Air Terjun Tibumana, Indahnya Mitos yang Belum Tentu Nyata

Air Terjun Tibumana

Sampai saat ini, Bali masih menjadi wisata paling favorit bagi wisatawan mancanegara dan nusantara. Memang, belum ada yang bisa mengalahkan pesonanya pulau dewata yang seakan lengkap dengan berbagai macam pesona alam dan juga budaya.

Sekarang, kita tidak akan membahas soal pantai. Tetapi, kita coba menikmati keindahan lain yang menjadi alasan mengapa harus berkunjung ke Bali. Pesona Air terjun adalah pemandangan yang memang belum di eksplore lebih lagi.

Nah, kali ini kita akan menjelajahi pemandangan alam yang ada di daerah kabupaten Bangli. Keindahan ini lambat laun mulai dilirik oleh wisatawan baik mancanegara maupun nusantara. Namanya adalah Air terjun tibumana.

Air Terjun Tibumana

Nama lain dari kawasan ini adalah Air terjun kembar. Dimana, mempunyai dua aliran air terjun sehingga, warga sekitar menyebut sebagai air terjun kembar yang tingginya kurang lebih 20 meter. Nah, uniknya lagi debit air disini berbeda.

Tergantung dari aliran sungai yang ada diatasnya. bila alirannya sedikit, maka debit air pun akan sedikit pula. Begitu pada saat musim penghujan yang debitnya sangat deras. Nah, dibawah terjunan ini ada sebuah kolam.

Air Terjun Tibumana

Sehingga, anda bisa menikmati kolam ini dengan berendam dan juga berenang. Untuk menikmati kawasan ini lebih leluasa lagi. Wisatawan bisa menyewa ban dan juga pelampung yang sudah disediakan, khusus.

Baca Juga:  Tegenungan Waterfall, Bukti Bila Bali Tidak hanya Pantai

Rasakan bagaimana segarnya air di tempat ini. Apalagi, warna biru kebiruan yang menjadi warna dari air kolam alami ini. Pesonanya semakin mempesona dengan hadirnya pepohonan hijau di sekitar air terjun.

Objek wisata ini memang tidak terlalu luas dan terkesan masih sepi. Sehingga, saat anda berkunjung ke tempat ini. Anda akan merasakan tempat wisata ini seperti milik sendiri. Sungguh, mengesankan sekali.

Karena, tidak terlalu luas, anda yang ingin datang wajib ke tempat ini pada saat siang hari dan jangan di musim liburan. Karena, kawasan ini akan sangat ramai oleh para pengunjung yang cukup penasaran dengan tempat yang perlahan sedang naik daun.

Keindahan lain dari kawasan ini adalah kebersihannya yang bisa diacungi jempol. Hampir anda lihat kawasan ini tidak ada sampah sedikit pun. Jadi, bila anda datang diharapkan untuk membawa sampah hasil sisa makanannya.

Suasananya sangat asri dan alami. Sehingga, anda bisa menghirup udara sangat segar. Disarankan untuk membawa makanan atau juga minuman sendiri dari rumah. Lantaran, belum ramahnya tempat ini untuk warung-warung yang menjajakan berbagai macam makanan.

Air Terjun Tibumana

Selain itu, yang membuat betah di tempat ini adalah warganya yang benar-benar sangat ramah, hampir setiap bertemu, mereka selalu tersenyum dan sangat bersahaja sekali. Bagi wisatawan dari luar, pasti akan merasakan kehangatan keluarga baru disini.

Baca Juga:  Floating Market Lembang, Wisata Pasar Apung dan 5 Spot Menarik di Sana

Rute Lokasi Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana terletak di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Dari kuta hanya membutuhkan waktu kurang dari 1,5 jam. Bila dari Denpasar kurang lebih 60 km.

Sesampainya di Desa Apuan, wisatawan akan sampai di sebuah Pura. Nah, tempat ini ternyata dijadikan sebagai tempat parkir menuju ke kawasan air terjun. Dari sini, anda harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Dengan menuruni beberapa anak tangga yang cukup curam. Bila musim penghujan, anda wajib hati-hati lantaran, anak tangga yang cukup licin. Suasananya sangat mengesankan dan mampu membuat anda enggan untuk kemana pun.

Terakhir, anda akan melewati sebuah jembatan kayu ada 2 jembatan yang memang harus dilewati sebelum menuju ke air terjun. Memang membutuhkan tenaga dan keringat. Tetapi, anda akan mendapatkan keindahan tiada tara setelah sampai di titik lokasi.

Pesona Lain

Nah, ada pesona lain yang ada di kawasan ini. terletak diantara dua air terjun yaitu lubang menganga yang cukup besar. lubang ini adalah sebuah Goa yang cukup besar yang konon katanya dipercaya sebagai jalan menuju Pura Goa Raja Besakih.

Cerita ini dipercaya terus-menerus. Walaupun, belum ada bukti khusus yang membuktikan bila tempat ini menjadi sebuah jalan. Karena, tidak ada satu pun yang berani untuk memasuki kawasan ini dan mencoba membuktikan kisah ini.

Baca Juga:  102 Tempat Wisata di Bali

Ada lagi kepercayaan yang membuat saat ini para warga dan pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang. Lantaran kawasan kolam ini, sering digunakan sebagai tempat pesiraman niskala. Untuk menghormati ini anda dilarang mandi disini lagi.

Air Terjun Tibumana

Tempat ini rawan longsor oleh karena itu, anda pun harus berhati-hati bila berada di sini. jangan gegabah, bermain-main, agar tetap aman berwisata disni.

Harga Tiket MasukAir Terjun Tibumana

Harga tiket masuk kawasan ini adalah 5 ribu rupiah saja. ditambah dengan uang parkir untuk kendaraan bermotor akan dikenakan 5 ribu rupiah. Bagi yang menggunakan mobil akan dikenakan uang sebesar 10 ribu rupiah.

Sebelum menjadi tempat paling indah di Bali. Membangun tempat ini tidaklah mudah. Para warga harus bergotong royong. Selama 4 hari penuh untuk membuka jalan dan membuka akses disini.

Air Terjun tibumana adalah kawasan di Bali yang menyajikan berbagai macam tumbuhan yang tidak kalah menariknya. Suasana pedesaan yang begitu erat membuat anda wajib mengunjungi tempat ini bila berada di kabupaten bangli.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"