Mengenal 15 Macam Makanan Khas Malang Paling Ikonik

5 min read

Mengenal 15 Macam Makanan Khas Malang Paling Ikonik 1

Malang merupakan sebuah kota di Jawa Timur dengan predikat kota besar ke dua setelah Surabaya. Dari segi geografis Malang memiliki alam seperti halnya kota Bandung yang ada di Jawa Barat.

Malang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang sangat luar biasa. Dengan ciri khas daerah dataran tinggi Malang juga memiliki udara yang sangat sejuk dan dingin.

Selain memiliki potensi wisata yang sangat memanjakan mata, Malang juga menyimpann segudang makanan khas daerah tersebut. Berbagai macam olahan makanan pun menjadi ikon kota Malang, tak heran jika Malang menjadi paket komplit untuk liburan.

Daftar Makanan Khas Malang

Kurang komplit memang rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tidak menyempatkan untuk mncicipi makanan khas daerah tersebut. Maka dari itu kami akan berikan daftar makanan khas Malang pada artikel di bawah ini:

1. Orem – Orem

Yang pertama yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Malang adalah orem – orem. Malang memang dikenal sebagai kota penghasil tempe, dengan bahan yang sederhana ini terciptalah makanan khas yaang diberi nama orem – orem.

Orem – orem merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar tempe goreng yang sudah digoreng dan diiris tipis. Sebelum digoreng, tempe ini sudah diberikan bumbu – bumbu khas yang membuat rasa lebih nikmat.

Dalam penyajianya, orem – orem biasanya ditemani dengan suwiran daging ayam, telor asin rebus dan kuah santan yang sangat kental. Untuk rasa kuah santan sendiri hampir mirip dengan kuah sayur lodeh, namun olahan kuah untuk orem – orem rasanya pedas.

2. Bakso Malang

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Malang yang satu ini? Makanan yang dipasarkan hampir di seluruh kota – kota besar yang ada di Indonesia ini biasanya dijajakan dengan gerobak dorong keliling kampung.

Dalam sajianya biasanya terdapat banyak macam makanan seperti bakso, pangsit kering, pangsit basah, tahu putih, mie kuning, mie putih, bawang goreng, daun bawang dan toge. Diolah dengan bumbu rahasia makanan ini memiliki rasa yang lezat dan menjadi ikon kota Malang itu sendiri.

Jika kamu memiliki selera makan dengan cita rasa pedas, kamu bisa memberikan tambahan sambal atau saus agar mendapatkan rasa yang kamu inginkan.

3. Cwie Mie

Pada mulanya makanan khas Malang yang satu ini merupakan makanan yang memiliki ciri khas Tionghoa. Dengan seiring perkembangan jaman makanan ini beruabah namanaya menjadi pangsit mie.

Nama yang diberikan juga tak lepas dari sajian makanan itu sendiri, yang disajikan selalu ditemani dengan pangsit. Dalam penyajianya mie ini biasanya disajikan dengan pangsit, daging ayam cicncang, daun bawang dan kuah bening yang sangat segar.

Dengan berbagai macam rempah pilihan yang digunakan sebagai bumbu pada makanan ini, memberikan rasa yang enak dan bisa bikin orang ketagihan untuk lagi dan lagi. Paling enak makanan ini di santap dengan rasa pedas.

4. Bakso Bakar

Bakso Bakar merupakan makanan khas Malang yang sedang naik daun. Melalui inovasi dalam bidang kuliner yang sangat cerdas, masyarakat Malang mencetuskan makanan yang sederhana namun bisa sangat diterima di masyarakat.

Seperti halnya bakso bakar milik pak Man ini, setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung yang rela mengantri demi menikmati bakso bakar yang menjadi menu utama dan andalan warung ini.

Pada dasarnya bakso utuh yang belum dibakar sudah memiliki rasa yang sangat enak, dan saat dibakar bakso akan lebih mengeluarkan aroma yang sangat menggoda dan memberikan cita rasa yang berbeda.

5. Nasi Goreng Mawot

Dalam tampilanya, nasi goreng mawot memiliki kemiripan dengan nasi goreng magelangan yang ada di Magelang. Yaitu nasi goreng dengan mie dalam satu piring.

Namun mie yang digunakan berbeda, mie yang digunakan pada nasi goreng mawot ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan nasi goreng magelangan.

Biarpun memiliki kesamaan dalam bahan makanan dan sajianya, namun rasa yang diberikan berbeda dengan rempah dan ciri khas masakan Jawa Timur yaitu asin pedas.

6. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah menyebar dan menjadi ikon Provinsi Jawa Timur sendiri. Makanan ini juga bisa kamu temukan di kota Malang saat kamu berkunjung ke sana.

Rujak cingur sendiri memiliki bahan utama dari cingur sapi atau mulut sapi yang diolah dan diberikan bumbu – bumbu rempah sehingga memberikan rasa yang sangat nikmat.

Dalam penyajianya biasanya rujak cingur disajikan dengan sayuran, irisan tahu, irisan tempe, toge, kacang panjang dan kerupuk. Juga tak lupa disiram menggunakan saus petis yang kental dan sangat khas.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Solo

7. Tahu Lontong Lonceng

Makanan khas Malang yang satu ini bisa dibilang sebagai makanan khas yang sangat legendaris. Di mana makanan ini sudah ada sejak tahun 1935 yang pada saat itu Indonesia belum merdeka.

