Koleksi Museum Wayang Jakarta, Harga Tiket Masuk + Peta Lokasi

Diposting pada
Koleksi Museum Wayang Jakartartikel
museum wayang jakarta sepeda
Wayang kuno, melihat sejarah, mencari pengetahuan budaya Indonesia.
Jam Buka 09.00–17.00
Harga tiket Rp. 5.000
Kontak (021) 6929560
Penginapan
Alamat Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Peta Lokasi Museum Wayang JakartaKlik

Jakarta tidak hanya punya wisata kota seperti waterpark, dan mall, namun jakarta juga punya wisata sejarah dan budaya. Salah satu tempat budaya yang sering dikunjungi kali ini adalah museum wayang jakarta. Menjadi pusat kota Indonesia, museum wayang jakarta tidak hanya dikunjungi dari warga lokal, namun juga wisatawan luar daerah bahkan mancanegara. Tempat ini terkenal dengan koleksi wayangnya yang cukup lengkap. Setiap bingkai wayang disertai deskrpisi sejarah dan tidak kalah penting, lokasi tempat ini berdekatan dengan kota tua jakarta.

Berikut ini koleksi foto dan video observasi museum wayang.

[spoiler title=’Galeri Foto Museum Wayang Jakarta’ style=’reed’ collapse_link=’false’]

Museum Wayang Cantik museum wayang jakarta buku museum wayang jakarta depan museum wayang jakarta dua orang museum wayang jakarta sepeda museum wayang jakarta simbol museum wayang jakarta tenanan museum wayang jakarta vector Museum Wayang

[/spoiler]

Museum Wayang Jakarta

Museum Wayang adalah salah satu wisata Budaya yang ada di Jakarta. Di tempat ini, para pengunjung bisa mengamati dan mempelajari kebudayaan yang ada di tempat ini, terutama wayang. Museum tersebut didedikasikan kepada orang jawa mengenai dunia perdalangan wayang.

Sejarah Muesum Wayang Jakarta menurut beberapa sumber, pada awalnya bangunan tersebut adalah sebuah gereja lama Belanda, yang dibangun pada tahun 1640. Kemudian pada tahun 1732 direnovasi dan berganti nama menjadi De Nieuwe Hollandse atau gereja baru Belanda. Bangunan tersebut bertahan sampai tahun 1808, dan hancur karena gempat bumi di tahun yang sama tersebut.

Pada lokasi bekas runtuhan tersebut kemudian dibangun sebuah gedung baru yang kini banyak dikunjungi wisatawan. Museum tersebut diresmikan dan dibuka untuk umum pada 13 agustus 1975.

Di museum tersebut, Anda bisa menemukan banyak sekali Koleksi Museum Wayang Jakarta, mulai dari berbagai jenis wayang Indonesia hingga koleksi wayang, dan boneka dari mancanegara. Jika Anda berkunjung ke tempat wisata budaya ini, maka Anda bisa mengenal dan mengamati secara langsung berbagai koleksi wayang, seperti wayang kulit, wayang golek, boneka dari Malaysia, Suriname, China, Thailand, India, Kamboja, dan Perancis. Anda juga bisa melihat koleksi lukisan wayang serta beberapa set gamelan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi piring yang digunakan sebagai tanda batu nisan dari Jan Pieterszoon Coen. Ada juga teater wayang dan workshop terkait pembuatan wayang secara berkala yang diadakan di museum tersebut. Tempat ini sangat menarik untuk Anda kunjungi, Anda tentunya akan mendapatkan wawasan tentang dunia perwayangan.

Jika Anda suka dengan kesenian wayang, maka museum yang satu ini wajib masuk dalam daftar tujuan Anda. Museum ini banyak menyimpan koleksi wayang dan boneka serta berbagai peralatan khusus wayang, seperti gamelan dan sebagainya. Berbagai koleksi wayang tersebut dari Indonesia dan luar negeri.

Dalam museum ini. berbagai wayang, topeng, kesenian dari berbagai daerah maupun negara dapat ditemukan dengan mudah. Tak hanya seni wayang saja, namun ada juga gamelan yang dipamerkan kepada para wisatawan.

Ada juga pertunjukan wayang kulit yang dilaksanakan dengan baik. Pertunjukan ini juga dilengkapi dengan beberapa sinden yang mengiringi. Adanya acara tersebut semakin menarik para wisatawan untuk datang melihatnya. Selain itu, Anda yang ingin melihatnya juga tidak dikenakan biaya apapun.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Wayang Jakarta

Ketika berkunjung ke museum ini, sesuaikan juga dengan jam bukanya. Museum tersebut buka setiap hari, dan hari senin tutup. Jam operasional hari biasa mulai jam 09.00 hingga 15.00 WIB, sedangkan pada hari sabtu dan minggu mulai jam 09.00 hingga 20.00. Jadi, jangan berkunjung ke museum tersebut pada hari senin, dijamin Anda pasti kembali.

Peta Lokasi Museum Wayang Jakarta

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, maka Anda bisa dengan mudah menemukan lokasinya. Museum ini berada di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Anda bisa menggunakan berbagai transportasi untuk menuju ke tempat wisata ini. Museum tersebut berada di kawasan wisata kota tua, dan areanya sangat dekat dengan Jakarta History Museum. Jika masih bingung, maka Anda bisa melihat lokasi pada Google Maps yang ada pada ponsel Anda.

Mau belajar sejarah wayang, maka di Museum Wayang Jakarta inilah tempatnya. Di tempat ini, Anda bisa belajar banyak tentang wayang dan kebudayaannya. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ke sini.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *