Aneka 15 Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur Yang Melegenda

5 min read

Aneka 15 Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur Yang Melegenda 1

Banyuwangi merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Di mana kota ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik.

Tak banyak orang tahu memang, jika dibandingkan dengan kota – kota besar seperti Surabaya dan Malang yang sudah terkenal se antero nusantara bahkan dunia. Namun Banyuwangi memiliki keistimewaanya sendiri.

Banyak hal – hal yang sangat sayang dilewatkan jika berbicara tentang kota ini, seperti tempat wisata, budaya hingga makanan khas yang menjadi destinasi para pecinta wisata kuliner.

Jika kamu mengunjungi Banyuwangi entah untuk berwisata, berlibur atau urusan pekerjaan, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi masakan khas kota ini.

Daftar Makanan Khas Banyuwangi

Apa saja sih makanan khas Banyuwangi yang layak untuk kamu cicipi saat berkunjung ke Banyuwangi, mari kita bahas dalam daftar di bawah ini.

1. Nasi Kalak

Nasi kalak merupakan makanan khas Banyuwangi yang sangat murah dan nikmat untuk dijadikan sarapan. Pasalnya dalam sajianya tidak terlalu banyak lauknya.

Makanan ini disajikan dengan nasi putih, mie kuning, tumis wortel dan buncis, telur, serundeng serta perkedel kentang yang sangat menggugah selera dan memanjakan lidah.

Saat kamu mencicipi makanan ini, jangan lupa kamu juga mencicipi minuman pendampingnya, yaitu es temulawak. Di mana minuman ini memiliki manfaat bagi kesehatan untuk tubuh.

2. Sego Cawuk

Sego Cawuk merupakan makanan khas Banyuwangi dengan sajian yang sangat menarik dan lezat. Di mana dalam satu penyajian berisi banyak bahan makanan yang syarat akan nutrisi.

Dalam satu porsinya, sego cawuk sangat terjangkau harganya, selain itu sajian makanan ini biasanya diisi dengan nasi, kuah, dan parutan kelapa muda yang membuat nasi terasa gurih.

Untuk lauknya banyak sekali yang bisa kamu padukan untuk menambah cita rasa dan membangkitkan selera, seperti dendeng, telur asin, atau pepes ikan, selain itu juga terdapat sayuran campur yang biasa dibilang urap.

3. Pecel Pitik

Pecel pitik merupakan makanan legendaris khas dari Banyuwangi dan khas dari suku Osing, di mana suku ini merupakan cikal bakal berdirinya Banyuwangi.

Makanan ini sangat diburu oleh kalangan wisatawan kuliner, yang mana tidak akan komplit jika ke Banyuwangi tidak mencicipi makanana ini.

Makanan ini dapat kamu jumpai di desa Kemirin, di mana di desa ini merupakan pemukiman suku Osing dan menjadi desa wisata.

Makanan ini pasti ada saat masyarakat suku Osing melakukan upacara adat suku tersebut. Dengan resep yang turun temurun, masakan ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat sayang untuk dilewatkan.

4. Rujak Soto

Jika dilihat dari namanya mungkin dapat digambarkan dengan penggabungan dua makanan sekaligus, yaitu rujak yang memiliki khas makanan tanpa kuah dan soto yang identik dengan kuah.

Namun itulah keunikan makanan ini, di mana dua jenis makanan digabungkan dan dapat memberikan cita rasa yang nikmat dan lezat. Cara pemasakannya juga sangat sederhana, dengan membuat rujak pada umumnya lalu disiram dengan kuah soto yang berisi potongan daging dan telur.

Masakan khas Banyuwangi ini pada saat ini memang sudah sangat dikenal banyak orang, dan sudah banyak dijajakan di mana – mana, namun kamu layak mencoba jika berkunjung ke Banyuwangi tempat di mana masakan ini dilahirkan.

