Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.

Merasakan 15 Makanan Khas Lombok Sebagai Wisata Kuliner

5 min read

Merasakan 15 Makanan Khas Lombok Sebagai Wisata Kuliner 1

Pesona alam Indonesia memang sudah menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun asing. Keindahan alam yang ditawarkan, memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjungnya.

Selain wisata alam, Indonesia juga memiliki beraneka ragam suku dan budaya. Di mana dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk lebih mengenal budaya Indonesia.

Tidak hanya itu saja, di balik keindahan alam dan keberaneka ragaman suku dan budaya, Indonesia juga memiliki makanan khas setiap daerah yang sangat lezat.

Lombok misalnya, di mana keindahan alamnya yang sangat indah bak surga dunia, memiliki berbagai macam khas makanan yang layak kamu coba saat mengunjungi pulau ini.

Daftar Makanan Khas Lombok

Di bawah ini kami berikan daftar makanan khas Lombok untuk dijadikan pilihan saat berkunjung ke Lombok.

1. Sate Tanjung

Bukan daging sapi ataupun kambing, melainkan daging ikan yang dihaluskan dengan bumbu – bumbu rempah khas Lombok. Sate ini sudah ada sejak tahun 1977 yang pada saat itu diperkenalkan oleh Ibu Salimah, dan sekarang sudah menjadi primadona.

Ikan yang digunakan untuk menjadi bahan sate juga bermacam – macam, dari ikan cakalang hingga ikan laguna. Untuk rasa yang dihasilkan makanan ini tentunya sangat enak dan lezat.

Kenikmatan makanan ini sudah terbukti pada tahun 2011 karena bisa dipromosikan di TMII pada suatu acara kuliner, dan hebatnya dalam waktu 2 menit saja makanan ini sudah terjual ribuan tusuk.

2. Sate Rembiga

Berbeda halnya dengan sate tanjung yang berbahan dasar ikan, Sate Rembiga merupakan makanan yang berbahan dasar dari daging sapi. Nama sate rembiga sendiri diambil dari nama jalan yang ada di Mataram.

Seolah ingin memberikan informasi bagi semua, bahwa Lombok kaya akan ternak sapinya, maka sate ini berbahan dasar daging sapi segar. Warung-warung sate rembiga sendiri setiap harinya sangat ramai dikunjungi pembeli karena teksturnya yang empuk.

Pengolahanya juga cukup sulit dan lama, di mana untuk menghasilkan tekstur daging yang empuk daging harus ditumbuk dahulu dan di rendam bumbu rempah rahasia. Baru kemudian ditusuk dan dibakar.

Tak heran jika daging yang dihasilkan sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna.

3. Ayam Taliwang

Siap yang tidak tahu makanan khas Lombok yang satu ini, makanan yang sudah terkenal se antero negeri. Hampir setiap rumah makan meberikan menu makanan ini.

Hidangan ayam taliwang pun juga memiliki banyak rasa, seperti ayam taliwang pedas manis, ayam taliwang bakar madu, ayam taliwang sambal lima, hingga ayam taiwang goreng biasa.

Dalam penyajianya, biasanya makanan ini disantap dengan nasi putih hangat, beserta dengan lalapan dan sambel. Makanan ini memiliki rasa yang sangat unik dan kamu harus mencobanya.

4. Sate Bulayak

Masih berada dalam makanan khas Lombok yang berjenis sate, Sate Bulayak sendiri berbeda dengan sate lain seperti di atas. Sate bulayak berisikan daging ayam, jeroan ataupun daging sapi.

Dari berbagai macam jenis bahan utama tersebut, diolah menjadi satu dengan cara pemanggangan sate pada umumnya. Sate ini juga memberikan sensasi tiga rasa, yaitu daging ayam, jeroan dan daging sapi.

Uniknya lagi sate ini biasanya disajikan dengan Bulayak, di mana bulayak tersebut merupakan makanan sejenis lontong yang memiliki ukuran lebih kecil dan di bungkus dengan daun aren atau enau yang memberikan rasa gurih.

5. Bebalung

Bebalung merupakan makanan khas Lombok yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai makanan penambah stamina dan penumbuh vitalitas.

Bebalung sendiri memiliki bahan dasar iga sapi atau iga kerbau yang dimasak menggunakan bumbu rempah – rempah khas Lombok. Makanan ini sering dihidangkan dengan kuah dan mirip seperti masakan sup iga sapi.

Dalam penyajiannya biasanya makanan ini disajikan dalam keadaan masih panas untuk menambah kenikmatan. Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi putih atau Bulayak.

6. Ayam Rarang

Bagi para pecinta kuliner pedas, makanan khas Lombok yang satu ini jangan sampai terlewatkan jika kamu mengunjungi Lombok. Makanan ini sudah menjadi ikonik Lombok dan sangat diburu oleh pecinta kuliner.

Makanan ini memiliki bahan dasar ayam kampung yang pengolahanya digoreng dahulu sebelum diberikan bumbu – bumbu pedas. Ciri khas masakan Lombokk memang pedas, jadi seolah makanan ini ingin menunjukkan bahwa inilah ciri khas makanan khas Lombok.

Dilihat dari tampilan dan rasa, makanan ini memiliki tampilan sangat pedas dan berminyak, namun tidak sepenuhnya seperti itu, karena makanan ini tidaklah sangat pedas. Rasa pedas dari cabai rawit dicampur dengan bumbu rempah memberikan sensasi rasa yang sangat luar biasa dan bikin ketagihan.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Lombok

7. Sate Pencok

Masih asing dengan nama sate yang satu ini? Sate Pencok merupakan nama lain dari Sate Bulayak, di mana dalam isian sate ini juga sama, yakni daging ayam, jeroan dan daging sapi.

Sate ini juga sama disajikan dengan Bulayak yang seperti lontong. Namun biasanya dalam cara makanya, sate ini langsung dimakan dengan Bulayak yang dikelupas kulitnya saja.

8. Beberuk Terong

Beberuk Terong merupakan makanan khas Lombok yang berjenis lalapan. Di mana makanan ini disajikan dengan nasi dan lauk.

Makanan ini memiliki rasa pedas sebagaimana ciri masakan Lombok yang menyegarkan, karena berbahan dasar sayuran. Terong yang merupakan bahan utama makanan ini biasanya dipandang sebelah mata bagi beberapa masarakat, namun di Lombok diolah menjadi makanan yang sangat nikmat.

Terong yang menjadi bahan dasar utama adalah jenis terong gelantik yang memiliki bentuk bulat kecil dan warna yang putih. Dalam penyajian, terong akan ditemani beberepa sayur seperti kacang panjang yang selanjutkan disiram dengan kuah pedas.

9. Bantal

Mungkin bantal diartikan benda yang sangat nyaman digunakan untuk tidur. Namun di Lombok terdapat makanan khas yang memiliki nama yang sama.

Nama bantal sendiri diberikan karena makanan ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan bantal. Makanan khas Lombok ini berisikan ketan dan pisang.

Kedua bahan tersebut dibungkus dengan daun aren dan dimasak dengan cara dikukus. Makanan ini disajikan biasanya pada saat berbuka puasa, dan sebagai cemilan saat menjalankan tadarus Al Quran pada saat bulan Ramadhan.

10. Kue Keciput

Selain kaya akan wisata alamnya, Lombok juga kaya akan makanan khasnya, dari sayur, daging, hingga kue yang merupakan makanan khas Lombok.

Kue keciput terbuat dari beras ketan, dan memilki bentuk seperti onde – onde berbentuk bulat dengan hiasan biji wijen di luar namun tidak memiliki isian seperti onde – onde dan berbentuk lebih kecil.

