Jadwal Kereta Api Galunggung Bandung Tasikmalaya Baru

1 min read

gerbong jadwal kereta api galunggung bandung tasimalaya

Kamu mencari jadwal kereta api lokal khusus daerah Jawa Barat? Simak artikel tentang jadwal Kereta Api Galunggung Bandung Tasikmalaya pada artikel di bawah ini.

Bingung mencari moda transportasi lokal untuk daerah Jawa Barat. Mungkin kendaraan darat umum sudah berkembang pesat. Jika kamu hendak bepergian menuju satu kota ke kota lain, banyak pilihan kendaraan yang bisa kamu coba.

Mulai dari bus, travel, hingga kereta api. Setiap transportasi pastilah memiliki keuntungan dan kekuranganya masing-masing. Namun bagi kamu yang ingin meminimalisir kerugian silahkan beralih menuju kereta api.

Kereta api merupakan transportasi umum darat yang tidak pernah sepi. Hampir seluruh kota terhubung dengan raksasa darat yang satu ini. Nah kendaraan khusus rute Jawa Barat yaitu Bandung-Tasikmalaya, kamu bisa menggunakan kereta api. Kereta yang memiliki rute tersebut adalah Kereta Api Galunggung.

Kereta Api Galunggung Bandung Tasikmalaya

Kereta api lokal khusus untuk daerah Jawa Barat komersial adalah Kereta Api Galunggung. Kereta api ini beroperasi pada DAOP II Bandung. Rutenya adalah Bandung menuju Tasikmalaya dan sebaliknya dengan rute jarak menengah.

Kereta ini tergolong memiliki rute yang baru karena beroperasi pada tahun 2018 lalu. Jumlah stasiun pemberhentaian selama melakukan perjalanan adalah 7 stasiun. Stasiun pemberangkatanya adalah Stasiun Kiaracondong dan stasiun akhir Stasiun Tasikmalaya.

Setiap hari kereta ini memiliki jadwal pemberangkatan untuk satu rute yang sama. Lama perjalanan yang dibutuhkan adalah 2 jam 30 menit. Kereta ini dapat melaju dengan kecepatan antara 60 km/ jam sampai 90 km/jam. Maka dar itu Bandung-Tasikmalaya dapat dijangkau dalam waktu yang relative singkat dari pada menggunakan kendaraan pribadi.

Sebagai kereta Ekonomi AC Non PSO, kereta ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Fasilitas tersebut terlihat dari susunan tempat duduk 3/2 sisi kanan kiri. Adanya lapisan kaca duplek, toilet, P3K, kereta makan, AC, stop kontak, APAR, dan rem darurat menambah kenyamananmu.

Namun kereta api ini tidak memiliki fasilitas hiburan seperti audio, maupun TV. Bahkan untuk fasilitas bagasi hanya ada bagasi yang terletak di atas kursi penumpang.

Nah untuk penamaan kereta api in cukup unik. Pasalnya kereta api Indonesia menggunakan nama tokoh atau nama tempat. Namun kereta lokal Jawa Barat ini menggunakan nama sebuah gunung yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Nama gunung tersebut adalah Gunung Galunggung.

Harga Tiket Kereta Api Galunggung Bandung Tasikmalaya

Harga tiket kereta lokal ekonomi ini cukup terjangkau. Hanya dengan uang IDR 35.000, kamu sudah bisa bepergian dari Kiaracondong menuju Tasikmalaya.

Baca Juga: Jadwal KA Ambarawa Ekspres

Jadwal Kereta Api Galunggung Bandung Tasikmalaya

Kereta api KA 464 ini berangkat dari Bandung menuju Tasikmalaya mulai pukul 08:15-12:44 WIB.

StasiunWAKTU KEDATANGANWAKTU KEBERANGKATAN
KIARACONDONG08:15 WIB
RANCAEKEK08:30 WIB 08:38 WIB
HAURPUGUR08:44 WIB 08:54 WIB
CICALENGKA09:00 WIB 09:25 WIB
LELES10:01 WIB 10:03 WIB
CIBATU10:20 WIB 11:05 WIB
CIPEUNDEUY11:40 WIB 11:55 WIB
TASIKMALAYA12:44 WIB

Jadwal Kereta Api Galunggung Tasikmalaya-Bandung

Kereta api Galunggung ini berangkat dari Taskimalaya menuju Bandung dari pukul 14.35 WIB dan tiba pukul 17:42 WIB di Kiaracondong.

STASIUNWAKTU KEDATANGANWAKTU KEBERANGKATAN
TASIKMALAYA14:35 WIB
RAJAPOLAH14:50 WIB 15:00 WIB
CIPEUNDEUY15:36 WIB 15:46 WIB
CIBATU16:20 WIB 16:22 WIB
LELES16:38 WIB 16:40 WIB
CICALENGKA17:14 WIB 17:16 WIB
RANCAEKEK17:26 WIB 17:28 WIB
KIARACONDONG17:42 WIB

Itulah update dari Tim Dolanyok tentang jadwal kereta api. Jika kamu membutuhkan jadwal Kereta Api Galunggung Bandung Tasikmalaya, silahkan hubungi pihak terkait. Datang ke stasiun terdekat ataupun melihat pengumuman dari website resmi PT.KAI.

error: Disable