Kesegaran serpihan surga Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Diposting pada

Pernah kan ingin sehari berkontemplasi mendekatkan diri ke alam, terutama menikmati kesegaran air turun deras dari ketinggian. Nah, ayo mampir ke Air Terjun Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sumber Gambar: Instagram.com
Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 10.000/orang
Kontak:
Kegiatan:Renang, Bermain, Fotografi
Waktu Kunjungan:
2 Jam
Alamat:Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374
Fasilitas Umum: Gazebo, dan Toilet
Online Maps:View Maps

Sudah pernahkah kamu menikmati weekend seharian untuk bersantai sembari mendengarkan suara gemuruh air terjun?. Wah, jika belum pernah, maka kamu perlu nih sesekali saat di Jawa Timur mampir ke Kabupaten Lumajang dan mlipir ke Air Terjun Tumpak Sewu.

Kamu pun bisa melakukan banyak aktivitas selain berdiam diri, seperti berendam atau bernenang di kawasan yang aman, mengambil foto dari angle yang paling mantap, ataupun menginap dengan cara ngecamp bersama para sahabat disekitar area tempat wisata. Terdengar mengasyikkan bukan?

Sumber Gambar : Instagram.com/slocated
Sumber Gambar : Instagram.com/asstry06_
Sumber Gambar : Instagram.com/lena_steinke
Sumber Gambar : Instagram.com/bernardusandre

Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun tumpak sewu merupakan salah satu tempat wisata yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Secara administratif masuk kawasan Lumajang, namun dapat diakses dengan mudah dari arah kota Malang.

Terkenal dengan sebutan Air Terjun Tumpak Sewu, Coban Tumpak Sewu atau yang biasa disebut dengan Coban Sewu, Coban Grojokan Sewu, dan ada pula yang menyebutnya Grojogan Sewu. Sebuah tempat pelarian melepas penat yang berupa landscape air terjun dengan ciri memiliki air melebar seperti tirai dengan ketinggian masing-masing kurang lebih 120 meter.

Banyak yang menyebutnya Niagara waterfall van Java. Kalau menurutmu sendiri gimana nih? jika pernah berkunjung akan mengulang perjalanan kedua? atau bagi kamu yang belum pernah berkunjung, sudah sangat ingin pergi ke Air Terjun Tumpak Sewu? Nah, simak beberapa informasi berikut dulu ya!

Daya Tarik selama perjalanan turun Air Terjun Tumpak Sewu

Kamu baru bisa melihat pesona landscape air terjun tumpak sewu yang seperti kembaran Niagara, setelah kamu melanjutkan perjalananmu kurang lebih 10 menit dari kawasan parkiran. Lalu kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan melewati sungai dan liku-liku daratan, kurang lebih 50 menit.

Trek perjalanan dengan berbagai jalanan setapak dengan anak tangga dari bambu dan di padukan dengan tali tampar sebagai pegangan sepanjang perjalanan.

Nah, tipsnya lebih baik copot alas kaki kamu deh, karena banyak pijakan yang sangat licin. Oiya, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi banyak view indah serta suara hewan hutan yang membuat perjalananmu terasa ramai. Dan jangan lupa urungkan niatmu untuk turun ke bawah ketika musim penghujan atau sedang mendung. Dan ya selamat mencoba!

Harga Tiket Masuk

Cukup murah kok dan setimpal untuk pemandangan alam yang akan mengenyangkan hasratmu akan keindahan alam. Yuk ingat baik-baik ya harga tiket masuk air terjun tumpak sewu berikut ini :

TiketKategoriHarga
Tiket MasukRp 10.000/orang
Biaya ParkirMotorRp 5.000/motor
MobilRp. 10.000/mobil

Rute dan Akses Menuju Lokasi

Tidak sulit kok menemukan lokasi air terjun yang satu ini. Akses jalan pun lancar dan nyaman. Nah, coba saja ikuti google maps atau coba ingat-ingat ancer-ancer berikut ini ya.

Ambil saja dari Malang, maka kamu membutuhkan waktu tempuh dari sekitar 2 jam untuk jarak tempuh sekitar 66 kilometer.

Rute yang perlu kamu ingat adalah melewati Kecamatan Bululawang -Kecamatan Dampit – Kecamatan Tirtomoyo – Kecamatan Pronojiwo (perbatasan Lumajang dan Malang). Nah, sekitar 100 meter dari gapura perbatasan kota tersebut, maka kamu akan melihat petunjuk arah menuju Pos Panorama, desa Sidomulyo dan kamu akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan deh.

Oiya, selain lebih nyaman menggunakan roda dua atau roda empat. Kamu juga bisa loh naik bus mini jurusan Lumajang – Malang yang biasanya beroperasi dari pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Menarik dan mudah kan?

Fasilitas di Air Terjun Tumpak Sewu

Fasilitas yang disediakan oleh masyarakat dan pemerintah setempat pun sudah oke untuk ukuran tempat wisata yang berada di ketinggian. Fasilitas standart seperti :

  1. Mushola
  2. Kamar Mandi
  3. Gazebo/tempat duduk
  4. Area parkir luas

Dapat kamu jumpai kok saat berada di air terjun tumpak sewu. Jadi jangan takut riewuh saat setelah berendam atau bermain air disana.


Ada hal unik berupa mitos yang dipercaya juga. Sama seperti mitos kebanyakan air terjun lain, jika kamu mandi dan mencuci muka disana, maka kamu akan terlihat awet muda dan semakin rupawan. Believe it or not?

Overall, Air Terjun Tumpak Sewu merupakan wisata alternatif yang patut kamu jadikan referensi liburan untuk weekend maupun liburan pendek. Dengan pesona air terjun yang sangat asri dan masuk dalam kategori Air terjun terbaik di Indonesia. Tentu kamu harus sekali dalam seumur hidup berkunjung kan?

Harga tiket masuk yang murah serta fasilitas yang cukup memadai cukup menjadi pertimbanganmu juga lah ya.

Jadi tunggu apalagi nih? yuk siapkan logisticmu, noted tanggal longgarmu dan ajaklah sahabat maupun keluarga untuk sama-sama menikmati keindahan kepingan surga yang jatuh di Lumajang ini.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Malang

Oiya paling terpenting jaga kesehatan dan stamina ya, mengingat akan ada tracking singkat yang akan kamu jalani saat turun menuju air terjun. Selamat berlibur ya. Cheers!