5. Pindang Koyong

Pindang Koyong merupakan makanan olahan dari bahan ikan laut, yaitu ikan tengiri. Di mana sajian makanan ini memiliki kuah seperti kaldu dengan warna kuning.

Bahan masakan ini pun juga sangat sederhana, yaitu hanya berupa ikan tengiri yang diolah menggunakan rempah seperti lengkuas, sereh, garam, cabai, bawang merah, kunyit, merica, minyak kemiri dan jahe.

Dengan bahan yang sangat mudah untuk dijumpai, tidak memberikan rasa yang pas-pasan saja, namun memberikan rasa yang begitu lezat. Makanan ini juga menjadi magnet para wisatawan untuk masalah kuliner dan isi perut.

6. Botok Tawon

JIka dibanyangkan namanya, makanan ini terbilang sangat ekstrim, di mana ada tawon yang mana merupkan hewan yang memiliki sengatan menyakitkan.

Namun tunggu dulu, makanan ini diolah dengan rumah tawonnya, bukan hewanya. Di mana pengolahan makanan ini memang cukup sulit dan memerlukan keahlian dan resep – resep kusus.

Dibalik namanya yang cukup menyeramkan, namun makanan ini memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Penyajianya cukup sederhana, dengan nasi putih, botok rumah tawon ditambah lauk seperti tahu bacem atau tempe bacem.

Baca Juga: Makanan Khas Jakarta

7. Lontong Campur

Lontong Campur selain menjadi makanan khas Banyuwangi terutama di daerah Glenmor, memang sudah menjadi makanan yang banyak peminatnya, apalagi makanan yang satu ini bisa membuat kenyang.

Dinamakan lontong campur memang tepat dan pas dengan sajian, karena makanan ini disajikan dengan isian lontong, irisan kol, bawang goreng, bawang merah, bawang putih, merica, jahe, cengkeh mie putih atau bihun dengan siraman saus kacang di atasnya.

Makanan ini memiliki cita rasa yang unik, dengan parpaduan rempah sebagai bumbunya. Kamu harus mencicipi makanana ini saat kamu berkunjung ke Banyuwangi.

8. Sup Kesrut

Makanan khas yang satu ini memang sudah jarang dan sulit untuk ditemui. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas sesuai dengan namanya yang diberikan dari bahasa Osing “kesrut” yang memiliki makna menahan untuk tidak mengeluarkan ingus.

Saking pedasnya masakan ini tak jarang banyak yang sampai menegeluarkan ingus, yang pas dengan nama makanan ini. Makanan ini memiliki penyajian dengan kuah kaldu yang kental dan pedas, dengan daging ayam yang di dalamnya.

Cukup sulit memang untuk menemukan makanan ini, namun tidak ada salahnya jika kamu berkunjung ke Banyuwangi meyempatkan untuk mencari makanan yang legendaris ini.

9. Pecel Rawon

Pecel Rawon merupakan makanan khas Banyuwangi yang populer dikalangan masyarakat Banyuwangi ataupun wisatawan. Di mana para wisatan selalu menyempatkan dan mencari makanan ini.

Sama halnya dengan Rujak Soto, makanan ini juga menggabunggkan dua jenis makanan sekaligus, yaitu Rawon dan Pecel. Dalam penyajianya juga sama yaitu nasi pecel dan disiram dengan kuah rawon.

Perpaduan dua jenis makana tersebut juga diisi dengan empal daging khas rawon, serundeng, tahu goreng dan peyek udang, di mana dalam setiap suapan makanan ini akan menggoyangkan lidah karena rasanya yang nikmat.

10. Nasi Tempong

Nasi Tempong merupakan makanan yang memiliki rasa enak dan harga yang cukup terjangkau. Makanan ini memang memiliki rasa yang nampol di lidah.

Nasi tempong juga meryupakan makanan khas dan legendaris di kota ini. Dalam sajianya, nasi ini berisi nasi, sayur, dan daging atau ikan namun yang membuat tamboh nampol adalah sambalnya.

