Menikmati Indahnya Pantai Ancol Jakarta Bersama Keluarga

Diposting pada

Pantai Ancol merupakan kawasan wisata terpadu di Kota Jakarta yang memiliki wahana dan fasilitas super lengkap dan menjadi tempat diadakanya berbagai event kelas nasional maupun internasional.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 25.000,00
Nomor Telpon: 0212 9222222
Aktivitas:Bermain pasir di tepi pantai, Berenang di pantai, Berjemur di tepi pantai, Berwisata kuliner, Berbelanja souvenir, Menaiki kereta mini, Bermain wahana
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa: Sunblock, payung, topi, kamera, air minum
Larangan: Dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang berenang ke tengah pantai
Alamat: Jl. Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Fasilitas Umum: Wahana Permainan, Toko Souvenir, Food court, Area parkir, Mushola, Toilet, Hotel, Resort, Homestay
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Jakarta merupakan salah satu kota tersibuk di Indoenesia. Maka dari itu, masyarakatnya rawan mengalami stress kerja. Nah untuk menurunkan tingkat stress yang terus menerus naik, maka dibangunlah berbagai objek wisata untuk mengimbangi tingkat stress masyarakatnya

Contohnya di Jakarta pusat terdapat berbagai objek wisata terpadu yaitu Pantai Ancol. Objek wisata ini merupakan wisata pantai dalam kota Jakarta. Tim dolanyok akan menyuguhkan rangkuman objek wisata pantai dalam kota yang satu ini.

Sekilas Pantai Ancol

Pantai Ancol adalah sebuah pantai yang terletak di Jakarta Utara. Pantai ini merupakan sebuah wahana taman bahari dan memiliki banyak hiburan.

Pantai ini merupakan satu-satunya pantai yang memiliki fasilitas terlengkap bila dibandingankan dengan pantai lainnya di Indoenesia. Pantai ini menjadi objek wisata favorit bagi keluarga.

Bahkan di pantai ini kamu bisa melakukan banyak kegiatan olah raga. Selain menjadi taman pantai, pantai ini pun juga berfungsi sebagai dermaga utama yang digunakan untuk menuju kepulauan seribu.

Sejarah

Bagaimana awal pendirian taman wisata di Pantai Ancol ini? Pembangunan ini dimulai dari Pemerintah Kota DKI Jakarta yang ingin membuat sebuah kawasan wisata terpadu yang diperuntukkan untuk masyarakat Jakarta.

Hal ino dikarenakan tingkat kesibukan kerja masyarakat Jakarta sangat tinggi. Maka dari itu Pemerintah Kota Jakarta berusaha menyediakan tempat hiburan untuk masyarakatnya.

Pembangunan tersebut mulai direalisasikan pada tahun 1954 dan berakhir pada tahun 1968. Namun Taman Impian Jaya Ancol baru diresmikan pada tahun 1966.

Mulai saat itu Pemerintah semakin serius dalam membangun objek wisata ini. Selain indah untuk dinikmati pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana dan spot wisata.

Sebenarnya Taman Impian Jaya Ancol tersebut merupakan kawasan wisata yang memiliki berbagai titik wisata. Pantai ini pun termasuk dalam kawasan wisata terpadu dari Taman Impian Jaya Ancol.

Objek wisata seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventure, Ocean Ecopark, Alive Museum dan Pasar Seni termasuk dalam jajaran wisata di Taman Impian Jaya Ancol.

Baca Juga: Pulau Harapan

Kawasan Pantai

Pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang yang mencapai 6,5 km. Maka dari itu pantai ini dibagi menjadi beberapa kawasan wisata sebagai berikut ini:

Pantai Karnaval Ancol

Kenapa pantai ini dinamakan Pantai Karnaval Ancol? Hal ini disebabkan karena pantai ini menjadi pusat hiburan dan tempat diadakanya banyak acara dari skala nasional sampai internasional. Bahkan pada akhir tahun banyak acara yang diagendakan di pantai ini.

Pantai Festival Ancol

Pantai Festival Ancol memiliki pemandangan yang sangat unik. Selain memiliki pemandangan pantai kamu bisa melihat pemandangan yang tidak biasa yaitu bangunan pencakar langit yang menjulang tinggi dan berjajar rapi.

Ketika senja datang, bangunan tersebut menjadi sebuah siluet raksasa. Hal tersebut sering digunakan para wisatawan untuk berburu foto.

Pantai Indah Ancol

Pada pantai kamu akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang alami beserta pasir pantai yang putih. Di pantai ini pun banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berjemur menikmati sengatan matahari.

Pantai Ria Ancol

Pembangunan wahana dan fasilitas di pantai ini sepertinya di tujukan untuk anak-anak. Pasalnya banyak tersedia wahana yang disediakan khusus untuk anak-anak.

