TOP 21 Tempat Wisata Spanyol Paling Eksotis & Mendunia

4 min read

La Sagrada Familia: Tempat Wisata Spanyol

Tempat wisata Spanyol – Spanyol adalah negara berbentuk kerajaan yang berlokasi di Semenanjung Iberia, satu lokasi dengan wisata Protugal. Negara dengan julukan Matador ini juga sangat terkenal dengan olahraga dan seni arsitekturnya yang indah.

Tak hanya itu, Spanyol yang juga terkenal dengan wanita-wanita yang cantik ini pun memiliki eksotisme destinasi wisata. Sejumlah objek wisata di Spanyol akan memanjakan siapa saja yang berkunjung ke sini.

Nah, bagi kamu yang ingin keluar dari zona nyaman dan melihat cantiknya Spanyol, yuk intip list tempat wisata Spanyol dari Dolanyok berikut ini.

1. Alhambra Granada

Alhambra Spanyol merupakan kastil peninggalan Kerajaan Islam yang ada di Spanyol Selatan. Kastil merah yang didirikan tahun 1238-1358 ini berupa kompleks istana yang dikelilingi benteng kokoh dan taman bunga.

Terdapat 3 karakter utama dari kastil Alhambra yaitu Alcazaba (benteng pertahanan militer), Alcazar (isatana), dan Medina (kota kecil). Di tempat bersejarah Islam di Spanyol ini kamu bisa melihat arsitektur khas Moor dan gereja Monasterio de la Cartuja.

2. Pamplona

Merupakan ibukota Provinsi Navarre di Spanyol Utara yang unik dengan festival tahunan yang dijuluki running of Bulls. Festival tersebut dilakukan dengan melepaskan banteng di jalanan yang akan mengejar para matador.

3. Sierra Nevada

Sebuah pegunungan di Spanyol dengan puncak tertinggi disebut Mulhacen yang mirip dengan tempat wisata di Amerika. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan yang diselimutui salju.

Kamu bisa puas bermain salju dan bermain ski. Terdapat ruangan terbuka yang disewakan untuk menikmati pemandangan alam.

4. Ibiza

Pulau seluas 572 km persegi di kawasan Mediterania yang memiliki garis pantai sepanjang 210 km. Di kawasan ini terdapat sejumlah objek wisata menarik seperti Pantai Playa den Bossa, Ibiza old tow, Playa dan illetas.

5. Plaza de Espana

Plaza Senayan Espana ini dibangun pada tahun 1925 – 1957 yang didedikasikan kepada sastrawan terkenal bernama Miguel de Saavedra. Daya tarik tempat ini adalah bangunan megah dengan pahatan-pahatan unik yang kerap dijadikan objek selfie. Bisa juga menyewa perahu dayung untuk berkeliling lewat kanal.

Di sini kamu juga bisa merasakan keunikan budaya Spanyol yang sangat berbeda dengan Indonesia. Tidak dikenakan biaya untuk memasuki lokasi yang buka setiap hari setiap pukul 09.00-21.00 ini. A

6. La Sagrada Familia

Tempat wisata di Spanyol Barcelona berupa gereja Katolik Roma terbesar yang dirancang oleh Antoni Gaudi. Namun, pembangunan gereja ini sudah satu abad lamanya masih berlangsung dan diperkirakan selesai pada 2026.

7. Casa Batlló

Bangunan ini juga dirancang dan dibangun oleh Antoni Gaudi dan menjadi salah satu karya agungnya. Bangunan unik dan eksentrik yang dibangun tahun 1877 ini berada di pusat kota Barcelona.

Daya tarik tempat ini adalah pengunjung dapat melihat rumah meggah bergaya arsitektur Modernisme Catalunya, ekspresionis dan Modern.

8. Toledo

Destinasi wisata di Madrid bagian selatan ini memiliki daya tarik berupa sejarah peradaban yang unik. Kota dengan julukan City of The Three Culture merupakan rumah bagi 3 populasi yaitu Islam, Kristen dan Yahudi.

Hal menarik lainnya adalah banyak terdapat bangunan kuno bergaya Gothic & Barok. Misalnya katedral Toledo atau Catedral Primada Santa María de Toledo . Pengunjung juga bisa menyusuri jalanan kota Toledo sembari menikmati kedai dan kafe.

9. Magic Fountain of Montjuïc

Destinasi wisata favorit Spanyol yang menampilkan wisata air mancur sejak 1929. Air mancur di sini merupakan perpaduan unik antara cahaya, getaran, musik, warna, serta pergerakan air. Wisata ini bisa dinikmati sekitar pukul 20.00 hingga 22.00.

10. Picasso Museum

Museum ini berdiri sejak 1963, di dalamnya berisi  koleksi karya seni seniman Spanyol di abad 20-an yaitu Pablo Picasso. Terdapat 4.251 mahakarya seniman tersebut.

Museum dengan koleksi permanen di Spanyol ini buka setiap hari mulai Selasa hingga Minggu. Jam operasionalnya pukul 09.00 am – 07.00 pm.

Baca Juga: Tips-Tips Liburan

11. Retiro Park

Taman peninggalan kerajaan Spanyol yang dibangun 1632 dimana sekarang menjadi tempat bersantai bagi para Madrilenian. Di taman hijau nan cantik ini terdapat Taman Mawar Rosaleda.

Ada juga danau besar, patung Raja Alfonso XII serta air terjun yang dinamai Fountain of the Falling Angel. Selain cantik, taman ini juga diramaikan dengan beragam atraksi, seniman jalanan, jugglers dan peramal.

12. Rambla De Mar

Salah satu tempat wisata Spanyol yang rekomended untuk menikmati indahnya pemandangan laut, sunrise dan juga sunset. Pemandangan alam dari jembatan kayu unik ini ditambah dengan deretan bukit Montjuïc.

Saat malam hari, tempat romantis di Spanyol ini semakin cantik dengan pemanangan lampu-lampu gemerlapan.

13. Tibidabo

Sebuah gunung setinggi 512 meter yang menghadap Kota Barcelona. Di puncaknya terdapat gereja Sagrat Cor dan sebuah taman taman hiburan.

Di Tibidabo Amusement Park ini kamu bisa menemukan banyak wahana permainan seperti Hurakan, Diavolo, Giradabo, dll. Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan indah dari ketinggian sambil bermain di sini.

14. Almeria

Kota cantik yang berada di Andalusia ini duluya adalah penghasil emas terbesar di Spanyol. Di kota ini jangan ketinggalan menikmati wisata pantai yang iklimnya sangat mirip dengan Indonesia. Ada 2 pntai yang terkenal yaitu Pantai Plata dan Pedro.

15. Aquarium Barcelona

Wisata akuarium yang berlokasi di Portwell ini memiliki terowongan bawah air yang panjangnya mencapai 80 meter. Di dalamnya terdapat 35 akuarium dengan 11.000 jenis satwa dari 450 spesies laut.

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 19.30 dengan harga tiket masuk berkisar antara €8,00 hingga €21,00.

16. Santiago Compostela

Salah satu warisan UNESCO di Spanyol yang berupa wilayah semi otonomi Galicia di Spanyol Utara. KOta ini menjadi kota penting untuk wistaa ziarah umat Kristiani.

Salah satu icon negara Spanyol ini menawarkan bangunan indah dan yang palig terkenal adalah Katedral Santiago. Katedral ini menjadi ikon kota tersebut.

17. Laberint d’Horta Park

Taman Laberint d’Horta adalah taman bersejarah yang lokasinya di bekas perkebunan keluarga Spanyol, Desvalls. Di dalam lokasi taman terdapat kastil megah dan labirin yang luasnya mencapai 750 meter persegi.

18. El Rastro Flea Market

Tempat wisata Spanyol ini adalah pasar barang bekas terbesar yang ada di Spanyol. Pasar yang berlokasi di Ambassador’s Neighborhood ini memiliki hampir 3500 kios yang menjual berbagai jenis barang khas negara tersebut.

Barang yang dijual beragam dari pakaia, tekstil, makanan khas spanyol, suvenir, bunga segar, keramik, dll. Jam operasional pasar ini mulai pukul 09.00 – 18.00.

19. The Sorolla Museum

Museum yang dulunya adalah rumah tinggal Joaquin Sorolla ini berlokasi di Madrid. Interior di dalamnya sangat cantik dan dilengkapi studi serta galeri yang menampilkan koleksi lukisan Sorolla.

Museum ini sangat rekomended untuk dikunjungi, jam bukanya antara pukul 10.00 – 20.00 dengan tiket masuk €3.  

20. Plaza  Mayor

Plaza Mayor seperti semacam alun-alun yang berada di Kota Madrid. Keunikan tempat ini adalah dikelilingi bangunan yang nampak mirip satu denga lainnya.

Bangunan di Plaza Mayor memiliki 4 lantai denga fungsi berbeda. Lantai 1 sebagai kafe/toko, lantai ke-2 untuk tempat istirahat/hotel dan penginapan. Alun-alun terbesar di Spanyol ini juga kerap dijadikan tempat pertunjukan atau festval seperti festival De Idiro dan Christmas Market.

21. Palacio Royal

Tempat wisata Spanyol ini adalah Royal Palace atau istana kerajaan yang digunakan untuk berbagai acara kerajaan. Istana megah ini khas dengan arsitek gaya abad pertengahan dan dihiasi taman besar yang cantik.

Taman yang hanya buka pada bulan Oktober – Maret dan April September ini memiliki koleksi baju zirah serta ruang tahta di dalamnya. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 hingga 18.00 dengan HTM €8 per orang.

Di atas sudah disebutkan sejumlah tempat wisata Spanyol yang menjadi favorit para wisatawan negara ini. Selanjutnya, tunggu informasi lengkap mengenai tempat wisata di Italia dan tempat wisata di Jerman.

Bagaimana? Apakah kamu jadi kepingin segara berkunjung ke Spanyol? Jangan lupa siapkan budget nya ya!

error: Disable