Mengenal TOP 15 Makanan Khas Gorontalo Dari Olahan Ikan

5 min read

Mengenal TOP 15 Makanan Khas Gorontalo Dari Olahan Ikan 1

Indonesia memang kaya akan budaya dan ciri khas adatnya masing – masing. Dari budaya daerah, adat, hingga makanan khasnya.

Berbicara soal makanan khas, setiap daerah di Indonesia memiliki resep, bumbu dan cita rasa yang berbeda-beda, resep turun temurun, penemuan baru, hingga perkembangan dari makanan yang sudah ada.

Saperti halnya Gorontalo, salah satu Provinsi yang ada di Sulawesi. Rempah yang dihasilkan dari hasil bumi Gorontalo, memiliki cita rasa tersendiri dalam setiap olahan makanan yang ada di sana.

Dengan bumbu – bumbu khas, cara masak yang beraneka ragam, memberikan sensasi berbeda pada masakan di setiap daerah di Indonesia.

Bagi kamu yang memiliki kegemaran dalam bidang kuliner, tak ada salahnya kamu mencoba makanan khas Gorontalo yang memiliki cita rasa nikmat dengan ciri khas berbeda.

Daftar Makanan Khas Gorontalo

Di bawah ini kami dari tim Dolanyok akan memberikan daftar makanan khas Gorontalo yang layak kamu coba.

1. Sate Tuna

Jika sebagian besar atau pada umumnya, makanan sate merupakan olahan daging kambing atau sapi, sate tuna dari Gorontalo memberikan sensasi yang berbeda. Sate ini menggunakan adonan atau olahan dari daging ikan tuna sebagai bahan utamanya.

Ikan tuna sendiri memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan mudah dinikmati bagi semua kalangan usia. Dengan perpaduan nasi hangat saat penyajianya, menambah kenikmatan bagi para penikmatnya.

Rasa yang ada dalam makanan ini memang sangat kental dengan rempah – rempah hasil bumi Gorontalo. Banyak juga pecinta kuliner memburu makanan ini sebagai tujuan utama saat berada di Gorontalo.

2. Binte Buluhuta

Binte Buluhuta merupakan makanan khas Gorontalo yang berbahan utama jagung. Di mana masakan khas ini diolah sesuai dengan hasil bumi Gorontalo yaitu berupa jagung.

Makanan ini seperti sup pada umumnya, yang termasuk makanan berkuah. Isianya adalah jagung serut, udang, daging ikan cakalang, dan diberikan kuah rempah yang memiliki cita rasa gurih.

Tidak hanya itu saja, dalam penyajiannya, makanan ini diberikan toping seperti irisan tomat, daun kemangi, cabai, ditambah perasan air jeruk atau lemon. Bagaimana? Sudah bisa membayangkan kesegaran makanan ini?

3. Kue Sabongi

Makanan yang satu ini banyak dijumpai di warung – watung atau pasar – pasar tradisional yang ada di Gorontalo. Makanan ini memiliki bentuk dan kemiripan tekstur seperti combro.

Bahan utama makanan ini adalah ubi, di mana bahan yang sama digunakan untuk membuat combro. Namun yang membedakan makanan khas Gorontalo ini adalah isian dari makanan tersebut.

Isi makanan ini yaitu berupa irisan buah pisang raja. Jika kamu berkunjung ke Gorontalo, cobalah untuk mencicipi makanan yang sering dijadikan sebagai cemilan dan teman santai ini.

4. Bilenthango

Bilenthango merupakan makanan khas Gorontalo dengan bahan makanan dan cara pengolahan yang unik. Bahan utama dari makanan ini adalah ikan mujair, yang masuk dalam kategori ikan air tawar.

Proses pengolahan juga sangat unik dan mungkin hanya dapat dijumpai pada pengolahan makanan ini. Ikan mujair yang sudah dibelah dan dibersihkan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang sebelum digoreng atau dibakar yang tentunya sudah diberikan bumbu – bumbu khas Gorontalo.

Setelah matang, bisa juga untuk langsung dimakan, namun tak sedikit juga dalam penyajianya disuguhkan dengan disiram kuah rempah yang bercita rasa khas rempah bumi Gorontalo.

5. Brenebon

Yang satu ini merupakan minuman khas Gorontalo yang bisa memberikan rasa kenyang perut. Di mana sebenarnya ini meruapakan es kacang merah dengan berbagai isian penunjang di dalamnya.

Bahan yang digunakan dalam minuman ini juga sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan, yaitu rebusan kacang merah, rebusan daun pkanum, gula merah cair, susu kental manis, air secukupnya dan serutan es batu.

Dari penyajianya pun sangat menggoda dan terlihat sangat segar, cocok sekali diminum saat cuaca terik.

6. Kue Tobu’u

Selanjutnya adalah Kue Tobu’u di mana makanan ini merupakan makanan khas Gorontalo yang sering dijadikan cemilan bagi masyarakat setempat.

Makanan ini berbahan dasar tepung beras, gula pasir, beras pulo, buah nangka yang diris, santan kelapa, susu cair, pasta pkamun, dan vanili, semua bahan tersebut dikukus menjadi dan berlapis-lapis.

Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat cocok bagi lidah orang Indonesia, dengan sensasi manis legit, cocok sekali jika dijadikan suguhan para tamu atau dikonsumsi sendiri sembari bersantai.

7. Perkedel Nike

Jika pada umunya perkedel memiliki bahan dasar umbi – umbian, namun Gorontalo menyajikan perkedal dengan ciri khas daerah tersebut. Bahan yang digunakan bukanlah dari umbi – umbian, namun dari ikan Nike yang seperti dengan ikan teri.

