung merapi Jogja beralamat lengkap di Jalan Boyong, Hargobinangun, Sleman pakem, Yogyakarta.

Lokasinya cukup dekat dari pusat kota Jogja yakni hanya berjarak sekitar 26,2 kilometer dan bisa kamu tempuh dengan waktu sekitar 54 menit berkendara.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata museum gunung merapi bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas ini antara lain :

  • Rest Area
  • Lahan Parkir
  • Mushola
  • Kamar Kecil
  • Dan pelataran untuk hunting foto

Yang menjadi kekuarangan di tempat wisata ini dalam hal fasilitas hanyalah ketiadaan warung atau kios penjual makanan. Jadi jika kamu tiba-tiba lapar, maka solusinya hanya mencari penjual makanan yang ada di luar lokasi wisata, misalnya ke lokasi kuliner khas Jogja ini.

Q&A Seputar Museum Gunung Merapi

Berikut ini beberapa pertanyaan sekaligus jawaban dari warganet mengenai obyek wisata museum gunung merapi :

Q : Apakah boleh mengambil foto di dalam museum ? atau hanya boleh di pelataran musem saja ?

A : Berfoto di dalam museum boleh saja, tidak ada yang melarang asalkan tidak sampai merusak benda-benda yang ada di dalam.

Q : Apakah boleh menerbangkan drone di sekitar museum?

A : Sepertinya tidak boleh karena bisa mengganggu pengunjung yang lain.

Q : Apakah boleh menggunakan mobil pribadi ke museum ?

A : Boleh saja, kecuali ke gunung nya yang harus pakai jeep.

Q : Apakah rombongan pelajar bisa mendapatkan diskon ?

A : Bisa, pengelola memberikan diskon untuk rombongan yang berjumlah lebih dari 50 orang sebesar 10%, dan di atas 100 orang sebesar 15%.

Q : Apakah ada tempat menginap di sekitar museum ?

A : Ada, bahkan di sepanjang jalan ke museum ada banyak sekali tempat menginap.

Kesimpulan

Museum ini menyimpan berbagai hal yang sangat penting untuk menambah wawasan kamu tentang gunung, khususnya gunung merapi.

Karena itu jika kamu ingin mengetahui setiap hal yang berkaitan tentang gunung merapi berikut dampak positif dan negatif keberadaannya, maka jangan lupa untuk meluangkan waktu ke museum gunung merapi ini saat musim liburan nanti.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara: