Tempat Penangkaran Ikan Menawan Kampung Kerapu Situbondo

3 min read

Tempat Penangkaran Ikan Menawan Kampung Kerapu Situbondo 1

Tempat melihat budi daya ikan kerapu dengan panorama pinggir laut dan fasilitas jembatan apung hanya ada di Kampung Kerapu Situbondo.

Jam Buka:08.00-22.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 35.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Memancing, melihat karamba, melihat pemandangan, berfoto
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, payung, air minum, alat pancing
Larangan:Menyetrum ikan, membuang sampah di karamba ataupun laur
Alamat:Gundit, Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
Fasilitas Umum:Area parkir, Toilet, Tempat istirahat, Jalan pedestarian untuk yang sekedar ingin jalan-jalan
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Apakah kamu jenuh dengan tempat wisata yang gitu gitu aja? Ingin suasanan baru dengan objek wisata yang tidak biasa? Situbondo, mungkin banyak dari kamu yang tidak tahu atau baru saja mendengar kota ini.

Kota yang terletak Jawa Timur Ini berada di daerah pesisir utara Pulau Jawa. Letaknya yang dikawasan tapal kuda dan dikelilingi oleh hutan lindung baluran, perkebunan tebu, tembakau, perikanan memiliki potensi wisata yang masih belum banyak diketahui khlayak umum.

Seperti apa keseruan disana, baca artikel tim dolanyok dibawah ini untuk menambah wawasan kamu.

Sekilas Kampung Kerapu Situbondo

Kampung Kerapu terletak di kabupaten Situbondo. Tempat wisata yang menyuguhkan panorama laut yang sangat keren dan instagramable. Tidak hanya itu saja, di sini juga bisa kamu temui banyak sekali keramba ikan kerapu yang dibudidaya. Selain itu wisatawan yang berkunjung di sini juga boleh mengambilnya atau langsung memasaknya.

Selain itu di sini juga terdapat banyak spot foto yang sangat keren, seperti bentangan dermaga kayu yang memiliki beserta hiasan seperti kursi dan lampu yang terpasang disetiap sudut dermaga.

Bagi kamu yang memiliki drone, kamu bisa mengambil video atau gambar dari ats. Karena akan menghasilkan foto yang lebih bagus jika diambil dari ketinggian.

Kamu juga tidak perlu kawatir jika berada diatas dermaga walaupun banyak sekali pengunjung yang berada di sana. Karena bahan dari dermaga tersebut terbuat dari kayu-kayu berkualitas yang tentunya memiliki kekuatan menahan beban yang bagus.

Asal Usul

Siapa sangka karena masyarakat yang kreatif bisa menghasilkan pembangunan desa yang pesat. Salah satunya menjadikan Situbondo menjadi terkenal di kalangan pemburu wisata sebagai tempat wisata yang unik, dan sangat layak untuk dikunjungi.

Dahulunya Situbondo hanya dikenal sebagai penghasil ikan kerapu terbesar se Asia Tenggara, atau bahkan dunia. Suksesnya pengembangan usaha budidaya ikan kerapau ini melahirkan gagasan obyek wisata yang bernama Kampung Kerapu.

Wisata ini menyajikan banyaknya keramba ikan kerapu dan dermaga kayu yang membentang, dengan view laut lepas dan indahnya sunset sore hari sangat cocok buat kamu jadikan tujuan wisata.

Alamat

Tempat wisata ini bisa kamu kunjungi di Gundit, Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jika kamu berasal dari luar kota tentunya kurang puas jika sudah jauh-jauh ke Situbondo hanya mengunjungi satu tempat wisata aja, mungkin kamu bisa mengunjungi tempat wisata lainya.

Objek wisata tersebut seperti Wisata Kampung Blekok yang berjarak 3.3 km, Wisata Bahari Pasir Putih, yang berjarak 8,1 km, atau Air Terjun Telompong yang berjarak 39,3 km.

Jam Buka

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini dari pagi sampai malam setiap hari. Dari jam 08.00 – 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket disini sangat unik dan beda dari tempat wisata yang lain, disini pengunjung dibatasi hanya per 3 jam saja untuk mengunjungi wisata ini yang per satu tiket. Berikut penjelasanya:

Untuk satu orang kau perlu membayar Rp 35.000,00 per 3 jam. Namun disni juga tersedia paket memancing, yang kamu harus membayar tiket sebesar Rp 50.000,00.