Buat kamu para pecinta pedas sangat direkomendasikan untuk makanan ini, sambal yang disajikan sangat pedas dan memiliki cita rasa yang sangat unik.

11. Uyah Asem

Makanan khas yang satu ini memiliki rasa yang unik dan bikin kangen. Sesuai namanya makanan ini memiliki rasa asem yag menyegarkan, cocok sekali disantap saat siang hari.

Makanan ini disajikan dengan perpaduan olahan ayam kampung yang dicampur dengan bongkot kecombrang. Kemudian diolah dengan dengan bumbu – bumbu rahasia menjadikan masakan ini sangat enak sekali untuk dinikmati.

Selain itu, dalam satu porsinya, makanan ini juga terdapat, rebusan kacang panjang, belimbing wuluh, dan bongkot lucu, yang membuat makanan ini semakin diburu dan dikangeni wisatawan.

12. Kupat Lodoh

Kupat lodoh yang merupakan masakan khas Banyuwangi ini hampi sama dengan masakan opor, dan di sajikan pada saat perayaan hari raya idul fitri.

Masakan ini merupakan makanan yang disajikan dengan ketupat, dan ditaburi irisan daging ayam dan di olah dengan lodoh.

Makanan ini disajikan dengan kuah santan yang gurih dan memiliki warna yang sedikit kecoklatan, menambah sensai pedas untuk makanan ini.

13. Awuk Ketan

Nah makanan yang satu ini memang sudah sangat jarang untuk ditemui, dan mungkin sekarang sudah jarang juga yang menyajikan atau menjual makanan ini.

Makanan ini memiliki rasa seperti wingko, sama – sama menggunakan bahan olahan dari ketan. Bedanya, jika wingko diolah langsung dengan kelapa, nah kalo makanan ini di sajikan dengan kelapa parut di atasnya.

Bahanya pun juga sangat sederhana, dan dapat kamu jumpai di pasar – pasar tradisional ataupu modern. Seperti tepung ketan, gula, dan parutan kelapa. Biarpun menggunakan bahan – bahan sederhana, untuk rasa bisa kamu coba sendiri, senikmat apa menurutmu makanan ini.

14. Nagasari

Mungkin untuk sebagaian besar masyarakat Jawa Timur sudah sangat mengenal makanan ini, makanan yang sering kita jumpai saat pesta perkawinan ataupun hajatan.

Namun makan ini masuk dalam makanan khas Banyuwangi juga lho. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan ketan, di mana disajikan dengan bungkusan daun pisang.

Rasanya sangat nikmat dan lezat, di mana pisang ditempatkan di dalam adonan tepung beras, sehingga saat kamu menggigit kamu akan merasakan manisnya pisang dan gurihnya tepung beras yang ada di luar.

15. Kopi Osing

Kopi Oasing merupakan minuman khas yang berbahan utama kopi sesuai dengan namanya. Kopi ini merupakan kopi asli yang diolah dengan resep orang Osing asli dan sudah terkenal ke seluruh dunia.

Dalam urusan kualitas, kopi ini sangat mampu bersaing dengan kualitas kopi lainnya yang ada di Indonesia, buktinya kopi ini sudah memiliki pasar di manca negara.

Saat kamu berkunjung ke Banyuwangi, jangan sampai melewatkan rasa dan kenikmatan kopi yang dibuat oleh suku asli Banyuwangi ini.

Banyuwangi, selain memiliki tujuan atau tempat wisata yang indah, juga memiliki makanan khas yang sangat lezat dan layak kamu coba.

Berbagai macam makan khas dapat kamu jumpai saat kamu berada di sana, dari yang mudah didapatkan, hingga cukup sulit untuk didapatkan.

Demikian merupakan rangkuman makanan khas Banyuwangi yang dapat kami rangkum. Semoga dapat memberikan referensi wisata kulinermu saat mengunjungi kota Banyuwangi.

error: Disable