Makanan ini sering disajikan sebagai suguhan pada acara pernikahan ataupun hari raya lebaran. Selain itu kue keciput juga memiliki dua jenis, yaitu kue keciput putih dan kue keciput hitam yang dibuat dengan beras ketan hitam.

11. Poteng Jeje Tujak

Poteng Jeje Tujak merupakakn makanan khas Lombok yang terbuat dari tape. Jika diartikan kedalam bahasa indonesia, Poteng Jeje Tujak memiliki arti “tape jajan tumbuk”.

Uniknya makanan ini adalah pada saat proses pembuatnya, dimana pada saat membuat mkanan ini harus dalam keada bersih untuk para wanita ( tidak sedang haid ), jika sedang haid memaksa membuat makanan ini dapat dibilang makanan ini gagal.

Banyak masyarakt yang meyakini untuk membuat makanan ini menjadi lezat harus dalam keadaaan bersih, atau bisa juga setelah menjalankan ibadah sholat.

12. Ayam Pelalah

Bicara soal makanan khas yang satu ini mungkin banyak orang yang mengetahui jika makanan ini berasal dari Bali. Ya makanan ini memang berasal dari Bali dan dibawa oleh orang – orang Bali yang menetap di salah satu wilayah di Lombok.

Makanan ini berbahan dasar ayam yang diolah dengan berbagai macam rempah dan resep rahasia. Dalam sajian makanan ini juga ditemani dengan bumbu rendaman dan sambal.

Rasa yang ditawarkan makanan ini sangatlah nikmat dan berbeda dengan masakan yang berbahan dasar ayam pada umumnya. Rasanya unik dan pedas sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

13. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung merupakan makanan khas Lombok yang berupa olahan sayuran berbahan dasar kangkung. Makanan ini disajikan dalam keadaan sudah dingin dengan sambal tomat sebagai pendampingnya.

Makanan ini biasanya dihidangkan sebagai makanan pendamping makanan berat untuk menambah kesegaran saat menyantap makanan tersebut.

Jika dilihat dari tampilannya, plencing kanggung sedikit mirip dengan tumis kangkung pada umumnya, namun cara memasaknya berbeda. Jika tumis kangkung dimasak dengan cara ditumis, plencing kangkung dimasak dengan cara direbus.

14. Nasi Puyung

Makan khas Lombok yang satu ini sudah seperti makanan nomer satu di wilayahnya. Sebagian masyarakat Lombok sudah merasakan dan menjadikan makanan ini sebagai primadona.

Makanan ini disajikan dengan menggunkan daun pisang sebagai alas, yang tentunya menambah kesedapan rasa dari makanan ini. Lauk pauk yang bisa disajikan bersama nasi ini sangat beragam, seperti suwir daging ayam, sambal tomat, dan diberikan taburan kelapa parut.

Rasa makanan ini juga identik dengan masakan Lombok yaitu pedas. Namun semakin menikmati pedasnya semakin susah untuk berenti mengunyah.

15. Kelag

Makanan khas Lombok yang satu ini merupakan hidangan makanan berkuah yang berbahan dasar sayuran. Makanan ini seperti halnya sayur bening yang ada di Jawa, dengan kuahnya yang bening.

Lombok sendiri memiliki banyak sekali jenis sayur kelag, karena bahan sayuran yang digunakan dapat bermacam – macam, seperti kelag kelor, kelag lebui, kelag sebie, dan kelag pedis panas.

Makanan ini sangat cocok dimakan di siang hari dengan nasi putih hangat beserta tambahan lauk seperti tempe goreng, tahu goreng dan juga sambal yang akan menambah sensasi pedas pada makanan ini.

Berkunjung ke suatu tempat, entah dalam urusan kantor berwisata atau urusan lainnya, tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri berwisata kuliner di daerah tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami rangkum tentang daftar makanan khas Lombok. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan tetang kuliner nusantara dan sebagai referensi makanan khas Lombok saat kamu berada di Lombok.

Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.
error: Disable