Buat kamu yang ingin mengadakan acara seperti reunian, atau berwisata bersama keluarga besar, di sini bisa kamu manfaatkan, yang nantinya kamu bisa mengambil menu-menu makan yang dimulai dari harga Rp 70.000,00.

Baca Juga: Taman Nasional Baluran

Daya tarik

Tentunya semua tempat wisata memiliki daya tariknya masing masing, untuk tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik seperti berikut:

Dermaga apung

Dermaga kayau yang mengapung sepanjang kurang lebih 300 meter  yang menjorok ke lautan, dengan memiliki track melengkung bisa kamu buat untuk jalan-jalan sambil menyaksikan keramba yang tertata rapi dengan jelas dan melihat indahnya panorama laut.

Jika kamu datang ke tempat ini saat menjelang malam, kamu bisa menjadikan deraga ini sebagai spot foto yang sangat bagus. Dengan latar belakang sunset sore yang indah, foto kamu makin apik. Jika malam menjelang dermaga ini juga memiliki lampu lampu yang menerangi deremaga ini, sehingga kamu akan bisa mengambil foto dengan backgroun lampu-lampu dermaga

Pemandangan gunung

Selain kamu bisa menikmati pemandangan laut yang biru, kamu juga bisa melihat pemandangan gunung nan hijau karena pepohonannya yang rindang.

Potensi Sumber Daya Laut dan Konservasi Hayati

Disini juga kamu mengetahui potensi laut dan konservasi hayati, selain untuk berwisata kamu juga belajar.

Perahu wisata

Jika kamu ingin melihat keramba ikan lebih dekat ditengah laut atau hanya sekedar ingin berkeliling, kamu bisa menyewa juga perahu wisata.

Floating Jetty

Kamu juga bisa bermain di Floating Jetyy, tapi harus tetap hati-hati

Air mancur

Saat malam hari kamu bisa menyaksikan atraksi air mancur warna warni seperti di Dubai.

Rumah Makan hasil laut

Jika kamu merasa lapar kamu tidak  perlu bingung, karean di sana juga terdapat rumah makan yanng menyediakan masakan laut dan ikan kerapu tentunya.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia disana pun juga cukup lengkap seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Tempat istirahat
  • Jalan pedestarian untuk yang sekedar ingin jalan-jalan

Kurang komplit rasanaya jika berwisata kamu tidak mencicipi masakan daerah sana, nih buat kamu ada beberapa pilihan rumah mkan yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa berwisata kuliner di Rumah Makan Ikan Bakar, yang berjarak 1 km, Rumah Makan Duo Putri, yang berjarak 10,7 km, atau Rumah Makan Malang & Pusat Oleh – oleh Khas Daerah yang berjarak 13,3 km.

Buat kamu yang tidak ingin hanya menghabiskan waktu sehari disni, kamu bisa mencari penginapan untuk beristirahat dan melanjutkan wisatamu keesokan harinya, seperti Penginapan San Sui Hotel, yang berjarak 1 km, Hotel Asri, yang berjarak 6,7 km, atau Hotel Sido Muncul 1, yang berjarak 8 km.

Rute jalan

Buat kalian yang ingin mengunjungi Kampung kerapau, dan masih belum tahu lokasinya, kamu bisa menggunakan Google Maps, dan bisa juga bertanya pada masyarakat sekitar, karena lokasinya sangat mudah dijangkau. Akses jalan menuju kesana juga sudah lumayan bagus.

Tips Berwisata

  • Selalu patuhi peraturan yang ada.
  • Waktu yang tepat saat berkunjung disini adalah sore hari dan saat weekday.
  • Pastikan batre kamera atau handphone penuh, karena sangat disayaangkan jika sampai sini kamu kehabisan batre dan tidak bisa mengabadikan momen.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Jika kamu berwisata ke suatu tempat jangan sampai merusak lingkungan sekitar yam

Q & A

Berikut adalah review singkat dari Kampung Kerapu Situbondo:

Kesimpulan

Sekarang banyak objek wisata bertema edukasi. Di Kampung Kerapu Situbondo ini kamu bisa melihat budidaya ikan dengan cara yang asyk.

Bonusnya adalah spot foto yang menarik. Yuk segera berwisata edukasi di Kota Situbondo. Dijamin objek wisata satu-satunya yang orisinil.

error: Disable