10 Kuliner Khas Bandung yang Disukai Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Kota Bandung yang juga disebut sebagai kota kembang, merupakan tujuan bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara. Dengan memiliki udara yang sejuk ditambah banyaknya lokasi-lokasi wisata yang bernuansa alam, menarik banyak peminat dari luar kota untuk menghabiskan liburannya di Bandung. Jika Anda datang ke Bandung jangan lewatkan 10 kuliner khas Bandung berikut ini.

Dengan memasang harga yang terbilang murah dan rasanya yang enak, aneka jajanan khas Bandung ini membuat banyak wisatawan ketagihan untuk datang lagi ke kota Bandung setiap liburan. Nah, ada beberapa jajanan kuliner khas kota Bandung yang harus dicoba bagi pencinta kuliner khas dari sunda.

Kuliner Khas Bandung “Cilok”

Kuliner Khas Bandung Cilok
Cilok (c) @ odinioo

Dengan bentuknya yang bulat teksturnya yang kenyal, bisa habis dalam satu kali lahap, cilok juga menjadi makanan khas Bandung yang paling banyak digandrungi di provinsi Jawa Barat, khususnya di kota Bandung itu sendiri.

Meskipun cilok saat ini lebih sering ditemukan pada lingkungan sekolahan, namun cilok atau dengan nama kepanjangannya yakni ‘aci dicolok’ ini telah banyak macam inovasi-inovasinya. Cilok yang dahulu, atau di awal kemunculannya hanya ditambah dengan bumbu kacang, sekarang Anda sudah bisa mencicipi cilok dengan varian saus mayonnaise serta dengan isian yang bermacam-macam pula.

Kuliner Khas Bandung “Cimol”

Cimol
Cimol (c) @aktatama.silvi

Kalau ada cilok, ada juga yang namanya cimol yang mempunyai kepanjangan yaitu aci digemol. Cimol yang memiliki bahan dasar yang sama dengan cilok ini hanya memiliki perbedaan sedikit yakni, proses membuatnya saja yaitu digoreng.

Bentuknya pun tetap saja bulat kecil-kecil serta digoreng, lalu ditaburi bumbu kering dengan macam-macam rasa tentunya yang dapat disesuaikan oleh selera masing-masing orang, seperti bumbu pedas, tambahan kacang, pedas asin dan masih banyak lainnya.

Jika ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa menggunakan aplikasi google untuk dapat menyimak resep dan cara membuatnya. Lebih baik lagi, bila belajar langsung dengan orang yang sudah ahli membuat cimol.

Baca juga: Daftar Kuliner Khas Bogor yang Lezatnya Kebangetan

Kuliner Khas Bandung “Cireng”

Cireng
Cireng (c) @kareenagii

Makanan lain yang juga terbuat dari jenis bahan dasar aci ialah cireng yang juga mempunyai nama kepanjangan yakni aci digoreng, bila disingkat menjadi cireng sesuai yang dikenal banyak orang. Pada umumnya cireng polos sering dijual biasanya bisa didapat di tukang gorengan dan dapat langsung dimakan atau juga bisa dicocol ke sambal, atau saus, bahkan kecap.

Akan tetapi sejalan oleh perkembangan zaman yang semakin maju, cireng saat ini juga sudah tersedia dengan bermacam-macam isi, diantaranya abon, irisan keju, daging sapi atau ayam, dan banyak lainnya.

Selain dari isinya, bentuk atau tampilan dari cireng pun juga sekarang telah bermacam-macam. Bila Anda ingin mencoba membuat cireng buatan sendiri, Anda bisa melakukannya dengan bantuan para ahlinya atau bantuan dari mbah google.

Kuliner Khas Bandung “Comro”

Comro
Comro (c) @bubu.elgazanio

Comro atau biasa dikenal sebagai oncom di jero ini tercipta dari parutan umbi singkong dengan isi sambal dari oncom yang setelahnya digoreng. Jajanan ini sangat pas untuk dapat dinikmati ketika sore hari serta disajikan bareng teh manis hangat. Sama halnya dengan aci, comro ini begitu mudah untuk didapatkan dan juga terjual sangat murah dan pastinya sangat enak.

Kuliner Khas Bandung “Misro”

Misro
Misro (c) @numpangsaveresep.id

Misro adalah saudara kembar tapi tak sedarah dari comro. Untuk Misro sendiri, ialah jajanan yang memiliki arti manis di dalam sesuai dengan namanya bila disingkat yakni misro. Dilihat dari cara meracik, atau pembuatannya tidak jauh berbeda dengan membuat comro. Perbedaannya hanya pada isinya yang dimana misro berisikan gula jawa di dalamnya membuat rasanya manis.