Makanan ini sangat populer di Gorontalo, bahkan kamu dapat dengan mudah menjuampainya di warung – warung makan. Makanan ini banyak digunakan sebagai pendamping nasi putih untuk lauk.

Rasanya pun enak dan gurih, yang pasti cocok sekali jika dijadikan lauk yang memiliki cita rasa khas Gorontalo.

8. Kue Popolulu

Kue Popolulu merupakan makanan khas Gorontalo yang berbahan dasar ubi merah. Jika dilihat sekilas, makanan ini mirip dengan jemblem dengan tekstur dan bahan dasarnya.

Makanan ini cocok sekali dinikmati dengan teh atau kopi sembari menikmati waktu bersantai.

Makananan ini juga sangat mudah untuk ditemukan, kamu dapat menjumpainya di pasar – pasar, ataupun warung – warung makan yang biasanya menyajikanya sebagai cemilan.

9. Tili Aya

Tili aya merupakan makanan tradisional Gorontalo yang merupakan makanan wajib ada saat sahur pertama pada bulan puasa. Makanan ini berupa kue dengan tekstur yang empuk.

Bahan makanan ini pun juga terbilang sangat mudah, yaitu gula merah, telur, dan santan kelapa. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih bahkan mampu menunda lapar.

Selain menjadi makanan pembuka saat sahur pertama, makanan ini juga sangat cocok disajikan dengan teh, ataupun kopi sambil bersantai ria.

10. Ayam Iloni

Ayam iloni merupakan makanan khas Gorontalo yang berbahan daging ayam. Makanan diolah dengan cara dibakar dengan berbagai macam bumbu rempah khas dari Gorontalo.

Untuk rasanya sudah pasti berbeda dibandingkan ayam bakar pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh rempah – rempah yang ada di bumi Gorontalo memiliki cita rasa sendiri.

Dalam penyajiannya, makanan ini biasanya disajikan dengan sepiring nasi putih hangat , lalapan beserta sambal.

11. Ilabulo

Makanan yang terbuat dari daging ayam ini merupakan makanan khas Gorontalo yang sering dijadikan sebagai lauk. Di mana makanan ini memiliki pengolahan dengan cara dibakar yang tentunya memberikan rasa yang nikmat.

Makanan ini diolah dengan dibungkus daun pisang, yang di dalamnya diisi dengan bumbu rempah atau jeroan ayam seperti hati dan ampela yang dibakar menjadi satu dibalut daun pisang.

Karena proses dalam pemasakan menggunakan bungkus daun pisang dengan rempah – rempah khas Gorontalo, makanan ini memiliki aroma yang sangat sedap dan rasa yang lezat.

12. Sayur Putunggo

Bahan dasar sayur ini adalah jantung pisang. Nah untuk rasa yang diberikan oleh sayur ini mirip dengan sayur lodeh, tidak hanya rasanya, tampilanya juga tidak jauh berbeda.

Yang membedakan Sayur Putunggo dengan Sayur lodeh adalah isianya yang berupa jantung pisang. Dalam pengolahannya sayur ini memiliki beberapacara untuk penyajianya.

Sayur ini dapat disajikan dengan ditumis, digoreng, atau disup santen yang sangat mirip dengan lodeh. Tentunya kamu dapat memilih sendiri dengan seleramu untuk mencicipinya.

13. Lalampa

Selanjutnya adalah makanan khas Gorontalo yang memiliki kemiripan dengan makanan yang ada di daerah lain. Makanan ini memiliki kemiripan dengan lemper.

Bahan yang digunakan juga sama, yaitu terbuat dari beras ketan dan dibungkus menggunakan daun pisang. Namun dalam pengolahanya ditambahkan santan dan garam yang memberikan rasa gurih pada makanan ini.

Jika lemper biasanya diisi dengan abon ayam, atau sapi, nah untuk lalampa sendiri memiliki isian daging ikan tongkol. Makanan ini juga dapat menggantikan nasi jika dalam keadaan lapar.

14. Duduli

Duduli merupakan makanan khas Gorontalo yang mirip sekali dengan dodol, dari segi tekstur, rasa, hingga daun pembungkusnya.

Duduli terbuat dari beras ketan, santan, dan gula merah. Ketiga bahan tersebut dijadikan satu dan dibungkus menggunakan daun woka.

Tekstur makanan ini pun juga sangat kenyal, yang menjadi pembeda dengan dodol pada umumnya adalah daun yang digunakan untuk membungkus. Daun tersebut memberikan aroma yang unik dan identik sehingga makanan ini sangat khas dengan Gorontalo.

15. Kue Karawo

Kue Karawo atau dengan nama lain Kue Kerawang menjadi makanan khas Gorontalo yang sering dijumpai saat perayaan hari besar seperti natal dan lebaran, di mana kue ini dijadikan suguhan para tamu.

Saking terkenalnya, tak jarang para wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo menjadikan kue ini sebagai oleh – oleh, karena teksturnya yang kering dan tahan lama.

Berkembangnya jaman juga mempengaruhi rasa dan desain kue ini. Banyak kreator-kreator kuliner membuat inovasi seperti rasa hingga tampilan kue tersebut lebih menarik.

Bagaimana? Tertarik menjelajahi kuliner Gorontalo ?

Di atas merupakan rangkuman makanan khas Gorontalo yang sangat terkenal dan memiliki rasa yang nikmat. Kamu bisa menjadikan artikel ini sebagai referensi wisata kulinermu saat berkunjung ke Gorontalo.

Demikian informasi makanan khas Gorontalo yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua.

error: Disable