10 Tempat Wisata Dieng Terfavorit

Dataran tinggi Dieng adalah suatu daerah pegunungan yang terletak di Jawa Tengah. Meskipun mungkin banyak dari antara Anda yang belum tahu seluk beluk kehidupan dan wisata di Dieng, namun ternyata ada banyak sekali fenomena aneh, unik, dan menarikyang terjadi di kawasan Dieng. Selain itu, Dieng merupakan kawasan gunung berapi aktif sehingga ada banyak wisata Dieng yang berkaitan dengan hal ini.

Selain terkenal karena pemandangan yang unik, daerah Dieng juga terkenal karena produksi agrikultur dan wisata alamnya. Contoh produk hasil pertanian yang terkenal dari Dieng adalah kentang, purwaceng, dan buah carica. Untuk Anda yang belum tahu, carica adalah buah endemik dari Dieng yang mirip dengan papaya, namun lebih kenyal. Yuk, simak wisata Dieng 2018 yang paling direkomendasikan!

Ini Dia Wisata Dieng Terfavorit

Bukit Sikunir dan Danau Cebong

Wisata Dieng Bukit Sikunir
Bukit Sikunir (c) @xspheriksx

Destinasi wisata Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, sebuah bukit yang memiliki pemandangan indah. Pemandangan paling mengagumkan di sini adalah menyaksikan matahari terbit. Lebih baik lagi kalau Anda mengunjungi bukit ini di Bulan Juli hingga Agustus, yaitu saat tidak banyak turun hujan dan langit terlihat lebih cerah.

Karena pemandangan paling indah terlihat saat matahari terbit, maka bersiap-siaplah bangun pagi untuk pergi ke lokasi. Namun Anda tak perlu khawatir karena banyak homestay maupun hotel yang tersedia di sekitar Dieng.

Danau Cebong
Danau Cebong (c) @sitiumaerah_han

Setelah selesai menikmati pemandangan di Bukit Sikunir, biasanya wisatawan melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Danau Cebong karena letaknya tidak jauh dari Bukit Sikunir. Di lokasi ini, Anda bisa melihat areal perkebunan milik warga setempat yang juga menambah keindahan lokasi Danau Cebong. Dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, banyak yang mengatakan bahwa Danau Cebong adalah “danau di atas awan”.

Telaga Warna

Telaga Warna
Telaga Warna (c) @pigijoo

Destinasi wisata di Dieng yang tak kalah indahnya adalah Telaga Warna. Telaga ini terletak sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, dan jelas pemandangannya sangat indah. Telaga ini sangat unik karena memiliki warna-warna berbeda, tak seperti danau pada umumnya.

Kadang warna dari air di sini bisa menjadi merah, hijau, biru, putih, bahkan ungu. Fenomena alam yang menarik ini bisa terjadi karena airnya mengandung belerang. Saat terkena cahaya matahari, belerang ini bisa terlihat seakan berganti warna. Wisata Dieng Telaga Warna sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam.

Danau Pengilon

Danau Pengilon
Danau Pengilon (c) @naazz08

Wisata Anda ke Dieng belum lengkap kalau belum mengunjungi Danau Pengilon. Selain Danau warna, danau Pengilon juga merupakan destinasi wisata yang layak masuk daftar kunjungan Anda. meskipun terletak berdampingan dengan danau warna, Danau Pengilon memiliki ciri yang berbeda dari Danau Warna.

Air dari Danau Pengilon terlihat jernih, berbeda dari Danau Warna. Tapi jangan salah, ini bukan berarti Danau Pengilon terlihat biasa saja. Jika Anda menyukai pemandangan alam dan fotografi, tentu Anda akan menyukai pemandangan sekitar Danau Pengilon yang dipenuhi dengan perbukitan yang hijau dan asri.

Danau Merdada

Danau Merdada
Danau Merdada (c) @nuryandiabdur

Keindahan dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah seakan tidak ada tandingannya. Ini dibuktikan dengan banyaknya wisata alam yang siap dinikmati oleh wisatawan kapan saja. Selain Danau Warna dan Danau Pengilon, ada juga danau terbesar di Dieng, yaitu Danau Merdada. Yang menarik dari Danau Merdada adalah bentuknya. Jika dilihat, bentuk Danau Merdada terlihat seperti sebuah kaldera hasil erupsi gunung berapi yang terisi oleh air. Bentuk ini akan tampak sangat jelas jika dilihat dari ketinggian.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang (c) @aa12ya

Seperti yang telah Anda ketahui, kawasan Dieng sebenarnya merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif. Salah satu tanda dari aktivitas vulkanik ini adalah keberadaan beberapa kawah berukuran sedang hingga besar. Salah satu contohnya adalah Kawah Sikidang. Kawah ini memiliki ukuran sekitar 200 meter persegi. Letaknya ada di tanah datar, sehingga wisatawan bisa melihat asap yang keluar darinya.

Namun jika paket wisata Dieng Anda mencakup kunjungan kawah ini, ingat untuk selalu berhati-hati karena tentu saja udara di sekitarnya mengandung belerang dalam jumlah besar. Untuk menjaga keamanan wisatawan, pengurus kawasan wisata ini telah memasang pengaman di sekitar lokasi.

Mendaki Gunung Prau

Gunung Prau
Gunung Prau (c) @muhammadsidik99

Pendakian Gunung Prau ini merupakan tujuan wisata di Dieng yang lebih cocok bagi Anda pecinta alam atau yang memiliki hobi mendaki gunung. Seperti halnya pendakian lain, mendaki Gunung Prau juga membutuhkan persiapan. Mungkin Gunung Prau bukan merupakan rute yang sangat terkenal seperti Sumbing, Sindoro, dan Merapi, namun mendaki gunung ini memiliki keuntungan tersendiri dan juga pemandangan yang ditawarkan tak kalah indahnya. Rute pendakian bisa dicapai dari Kendal atau Dieng.

Dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut, ketinggian Gunung Prau lebih rendah dibandingkan dengan gunung lainnya. Hal menarik di sini yang bisa anda temukan di berbagai gambar wisata Dieng adalah bukit Teletubbies. Memang ada suatu bagian dari Gunung Prau yang terlihat seperti perbukitan dalam film Teletubbies.

Candi Arjuna

Candi Arjuna
Candi Arjuna (c) @yogiahmad94

Selain menawarkan wisata alam yang indah, dataran tinggi Dieng juga bisa dijadikan tujuan wisata buadaya karena adanya banyak candi. Salah satu candi yang berada di Dieng adalah Candi Arjuna. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagicandi yang lain seperti Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, dan Candi Sembadra. Menurut tulisan yang ditemukan di dalam Candi Arjuna, kemungkinan besar Candi Arjuna dibangun di awal abad ke-9.

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater
Dieng Plateau Theater

Keberadaan dari teater ini merupakan wujud kepedulian pengurus daerah wisata Dieng dalam memajukan daerah ini, juga menaikkan statusnya menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Jawa Tengah. Lokasi dibangunnya teater Dieng pernah digunakan sebagai lokasi shooting film dokumenter tentang dataran tinggi Dieng berjudul “Bumi Khayangan Dieng”. Teater ini sendiri memiliki kapasitas sebanyak 60 orang. Jika tertarik, maka jangan sampai lupa berkunjung karena perjalanan Anda ke Dieng belum lengkap tanpa mengunjungi Teater ini.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin
Batu Ratapan Angin

Destinasi wisata dengan nama yang unik ini merupakan sebuah tebing tinggi yang lokasinya berdekatan dengan Telaga Warna. Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit karena dari sini para wisatawan bisa menyaksikan Telaga Warna dan Danau Pengilon dari ketinggian.

Bisa dibayangkan keindahan yang bisa diamati dari atas sana. Namun karena lokasinya begitu tinggi, tentu saja ada tenaga ekstra yang harus dikeluarkan untuk mencapainya. Jangan takut, karena usaha Anda akan terbayar begitu sampai di lokasi.

Sumur Jalatunda

Objek wisata ini merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk dipelajari. Sumur ini memiliki diameter sekitar 90 meter, yang menurut para ahli adalah hasil erupsi gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Meskipun letaknya tersembunyi dan diperlukan perjalanan cukup jauh untuk mencapainya, Anda bisa mencatat ini sebagai salah satu wisata Dieng 2018 untuk dikunjungi karena keunikan dan nilai sejarahnya.

Rating: 5
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"
Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.