Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.

Mengeksplor 15 Makanan Khas Jawa Yang Paling Melegenda

5 min read

Mengeksplor 15 Makanan Khas Jawa Yang Paling Melegenda 1

Indonesia dikenal tidak hanya memiliki potensi wisata alamnya yang sangat luar biasa. Namun juga keberagaman budayanya yang sangat kental.

Dengan keberagaman budaya yang sangat beragam, Indonesia memiliki berbagai jenis makanan khas yang identik dan memiliki cita rasa yang sangat kuat.

Seolah-olah ingin menunjukkan jati diri bangsa dengan memperkenalkan makanan khasnya hingga ke penjuru dunia. Memiliki struktur geografis kepulauan, Indonesia menawarkan makanan khas yang beragam sesuai daerahnya masing-masing.

Tak terkecuali Pulau Jawa, di mana pulau ini memiliki budaya Jawa yang sangat kental dan makanan khas tradisional yang banyak diburu oleh pecinta kulinar lokal maupun manca negara.

Daftar Makanan Khas Jawa

Seperti apa makanan khas Jawa ini? Berikut kami berikan daftar makanan khas Jawa yang sangat layak kamu coba saat berkunjung ke Jawa.

1. Nasi Liwet

Solo, selain memiliki budaya yang sangat kental juga memiliki makanan khas yang sangat melegenda, ya nasi liwet tentunya.

Berbahan dasar nasi putih dengan olahan menggunakan santan dan daun pandan, memberikan rasa yang sangat nikmat apabila dimakan begitu saja karena rassanya sudah sangat gurih.

Namun biasanya nasi liwet disajikan dengan lauk pauk seperti daging ayam, sayuran labu siam. Jika kamu berkunjung ke Solo tidak ada salahnya kamu mencicipi makanan yang sangat merakyat ini. Dijamin kamu akan diberikan sensasi makanan yang berbeda.

2. Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Jogjakarta yang sudah sangt terkenal. Siapa yang tidak tahu makanan yang memiliki rasa manis ini.

Gudeg berbahan dasar nangka muda yang diolah dan diberi bumbu rempah beserta gula merah sehingga memberikan rasa manis yang khas.

Dalam penyajianya gudeg biasanya disajikan dengan nasi hangat, lauk tahu, tempe, kepala ayam bacem, ceker ayam bacem, dan sambel. Makanan ini juga sangat mudah ditemukan di Jogja di pinggir – pinggir jalan besar yang buka pada malam hari.

3. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa, kususnya Jawa Tengah yaitu Pati. Makanan ini memiliki cita rasa pedas, nah cocok sekali buat kamu yang memiliki hobi dengan makanan pedas.

Nasi Gandul sendiri memiliki rasa yang sangat gurih pada nasinya. Dengan cara pemasakan seperti nasi liwet atau uduk, nasi putih yang digunakan sudah memiliki rasa yang enak.

Dalam sajian porsi makanan ini, selalu dihidangkan dengan potongan daging sapi dan disiram dengan kuah bumbu rempah yang memiliki rasa pedas. Cocok sekali untuk menambah napsu makan bukan?

4. Mie Lethek

Dinamakan mie lethek karena memiliki tampilan warna yang kusam, kusam yang berarti dalam bahasa jawa lethek. Makanan ini berasal dari Jogjakarta.

Terbuat dari gaplek dan tepung tropika dan diolah tanpa bahan pengawet ataupun pewarna inilah yang mebuat warna mie menjadi kusam. Biarpun memiliki tampilan kusam, namun mie ini memiliki rasa yang sangat enak.

Pada proses pemasakannya mie ini juga masih sangat tradisional dengan menggunakan anglo dan arang sebagai bahan bakar. Dengan menggunkana cara seperti itu, mie ini memiliki rasa yang sangat nikmat.

5. Oseng Mercon

Mungkin tak sedikit orang salah mengartikan tentang nama makanan yang satu ini. Namanya sedikit anti mainstream namun memiliki cita rasa super pedas.

Makanan ini berbahan dasar dari tetelan daging dengan lemak dan kikil sapi. Bagi para pecinta kuliner pedas makanan ini sangat cocok sekali untuk dicicipi saat berkunjung ke Jogja.

Tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk merasakan pedas pada makanan ini. Cukup dengan satu suapan pertama saja kamu sudah merasakan sensasi pedas yang sangat nampol.

6. Gethuk

Getuk juga mejadi salah satu makanan khas Jawa yang sudah sangat melegenda. Memiliki tekstur yang empuk dan rasa manis, sangat pas disantap dengan secangkir teh atau kopi.

Gethuk sendiri terbuat dari bahan yang sangat sederhana, yaitu dari singkong. Singkong yang direbus kemudian ditumbuk dengan campuran gula untuk memberikan rasa manis.

Gethuk sendiri saat ini sudah melalui evolisi dengan disajikan berbagai macam warna yang sangat menarik. Selain itu, dalam penyajianya biasanya ditambahkan taburan parutan kelapa yang memberikan rasa gurih.

Baca Juga: Makanan Khas Solo

7. Lumpia Semarang

Semarang selain merupakan salah satu kota terpadat di Jawa Tengah, juga memiliki makanan khas yang sangat terkenal yaitu dengan lumpianya.

Lumpia Semarang yang biasa disebut orang, memiliki bahan baku dari gandum untuk kulitnya. Isian lumpian ini bermacam-macam, ada suwiran daging ayam, sayuran, dan rebung.

