10 Tujuan Wisata Populer di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi

Kediri adalah bagian dari Provinsi Jawa Timur yang terletak sekitar 130 kilometer di Barat Daya Surabaya, ibukota Jawa Timur.

Ada dua unsur geografis terkenal yang berada di Kediri, yaitu Sungai Brantas dan Gunung Kelud. Kediri bisa diakses dengan bus atau kereta.

Untuk memulai wisata Kediri, pengunjung bisa menaiki kereta yang berangkat dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, atau Malang.

Kebanyakan orang juga mengenal Kediri sebagai produsen rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, Kediri juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah karena posisinya di kaki Gunung Kelud.

Ada juga banyak taman umum indah yang bisa dikunjungi di Kediri. Marilah melihat hal menarik apa saja yang bisa Anda lakukan di Kediri.

Inilah Tempat Wisata Kediri yang Paling Asyik

Monumen Simpang Lima Gumul

Wisata Kediri Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen ini terlihat sangat mirip dengan Arc de Triomphe di Perancis. Namun masih belum diketahui alasan mengapa walikota pada masa itu memilih bentuk tersebut.

Terlepas dari hal itu, monumen Simpang Lima Gumul mulai dibangun pada tahun 2003 dan selesai tahun 2008. Tingginya 25 meter, luasnya 804 meter, dan memiliki 3 buah tangga dengan panjang masing-masing 3 meter.

Angka-angka tersebut dipilih bukan tanpa alasan. Kediri lahir pada tangal 25 Maret tahun 804, maka dipilihlah angka-angka tersebut untuk membangun monumen ini.

Tak hanya sebagai hiasan, monumen ini juga memiliki fungsi sebagai ruang pertemuan, auditorium, dan juga ruang serbaguna. Kawasan di sekitar monumen ini selalu penuh di akhir pekan.

Mendaki Gunung Kelud

Mendaki Gunung Kelud

Gunung Kelud jelas sudah terkenal sebagai salah satu destinati wisata alam di Kediri. Ada jalan yang sudah tersedia untuk mencapai puncak.

Dari kawasan parkir, pengunjung bisa berjalan kaki ke puncak melalui sebuah terowongan. Tak hanya mengamati kubah lava, pengunjung juga bisa menikmati mata air panas di sisi gunung.

Baru-baru ini, sebuah taman bunga baru saja dibangun di rest area Gunung Kelud. Taman ini memiliki landmark berupa sebuah patung berbentuk orang dengan kepala sapi.

Selain bunga, ada juga taman khusus tanaman nanas serta taman bunga matahari. Untuk menikmati semua yang berada di kawasan ini, Anda cukup membayar Rp5.000 hingga 10.000 saja.

Mendaki Gunung Maskumambang

Mendaki Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang merupakan sebuah bagian dari Gunung Wilis yang terletak sekitar 300 meter di atas permukaan laut.

Jika Anda mendaki gunung ini dari bagian Barat, ada tangga yang akan membantu perjalanan Anda ke atas. Dari Timur, tang yang tersedia hanya sampai setengah jalan.

Di puncak Gunung Maskumambang, terdapat makam Mbah Boncolono. Beliaru merupakan pahlawan pada masa penjajahan. Saat mendaki gunung ini, Anda akan disuguhi pemandangan dan udara sejuk.

Jika cuaca sedang cerah, Anda akan bisa melihat pemandangan kota Kediri secara jelas. Jangan lupa melewatkan wisata Kediri hits yang satu ini.

Mengunjungi Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Perjalanan ke Air Terjun Dolo dipenuhi dengan pemandangan yang indah. Di bagian kanan, Anda bisa mengamati pemandangan hutan tropis yang lebat. Sedangkan di bagian kiri air terjun, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Wilis.

Air Terjun Dolo sendiri terdiri dari tiga tingkat. Dua tingkatan yang lebih rendah memiliki tinggi masing-masing 4 meter, sedangkan yang tertinggi adalah sekitar 30 meter.

Aliran airnya tidak begitu kuat sehingga Anda bisa menikmati mandi di bawah air terjun.

Lebih baik mengunjungi lokasi ini pada hari kerja karena lebih sepi. Untuk menikmati keindahan alam ini, Anda cukup membayar Rp3.000,00.

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun irenggolo

Lokasi wisata ini terletak sekitar satu jam dari Kota Kediri. Namun jangan bayangkan perjalanan selama satu jam ini akan terasa membosankan, karena banyak pemandangan yang akan Anda lihat sepanjang jalan.

Selain itu, kesejukan khas pegunungan akan mulai terasa begitu Anda mulai memasuki kawasan air terjun ini.

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Air terjun ini terlihat unik karena terlihat seperti tangga. Ketinggiannya pun mencapai 80 meter.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu membayar Rp3.000 saja. Anda bisa berkunjung pada pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Gua Selomangleng

Gua Selomangleng

Nama gua ini berasal dari posisinya yang terletak di sisi bukit. Secara umum, gua ini terbentuk dari batu andesit hitam yang besar, sehingga bisa terlihat jelas dari kejauhan.

Karena batu andesit kedap air, maka tak ditemukan stalaktit atau stalakmit di dalam gua.

Dinding dari Gua Selomangleng dipenuhi dengan hiasan relief atau ukiran, namun arti dari semua relief ini masih belum diketahui. Salah satu relief yang paling jelas terlihat adalah gambaran seorang Dewi Kilisuci.

Anda bisa memasuki kawasan wisata ini dengan 4 ribu Rupiah saja.

Harga yang murah untuk menikmati suatu peninggalan sejarah, bukan? Kawasan ini dibuka untuk umum pada pukul 8 pagi hingga 9 malam, sehingga Anda bisa menyesuaikan jadwal dengan fleksibel.

Gua Maria Pohsarang

10 Tujuan Wisata Populer di Kediri yang Wajib Anda Kunjungi 1

Gua Maria Pohsarang mulai dibangun pada tanggal 11 Oktober 1998 sebagai tiruan dari Gua Maria di Lourdes, Prancis. Tinggi patung Bunda Maria di sini melebihi 3 meter.

Patung ini berukuran sangat besar karena menyesuaikan dengan ukuran gua yang mencapai 18 meter.

Bangunan dan taman di sekitar gua ditata dengan sangat rapi dan indah. Bangunan gereja yang ada juga sangat unik karena tidak memiliki dinding yang menutup.

Gereja ini hanya dibatasi menggunakan pagar dari batu alam. Namun ingat, saat mengunjungi tempat ini Anda tak boleh makan karena tempat ini lebih khusus untuk peziarahan.

Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island adalah sebuah resor keluarga yang menawarkan berbagai permainan.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam kolam, mulai dari untuk balita hingga dewasa. Ada juga berbagai permainan ketangkasan seperti Body Slide, kolam arus, serta Fun Boomerang.

Untuk Anda yang kurang menyukai permainan air, ada rumah hantu, studio seni 3D, dan flying fox.

Anda juga bisa menikmati fasilitas lengkap dari Gumul Paradise Island seperti kamar mandi, gazebo, serta café.

Tempat wisata Kediri ini merupakan salah satu yang paling nyaman.

Taman Sumber Ubalan

Wisata Sumber Ubalan

Taman Sumber Ubalan memiliki daya tarik wisata yang terdiri dari hutan terlindung serta mata air yang jernih. Suasana di sekitar mata air pun begitu menyejukkan.

Penduduk lokal percaya bahwa air yang berasal dari sini bisa memperpanjang hidup dan membuat awet muda. Karena pemandangan yang indah, ini bisa dijadikan salah satu tempat hunting di Kediri.

Banyak juga fasilitas yang bisa Anda temukan seperti kolam renang, sepeda air, taman bermain anak-anak, restoran, serta tempat camping.

Ini merupakan tempat sempurna untuk wisata keluarga. Tiket masuknya pun tergolong sangat murah, yaitu 10 ribu Rupiah saja.

Candi Surawana

Cadi Surawana

Candi ini adalah sebuah candi bercorak Hindu yang dibangun pada tahun 1390 sebagai tempat pemujaan Raja Bhre Wengker. Meskipun tak terlalu besar, Anda bisa mempelajari nilai sejarah yang ada di sini dengan cuma-cuma.

Baca juga: 50 Tujuan Wisata Hits di Malang Untuk Kamu dan Dia

Rating: 5
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"
Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.