Wahana tersebut seperti perosotan dan miniatur kapal-kapalan. Dari atas kapal ini, anak-anak bisa menikmati pemandangan di sekitar kawasan pantai.

Selain itu kamu juga bisa menemukan Stasiun Kereta Api Mini yang bernama Trans Bende. Kereta api ini akan membawamu berkeliling dari Stasiun Pantai Ria ke Stasiun Pantai Bende.

Laguna Ancol

Pantai ini cocok sekali digunakan sebagai spot foto. Selain itu ada atraksi yang menarik yaitu ski air. Atraksi ini pun sangat ditunggu-tunggu oleh wisatawan.

Namun kamu harus berhati-hati karena pada saat-saat tertentu banyak ubur-ubur yang muncul di pantai ini.

Pantai Bende

Pantai Bende adalah kawasan paling romantis dari deretan pantai di Ancol ini. Spot ini paling terkenal dengan sunsetnya. Dari pantai ini kamu bisa melihat matahari terbit dengan jelas.

Pantai Marina Ancol

Pemandangan unik dari Pantai Marina Ancol adalah banyak kapal yang hilir mudik datang dan pergi. Kapal-kapal tersebut datang dari dalam ataupun luar negeri.

Selain itu kamu juga bisa menuju ke objek wisata yang tidak kalah eksotis yaitu Kepulauan Seribu. Namun jangan kaget jika tarif menyeberang dari tempat ini lebih mahal dari pada Pelabuhan Muara Angke.

Nah kamu bisa mengunjungi banyak spot wisata hanya dengan mengunjungi Taman Wisata Pantai ini

Alamat

Pantai ini berlokasi di Jl. Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Sebenarnya pantai ini dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol maka dari itu banyak objek wisata di dekat pantai ini yaitu Seaworld Ancol dan Dunia Fantasi.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini memiliki beberapa kawasan wisata yang telah tim dolanyok sebutkan. Nah untuk memasuki kawasan tersebut kamu hanya dikenakan tiket masuk sekali yang akan dipungut saat kamu tiba di Pintu Gerbang Ancol.

KeteranganHargaHari
Tiket Masuk Taman Pantai AncolRp 25.000,00Senin-Minggu
Parkir MotorRp 15.000,00Senin-Minggu
Parkir MobilRp 25.000,00Senin-Minggu
SegaragaSenin-Jumat
SegaragaRp 15.000,00Senin-Minggu

Tiket masuk kawasan Pantai Wisata Ancol memang hanya sekali namun jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata lain yang masih dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, kamu akan dikenakan tiket masuk lagi.

Fasilitas

Pantai ini merupakan taman pantai dengan fasilitas yang super lengkap. Bahkan di Indoenesia hanya ada satu-satunya. Berikut adalah fasilitas yang dimiliki taman pantai ini:

  • Wahana Permainan
  • Toko Souvenir
  • Food court
  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Hotel
  • Resort
  • Homestay

Untuk pilihan homestay kamu bisa menggunakan referensi penginapan seperti berikut ini. Untuk pilihan resort eksklusif kamu bisa mencoba di Putri Duyung Resort. Tidak jauh dari resort tersebut kamu bisa mencoba bermalam di Mercure Convention Center Ancol.

Nah selain penginapan, kamu juga bisa menemukan banyak rumah makan yang berjejer di tepi pantai. Contoh rumah makan yang kami rekomendasikan adalah Nyiur Resto, The Pier By Kalaha, Marina Kitchen dan masih banyak lainnya.

Q&A

Berikut adalah daftar pertanyaan yang kami rangkuman dari review netizen tentang taman pantai ini:

Berapa harga tiket masuk taman pantai ini?

HTM per orang Rp 25.000,00.

Bisa berkunjung ke pantai ini saat malam?

Bisa sekali karena jam operasional pantai ini 24 jam.

Bisa camping?

Bisa tapi izin ke pengelola terlebih dahulu.

Ada penginapan?

Banyak sekali pilihan penginapan di kawasan ini seperti Putri Duyung Resort, Mercure Convention Center Ancol dan masih banyak lagi.

Jika berangkat dari Stasiun Depok turunya dimana?

Bisa turun di Stasiun Ancol.

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa informasi terkait Pantai Ancoo yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu sedang berada di Jakarta Utara mampirlah ke taman wisata pantai ini.

Berwisata ke pantai ini akan memberikan suasana baru yang unik. Dari pantai ini kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang alami namun juga menikmati pemandangan gedung yang jarang kamu lihat jika berwisata ke pantai pada umumnya.

Gambar Gravatar
Saya adalah perempuan yang suka menikmati indahnya dunia bersama sahabat tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *