15 Makanan Khas Bengkulu Dari Ikan Dan Durian Yang Nikmat

5 min read

15 Makanan Khas Bengkulu Dari Ikan Dan Durian Yang Nikmat 1

Pada artikel ini tim dolanyok akan membagi informasi mengenai makanan khas Bengkulu yang bisa kamu coba. Banyak makanan tersebut yang memiliki cita rasa yang menggugah seleran.

Kota Bengkulu memang terletak di pesisir laut maka dari itu kebanyakan makanan khasnya menggunakan ikan laut. Masyarakat sekitar pun menjadikan olahan tersebut sebagai makanan pokok yang sangat lezat.

Namun banyak juga olahan makanan Bengkulu yang bisa kamu jadikan pilihan oleh-oleh untuk keluarga maupun sahabat di rumah.

Daftar Menu Makanan Khas Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu terkenal unik dan nikmat. Simak daftar di bawah ini untuk menemukan keunikan makanan tersebut.

1. Lempuk Durian

Berjalan-jalan ke Bengkulu pasti mudah sekali untuk menemukan pohon durian. Maka dari itu banyak makanan khas Bengkulu yang juga berbahan dasar durian.

Salah satunya adalah lempuk durian yang sekilas mirip dengan dodol yang berbahan dasar tepung gandum dan juga daging durian. Rasanya pun manis-manis, legit agak sedikit pahit.

Tekstur lempuk ini sangat kenyal dan juga awet jika ingin dijadikan sebagai oleh-oleh. Ya, cara pemasakannya pun sangat lama yaitu lebih dari 8 jam, maka dari itu makanan ini bisa sangat awet.

2. Pendap

Akhirnya ketemu juga dengan yang namanya Pendap yang berbahan dasar ikan. Pendap mirip pepes namun bumbunya berbeda yaitu ada cabai giling, bawang putih, kencur, dan kelapa parut muda.

Kemudian pendap ini dibungkus dengan daun talas, kalau pepes ikan biasanya dibungkus dengan daun pisang. Pendap ini pun juga harus dikukus terlebih dahulu sebelum disantap.

Pendap bisa disajikan selagi masih hangat bersama dengan nasi putih yang hangat pula. Olahan ini pun menjadi makanan favorir masyarakat Bengkulu.

3. Tempoyak

Penikmat buah durian harus mencicipu olahan yang berbeda dari buah durian seperti tempoyak. Tempoyak merupakan fermentasi dari buah durian.

Tempoyak bisa dijadikan sebagai lauk untuk menyantap nasi. Namun banyak yang menjadikan tempoyak sebagai bumbu dalam memasak aneka olahan ikan.

Rasa tempoyak ini sedikit asam dan memiliki bau yang agak menyengat. Maka dari itu banyak orang yang mengolah tempoyaj dengan bahan makanan lainnya.

4. Bagar Hiu

Penikmat makanan yang tidak biasa bisa mencoba bagar hiu yaitu olahan ikan hiu tanduk. Sebenarnya bagar hiu ini mirip dengan masakan khas Padang yaitu rendang namun bagar hiu tidak menggunakan santan.

Bumbu yang digunakan bermacam-macam seperti kemiri, laos, jahe, kunyit, ketumbar, serai, kapulaga, kayu manis, asem jawa, pala, cengkeh, bawang putih, serta bawang merah. Ada juga kelapa sangrai yang ditambahkan ke dalam masakan ini.

Sering juga masakan ini dibuat pedas dengan penggunaan cabai. Nah kuliner yang satu ini pun menjadi ciri khas menu makanan ramadhan dan juga lebaran.

5. Gulai Kemba’ang

Selain ikan ada juga olahan dari dari daging atau iga sapi bagi kamu yang tidak suka ribetnya makan daging ikan. Iga sapi ini dimasak sengan aneka bumbu khas Bengkulu.

daging atau iga ini dimasak dengan kuah kuning dan juga ditambah dengan kuah santan dan kunyit. Maka penampilan dari masakan ini kuning seperti gulai namun agak berminyak.

Untuk menambah cita rasa makanan ini, masyarakat Bengkulu biasanya menambahkan daun pakis. Agar nutrisi dari makanan ini lengkap dan sehat.

6. Kue Lepek Biniti

Jika di Jogja ada kue nagasari maka di Bengkulu ada kue lepek biniti. Dari bungkusnya memang terlihat sama dengan bungkus daun pisang namun isinya berbeda.

Di dalamnya terdapat daging giling, santan lengkuas, bumbu halus, dan juga daun salam ada juga isian parutan kelapa dan gula aren. Untuk kulit luarnya ada santan, garam dan juga tepung ketan.

Kemudian dikukus hingga daun pisang berubah warna. Kue ini pun rasanya manis, legit gurih. Biasanya kue ini banyak kamu temuka pada saat bulan suci ramadhan.

Baca Juga: Makanan Khas Solo

7. Rebung Asam Undak Liling

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari rebung atau bambu muda. Bahan lainya juga ada keong hitam atau liling yang dicampur menjadi satu.

Untuk membuat makanan ini diperlukan waktu dan proses yang cukup lama. Hal ini dikarenakan harus merendam rebung ke dalam air terlebih dahulu agar rasa asamnya hilang.

Menurut orang-orang jika kamu makan rebung asam undak liling ini, pencernaan kamu akan lancar dan juga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskuler. Hal ini karena rebung mengandung serat sebanyak 1,2 gran dalam satu cangkir rebung.

8. Lemang Tapai

Salah satu cemilan khas Bengkulu adalah Lemang Tapai. Lemang tapai ini terbuat dari ketan putih yang dimasak dengan bumbu bawang putih dan juga kemiri.

Kemudian lemang ini dibungkus dengan daun pisang yang dimasukkan ke dalam sebuah bambu muda. Setelah itu bambu tersebut dibakar selama 4-5 jam.

Setelah matang, lemang ini bisa disajikan dengan ketan hitam yang telah difermentasi. Nah biasanya lemang tapai ini mudah sekali kamu temukan pada saat acara-acara besar di Bengkulu seperti pernikahan atau khitanan.

9. Gulai Pisang

Biasanya gulai itu dimasak dengan daging atau aneka sayuran, namun di Bengkulu pisang pun bisa dimasak gulai. Rasanya legit dan gurih dan bisa dimakan bersama dengan nasi hangat.

Pisang dimasak gulai sebagai pengganti daging sapi atau ayam yang tergolong mahal. Dari pisangnya kamu pun bisa mendapatkan karbohidrat yang cukup banyak.

Bumbu yang digunakan pun bermacam-macam seperti lokan, santan, jahe, kunyit, ketumbar , bawang putih, bawang merah, kelapa goreng dan juga cabai.

10. Lema

Di Bengkulu memang banyak sekali makanan khas yang dimasak dengan cara fermentasi terlebih dahulu. Jika tempoyak merupakan fermentasi durian, ada lema yang merupakan fermentasi rebung atau bambu muda.

Lema terbuat dari adonan rebung atau rebung yang dicincang halus kemudian dicampur dengan campuran ikan air tawar. Setelah semua bahan tercampur rata, adonan tersebut di masukkan ke dalam wadah yang audah dilapisi dengan daun pisang kemudian di tutuo rapat.

Adonan tersebut harus disimpan minimal 3 hari sebelum di masak. Lema ini pun menjadi lauk yang dimakan dengan nasi hangat.

10. Bolu Koja

Palembang memiliki makanan bolu koja behitu pula dengan Bengkulu juga memiliki makanan dengan nama bolu koja. Kue ini memiliki tekstur yang cenderung lembut karena ditambahkan dengan agar-agar putih.

Kebanyakn kue ini memiliki warna hijau karena adanya campuran daun suji dan pandan. Daun suji membuat tampilan warna hijau dan daun pandan menjadikan kue ini gurih.

Sebagai pemanis, kue ini bisa disajikan dengan berbagai topping layaknya kue modern. Kamu bisa menambahkan topping seperti keju ataupun coklat meses.

11. Bay Tat

Kue khas Bengkulu lainnya ada bay tat yang nampak seperti kue tart pada umumnya. Namun bay tat ini juga ada tampilan seperti kue pie namun bentuknya persegi.

Kue ini memiliki bahan seperti tepung gandum, mentega, telur ayam, serta gula pasir. Tekstur dari kue ini sangat lembut dan juga memiliki rasa yang manis.

Toppingnya pun bisa diisi aneka macam, bisa selai nanas layaknya kue pie atau keju dan coklat. Sekarang pun banyak penjual kue bay tat dengan aneka topping.

12. Manisan terong

Biasanya manisan itu terbuat dari aneka buah-buahan namun di Bengkulu terdapat manisan dari sayuran. Manisan tersebut adalah manisan terong yang digemari oleh masyarakat Bengkulu yang tentunya berbahan dasar terong.

Manisan ini pun sering disebut sebagai kurma Bengkulu karena dari rasa, tekstur sampai bentuknya mirip dengan buah kurma. Bahan dari manisan terong ini adalah terong muda, gula pasir dan juga kapur sirih.

Proses pembuatan manisan ini pun terbilang cukup lama yaitu 3-5 hari. Karena seblumnya di rendam dengan air kapur sirih, makan tekstur terongnga menjadi kenya.

13. Kue Satu

Aneka kue yang berasal dari Bengkulu adalah kue satu. Kue ini terbuat dari kacang hijau, gula, air dan juga teh vanili.

Kacang tersebut direndam agar kulitnya mengelupas dan kemudian di blender agak menjadi halus. Baru kemudian kacang tersebut dicampur dengan bahan-bahan lainya kemudia di masukkan ke dalam cetakan.

Kue ini dipanggan seperti membuat kue pada umumnya. Nah cemilan ini pun bisa disantao bersama teh hangat untuk menambah selera.

14. Kue Perut Punai

Punai adalah salah satu burung yang bisa ditemukan di Bengkulu. Nama kue ini adalah punai namun tidak berarti bahwa makanan ini terbuat dari burung punai.

Karena bentuknya seperti punai makanya kue ini diberi nama kue perut punai. Biasanya kue punai ini memiliki dua varian rasa yaitu rasa manis dan gurih.

Nah biasanya wisatawan membeli kue punai ini sebagai oleh-oleh khas Bengkulu. Walaupun kue ini terbilang tradisional namun kue ini tidak kalah dengan kue modern pabrikan lainnya.

15. Kue Siput Bengkulu

Kue siput ini bukan berbahan dasar siput namun bentuknya yang menyerupai siput maka diberi nama kue siput. Kue ini terbuat dari tepung gandum kemudian di beri isian kacang.

Lalu adonan kue tersebt digulung hingga menyerupai siput. Kue ini sangag renyah dan memiliki berbagai varian rasa seperti manis dan juga asin.

Biasanya kue siput ini bisa kamu temukan pada saat hari raya Idul Fitri. Karena memang cemilan ini khas hari raya.

Nah makanan khas Bengkulu di atas sangat mudah sekali untuk kamu jumpai. Selain bisa kamu temukan pada warung-warung makan Bengkulu, kamu juga bisa menemukan di toko oleh-oleh.

Aneka cemilan Bengkulu pun patut untuk kamu icipi.

error: Disable