Namun saat ini perkembangan makanan ini sudah semakin terlihat inovasinya dan semakin banyak peminatnya. Dari isian bahan baku yang tradisonal, kini hadir dengan isian yang lebih modern dengan keju mozarela.

8. Jadah Tempe

Jadah tempe merupakan makanan khas Jawa yang dengan mudah kamu temui di Sleman, tepatnya di Kaliurang. Makanan ini bisa disebut sebagai makanan tradisional yang sangat legendaris dan tidak ada di daerah lain.

Makanan ini terbuat dari beras ketan dan dimasak dengan parutan kelapa dan garam untuk memeberikan rasa gurih. Setelah beberapa bahan dicampur dan dimasak kemudian ditumbuk hingga halus.

Dalam penyajianya, makanan ini bisa disajikan dengan teman akrabnya, yaitu tempe bacem yang memiliki rasa manis. Paduan rasa manis dan gurih dari kedua makanan ini memberikan rasa yang sangat enak dan layak sekali untuk kamu coba.

9. Gethuk Goreng

Gethuk goreng merupakan makanan yang memiliki bahan baku sama dengan gethuk pada umumnya, namun diolah dengan cara pemasakan yang berbeda makanan ini memberikan cita rasa yang berbeda.

Dalam proses pemasakanya, gethuk goreng masih ditambahkan dengan gula merah dan masih harus digoreng. Rasanya tentu saja semakin manis dan memiliki cita rasa khas dari olahan dengan cara digoreng.

Biasanya makanan ini disajikan untuk menemani waktu santai dan minum teh atau kopi.

10. Tiwul

Makanan ini juga sudah sangat melegenda karena sudah ada sejak dahulu. Dahulu makanan ini sempat menjadi makanan pokok bagi masyarakat Jawa Tengah pada saat beras sangat mahal.

Makanan ini diolah dari bahan dasar singkong yang ditumbuk dengan berbagai macam bumbu dan gula merah. Dalam penyajianya tiwul disajikan dengan tambahan parutan kelapa di atasnya.

Jika kamu ingin mencicipi makanan ini, kamu bisa dengan mudah menemukanya di pasar – pasar tradisonal yang biasanya dijual oleh ibu-ibu paruh baya.

11. Garang Asem

Di Jawa Tengah makanan ini sudah sangat populer di telinga dan menjadi makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi Jawa Tengah. Tidak sulit untuk menemukan makanan ini, karena bisa dengan mudah dijumpai di kota – kota besar seperti Semarang, Kudus, dan Demak.

Makanan ini memiliki bahan utama yaitu ayam. Daging ayam yang diolah diberikan bumbu – bmbu khas dengan tambahan santan, asam, dan cabai sehingga memberikan rasa yang menyegarkan.

Dalam penyajianya, makanan ini disajikan dengan bungkusan daun pisang yang ikut dimasak. Rasa yang dihasilkan semakin nikmat dengan aroma daun pisang tersebut.

12. Mie Ongklok

Mie Ongklok merupakan makanan khas yang berasal dari Wonosobo Jawa Tengah. Mengingat cuaca dingin daerah tersebut, makanan ini sangat cocok untuk menghangatkan badan.

Mie ini diolah dengan mencampurkan tepung kanji pada olahan kuahnya, sehingga memberikan sensasi kenyal pada kuah.

Saat menyantap makanan ini kamu juga bisa memilih lauk yang disajikan seperti sate sapi, tempe, sate usus, untuk menambah kenikmatan saat kamu menyantap makanan ini.

13. Nasi Grombyong

Makanan ini berasal dari Pemalang Jawa Tengah yang sangat terkenal. Tidak hanya masyarakat sekitar saja yang suka makanan ini, namun juga wisatawan yang datang ke Pemalang.

Dalam penyajianya nasi ini disajikan dengan mangkuk kecil dan memiliki banyak kuah, bahkan kuah lebih banyak daripada isianya. Dengan begitu makanan ini disebut nasi gorombyong.

Isian makanan ini pun berupa nasi dengan irisan daging kerbau dengan kuah kental yang diberikan bumbu – bumbu rempah yang sangat pekat.

14. Berkecek

Untuk makanan yang satu ini mungkin belum banyak didengar olah kalangan pecinta kuliner nusantara. Makanan ini berasal dari Cilacap dengan tampilan mirip seperti pecel.

Makanan ini memang berbahan dasar sayuran yang disajikan dengan olahan bumbu – bumbu yang khas dan disiram menggunakan saus yang sangat nikmat.

Makanan ini selain memiliki rasa yang nikmat juga sudah menjadi idola bagi masyarakat setempat.

15. Karang Gesing

Yang terakhir adalah makanan khas Jawa yang berasal dari Solo. Makanan ini hampir mirip dengan olahan zupazup.

Makanan ini memiliki bahan dasar pisang yang di padukan dengan santan dan gula. Dalam proses pemasakanya dengan cara di panggang dengan oven sehingga memiliki cita rasa lumer pada olahan makanan ini.

Jika ke Solo jangan sampi kelewatan untuk mencoba makanan ini.

Pulau Jawa selain memiliki budaya yang sangat kental, ternyata juga menyimpan kekayaan kuliner yang sangat beraneka ragam. Tak heran jika Jawa Tengah selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru.

Demikian informasi mengenai makanan khas Jawa yang dapat kami rangkum. Semoga dapat memberikan informasi yang kamu butuhkan saat mengeksplor kuliner di Jawa.

Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.
error: Disable