Wisata Petik Teh Di Kebun Teh Wonosari Malang Jawa Timur

4 min read

Pose Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari Malang merupakan perkebunan yang sekaligus dijadikan sebagai objek wisata edukasi memetik dan mengolah teh.

Jam Buka:07.00-17.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 8.000,00 weekday
Rp 12.000,00 weekend
Nomor Telpon:0811 3637 198
Aktivitas:Berfoto, bermain dengan wahana, memetik teh, melihat proses pembuatan teh
Waktu Terbaik: Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, baju tebal
Larangan:Dilarang memetik teh sembarangan
Alamat:Desa Tirtomoyo, Singosari, Malang, Jawa Timur
Fasilitas Umum:Area parkir yang sangat luas, Toilet, Mushola, Restoran, Toko souvenir, Penginapan
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia pasti tidak ada habisnya. Negara ini sudah menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun luar nergeri. Dimulai dari gunung, laut, dataran tinggi, lembah, hutan dan masih banyak lainya yang semuanya sangat indah.

Banyaknya tempat yang indah di Indonesia bisa menjadikan tujuan wisata yang kan kamu kunjungi. Seperti salah satu tempat yang satu ini, yang berada di Pulau Jawa yaitu Jawa Timur tepatnya dikota Malang. Kota Malang memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional.

Di kota Malang terdapat sebuat obyek wisata yang sangat cocok untuk kamu kunjungi. Selain pemandangan yang indah dan udaranya yang sejuk, karena lokasi wisata ini terletak di dataran tinggi, membuat kamu betah berlama – lama disni. Namanya adalah Agrowisata Kebun Teh Wonosari. Seperti apa suasana wisata alam disana. Yuk simak artikal dibawah ini untuk menambah informasi sebelum kamu mengunjunginya.

Sekilas Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun Teh Wonosari ini terletak di dataran tinggi lereng Gunung Arjuna Malang. Kebun teh ini berada di ketinggian 1250 Mdpl. Dan tentunya menawaran pemandangan hijau yang memanjakan mata dan menyejukkan. Kebun ini berdiri diatas lahan seluas 1.144 hektar, dan menjadi satu-satunya kebun teh di Jawa Timur yang diolah sebagai obyek wisata.

Layaknya seperti sebuah alternative objek wisata Kebun Teh Bogor. Masyarakat sudah merasakan seperti tempat wisata kebun teh Bogor. Kebun teh yang terbentang sangat luas, jika kamu mengunjungi tempat ini kamu akan disuguhkan hamparan hijau dari tanaman teh yang tertata rapi.

Wisata ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Karena tempatnya yang sejuk, dingin dan asri sangat layak kamu coba kunjungi.

Alamat

Kebun teh ini terletak di perbatsan antara Malang dan Surabaya, tepatnya berada di Kaki Gunung Arjuno, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang Jawa Timur. Kebun teh ini terletak 30 km dari kota Malang.

Jika kamu merasa belum puas berwisata di sini, atau kamu masih punya banyak waktu untuk berlibur, kamu harus menncoba mengunjungi tempat wisata lain yang berada di sekitaran lokasi ini. Objek wisata ini seperti, Candi Sumberawan yang berjarak 8,4 km, Badug Asu, yang berjarak 14,5 km, atau Indonesia Safari Park II Prigen yang berjarak 20,4 km.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk yang ditawarkan jika kamu ingin memasuki obyek ini sangat lah terjangkau, kamu hanya perlu membayar sebesar:

HariHarga Tiket
Senin-SabtuRp 8.000/ 0rang
Minggu dan hari libur nasionalRp 12.000/ orang
Koam renangRp 10.000/ orang

Harga tiket hari biasa memang lebih murah karena tidak banyak pengunjung yang datang.

Jam Operasional

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata setiap harinya dari jam 07.00-17.00 WIB.

Sejarah

Kebun teh ini berdiri pada tahun 1910 yang saat itu masih dalam naungan perusahaan Belanda yang bernama NV. Culture Maathappy. Dahulunya perkebunan ini ditanami teh dan kina. Namun pada masa penjajahan Jepang denegan mengusung misi swasembada pangan sebagaian dari perkebunan ini di tanamai makanan pokok seperti singkong, ubi, kentang dan jenis umbi-umbi lainya.

Setelah terbebas dari penjajaan, perkebunan ini mulai diambil alih pemerintah Indonesia dalam naungan PT. Perkebunan Nusantara XII ( PTPN XII) samapi sekarang. Melihat lokasi yang berada didataran tinggi dan kelembaban tanah di kawasan itu, PTPN XII memilih untuk memfokuskan tanaman teh dan kopi. Produk yang dihasilkan dari perkebunan ini adalah teh yang diberinama Teh Rolas.

Selain menghasilkan produk dari perkebunan, lokasi ini juga di buka untuk wisata yang bisa kamu kunjungi. Dengan udara yang khas pegunungan sejuk, dingin, segar, bisa kamu jadikan untuk obat penghilang stres atau lelah setelah kamu sekian lama bekerja.

Baca Juga: Bukit Nirwana Pujon Malang

Daya tarik

Kebun teh yang menjadi kebun teh pertamakali ini selain digunakan untuk perkebunan penghasil teh namun juga di gunakan sebagai obyek wisata ini tidak hanya bisa kamu nikmati sebagai pemandangan. Namun memiliki beberapa daya tarik seperti:

Wisata Edukasi

Objek wisata ini tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat wisata yang memiliki pemandangan yang hijau dan udaranya yang sejuk dan segar. Namun kamu bisa belajar memetik dan melihat proses pengolahan produk teh dari awal hingga akhir. Bahkan kamu juga bisa mengunjungi pabrik pengolahannya.

Tea walk

Kamu bisa berjalan menelusuri perkebunan ini dengan berjalan kaki sambil menikmati indahnya pemandangan. Meskipun disediakan kendaraan seperti kereta mini, namun pasti akan lebih memberikan sensasi tersendiri jika berjalan kaki.

Flying Fox

Buat kamu yang suka akan tantanngan yang memacu adrenaline, kamu juga bisa bermain flying fox. Yang pastinya permainan ini sangat memacu arenaline kamu.

Berkuda

Selain kamu bisa mengelilingi kebun dengan berjalan kaki, kamu juga bisa berkuda untuk mengelilinginya. Pastinya kamu juga akan mendapatkan sensasi tersendiri dan mendapatkan pengalaman berkuda mengelilingi kebun teh.

Paint Ball

Kamu juga bisa bermain Paint Ball di sini, permainan simulasi strategi perang ini pasti sangat seru untuk kamu mainkan. Selain kamu bisa megasah otak kamu untuk memenangkan permainan ini dan mengatur strateginya pasti akan mendapatkan pengalaman yang sangat seru.

Kolam air hangat

Di kawasan yang memiliki udara dingin pastinya sangat sanyang untuk kamu lewatkan dengan wahana yang satu. Kamu bisa merasakan hangatnya berendam atau berenang di kolam pemandian air hangat yang tersedia disni.

ATV

Selain kamu bisa berkeliling dengan jalan kaki, berkuda atau kereta mini, kamu juga bisa menikmati berkeliling dengan menggunakan kendaraaan Atv yag tersedia di sini. Kendaraan model offroad ini pasti sangat cocok kamu gunakan berkeliling kawasan ini karena memiliki medan yang pas dilalui kendaraan off-road seperti ATV.

Wedding Venue

Selain kawasan ini adalah sebagai kawasan wisata, kawasan ini bisa juga kamu sewa untuk kamu jadikan pilihan lokasi pernikahan.

Mobil baterai

Permainan ini yang pasti sangat cocok dimainkan oleh anak-anak. Yang pastinya lebih aman dibandingkan jika anak-anak bermain ATV.

Fasilitas

Sejalan dengan beberapa wahana yang tersedia menjadikan daya tarik lebih bagi para wisatan. Tentunya pihak pengelola juga menyediakan fasilitas pendukung yang akan membuat kamu merasa nyaman saat berkunjung disini. Fasilitas yang disediakan pun cukup komplit, seperti

  • Area parkir yang sangat luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Restoran
  • Toko souvenir
  • Penginapan

Jika kamu inigin menginap di kawasan ini dan ingin menghabiskan waktu liburanmu, kamu tidak usah kawatir. Karena di sini banyak sekali penginapan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menginap, dan melanjutkan perjalanan wisata mu keesokan harinya. Pilihan penginapan tersebut seperti Penginapan Rollaas yang hanya berjarak 400 meter, Arjuna View Villa Lawang yang berjarak 3,6 km, atau RedDoorz Lawang yag berjarak 8,4 km.

Rumah makan Jika kamu ingin berwisata kuliner atau hanya ingin mencicipi masakan khas kota ini, kamu bisa mengunjungi rumah makan yang terletak disekitar kawasan ini. Rumah makan tersebut seperti, Rumah Makan Depot Janur Kuning, yang berjarak 7,5 km, Rumah Makan Daoen yang berjarak 12, 1 km, atau Kantri Masakan Indonesia dan sea food yang berjarak 14 km.

Rute

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata ini jangan kawatir, kamu akan sangat mudah untuk menuju ke sini baik menggunakan kendaraan umum atau pribadi karean lokasinya yang setrategis. Jika kamu menggunakan kereta api kamu, kamu gunakan kereta api tujuan Malang dan turun di Stasiun Malang. Jika menggunakan bus, kamu harus menggunakan bus jurusan Malang dan turun di Terminal Malang. Setelah itu baik dengan bus atau kerata api, kamu masih harus melanjutkan naik angkutan umum  arah Malang – Surabaya dan turun di terminal Lawang, selanjutnya kamu naik angkutan umum yang menuju Kebun Teh Wonosari.

Q & A

Berikut adalah daftar pertanyaan mengenai objek wisata kebun teh ini:

Kesimpulan

Kebun Teh Wonosari merupakan objek wisata alam yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan berlibur, dengan suasana yang sejuk udara dingin sangat pas untuk melepas penat setelah sekian lama berkerja.

error: Disable