Chinatown Bandung: Wisata Nusantara Rasa China

Diposting pada

Chinatown Bandung hadir dengan konsep perkampungan China zaman dulu. Di sana ada berbagai spot foto unik, aneka rasa kuliner, hingga tempat yang nyaman untuk santai bersama keluarga.

chinatown-bandung-review
via instagram.com/ chinatownbandung
Jam Buka:09.00 – 22.00 WIB
Tiket Masuk:Rp. 30.000
Nomor Telpon:(022) 6038114
Aktivitas:Hunting foto, kulineran, bermain, bersantai
Waktu Terbaik:Jam 5 sore – jam 9 malam
Perlu Dibawa:Topi, air minum, kamera
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan
Alamat: Ciroyom, Distrik Andir, Kota Bandung, Jawa Barat
Fasilitas Umum:Area parkir, toilet, mushola, toko souvenir, restoran, dll.
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Mencari tempat wisata di Bandung yang menyediakan spot foto Instagenic tidak lah sulit. Pun begitu jika yang kita cari adalah tempat wisata yang nyaman sebagai tempat bersantai sekaligus tempat bermain.

Kalau sedang berada di Bandung dan mencari tempat wisata yang punya kriteria di atas, cobalah datang ke kampung pecinan Chinatown Bandung. Dijamin, kita akan terpuaskan dengan segala wahana serta fasilitas yang disiapkan pengelola.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh rombongan keluarga ataupun muda mudi yang gemar berfoto. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai daya tariknya, silahkan baca ulasan lengkapnya berikut ini.

chinatown-bandung-tiket
via instagram.com/ chinatownbandung
chinatown-bandung-makanan
via instagram.com/ chinatownbandung
chinatown-bandung-spot-foto
via instagram.com/ chinatownbandung
chinatown-bandung-alamat
via instagram.com/ chinatownbandung
tiket-masuk-chinatown-bandung
via instagram.com/ chinatownbandung
harga-makanan-chinatown-bandung
via instagram.com/ chinatownbandung
alamat-chinatown-bandung
via instagram.com/ chinatownbandung
kuliner-di-chinatown-bandung
via instagram.com/ chinatownbandung
chinatown-bandung-instagram
via instagram.com/ chinatownbandung

Sekilas Chinatown Bandung

Bangsa China zaman dulu dikenal memiliki keunikan budaya, bentuk tempat tinggal dan pakaian mereka. Hal inilah yang coba disuguhkan pengelola tempat wisata ini.

Karena itu saat masuk ke dalam, kita akan langsung merasakan sensasi seperti sedang berada di pemukiman China asli.

Chinatown Bandung pada awalnya memang hanyalah sebuah pemukiman orang Tionghoa yang tinggal di Bandung. Lalu pada tanggal 4 Agustus 2017, tempat ini dibuka sebagai tempat wisata.

Dengan kawasan seluas kurang lebih 3000 hektar, tempat ini menyuguhkan wajah perkampungan China zaman dulu lengkap dengan pernak-pernik khas nya.

Aktifitas Wisata

Banyak sekali aktifitas yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke tempat wisata ini. Kita bisa meng-eksplore berbagai bentuk spot foto, mempelajari budaya China, mencoba kuliner khas China, hingga menonton pertunjukan barongsai.

Spot foto yang disediakan juga cukup unik dan sangat menggoda untuk dicoba. Beberapa diantaranya yang sangat menarik yaitu spot sepeda kumbang, spot jembatan merah, hingga spot kelenteng yang konon sudah berumur 130 tahun.

Berfoto sambil mengenakan pakaian khas China juga bisa kita lakukan di tempat ini. Opsi ini banyak dipilih oleh para calon pengantin yang datang untuk mengambil foto frewedding.

Biaya sewanya pun tidaklah terlalu mahal. Hanya dengan beberapa ratus ribu saja kita sudah bisa berfoto ala pangeran dan putri kerajaan.

Selesai menjelajah spot foto, kita bisa belajar budaya sekaligus sejarah kedatangan orang-orang China ke Nusantara. Sejarah dan budaya mereka bisa kita pelajari dengan lengkap di sebuah museum mini yang ada di dalam lokasi wisata.

