Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.

Belajar Meracik Essential Oil Di Rumah Atsiri Indonesia

3 min read

Belajar Meracik Essential Oil Di Rumah Atsiri Indonesia 1

Rumah Atsiri Indonesia merupakan komplek edu rekreasi yang menyuguhkan hamparan taman atsiri dengan canggihnya teknologi pengolahan essential oil.

Jam Buka:10.00-17.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 50.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Workshop, melihat proses pembuatan minyak astiri, membuat minyak astiri, melihat museum, melihat tanaman, berfoto
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Kamera, topi, air minum, notes
Larangan:Dilarang merusak tanaman
Alamat:Jalan Watusambung, Watusambung, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah
Fasilitas Umum:Laboratorium, Tempat parkir, Toilet, Toko souvenir, Restoran
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Tawangmangu yang terletak di Kabupaten Jawa Tengah mungkin agak sedikit asing terdengar bagi kalian yang suka berburu tempat wiasata. Kota ini yang secara geografis terlekat di lereng Gunung Lawu ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang layak kamu kunjungi.

Seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi dan masih banyak lainya. Sejuknya udara kawasan ini membuat kamu betah berada disini. Disini pun juga banyak tempat-tempat seru yang bisa kamu kunjungi, sperti air terjun yang terkenal dengan grojokan sewunya, atau Taman Balaikambang.

Tapi ada tempat yang masih baru yang mungkin layak kamu coba, Rumah Atsiri Indonesia namanya. Bagaimana asiknya bermain disini, simak artikel singkat dibawah ini.

Sekilas Rumah Atsiri Indonesia

Indonesia yang terkenal dengan tanahnya yang subur, tidak kaget jika banyak tumbuh bergam jenis tanaman. Salah satunya adalah tanaman atsiri. Di Tawangmangu terdapat kawasan wisata baru yang menyajikan wisata eduasi tentang tanaman atsiri.

Awalnya tempat ini adalah bekas pabrik yang mengelola tanaman atsiri yang diolah menjadi minyak dari tumbuhan. Dengan perubahan jaman teman ini direstorasi menjadi tempat wisata edukasi yang sangat menarik.

Sejarah

Dahulunya tempat ini adalah pabrik Citronella. Dimana pabrik ini malakukan kerjasama dalam bidang pengolahan tumbuhan atsiri yang dikelola Indonesia dan Bulgaria pada tahun 1963. Pada tahun 1986 pabrik ini sempat berganti kepemilikan, dari pemerintah ke swasta. Tapi pada tahun 2015 lalu pabrik ini berhenti karena masalah bahan baku dan perekonomian perusahaan.

Karena tidak ingin dibiarkan terbengkelai begitu saja, pabrik ini diambil alih oleh PT Rumah Atsiro Indonesia dan merestorasi seluruh bangunan menjadi tempat wisata edukasi. Dibukanya tempat ini bertujuan untuk mengenalkan warisan industri atsiri Indonesia dengan konsep wisata atau rekreasi yang bisa lebih menarik.

Dahulunya tempat ini tinggal ada 2 bangunan yang masih berdiri dan dilestarikan. Namun setelah direstorasi ditambahkan satu bangun yang biar semua memiliki fungsinya masing-masing. Ada ruangan untuk workshop, taman dan museum. Tapi untuk museumnya baru akan dibuka untuk umum pertengahan Oktober 2019.

Mungkin sangat menarik ya sob, jika semua peninggalan sejarah ini dilestarikan dengan konsep rekreasi, pasti akan menjadikan daya tarik lebih.

Daya tarik

Hal apa saja yang bisa menarik perhatianmu dari objek wisata ini?

Membuat Minyak Atsiri

Disini kamu tidak hanya bisa melihat proses pembuatan minyak tersebut. Bahkan kamu juga bisa membuat minyak dan mengatahui proses pembuatanya. Kamu akan dipandu langsung oleh para guide yang sangat profesional dibidangnya.

Desain bangunan

Jangan salah sangka dengan bangunan ini. Walaupun bangunan ini sebagian besar adalah laboratorium,bangunan ini memiliki desain yang sangat instragamable.

Tanpa menghilangkan seluruh konsep lawas yang sudah ada, bangunan ini direstorasi menjadi sedemikian rupa dan memunculkan spot-spot foto yang bagus.