Makanan yang berisikan tahu, lontong, sayuran, toge dan telor ini kemudian disiram dengan bumbu kacang dan diberikan kecap manis sehingga memiliki rasa yang enak jika ditambah sambal untuk memeberikan sensasi pedas.

Dalam pennyajianya biasanya masih di tambahkan dengan irisan mentimun, tomat, dan kerupuk.

8. Soto Geprak

Malang memiliki makanan khas yang hanya dijajakan pada malam hari, namun saking ramainya warung makanan ini selalu kehabisan stok saat masih sore.

Soto Geprak khas Malang ini memiliki rasa yang sangat diminati masyarakat Malang maupun luar kota. Dengan resep rahasia dari turun temurun, soto geprak selalu habis terjual.

Untuk kamu yang ingin menikmati makanan ini, sangat disarankan mengunjungi warung penjual makanan ini pada sore hari, agar tidak kehabisan.

9. Nasi Pecel Kawi

Malang juga memiliki mkanan khas tradisional yang hingga sampai saat ini masih banyak peminatnya dan mejadi buruan bagi pecinta kuliner nusantara. Dengan bahan yang sangat sederhana namun memiliki rasa yang sangat luar biasa.

Ya nasi pecel, makanan dengan sajian nasi ditambah sayuran dengan siraman bumbu kacang ini memberikan rasa yang sangat enak. Tak jarang banyak wisatawan yang berkunjung ke Malang hanya untuk mencicipi nasi pecel khas Malang ini.

Dalam penyajianya, biasanya nasi pecel sendiri disajikan dengan peyek kacang atau kerupuk puli, kerupuk yang terbuat dari nasi. Saat menyantap pecel ini dalam hidangan lengkap, kamu akan menemukan rasa yang sangat khas dari makanan ini.

10. Sate Landak

Mendengar namanya mungkin bagi beberapa kalangan terdengar ekstrim. Ya karena dari daging hewan yang bisa terbilang liar.

Namun dengan olahan dan bumbu – bumbu yang pas memberikan rasa yang layak untuk kamu cicipi. Tekstur daginya pun lembut dan tidak keras dan memiliki protein tinggi.

Dalam penyajianya makanan ini disajikan seperti sate pada umumnya seperti ditambahkan irisan mentimun, tomat, bawang merah dan daun kol.

11. Rawon Nguling

Rawon nguling merupakan makan khas Malang yang sangat mudah kamu temukan. Makanan ini sudah menjadi ikonik kota Malang dan Jawa Timur.

Makanan yang berbahan dasar daging sapi ini memiliki rasa yang lezat dengan bumbu – bumbu rempah yang diolah.

Makanan ini merupakan makanan berkuah yang ikonik dengan kuah berwarna gelap namun tidak kental dan memiliki rasa yang nikmat.

12. Tempe Mendol

Tempe mendol merupakan makanan khas Malang dengan bahan dasar sangat sederhana, yaitu dari tempe kedelai. Dinamakan tempe mendol karena bentuknya yang bulat lonjong.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah dengan diberikan bumbu sedemikian rupa dan diolah dengan tingkat kematangan yang pas.

Makanan ini bisa dengan mudah kamu jumpai di warung – warung makan yang ada di Malang, terutama pada warung – warung nasi pecel lele.

13. Nasi Bakmoy

Nasi Bakmoy merupakan nasi dengan berbagai isian dalam penyajian dan diberikan kuah dengan bumbu – bumbu khas Malang.

Dalam penyajianya, Nasi Bakmoy berisikan potongan daging ayam, tahu, irisan mentimun dan telor ayam rebus dan disiram dengan kuah coklat yang kaya akan rempah.

Rasa yang diberikan nasi bakmoy sangat enak, dan sangat cocok dimakan kapan saja pada acara apa saja.

14. Nasi Jagung

Jika kamu berkunjung ke Malang, kamu harus mencoba makanan khas yang satu ini. Makanan khas yang sangat legendaris dan sudah ada saat jaman Belanda.

Dahulu nasi jagung hanya disajikan dengan lauk alakadarnya seperti ikan asin dan menjadi pengganti nasi beras yang sangat mahal pada saat itu.

Dengan berkembangnya jaman, makanan ini berubah dengan inovasi – inovasi kuliner yang memiliki daya jual. Dalam penyajianya saat ini, nasi jagung bisa diberikan berbagai jenis lauk dan menarik, seperti irisan telur dadar, daging ayam, sambal goreng tempe dan mentimun.

15. Tahu Campur

Tahu campur merupakan makanan khas Malang yang seringkali dijajakan pada malam hari. Biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima yang berjualan keliling kampung.

Makanan ini memiliki rasa yang unik dibandingakan dengan makanan yang memiliki bahan dasar sama dari tahu. Tahu campur menggunakan saus petis yang memiliki rasa yang sangat unik.

Dalam sajianya tahu campur berisikan toge, mie, dan sawi, ada juga yang ditambah dengan kerupuk dan disiram menggunakan saus petis yang sangat lezat.

Malang memang memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa dan mampu menarik banyak wisatawan. Tidak hanya itu saja, kuliner khas Malang juga menjadi pelengkap untuk wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Kamu harus mencicipi makanan khas Malang saat kamu berkesempatan mengunjungi kota ini. Dijamin lidahmu akan dimanjakan dengan cita rasa khas Malang.

Demikian informasi mengenai makanan khas Malang yang dapat kami rangkum. Semoga dapat menjadi sebuah referensi kulinermu saat berkunjung ke Malang.

error: Disable