Lalu bagi yang ingin mencoba masakan khas China, di tempat ini juga banyak restoran atau cafe yang menjual menu kuliner khas China dan Nusantara. Beberapa menu yang bisa kita coba antara lain mie, dimsum, batagor, soto, nasi hainam, nasi goreng, dan es campur.

Kemudian yang tak kalah menariknya saat bertandang ke tempat ini adalah menonton pertunjukan barongsai. Untuk bisa menyaksikan pertunjukan ini, kita harus datang sebelum jam 7 malam karena jadwal pertunjukannya dimulai dari jam 3 siang hingga jam 7 malam.

Aktifitas lainnya yang juga bisa dilakukan di tempat ini ialah bersantai menikmati keramaian. Di tempat ini sudah tersedia fasilitas tempat duduk berupa lantai dengan rumput sintesis dan juga bangku beserta bantalnya.

Nah sambil bersantai, kita bisa membiarkan anak-anak menikmati keceriaan dengan bermain di area playground.

Jam Buka

Kita bisa datang ke tempat ini setiap hari baik di hari kerja ataupun di hari libur. Jam bukanya dimulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam di hari kerja. Sedangkan di hari libur, tempat ini akan dibuka lebih awal yaitu mulai dari jam 9 pagi.

Hari KunjunganJam Buka
Hari Kerja 10.00 – 22.00 WIB
Hari Libur 09.00 – 22.00 WIB

Oh ya. Tempat ini akan tampak sangat indah saat malam hari. Seluruh kawasannya akan dihiasi dengan lampu-lampu lampion beraneka rupa.

Oleh karena itu jika ingin menikmati suasana yang lebih eksotis, kita bisa datang agak sore sekitar jam 5 sore dan pulang saat waktu operasional berakhir.

Harga Tiket Masuk

Memasuki tempat wisata ini kita hanya perlu mengeluarkan biaya pembelian tiket masuk sebesar Rp. 30.000.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 30.000

Namun yang perlu dicatat, saat berada di dalam kita hanya bisa melakukan pembelian atau pembayaran apapun menggunakan kartu debit, ovo atau kartu flash. Jadi dengan kata lain, sistem pembayarannya tidak menggunakan uang cash.

Lokasi Wisata

Tempat ini berlokasi di Ciroyom, Distrik Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Bandung tepatnya di sebelah barat alun-alun dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer.

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota, titik akses ke tempat ini bisa melalui Vihara Samudra Bakti. Nanti dari vihara ini, pengunjung akan melihat sebuah bangunan bercat merah tua dan itulah lokasinya.

Sebenarnya tidak jauh dari tempat ini juga banyak tempat-tempat wisata lain yang bisa dijadikan patokan. Yang terdekat adalah obyek wisata AMPED Trampoline Park Bandung yang hanya berjarak sekitar 0,4 kilometer.

Baca juga : Grafika Cikole Bandung

Fasilitas Umum

Seperti tempat-tempat wisata lainnya tempat ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup memadai.

Fasilitas tersebut antara lain :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Food Court
  • Tempat Duduk
  • dan Toko Souvenir

Sedangkan mengani fasilitas penginapan, pengujung yang ingin menginap bisa menyewa beberapa hotel yang ada di sekitar lokasi wisata seperti Hotel Ibis Style Braga, Hotel Palem, Hotel Progo, atau El Cavana Hotel.

Q&A

Berikut tambahan informasi mengenai Chinatown Bandung berdasarkan pertanyaan dari calon pengujung :

Biaya untuk foto prewedding berapa ?

Lebih dari 3 jam ada tambahan biaya sebesar Rp. 150.000. Info lebih lanjut bisa hubungi pengelola di sini : 08112330099

Anak-anak apakah wajib beli tiket masuk ?

Patokannya tinggi badan. Jadi pengujung yang tinggi badannya lebih dari 110 cm harus beli tiket masuk.

Berapa harga sewa kostum ?

Sewa kostum mulai dari 75 ribu hingga 150 ribu sudah termasuk aksesoris rambut dan make up.

Apakah ada jasa fotografer nya ?

Saat ini belum ada.

Dari Stasiun Bandung naik apa ya ke lokasi ?

Bisa naik angkot, taxi atau ojek online.

Kesimpulan

Chinatown Bandung sangat cocok untuk alternatif tujuan wisata keluarga di akhir pekan. Lebih-lebih bagi kaum millennial, tempat wisata ini tentunya sangat layak dan jangan sampai dilewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *