Mengintip Apa Saja Makanan Khas Sunda Yang Wajib Dicoba

4 min read

Mengintip Apa Saja Makanan Khas Sunda Yang Wajib Dicoba 1

Kuliner nusantara memang memiliki daya tarik dan berbagai macam cita rasa yang sangat luar biasa. Dari berbagai daerah menawarkan makanan khasnya masing – masing.

Sunda merupakan salah satu suku yang menetap di Jawa Barat. Masyarakat Sunda memiliki budaya yang sangat kental dan masih dipegang teguh sampai saat ini.

Dalam urusan kuliner, Sunda juga memiliki makanan khas yang sudah diturunkan dari nenek moyang mereka hingga sampai sekarang.

Daftar Makanan Khas Sunda

Penasaran dengan makanan khas Sunda? Mari kita bahas bersama pada daftar kuliner khas Sunda di bawah ini.

1. Karedok

Karedok merupakan makanan khas Sunda yang sering kita jumpai di Jakarta. Banyak yang berfikiran bahwa makanan ini merupakan makanan khas Jakarta karena banyaknya pedagang yang menjajakan makanan ini di sana.

Karedok merupakan makanan khas Sunda dengan sajian sayur – sayuran seperti kubis, timun, tauge, terong, kacang panjang sehingga makanan ink bisa dibilang hampir mirip dengan gado-gado.

Sayuran yang dijadikan satu tersebut lalu diberikan siraman saus bumbu kacang yang semakin menambah cita rasa makanan ini.

2. Nasi Timbal

Nasi Timbal merupakan makanan yang sudah sangat populer di Indonesia yang berasal dari Sunda. Makanan ini merupakan makanan khas Sunda yang sangat banyak peminatnya.

Dalam sajianya biasanya nasi timbel disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ikan asin, empal, pepes ikan dan tahu tempe. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan lalapan dan sambal untuk menambah nikmat makanan ini.

Dahulunya nasi timbel merupkan bekal yang dibawa para petani saat menggarap sawah. Namun saat ini nasi timbel sudah banyak dikenal dan dijadikan sebagai kuliner favorit.

3. Batagor

Batagor, siapa yang kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan yang hampir di seluruh Indonesia dapat kita jumpai ini terken sebagai makanana alternatif sebagai pengganti nasi.

Tahukah kamu, dari olahan bahan dasar apa untuk membuat makanan ini? Ya batagor dibuat dengan bahan dasar yang sangat sederhana yaitu dari daging ikan tengiri, tepung sagu, telur dan kulit pangsit.

Makanan ini disajikan dengan siraman bumbu kacang yang sangat khas. Saat menyantap makanan ini paling enak bersama dengan kawan – kawan sambil ngobrol atau bersantai.

4. Lotek

Lotek adalah makanan khas Sunda yang memiliki kemiripan dengan gado-gado yang menjadi makanan khas Jakarta. Namun secara bahan dasar Lotek sendiri lebih mirip dengan Pecel.

Lotek berbahan dasar sayur mayur seperti kangkung, kacang panjang, kubis, tauge dan tomat. Disajikan dengan siraman saus kacang yang lezat memeberikan rasa yang sangat khas.

Pada penyajianya, biasanya lotek disajikan dengan ketupat, lontong atau bakwan. Bahkan tak jarang saat ini lotek juga disajikan dengan tambahan mie.

5. Bakakak Hayam

Bagi beberapa orang yang baru mendengar nama makanan ini mungkin sedikit lucu dengan namananya. Dibalik namanya yang unik, makanan ini sudag menjadi makanan yang populer di Sunda.

Seperti pada namanya, bahan dasar makanan ini adalah ayam dengan bumbu – bumbu khas Sunda. Proses pemasakannya dengan cara dipanggang hingga tingkat kematangan yang pas.

Dalam penyajianya, makanan ini disajikan dengan satu ayam utuh seperti ingkung ayam jika di Jawa. Untuk menemani hidangan ini seringkali ditambahkan dengan lalapan dan sambal.

Baca Juga: Makanan Khas Betawi

6. Empal Gepuk

Empal gepuk juga merupakan makanan yang sudah sering kita dengar, bahkan sudah sangat terkenal ke seluruh antero nusantara.

Makanan ini berbahan utama daging sapi yang diberikan bumbu – bumbu khas dan memiliki rasa yang sangat enak. Proses memasaknya dengan cara diungkep hingga semua bumbu meresap dan daging yang dihasilkan menjadi empuk.

Makanan ini biasanya disajikan dengan terlebih dahulu digoreng lagi dan dimakan dengan nasi hangat.

7. Soto Mie

Soto merupakan makanan yang banyak kita jumpai di berbagai daerah. Namun Sunda memiliki makanan khas berupa soto yang berbeda.

Di Sunda, soto disajikan bersama denga mie yang terbuat dari tepung terigu. Dalam penyajianya biasanya dihidangkan bersama toping lain seperti suwiran ayam, tauge dan kubis.

Jika kamu berada di tanah Sunda, sempatkanlah untuk mencicipi makanan khas Sunda terutama Soto Mie ini.

8. Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan olahan sate dengan bumbu – bumbu khas dan berbahan dasar daging kambing yang berasal dari tanah Sunda.

Sate ini dapat dengan mudah kamu jumpai di sekitaran Jawa Barat. Dalam pengolahanya, sate daging yang akan digunakan direndam dahulu di adonana bumbu – bumbu yang sudah disiapkan sebelum dibakar.

Sehingga saat penyajianya sate ini tidak perlu ditambahkan dengan saus lagi dan bisa langsung dimakan.

9. Empal Gentong

Berbeda dengan empal gepuk, empal gentong dihidangkan dengan bumbu santan gurih dan kental. Makanan ini memang memiliki kesamaan dalam bahan makanan yang digunakan.

Empal gentong sendiri dimasak menggunakan gentong dengan kuah yang menyerupai gulai berwarna kuning keruh. Empal gentong juga sudah menjadi makanan favorit bagi beberapa kalangan.

Kenikmatan makanan yang satu memang tidak perlu diragukan lagi. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang berbondong – bondong mendatangi warung – warung penjual makanan ini.

10. Doclang

Doclang merupakan makanan khas Sunda yang saat ini sudah mulai terlupakan akibat kuliner – kuliner baru yang masuk dan menjadi pimadona di tanah Sunda.

Makanan ini hampir mirip dengan kupat tahu, namun berbeda pada beberapa bagaian. Untuk rasa jelas makanan ini lebih nikmat karena menggunakan saus kacang yang kental.

Dalam penyajianya makanan ini biasanya disajikan dengan kentang rebus, telor rebus. tahu goreng dan kerupuk. Mungkin saat ini sedikit susah untuk menemukan makanan yang satu ini, namun tidak ada salahnya kamu mencoba mencicipi makanan ini.

11. Geco

Makanan khas Sunda memang identik dengan penyebutan nama dengan singkatan seperti Geco dari gabungan tauge dan tauco. Tauco pun merupakan bumbu khas dari daerah Cianjur.

Selain kedua bahan tersebut, geco juga berisi ketupat dan mie sagu. Kombinasi dari makanan tersebut adalah manis, pedas, asam serta gurih bercampur menjadi satu.

Untuk menambah kenikmatan makanan ini biasanya diberi tambahan topping seperti daun bawang, irisan tomat, kacang, udang bahkan ada cuka.

12. Tahu Gejrot

Siapa suka jajan? Bagi kamu yang suka jajan pasti tahu makanan yang satu ini yaitu tahu gejrot. Santapan ini pun sangat mudah sekali ditemukan bahkan di luar kota asalnya Cirebon.

Tahu gejrot ini merupakan salah satu cemilan murah namun nikmat. Tahu yang digunakan adalah tahu sumedang atau tahu pong yang kemudian dibumbui sebelum digoreng.

Kemudian tahu tersebut diiris-iris dan disiram dengan kuah saus dari aneka bumbu halus. Nah salah satu keunikan dari santapan ini adalah penyajianya dengan mengunakan cawan atau piring dari tanah liat.

13. Cireng

Satu lagi jajanan khas Sunda yang banyak peminatnya dan menjadi makanan untuk sejuta umat di seluruh penjuru nusantara. Makanan tersebut adalah cireng yang kepanjangan dari aci digoreng dengan bahan dasar tepung sagu.

Tidak ada bahan campuran lain selain tepung sagu. Adonan tepung sagu tersebut kemudian dibentuk bulat-bulat baru kemudian digoreng. Namun biasanya ada yang menambahkan daung bawang untuk menambah cita rasa makanan ini.

14. Cungkring

Makanan yang satu ini mungkin terdengar lucu sekaligus aneh. Ya nama makanan tersebut adalah cungkring yang berbentuk sate khas Sunda.

Bahan yang digunakan untuk cungkring ini adalah kulit sapi, kikil atau daging sapi. Sama seperti sate pada umumnya, cungkring juga dihidangkan bersama lontong dan siraman bumbu kacang.

Masih banyak pedagang cungkring yang menyajikan makanan ini dengan selembar daun pisang. Penyajian ini menambah kenikmatan dan mempertahankan cita rasa tradisionalnya.

15. Kadedemes

Kadedemes merupakan salah satu makanan yang menggunakan bahan dasar yang mungkin saat ini dianggap tidak bermanfaat. Kadedemes ini merupakan makanan yang terbuat dari kulit singkong.

Kulit singkong yang digunakan adalah kulit singkong bagian dalam yang berwarna putih. Setelah dicuci kulit singkong tersebut direbus, ditiriskan dan dikeringkan.

Kemudian hasil tirisan tersebut dimasak dengan bumbu tumis. Biasanya kadedemes ini disajikan bersama nasi hangat dan ikan asin.

Nah terbukti bukan kalau makanan khas Sunda sangat menggoda selera. Banyak makanan berat dan juga makanan ringan yang sangat enak untuk disantap.

Yuk segera berburu makanan tersebut sebelum perutmu keroncongan.

error: Disable