Pandawa Eksa Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Rekomendasi 12 Objek Wisata Garut Paling Ngehits yang Layak Dieksplor

3 min read

Wisata Garut

Selain terkenal dengan kuliner khas dodolnya, ternyata ada banyak objek wisata Garut murah yang layak untuk disambangi. Lokasinya yang cukup strategis, mudah di jangkau terutama dari kota Bandung, membuat kota Garut sebagai pilihan  destinasi ideal untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Kota Garut merupakan sebuah kota kecil yang menghadirkan suasana yang masih asri. Jadi sangat cocok bagi Kalian yang ingin melepas penat sejenak dari rutinitas harian saat weekend. Ini dia objek wisata Garut terindah dengan sejuta keindahannya yang sayang dilewatkan!

Gunung Guntur

Bagi traveller muda yang gemar mendaki gunung, Kalian bisa mencoba objek wisata ini. Gunung Guntur mempunyai ketinggian mencapai 2.665 mdpl, sekaligus sebagai salah satu gunung Merapi yang ada di Jawa Barat. Dengan ketinggiannya, sudah pasti menghadirkan nuansa alam yang sejuk saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini.

Sesampainya di gunung ini, Kalian akan disambut oleh keindahan dan keanekaragaman hayati yang menakjubkan. Inilah alasan kenapa banyak pendaki yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan destinasi terbaik.

Ada beberapa spot yang tersaji di tempat ini, mulai dari Kawah Manuk, Kawah Nangklak, Kawah Baru dan Kawah Mas. Di sini juga terdapat Blok Pondok Saladah, menghadirkan padang rumput menawan yang siap memanjakan mata.

Wisata Kawah Papandayan

Jika Kalian tertarik dengan keeksotisan kawah gunung Papandayan di Garut, bisa mencoba ke salah satu objek wisata ini. Terdapat dua kolam renang berisi air panas sebagai daya Tarik para pengunjung.

Suhu airnya mencapai 30 derajat celsius, Kalian bisa menikmati panorama alam sekaligus berendam di air panas untuk menghangatkan badan. Selain memberikan efek relaksasi, tentu saja air panas yang mengandung sulfur tersebut dipercaya memberikan manfaat kesehatan.

Menariknya lagi, Kalian akan di suguhkan oleh Gardu Pandang yang bisa menyajikan pemandangan luar biasa di Kawasan wisata ini. Gardu Pandang ini berlokasi di Kawasan Camping Ground Papandaan, tepatnya di Desa Sirnajaya, Cisurupan, Garut, Jawa Barat.

Papandayan Leisure Park

Wisata ini bisa dibilang masih baru, karena dibuka sejak awal tahun 2017. Meskipun demikian, pesonanya sudah mampu memikat banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Terletak 2 km saja dari Kawah Gunung Papandayan, sebelum mencapai Kawasan Papandayan Camping Ground.

Sebenarnya konsep wisatanya hampir sama seperti Camping Ground Papandayan. Hanya saja di sini ada banyak spot-spot menarik untuk foto selfi, karenanya wajar jika tempat ini selalu diminati para wisatawan.

Hutan Mati Papandayan

Wisata garut yang berbau Gunung Papandayan memang masih menjadi primadona di kota Garut, selain Camping Ground, dan Leisure Park Papandayan, ada lagi nih tempat yang wajib Kalian sambangi di Garut, yaitu Hutan Mati Papandayan.

Menghadirkan pemandangan unik hutan mati, akibat letusan Gunung Papandayan yang terjadi pada tahun 2002 lalu. Walaupun terlihat suram karena menyuguhkan pemandangan hutan yang mengering, tapi tempat ini bisa dijadikan sebagai spot fotografi dengan visual yang menawan.

Tak sedikit wisatawan yang mengabadikan momen-momen mereka di tempat ini lewat sebuah foto artistik. Sayangnya, aroma belerang di Kawasan ini cukup menyengat. Jadi, bagi Kalian yang pergi ke tempat ini, jangan lupa memakai masker ya!

Leuwi Tonjong

Terletak di Kampung Rontog, tepatnya di Desa Jayamukti, Cihurip, Garut, menjadikan Leuwi Tonjong sebagai objek wisata yang tidak kalah menarik. Tempat wisata ini menghadirkan view yang begitu mempesona dengan air terjun kecil yang mengalir dan kolam di bawahnya yang cukup dangkal.

Bukan itu saja, suasana udaranya pun sangat menyejukkan dengan pemandangan perbukitan hijau dan tebing yang eksotis, sangat pas dijadikan sebagai spot foto yang instagrammable.