Workshop

Disini kamu tidak hanya disuguhi hasil yang sudah jadi saja, namun disini kamu bisa merasakan berlajar langung proses mebuat produk yang dihasilkan pabrik itu. Seperti, essential oil, bath bomm, hand sanitilizer, sampai lilin beraroma terapi kamu bisa buat disini. Menurut informasi, hasil yang kamu buat tadi boleh dibawa pulang lho.

Taman koleksi rumah atsiri

Di tempat ini kamu bisa lebih mengenal seluk beluk tanaman atsiri. Bunga dari tanaman ini juga sangat cantik. Selain itu kamu bisa mendapat pengetahuan lebih tentang macam-macam tanaman atsiri, disni juga bisa kamu jadi spot foto hehe. Berlatar belakang warna-warni bunga pasti menjadikan foto mu semakin cantik.

Museum

Untuk kamu yang sangat penasaran degan alat-alat yang digunakan dalam pengolahan di Rumah Atsiri Indonesia sebelum menjadi produk yang sangat menarik, disni kamu bisa temui. Seperti, alat penyulingan, alat pencacah, alat laboratorium, dan blueprint denah bangunan ini zaman dahulu.

Baca Juga: Taman Hutan Kota Djuanda

Alamat

Rumah Atsiri Indonesia tempat wisata edukasi ini berada di Jalan Watusambung, Watusambung, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Jika kamu belum merasa puas berkunjung ke objek wisata ini, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lainya yang dekat demgan lokasi tersebut. Seperti, Air Terjun Grojokan Sewu yang hanya berjarak 5,2 km sekitar 13 menit perjalanan, atau kamu juga bisa mengunjungi Javenir Park Taman Balekambang yang memiliki jarak yang sama.

Fasilitas

Disini sangat banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan, seperti

  • Laboratorium
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Restauran
  • Toko Souvenir

Setelah kamu merasa lelah seharian berwisata, kamu bisa bersinggah melepas lelah di salah satu hotel atau penginapan yang tersekat dari lokasi itu. Seperti penginapan Jawa Dipa Heritage Resort & Convention yang hanya berjarak 2,2 km, atau Hotel Bintang Tawangmangu yang berjarak 4 km. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu ingin mencari makanan untuk mengisi perutmu yang lapar, tenang saja, kamu tidak perlu berjalan sangat jauh untuk mendapatkanya, misalnya kamu bisa berkunjung ke Rumah Makan Sate Landak Gunung Mas yang berjarak hanya ,2 km. Mungkin buat kamu yang memiliki selera makanan extrim rumah makan ini sangat cocok.

Jika kamu tidak suka maakanan extrime jangan kawatir disini juga dekat rumah makan yang menjual makanan pada umumnya, seperti Rumah Makan Bangun Trisno misalnya, yang hanya berjarak 5,3 km.

Harga Tiket Masuk

Buat kalian yang ingin mengunjungi tempat ini, kalian cukup membayar sebesar Rp. 50.000,- yang nantinya ditukarkan menjadi voucher dan bisa kalian tukarkan dengan souvener atau makanan di sini.

Jam operasioanal

Tempat ini dapat kamu kunjungi mulai dari jam 10.00-17.00 wib, cukup singkat memang, tapi tenang sob, dengan waktu yang singkat itu kalian bisa mendapakan ilmu pengetahuan yang luas.

Q&A

Berikut adalah rangkuman beberapa pertanyaan terkait objek wisata edukasi ini:

Apakah ada minyak atsiri ?

Ada.

Vouchernya apakah bisa ditukar dengan minyak atsiri ?

Bisa, bila vouchernya tidak mencukupi bisa kamu tambahi dengan uang cash.

Apa buka pas libur lebaran ?

Buka.

Apakah tersedia essisial oil ?

Ya, tersedia berbagai jenis essential oil.

Kesimpulan


Di Rumah Atsiri Indoenesia kamu bisa berwisata sambil beredukasi, dimana fasilitas yang disediakan sangat lengap untuk pembelajaran tentang tanaman atsiri. Tempat yang sangan nyaman dan sejuk untuk berwisata serta beredukasi.

Isnanisha Karlina Suka piknik sambil makan-makan.
error: Disable