Update Jadwal Kereta Api Sidomukti, Rute & Harga Tiket

1 min read

Jadwal Kereta Api Sidomukti

Butuh rekomendasi kereta Jogja – Solo kelas eksekutif? Berikut Dolanyok rangkum jadwal Kereta Api Sidomukti dengan rute dan harga tiket.

Ada banyak pilihan kereta dengan rute perjalanan dari Jogja menuju Solo dan sebaliknya. Kereta tersebut juga beragam kelasnya, dari kelas ekonomi hingga kelas eksekutif hingga premium.

Salah satu alternatif kereta kelas eksekutif yang menawarkan jadwal keberangkatan khusus di hari Sabtu/Minggu serta hari libur nasional.

Kereta Api Sidomukti

Kereta api Sidomukti adalah jenis kereta lokal eksekutif dan ekonomi AC premium dengan rangkaian stainless steel. Mulai beroperasi 15 Desember 2013, KA Sidomukti memiliki pendahulu Prameks dan Solo Ekspres.

KA Sidomukti dioperasikan guna membantu tugas KA Prambanan Ekspres yang memiliki kelas komuter unggulan. Sehingga kereta ini bisa dijadikan pilihan lain kereta Solo Jogja selain Prameks atau KA Prambanan.

Kereta Sidomukti mengawali perjalanan dari Stasiun Solo Balapan menuju stasiun akhir Yogyakarta dengan 4 stasiun pemberhentian. Jarak tempuh kereta adaalah 66 km dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit.

Jumlah penumpang dalam sehari di KA Sidomukti mencapai 1.033 penumpang sementara layanannya yaitu Eksekutif Plus dan Premium Plus.

Kecepatan kereta api ekspres ini berkisar antara 60 – 100 km/jam. Sementara tempat duduk yang tersedia terdiri dari tempat duduk yang disusun 2/2 dengan model reclining seat.

Fasilitas yang tersedia meliputi fasilitas katering, observasi, hiburan dan bagasi. Sedangkan fasilitas penunjang lainnya adalah tabung pemadam, toilet, AC split, tirai tarik, lubang Audio Jack, dan televisi.

Baca Juga: Jadwal Kereta Api Taksaka

Rute KA Sidomukti

Kereta yang menjadi kelas Patas untuk Prameks memiliki 4 stasiun pemberhentian. Dari Solo, rute KA Sidomukti 2019 sebagai berikut:

 Solobalapan | Purwosari | Klaten | Lempuyangan | Yogyakarta

Rute dan staisun pemberhentian tersebut juga berlaku dari arah Yogyakarta menuju Solo.

Harga Tiket KA Sidomukti

Saat ini harga tiket Kereta Api Sidomukti dibandrol IDR 20.000 untuk satu kali perjalanan jauh/dekat. Sebelumnya, harga tersebut bergama mulai dari IDR 15.000 hingga IDR 30.000.

Untuk pembelian tiket dilakukan langsung di loket stasiun atau sesuai rute yang hendak dilalui. Sementara waktu pembelian adalah saat hari H atau di ahri yang sama dengan hari keberangkatan.

Jadwal Kereta Api Sidomukti

KA Sidomukti memiliki 2 armada kereta yaitiu KA 127 F (relasi SLO-YK) dan 128F (relasi YK-SLO). Jadwal keberangkatan hanya dilakukan hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional dengan rincian sebagai berikut.

  • Jadwal Kereta Api Sidomukti KA 127F (Solo Balapan – Yogyakarta)
STASIUN KEDATANGAN KEBERANGKATAN
SOLO BALAPAN 10:00 WIB
PURWOSARI 10:08 WIB
KLATEN 10:33 WIB
LEMPUYANGAN 10:58 WIB
YOGYAKARTA 11:02 WIB
  • Jadwal Kereta Api KA 128F (Yogyakarta – Solo Balapan)
STASIUN KEDATANGAN KEBERANGKATAN
YOGYAKARTA 11:45 WIB
LEMPUYANGAN 11:53 WIB
KLATEN 12:19 WIB
PURWOSARI 12:43 WIB
SOLOBALAPAN 12:48 WIB

Demikianlah info mengenai jadwal kereta Solo Jogja selain Prameks dan Solo Ekspres. Semoga artikel jadwal kereta api Sidomukti ini bermenfaat bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan Solo – Jogja PP saat weekend.

error: Disable