Nongkrong Cantik Dari Atas Ketinggian Bukit Watu Amben Jogja

2 min read

Pemandangan Watu Amben Jogja

Watu Amben Jogja merupakan sebuah wisata alam dimana kamu bisa menikmati lampu kota Yogyakarta di malam hari.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Gratis
Nomor Telpon:
Aktivitas:Menikmati pemandangan, berfoto, wisata kuliner, nongkrong
Waktu Terbaik:Pagi hari sebelum jam 10.00 WIB dan sore hari menjelang sunset 17.00 WIB
Perlu Dibawa:Kamera, makanan, minuman
Larangan:Dilarang terlalu dekat dengan tebing
Alamat:Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta
Fasilitas Umum:Area parkir, Gazebo, Rumah makan, Kamar mandi
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Jogja ternyata memiliki pesona yang tidak ada habisnya. Objek wisata apa saja yang ditawarkan selalu memikat hati orang yang mengunjunginya.

Banyak objek wisata baru yang mulai bermunculan. Objek wisata hits di kalangan anak muda Jogja adalah Watu Amben Jogja. Nah baru tau kan kalau Gunung Kidul tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya saja namun juga pemandangan bukitnya.

Sekilas Watu Amben Jogja

Salah satu wisata alam unik dari Jogja adalah Watu Amben Jogja. Objek wisata ini tidak hanya memiliki unsur alam namun juga unsur buatan. Objek wisata ini termasuk ke dalam komplek perbukitan Bukit Bintang Gunung Kidul.

Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan alam dan pemandangan kota Jogja. Apalagi kalau dinikmati pada malam hari, kamu bisa melihat kelap-kelip lampu Kota Jogja.

Tempat ini pun menjadi pilihan tempat nongkrong asyk bagi para masyarakat Jogja khususnya para anak muda. Ya, karena selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa menikmati hidangan lezat khas Jogja.

Asal Usul

Apa maksut dari kata Watu Amben? Kata ini berasal dari Bahasa Jawa, kata watu bermakna batu sedangkan kata amben berarti tempat tidur. Kalau digabung kata ini bermakna tempat tidur yang terbuat dari batu.

Kenala dijuluki demikian? Hal tersebut karena batu tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan berbentuk seperti tempat tidur atau ranjang. Apalagi struktur bebatuan di bukit ini memiliki jenis batu vulkanik dengan tekstur yang keras dan berwarna hitam.

Hal tersebut serupa dengan jenis bebatuan yang berada di Gunung Merapi Purba atau Gunung Api Purba Nglanggeran.

Keunikan

Objek wisata Watu Amben ini menghadap ke arah Kota Jogja jadi kamu bosa mendapatkan pemandangan kota dari atas bukit ini. Selain itu bukit ini juga memiliki pesona yang sangat eksotis:

Spot Foto

Dari atas bukit ini kamu bisa menemukan banyak spot foto yang memiliki background indah. Di bagian utara kamu bisa mendapatkan background dari Gunung Merapi, di sebelah barat kamu bisa menemukan pemandangan dari Gunung Merbabu.

Sedangkan di sebelah selatan, kamu bisa menemukan pemandangan dari perbukitan Gunung Kidul.

Sunset

Pemandangan alam yang eksotis bisa kamu dapatkan dari atas bukit ini. Tempat ini berada di ketinggian maka dari itu kamu bisa mendapatkan pemandangan yang luas serta bisa menikmati sunset tanpa tertutup apapun.

Baca Juga: Bukit Lintang Sewu

Mitos

Setiap tempat pasti memiliki ceritanya masing-masing, tidak terkecuali bukit ini. Apalagi bukit ini masih asri dan jarang sekali orang yang menjamahnya.

Masyarakat sekitar percaya bahwa Bukit Watu Amben ini adalah tempat peristirahatan dari pasukan Kerajaan Mataram. Bahkan sampai sekarang bukit tersebut sering dijadikan tempat beristirahat oleh masyarakat sekitar bukit tersebut yang kelelahan mencari rumput untuk ternaknya.

Alamat

Secara geografis bukit ini terletak di Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta. Dari arah Piyungan kamu akan menjumpai objek wisata yang serupa seperti Bukit Bintang dan HEHA Sky View.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata di Jogja memang tergolong murah bahkan objek wisata ini tidak mematok tarif masuk alias gratis. Namun kamu harus membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000,00/ motor, dan Rp 5.000,00/ mobil.

Jam Operasional

Enaknya dari objek wisata ini adalah kamu bisa datang kapan saja. Objek wisata ini bisa melayani wisatawan selama 24 jam.

Fasilitas

Walaupun objek wisata ini tergolong baru, pengelola terus memberikan perbaikan pada fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut seperti:

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Rumah makan
  • Kamar mandi

Untuk makanan, kamu bisa memesan makanan yang disediakan pemilik warung. Banyak warung makanan yang buka 24 jam yang menyediakan aneka menu makanan.

Harga makanan yang disediakan tergolong terjangkau hanya dengan Rp 13.000,00 kamu sudah bisa kenyang. Dengan harga tersebut kamu bisa makan sayur, kerupuk dan minum kopi.

Selain menikmati makanan di penjual makanan di objek wisata tersebut, kamu bisa mampir ke warung makan di sekitar kawasan wisata. Warung makan tersebut seperti Lesehan Cemplox, Wa 2 in 1, Angkringan Yu Karti Patuk dan masih banyak lagi.

Nah jika kamu ingin mencari penginapan kamu bisa memilih satu dari banyak penginapan di kawasan ini. Pilihan penginapan tersebut adalah Bukit Indah, OYO 1159 Bukit Indah, Roemah Djogja Guest dan lain-lain.

Q&A

Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai objek wisata bukit tersebut:

Pemandangan apa yang bisa kamu temukan di bukit ini?

Banyak pemandangan menarik yang bisa kamu dapatkan seperti pemandangan alam sekitar, hamparan sawah dan pemandangan kota Jogja.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Watu Amben?

Ada dua waktu terbaik untuk berkunjung yaitu sebelum pukul 10.00 WIB dan pukul 17.00 WIB.

Berapa tiket masuk objek wisata bukit ini?

HTM gratis.

Hari libur buka atau tidak?

Setiap hari buka.

Bagaimana cara menuju objek wisata ini dari Jl. Wonosari?

Dari Jl. Wonosari kamu bisa belok ke timur dan menuju ke Bukit Bintang, sesampainya di bukit tersebut kamu akan menjumpai Pos Polisi. Dari Pos Polisi tersebut kamu bisa belok ke kanan dan mengikuti jalan. Setelah berkendara sejauh 2km, kamu akan menemukan objek wisata tersebut di sebelah kanan jalan.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan mengenai objek wisata Watu Amben Jogja. Kota Jogja memang terkenal sebagai kota yang romantis apalagi jika dinikmati di malam hari.

Yuk segera datang ke kawasan perbukitan Gunung Kidul ini karena banyak deretan objek wisata yang mempesona. Kamu boleh berfoto atau sekedar duduk dan menikmati pemandangan sembari nongkrong bersama sahabat.

error: Disable