Kuliner Khas Bandung “Batagor”

Batagor
Batagor (c) @f3ndy15

Jajanan yang memiliki kepanjangan yakni baso tahu goreng ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat favorit khas kota Bandung. Anda akan dapat dengan mudah menemukan tukang batagor nyaris di sepanjang jalanan di kota Bandung atau bisa juga di sekolah-sekolah, bahkan sekitaran perkantoran, atau ketika ada keramaian di kota Bandung.

Tahu diselimuti tepung adonan dari ikan tenggiri yang dilahap dengan saus kacang ini dapat dibilang masih saja menjadi primadona, di banding jajanan-jajanan enak kuliner khas kota Bandung yang lain. Memiliki dua varian batagor yang sangat digemari hingga saat ini, yaitu batagor kering dan juga batagor kuah.

Untuk bisa menikmati batagor, Anda bisa memilih lokasi jajananan batagor yang sesuai dengan kondisi kantong masing-masing. Ada beberapa nama tempat penjual jajan batagor yang cukup ternama di kota Bandung yang wajib Anda coba seperti warung batagor Kingsley, warung batagor Riri, dan warung-warung penjual batagor lainnya.

Kuliner Khas Bandung “Surabi”

Surabi
Surabi (c) @humas_jabar

Surabi atau bisa juga dibilang sebagai pancake ala-ala Jawa Barat ini terbuat dari tepung beras yang dibakar di atas tungku kayu serta pada hasil akhir langsung ditambahkan kuah yang cair manis dari bahan gula merah.

Surabi ini tentu tidak hanya Anda dapatkan di kota Bandung saja tapi hanya di kota Bandung saja Anda bisa menikmati kelezatan Surabi dengan ditambah beberapa variasi toping dan juga sausnya.

Ya, saat ini surabi sudah dapat dikombinasikan dengan berbagai macam makanan lain yakni menggunakan keju, saus coklat, saus strawberry, bubuk green tea, bubuk taro, susu, es krim, dan masih banyak lainnya.

Sekarang ini sudah sangat banyak tempat tongkrongan anak muda di kota Bandung yang menyediakan surabi dengan menampilkan berbagai variasi, atau inovasi yang pasti tetap tidak akan meninggalkan cari khas dari surabinya sendiri.

Kuliner Khas Bandung “Peuyeum”

Peuyeum
Peuyeum (c) @dedehteja

Tape atau jika di Bandung dikenal sebagai peuyeum Bandung juga merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang melalui proses fermentasi dengan ragi. Peuyeum Bandung sendiri berbentuk satu batang singkong utuh dan teksturnya juga tidak basah. Para penjual biasanya menjajakan peuyeum dengan cara diperlihatkan di depan kiosnya, bisa digantung atau juga ditaruh di lapaknya dalam beberapa batang.

Kuliner Khas Bandung “Colenak”

Colenak
Colenak (c) @ardianfirmans

Colenak ini terbuat dari peuyeum dan melewati proses dibakar dengan campuran saus yang terbuat dari parutan kelapa serta tambahan gula merah. Namanya cukup unik, yakni colenak atau singkatan dari ‘dicocol enak’. Rasanya pun memang enak dan tergolong salah satu jajanan khas tanah Sunda yang sudah lahir sejak ratusan tahun yang lamanya.

Sayangnya, saat ini colenak cukup susah dicari sebab hanya di daerah-daerah tertentu saja Anda bisa mencoba atau mecicipi kuliner khas kota Bandung satu ini.

Kuliner Khas Bandung “Seblak”

Seblak
Seblak (c) @kedaikitalagi

Salah satu Jajanan yang termasuk kuliner baru ini  pada dasarnya terbuat dari kepingan kerupuk rebus setengah matang yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur seperti kencur, bawang putih, cabai, dan tambahan sedikit penyedap rasa. Namun bukan seblak namanya bila tidak membuat Anda kepedasan serta garuk-garuk kepala sebab inilah ciri khasnya.

Baca juga: Daftar 10 Tempat Makan di Bandung yang Murah dan Enak

Banyak juga penjual seblak yang coba mengembangkan usahanya dengan menciptakan variasi seperti menambahkan atau menggantikan seblak menjadi bukan cuma kerupuk saja. Bisa seblak ceker, atau seblak tahu dan lain-lain. Hampir di setiap jalan Kota Bandung Anda dapat menemukan penjual seblak yang memberikan inovasi atau variasi pada komposisinya.

Kuliner khas dari Bandung ternyata banyak sekali jenisnya, semoga 10 Kuliner Khas Bandung  bisa bermanfaat bagi kita semua.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *