10 Tempat Wisata di Purwakarta

Diposting pada

Indonesia merupakan sebuah negara di mana alamnya menjadi salah satu daya tari utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sudah sejak dulu, Indonesia terkenal dengan banyaknya tempat eksotis dan destinasi wisata yang tak bisa ditemukan di tempat lain.

Salah satu kota yang belum banyak dilirik sebagai tempat wisata adalah Purwakarta. Padahal, keindahan alam dan daya tarik Purwakarta tak kalah dari kota-kota lainnya. Penasaran? Simak saja aneka tempat wisata Purwakarta yang menarik di bawah ini. Kunjungilah Tempat Wisata Purwakarta Berikut Ini Saat Liburan:

10 Daftar Tempat Wisata Purwakarta

Gunung Bongkok

Tempat Wisata Purwakarta Gunung Bongkok
Gunung Bongkok

Gunung ini merupakan sebuah gunung batu dengan pemandangan sekitar yang begitu memikat. Untuk mencapainya memang diperlukan perjalanan yang lumayan sulit, namun suasana alam yang Anda dapatkan begitu sampai di sana sungguh tiada bandingannya.

Pertama, naikilah angkutan kota menuju Pasar Plered, kemudian lanjutkan menggunakan angkutan desa menuju Cikandang. Dari sini, lanjutkan berjalan kaki selama 15 hingga 30 menit menuju lokasi. Memang perjalanan tidak begitu mudah, tapi coba saja jelajahi objek wisata di Purwakarta ini dan Anda tidak akan menyesal.

Gunung ini memang tidak terlalu tinggi, dengan ketinggian hanya 975 mdpl. Tetapi jalur pendakian yang akan Anda tempuh bisa dibilang lumayan sulit dan terjal. Namun jangan khawatir, sudah banyak tali pengaman yang akan membantu Anda sepanjang jalan.

Dari puncah Gunung Bongkok, Anda bisa mengamati beberapa tempat seperti Waduk Jatiluhur dan Puncak Batu Datar dari ketinggian. Pendakian Gunung Bongkok bisa Anda mulai pada Sabtu sore (berkemah semalam) lalu melanjutkan mendaki pada Minggu Pagi.

Baca juga: Wisata Small World Purwokerto, Gambar, Harga Tiket dan Lokasi

Gunung Parang

Gunung Parang
Gunung Parang

Ini adalah tempat wisata di purwakarta yang lagi hits karena terkenal dengan kegiatan panjat tebing yang menantang. Menurut para penggemar panjat tebing, lokasi ini merupakan lokasi panjat tebing terbesar kedua di Asia. Ketinggiannya mencapai 963 mdpl serta terletak di antara dua bendungan, yaitu Cirata dan Jatiluhur.

Selain kegiatan memanjat tebing, di sini Anda juga bisa mencoba kegiatan menantang lain seperti via ferrata (memanjat gunung dengan tangga besi) dan tyrolean traverse (menyeberangi satu tempat ke tempat lain yang memiliki lanskap ekstrem.

Memang Anda harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk merasakan dua pengalaman ini, yaitu 100 ribu Rupiah untuk via ferrata dan 575 ribu Rupiah untuk tyrolean traverse. Namun Anda tak perlu ragu, karena pengalaman yang akan Anda dapatkan sangat sebanding.

Gunung Lembu

Gunung Lembu
Gunung Lembu

Nama Gunung Lembu berasal dari bentuknya yang menyerupai sebuah lembu. Saat Anda mengamati papan informasi di pos keberangkatan, hal ini akan semakin jelas terlihat karena garis-garis peta yang diperjelas juga menyerupai seekor lembu.

Memang dari kejauhan Gunung Lembu tampak seperti medan yang mudah karena ketinggiannya 792 mdpl. Namun jangan salah, tantangan di sini berasal dari kemiringannya yang mencapai 50 derajat. Karena itulah, pendaki amatir maupun profesional akan sama-sama merasa letih saat mendaki gunung ini.

Berbeda dari gunung-gunung lain yang biasanya memiliki pemandangan indah di puncaknya, Gunung lembu memiliki pemandangan paling indah 50 meter sebelum mencapai puncak. Ciri khas tempat ini pun bisa Anda lihat di sini, yaitu sebuahbatu berbentuk lembu. Nikmatilah pemandangan kota Purwakarta dari atas sini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Singapura

Sumber air panas CIracas

Sumber air panas CIracas
Sumber air panas CIracas

Selama ini, mungkin Anda hanya mengenal Ciater dan Cipanas sebagai tempat pemandian air panas. Ternyata, Purwakarta juga memiliki sebuah tempat serupa yaitu CIracas. Sumber air panas ini berada di Desa Ciracas, Kiara Pedes, CIracas. Jika Anda menuju lokasi ini dari Purwakarta, akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jangan takut bosan di perjalanan karena Anda bisa mengamati hamparan kebun teh yang indah.

Di lokasi ini, ada 12 sumber air panas. Beberapa di antaranya terletak di tengah sawah milik warga. Sambil menikmati nyamannya air panas, Anda juga bisa menikmati udara sejuk karena lingkungannya masih asri. Warga setempat percaya bahwa air dari sumber inibisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti jerawat, rematik, dan pegal-pegal.

Taman Sri Baduga Situ Buleud

Taman Sri Baduga Situ Buleud
Taman Sri Baduga Situ Buleud

Tempat wisata di Purwakarta ini adalah salah satu yang paling menarik dan wajib dikunjungi jika Anda liburan ke Purwakarta. Wisata Purwakarta 2018 tidak akan lengkap tanpa mengunjungi lokasi ini. Selain itu, cukup mudah untuk menjangkau lokasinya karena terletak di pusat kota.

Daya tarik utama di sini adalah air mancur yang seakan menyala berwarna warni karena diberi sorotan lampu. Selain itu, air mancur ini juga bisa bergerak bagai menari. Meski tidak sebesar pertunjukan serupa yang ada di luar negeri, tentunya hal ini bisa menjadi hal yang membanggakan karena Indonesia juga bisa menyajikan hal yang serupa.

Baca juga: Lokawisata Baturaden Banyumas

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Waduk Jatiluhur

Dengan nilai sejarah yang tinggi karena merupakan waduk pertama di Indonesia, tentunya sayang jika Anda melewatakn kesempatan berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Waduk ini berdiri pada tahun 1957 dan luasnya mencapai 8300 hektar. Waduk ini difungsikan sebagai pengairan sawah, pembudidayaan ikan, sumber air bersih, dan tentu saja objek wisata.

Letak waduk ini ada di antara lembah dan perbukitan sehingga hawanya terasa sejuk. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah memancing, berenang, dan tentunya berjalan-jalan. Berbagai olahraga air seperti selancar, ski air, dan perahu layar pun bisa dilakukan.

Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta
Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Jika ingin bersantai, tempat ini sangat cocok. Lokasinya ada di pegunungan sehingga suasananya sangat sejuk dan asri. Selain itu, ada juga beragai fasilitas menarik seperti sepeda air, lapangan futsal, bahkan ATV dan skypool.

Fasilitas yang harus Anda coba di sini adalah skypool. Skypool merupakan sebuah kolam terbuka di atas bukit. Saat berenang di dalamnya, rasanya seperti berenang di atas langit. Jangan bingung tentang tempat penginapan, karena banyak villa maupun hotel yang bisa Anda pilih. Resort ini terletak di Desa Taringgul Tonggol, Wanayasa, Purwakarta.

Waduk Cirata

Waduk Cirata
Waduk Cirata

Waduk Cirata saat ini sudah menjadi salah satu tempat wisata Purwakarta yang terkenal karena merupakan waduk terbesar se Asia Tenggara. Tak tanggung-tanggung, waduk ini membentang di tiga kabupaten yaitu Cianjur, Bandung, dan Purwakarta.

Mirip seperti Waduk Cirata juga difungsikan sebagai pembangkit listrik untuk wilayah Jawa Barat. Sembari menikmati perjalanan di sini, Anda juga bisa sekaligus menikmati kuliner ikan bakar. Ikan di sini terasa sangat lezat karena menggunakan bahan segar dari keramba milik masyarakat setempat.

Sentra keramik Plered

Sentra keramik Plered
Sentra keramik Plered

Purwakarta merupakan salah satu kota penghasil keramik yang sudah terkenal sampai mancanegara. Kawasan penghasil kerajinan keramik di Purwakarta adalah Plered, tepatnya di Desa Anjun.

Wisatawan dari berbagai daerah sering mengunjungi tempat ini. Tak heran, karena kerajinan di sini berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Anda pun bisa memilih kerajinan keramik kesukaan Anda dari sini dan menggunakannya sebagai penambah keindahan dalam rumah Anda.

Curug Cipurut

Curug Cipurut
Curug Cipurut

Tempat ini adalah salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sebagian besar masih alami. Tentunya hal ini sangat menarik,terutama bagi pecinta alam. Di sini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, berfoto-foto, bahkan berseluncur.

Baca juga: Daftar Lengkap 102 Tempat Wisata di Bali

Itulah beberapa tempat wisata di Purwakarta yang bisa Anda kunjungi pada liburan berikutnya. Jangan lupa untuk mengabadikan perjalanan Anda di sini dan menikmati keindahan alam Indonesia seutuhnya.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.