Leuwi Jubleg

Selain Leuwi Tonjong, Garut juga memiliki Kawasan wisata serupa yang tidak kalah menawan. Aliran air di Leuwi Jubleg ini sangat jernih dan menyegarkan, belum lagi pemandangannya yang sangat aduhai, selalu siap menyambut para traveller yang berkunjung ke sini.

Penamaan “Jubleg” sendiri berarti alat tumbuk tradisional, menggambarkan bebatuan yang ada di sekelilingnya menyerupai jubleg. Wisata Garut ini memiliki kolam penampungan sangat jernih dan begitu menggoda.

Tebing Alam Batu Tumpang

Garut juga menghadirkan wisata tebing yang berada di Desa Tanjungjaya, Banjarwangi, Garut, Jawa Barat. Tebing Alam Batu Tumpang ini bisa menjadi alternatif bagi para wisatawan yang gemar beraktivitas climbing.

Akses ke tempat ini cukup mudah, mengingat letaknya berada di pinggir jalan, jadi ada banyak pengunjung yang tertarik menyambangi objek wisata unik ini saat berlibur. Kalian bisa menikmati indahnya perbukitan hamparan kebun teh yang menghijau dan menyejukkan mata.

Lembah Karacak Valley

Objek wisata lainnya yang sangat popular di Garut ialah Lembah Karacak. Menghadirkan Kawasan yang begitu asri, terdiri atas hamparan hutan pinus beserta perkebunan kopi seluas 92 hektar.

Tempat ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata favorit, dengan air terjun eksotis bernama Curug Ngebul. Anda juga bisa berkunjung ke Puncak Dogar untuk menikmati view Gunung Cikuray dan kota Garut di atas ketinggian.

Taman Satwa Cikembulan

Jika Bogor memiliki Taman Safari, maka Garut pun memiliki Taman Satwa Cikembulan. Meskipun tidak serapi dan selengkap satwa yang ada di Taman Safari Bogor, namun tempat ini layak dikunjungi sebagai wisata edukasi yang memberikan wawasan mengenai beraneka ragam satwa pada anak-anak saat berlibur.

Di Taman Satwa ini, Kalian bisa menjumpai Orang Utan, Gajah, Badak, Ular, Singa, dan lain sebagainya. Selain bisa mengamati satwa-satwa lebih dekat, Kalian juga bisa menginap di Kawasan ini yang suasananya memang masih sangat asri.

Curug Batu Nyusun

Belum pernah menikmati objek wisata air terjun? Kalian bisa mencoba destinasi yang satu ini saat berlibur ke Garut. Curug Batu Nyusun, sesuai  namanya ialah wisata air terjun yang mempunyai tebing bebatuan saling tersusun

Menghadirkan aliran air menyusuri tebing, sehingga memberikan suasana yang menyejukkan dan eksotis. Lokasi Curug Batu Nyusun ini berada di Pangrumasan, Pendeuy, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin juga menjadi rekomendasi wisata yang tidak boleh Kalian lewatkan. Bukit ini dipenuhi rerumputan berwarna kekuningan, sekaligus terkenal sebagai spot foto keren bagi pencinta fotografi.

Pemandangan yang unik, semakin terasa dengan kehadiran suasana pedesaan terlebih ketika Kalian melihat domba-domba di Kawasan ini yang sedang digembalakan.

Pantai Rancabuaya

Setelah puas mengeksplor objek wisata gunung dan air terjunnya, kini beralih ke objek wisata pantai yang ada di Garut. Meskipun tidak terlalu besar, tapi kota ini menghadirkan paket wisata sangat lengkap.

Salah satunya ialah Pantai Rancabuaya yang berbatasan dengan Laut Selatan Jawa secara langsung. Deburan ombak yang Kalian rasakan di pantai ini memang cukup besar. Batu karang yang ada di pantai ini siap memecah ombak, sekaligus memberikan fenomena alami yang begitu menyegarkan.

Baca juga: Menikmati Pesona Garut Ala Kamodjan Fillage Yang Kekinian

Uniknya lagi, di pantai ini ada air terjun atau curug yang alirannya langsung menuju lautan. Wah, unik bukan? Jika Kalian tertarik, langsung saja pergi ke lokasi wisata ini di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat.

Itulah 12 objek wisata Garut hits yang bisa Kalian singgahi, langsung saja list beberapa objek wisata di atas untuk rencana liburanmu!

Pandawa Eksa Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.
error: Disable